Selasa, 18 Mei 2021

tugas resume MODUL 8 MEDIA DAN SUMBER BELAJAR DALAM PENGEMBANGAN KOGNITIF

 

MODUL 8

MEDIA DAN SUMBER BELAJAR DALAM PENGEMBANGAN KOGNITIF

Kegiatan belajar 1

Hakikat, Tujuan, Dan Fungsi Media Dan Sumber Belajar

A.      Hakikat media dan sumber belajar

Menurut Gagne, media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan anak yang mendorong untuk belajar.

Menurut Briggs, media adalah segala alat fisik yang menyajikan pesan yang mendorong untuk belajar.

Media berasal dari bahasa latin artinya antara yang menggambarkan suatu perantara dalam penyampaian informasi dari suatu informasi kepada penerima. Media pembawa pesan untuk mencapai tujuan instruksional disebut media instruksional diantaranya, media proyeksi, non proyeksi, media audio, film, multimedia, dll.

        Mayke menyatakan bahwa belajar dengan bermain memberi kesempatan pada anak untuk memanipulasi, mengulang-ulang, bereksplorasi, mempraktikkan, dan mendapatkan konsep serta pengertian tentang berbagai macam hal.

B.            Tujuan Dan Fungsi Media Dalam Pengembangan Kognitif

Beberapa kriteria APE penerapan media dalam pengembangan kognitif adalah sebagai berikut :

1.      Sesuai tujuan dan fungsi penggunaannya

2.      Memberikan pengertian dan menjelaskan konsep tertentu

3.      Mendorong kreativitas anak

4.      Memenuhi unsur kebenaran ukuran, ketelitian dan kejelasan

5.      Tidak membahayakan anak

6.      Menarik, menyenangkan, dan tidak membosankan

7.      Memenuhi unsur keindahan

8.      Harus dapat digunakan dengan baik

Fungsi dan tujuan penerapan media bidang kognitif, sebagai berikut :

1.      Merangsang anak melakukan kegiatan, pikiran, perasaan, perhatian, dan minat

2.      Bereksperimen

3.      Menyelidiki atau meneliti

4.      Alat bantu

5.      Mencapai tujuan pendidikan yang maksimal

6.      Alat peraga untuk memperjelas sesuatu(menghilangkan verbalisme)

7.      Mengembangkan imajinasi

8.      Melaksanakan yugas yang diberikan

9.      Melatih kepekaan berfikir

10.               Digunakan sebagai alat permainan

11.               Keperluan anak dalam melakukan tugas yang diberikan guru,

C.     Karakteristik media

Kelebihan dan keterbatasan karakteristik media adalah sebagai berikut :

1.      Kelebihan

-       Motivasi

-       Perbedaan individual

-       Tujuan belajar

-       Organisasi isi pelajaran

-       Persiapan sebelum belajar dan bermain

-       Emosi

-       Partisipasi

-       Umpan balik

-       Reinforcement

-       Lathan dan pengulangan

-       Aplikai

2.      Keterbatasan

-       Masih membutuhkan penjelasan dari guru

-       Persiapan dan perencanaan harus dilakukan sebaik mungkin

-       Pengoperasian yang memakai listrik menimbulkan bahaya yang laten

-       Yang tidak menggunakan listrik kurang memiliki efek dinamis

D.    Syarat-syarat media yang baik

1.      Menarik dan menyenangkan baik dari segi wana maupun bentuk

2.      Tumpul (tidak tajam) bentuknya

3.      Ukuran disesuaikan anak

4.      Tidak membahayakan anak

5.      Dapat dimanipulasi

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan alat peraga :

1.      Multiguna ( dapat digunakan, serta mencakup semua bidang pengembangan)

2.      Menumbuhkan kreativitas, daya khayal, dan daya imajinasi, dapat digunakan bereksperimen dan bereksplorasi

3.      Mudah dibuat dan dikerjakan secara massal

4.      Nyaman bila digunakan

5.      Bahan baku mudah didapat, dibeli dengan harga murah, atau dibuat dengan memanfaatkan bahan bekas

6.      Bahan baku harus cukup kuat dan tahan lama

 

 

