MODUL
8
MEDIA
DAN SUMBER BELAJAR DALAM PENGEMBANGAN KOGNITIF
Kegiatan
belajar 1
Hakikat,
Tujuan, Dan Fungsi Media Dan Sumber Belajar
A.
Hakikat media dan sumber belajar
Menurut Gagne, media adalah berbagai jenis
komponen dalam lingkungan anak yang mendorong untuk belajar.
Menurut Briggs, media adalah segala
alat fisik yang menyajikan pesan yang mendorong untuk belajar.
Media berasal dari bahasa latin artinya
antara yang menggambarkan suatu perantara dalam penyampaian informasi dari
suatu informasi kepada penerima. Media pembawa pesan untuk mencapai tujuan
instruksional disebut media instruksional diantaranya, media proyeksi, non
proyeksi, media audio, film, multimedia, dll.
Mayke menyatakan bahwa belajar dengan
bermain memberi kesempatan pada anak untuk memanipulasi, mengulang-ulang,
bereksplorasi, mempraktikkan, dan mendapatkan konsep serta pengertian tentang
berbagai macam hal.
B.
Tujuan Dan Fungsi Media Dalam
Pengembangan Kognitif
Beberapa kriteria APE penerapan media
dalam pengembangan kognitif adalah sebagai berikut :
1. Sesuai tujuan dan fungsi penggunaannya
2. Memberikan pengertian dan menjelaskan
konsep tertentu
3. Mendorong kreativitas anak
4. Memenuhi unsur kebenaran ukuran,
ketelitian dan kejelasan
5. Tidak membahayakan anak
6. Menarik, menyenangkan, dan tidak
membosankan
7. Memenuhi unsur keindahan
8. Harus dapat digunakan dengan baik
Fungsi dan tujuan penerapan media
bidang kognitif, sebagai berikut :
1. Merangsang anak melakukan kegiatan,
pikiran, perasaan, perhatian, dan minat
2. Bereksperimen
3. Menyelidiki atau meneliti
4. Alat bantu
5. Mencapai tujuan pendidikan yang
maksimal
6. Alat peraga untuk memperjelas
sesuatu(menghilangkan verbalisme)
7. Mengembangkan imajinasi
8. Melaksanakan yugas yang diberikan
9. Melatih kepekaan berfikir
10.
Digunakan
sebagai alat permainan
11.
Keperluan
anak dalam melakukan tugas yang diberikan guru,
C. Karakteristik media
Kelebihan
dan keterbatasan karakteristik media adalah sebagai berikut :
1. Kelebihan
-
Motivasi
-
Perbedaan
individual
-
Tujuan
belajar
-
Organisasi
isi pelajaran
-
Persiapan
sebelum belajar dan bermain
-
Emosi
-
Partisipasi
-
Umpan
balik
-
Reinforcement
-
Lathan
dan pengulangan
-
Aplikai
2. Keterbatasan
-
Masih
membutuhkan penjelasan dari guru
-
Persiapan
dan perencanaan harus dilakukan sebaik mungkin
-
Pengoperasian
yang memakai listrik menimbulkan bahaya yang laten
-
Yang
tidak menggunakan listrik kurang memiliki efek dinamis
D. Syarat-syarat media yang baik
1. Menarik dan menyenangkan baik dari segi
wana maupun bentuk
2. Tumpul (tidak tajam) bentuknya
3. Ukuran disesuaikan anak
4. Tidak membahayakan anak
5. Dapat dimanipulasi
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam
pembuatan alat peraga :
1. Multiguna ( dapat digunakan, serta
mencakup semua bidang pengembangan)
2. Menumbuhkan kreativitas, daya khayal,
dan daya imajinasi, dapat digunakan bereksperimen dan bereksplorasi
3. Mudah dibuat dan dikerjakan secara
massal
4. Nyaman bila digunakan
5. Bahan baku mudah didapat, dibeli dengan
harga murah, atau dibuat dengan memanfaatkan bahan bekas
6. Bahan baku harus cukup kuat dan tahan
lama
Kegiatan
belajar 2
Penerapan
media dan APE dalam pengembangan kognitif anak
Syarat-syarat yang harus
diperhatikan dalam pembuatan alat peraga :
1. Bentuk dasar
-
Benar,
ditinjau dari sudut keilmuan
-
Ukuran
proporsional
-
Sesuai
perkembangan anak
-
Kuat
dan mudah pemeliharaannya
-
Mempunyai
pola dasar yang sederhana
-
Mudah
dan ringkas untuk disimpan
-
Mudag
digabungkan dan dapat berdiri sendiri
2.
Konstruksi
-
Kuat
dan tahan lama
-
Mudah
dibuat secara massal
-
Aman
-
Mudah
dipakai
-
Bahan
mudah didapat
3.
Estetika
dan keindahan
-
Bentuk
setetis
-
Ukuran
sesuai
-
Warna
dan kombinasi warna sesuai
A. Balok/ kotak bangun
1. Kotak bangun
-
Persegi
oanjang
-
Kubus
-
Segitiga
sama kaki
-
Balok
panjang 12 cm
-
Kepingan
bulat lubang di tengah
-
Persegi
panjang salah satu ujung runcing membentuk segi tiga sama kaki
-
Silinder
panjang
-
Silinder
pendek
-
Keping
bujur sangkar berlubang di tengah
-
Persegi
panjang ditengah berlubang dua dan salah satu ujungnya runcing dan ujung yang
lainnya di iris menyudut ke dalam
-
Persegi
panjang lubang lima
-
Persegi
panjang lubang enam
Fungsi balok/kotak bangun :
-
Memperkenalkan
anak berbagai bentuk kotak bangun
-
Mendorong
anak membuat kotak banngun sesuai daya fantasi, imajinasi dan kreativitas
-
Mengembangkan
daya pikir dan kreatiitas anak
2. Spesifikasi alat dan bahan pembuatan
balok dan kotak bangun
-
Kayu
yang berkualitas serta mudah di bentuk
-
Warna
dari bahan cat berkualitas baik, tidak berbau, tidak luntur, mudah di
bersihkan, tidak berbahaya
B. Kotak merjan
Terdiri dari
merjan berbentuk kubus, bola, roda bentuk tong, dan bentuk silinder.
Spesifikasi alat :
1. Unsur
-
Kotak
-
Tutup
-
Isi
merjan
·
Merjan
berbentuk kubus sisi 1,5 cm warna hijau
·
Berbentuk
bola, diameter 2,2 cm warna kuning
·
Bentuk
tong panjang 2,5cm tebal 1,3 cm warna biru
·
Bentuk
tong panjang 2,5 cm garis tengah 2 cm warna putih
·
Bentuk
silinder panjang 2,5 cm, garis tengah 2,2 cm, warna merah
2.
Bahan
alam
-
Kotak
dari triplek
-
Merjan-merjan
dari kayu
-
Benang
kasar
-
Jarum
besar tumpul tidak berkarat
3.
Jumlah
Tiap merjan 15 buah, jarum 2 buah,
benang 1 gulung
4.
Fungsinya
-
Mengenal
5 bentuk merjan dan warnanya
-
Menyusun
pola sesuai tugas dari guru
-
Memperjelas
konsep bilangan
-
Melatih
konsep berkurang dan bertambah
-
Melatih
memprediksi
-
Melatih
kesabaran anak
5.
Contoh
penerapan
-
Meronce
-
Menanamkan
pengertian lebih banyak
C.
Kotak-kotak
huruf
1. Mengelompokkan huruf yang sama
Fungsinya
:
-
Menarik
minat baca
-
Mengenal
huruf dengan bunyi huruf
-
Mengelompokkan
huruf yang sama
-
Menyebutkan
2 buah huruf yang bergandengan
-
Menyusun
huruf dalam kata yang bermakna
2. Spesifikasi alat
Kartu
huruf
-
Terbuat
dari triplek, karton, atau kertas manila
-
Brntuk
dan ukuran sama
-
Jumlah
setiap huruf 5 sampai 10 buah
-
Tiap
huruf ukurannya 3 x 4
D. Papan pengenal warna
Papan penampang
berwarna abu-abu atau putih yang memiliki beberapa lubang untuk menempelkan
kepingan setengah lingkaran
E. Papan flanel
Terdiri dari papan
triplek tebal 1,2 cm ukuran 75cm x 60cm yang dilapisi kain flanel
Fungsi :
1. Memperkenalkan konsep bilangan
2.
Menanamkan
tentang banyak sedikit dan sama banyak
3.
Menanamkan
pengertian penambhan pengurangan
4.
Latihan
membilang
5.
Mengenalkan
lambang bilangan
6.
Bercerita
menggunakanpapan flanel
F.
Papan
geometris
Terdiri dari papan penampang, kepinngan
berbentuk geometris 9 bentuk
Fungsi :
1. Mengenalkan bentuk geometris
2. Meletakkan keping geometris ke
penampang dengan tepat
3. Memperkirakan kepingan geometris ke
papan penampang
G.
Kotak
pos
Fungsi :
1. Mengenal bentu geometris dengan
beberapa penampang
2. Melatih kepekaan berfikir
3. Membandingkan bentuk-bentuk geometris
4. Mencoba sampai terampil memasuukan ke
otak melalui tutup
H.
Boneka
Fungsi :
1. Alat peraga dalam bermain sandiwara
2. Merangsang kepekaan berfikir
3. Meningkatkan daya nalar
I.
Lotto
1. Lotto sejenis
1
buah papan penampang terdiri kotak-kotak yang telah ditempel gambar, alat
dapur, buah pepaya dll.
Fungsi:
-
Untuk
mengembangkan imajinasi
-
Untuk
bereksplorasi
J.
Domino
benda yang sama atau kepingan gambar
Kepingan gambar
yanng dibatasi dengan garis, sebelah kiridan kanan serta gambarnya berlainan
K. Gelas ukir
Fungsi :
1. Mengukur sama banyak
2. Lebih banyak, lebih sedikit
3. Mengenalkan konsep bilangan
4. Percobaan mencampur warna
L.
Ukuran
panjang/pendek
Tongkat panjang berbentuk persegi
panjang
Fungsi :
-
Mengukur
tinggi panjang lebar
-
Membedakan
tinggi dan pendek
-
Sama
tinggi / pendek
-
Lebih
tinggi/pendek
M.
Kotak
kubus
Fungsi:
-
Membentuk
suatu benda dari kubus secara mendatar
-
Menyusun
kubus kertas
N.
Alat
untuk mengenal indera peraba
Fungsi:
-
Mengenalkan
permukaan kasar dan halus
-
Mengenalkan
permukaan keras dan lembut
O.
Bak
air (ember)
Fungsi :
-
Melakukan
percobaan mengapunng, terapung, melayang,dll
-
Bermain
air dengan botol
P.
Bak
pasir
Q.
Buku-buku
(story reading)
Fungsi :
-
Merangsang
minat baca
-
Merangsang
kepekaan berfikir
-
Menceritakan
isi cerita secara sederhana
-
Menyimpulkan
cerita dalam buku
R.
Alat-alat
yang ada diluar kelas
1. Ayunan yang ditanam
2. Ayunan yang dapat