Kegiatan belajar 2

Penerapan media dan APE dalam pengembangan kognitif anak

            Syarat-syarat yang harus diperhatikan dalam pembuatan alat peraga :

1.      Bentuk dasar

-       Benar, ditinjau dari sudut keilmuan

-       Ukuran proporsional

-       Sesuai perkembangan anak

-       Kuat dan mudah pemeliharaannya

-       Mempunyai pola dasar yang sederhana

-       Mudah dan ringkas untuk disimpan

-       Mudag digabungkan dan dapat berdiri sendiri

2.      Konstruksi

-       Kuat dan tahan lama

-       Mudah dibuat secara massal

-       Aman

-       Mudah dipakai

-       Bahan mudah didapat

3.      Estetika dan keindahan

-       Bentuk setetis

-       Ukuran sesuai

-       Warna dan kombinasi warna sesuai

 

 

A.    Balok/ kotak bangun

1.      Kotak bangun

-       Persegi oanjang

-       Kubus

-       Segitiga sama kaki

-       Balok panjang 12 cm

-       Kepingan bulat lubang di tengah

-       Persegi panjang salah satu ujung runcing membentuk segi tiga sama kaki

-       Silinder panjang

-       Silinder pendek

-       Keping bujur sangkar berlubang di tengah

-       Persegi panjang ditengah berlubang dua dan salah satu ujungnya runcing dan ujung yang lainnya di iris menyudut ke dalam

-       Persegi panjang lubang lima

-       Persegi panjang lubang enam

Fungsi balok/kotak bangun :

-       Memperkenalkan anak berbagai bentuk kotak bangun

-       Mendorong anak membuat kotak banngun sesuai daya fantasi, imajinasi dan kreativitas

-       Mengembangkan daya pikir dan kreatiitas anak

2.      Spesifikasi alat dan bahan pembuatan balok dan kotak bangun

-       Kayu yang berkualitas serta mudah di bentuk

-       Warna dari bahan cat berkualitas baik, tidak berbau, tidak luntur, mudah di bersihkan, tidak berbahaya

B.          Kotak merjan

Terdiri dari merjan berbentuk kubus, bola, roda bentuk tong, dan bentuk silinder. Spesifikasi alat :

1.      Unsur

-       Kotak

-       Tutup

-       Isi merjan

·         Merjan berbentuk kubus sisi 1,5 cm warna hijau

·         Berbentuk bola, diameter 2,2 cm  warna kuning

·         Bentuk tong panjang 2,5cm  tebal 1,3 cm  warna biru

·         Bentuk tong panjang 2,5 cm garis tengah 2 cm warna putih

·         Bentuk silinder panjang 2,5 cm, garis tengah 2,2 cm, warna merah

2.      Bahan alam

-       Kotak dari triplek

-       Merjan-merjan dari kayu

-       Benang kasar

-       Jarum besar tumpul tidak berkarat

3.      Jumlah

Tiap merjan 15 buah, jarum 2 buah, benang 1 gulung

4.      Fungsinya

-       Mengenal 5 bentuk merjan dan warnanya

-       Menyusun pola sesuai tugas dari guru

-       Memperjelas konsep bilangan

-       Melatih konsep berkurang dan bertambah

-       Melatih memprediksi

-       Melatih kesabaran anak

5.      Contoh penerapan

-       Meronce

-       Menanamkan pengertian lebih banyak

C.     Kotak-kotak huruf

1.      Mengelompokkan huruf yang sama

Fungsinya :

-       Menarik minat baca

-       Mengenal huruf dengan bunyi huruf

-       Mengelompokkan huruf yang sama

-       Menyebutkan 2 buah huruf yang bergandengan

-       Menyusun huruf dalam kata yang bermakna

2.      Spesifikasi alat

Kartu huruf

-       Terbuat dari triplek, karton, atau kertas manila

-       Brntuk dan ukuran sama

-       Jumlah setiap huruf 5 sampai 10 buah

-       Tiap huruf ukurannya 3 x 4

D.    Papan pengenal warna

Papan penampang berwarna abu-abu atau putih yang memiliki beberapa lubang untuk menempelkan kepingan setengah lingkaran

E.     Papan flanel

Terdiri dari papan triplek tebal 1,2 cm ukuran 75cm x 60cm yang dilapisi kain flanel

Fungsi :

1.      Memperkenalkan konsep bilangan

2.      Menanamkan tentang banyak sedikit dan sama banyak

3.      Menanamkan pengertian penambhan pengurangan

4.      Latihan membilang

5.      Mengenalkan lambang bilangan

6.      Bercerita menggunakanpapan flanel

 

F.      Papan geometris

Terdiri dari papan penampang, kepinngan berbentuk geometris 9 bentuk

Fungsi :

1.      Mengenalkan bentuk geometris

2.      Meletakkan keping geometris ke penampang dengan tepat

3.      Memperkirakan kepingan geometris ke papan penampang

 

G.    Kotak pos

Fungsi :

1.      Mengenal bentu geometris dengan beberapa penampang

2.      Melatih kepekaan berfikir

3.      Membandingkan bentuk-bentuk geometris

4.      Mencoba sampai terampil memasuukan ke otak melalui tutup

 

H.    Boneka

Fungsi :

1.      Alat peraga dalam bermain sandiwara

2.      Merangsang kepekaan berfikir

3.      Meningkatkan daya nalar

 

I.        Lotto

1.      Lotto sejenis

1 buah papan penampang terdiri kotak-kotak yang telah ditempel gambar, alat dapur, buah pepaya dll.

Fungsi:

-       Untuk mengembangkan imajinasi

-       Untuk bereksplorasi

 

J.        Domino benda yang sama atau kepingan gambar

Kepingan gambar yanng dibatasi dengan garis, sebelah kiridan kanan serta gambarnya berlainan

K.    Gelas ukir

Fungsi :

1.      Mengukur sama banyak

2.      Lebih banyak, lebih sedikit

3.      Mengenalkan konsep bilangan

4.      Percobaan mencampur warna

L.     Ukuran panjang/pendek

Tongkat panjang berbentuk persegi panjang

Fungsi :

-       Mengukur tinggi panjang lebar

-       Membedakan tinggi dan pendek

-       Sama tinggi / pendek

-       Lebih tinggi/pendek

M.   Kotak kubus

Fungsi:

-       Membentuk suatu benda dari kubus secara mendatar

-       Menyusun kubus kertas

N.    Alat untuk mengenal indera peraba

Fungsi:

-       Mengenalkan permukaan kasar dan halus

-       Mengenalkan permukaan keras dan lembut

O.    Bak air (ember)

Fungsi :

-       Melakukan percobaan mengapunng, terapung, melayang,dll

-       Bermain air dengan botol

P.     Bak pasir

Q.    Buku-buku (story reading)

Fungsi :

-       Merangsang minat baca

-       Merangsang kepekaan berfikir

-       Menceritakan isi cerita secara sederhana

-       Menyimpulkan cerita dalam buku

R.     Alat-alat yang ada diluar kelas

1.      Ayunan yang ditanam

2.      Ayunan yang dapat di pidah-pindah

3.      Jungkat-jungkit

4.      Peluncur

5.      Papan titian

6.      Tangga

Alat yang dibuat guru:

1.      Gambar maze

2.      Media untuk mengenal huruf

3.      Gambar seri

4.      Mengenal angka

5.      Puzzle

6.      Dll

Alat yang didapat di lingkungan

            Gelas plastik, sendok es krim, karet gelang, tutup botol, batu-batuan, biji-bijian, kerang-kerangan, pelepah pisang, dll.

·         Mencocokkan huruf

Fungsi :

-       Membedakan huruf  dan memperkaya perbendaharaan kata

-       Membedakan kata-kata sebagai persiapan membaca dan menulis

-       Membedakan dan menirukan kembali bunyi

·         Gambar seri

Fungsi :

-       Mengembangkan kemampuan berbahasa

-       Meningkatkan daya pikir dan kreativitas

-       Melatih dan mengamati urutan peristiwa

·         Boneka tangan

Fungsi :

-       Mengembangkan kemampuan berbahasa

-       Mengembangkan kerja sama

-       Meningkatkan daya pikir dan kreativitas

·         Papan konsep hari

Fungsi :

-       Menyebutka nama-nama hari

-       Mengenalkan konsep waktu kemarin, hari ini, besok, lusa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar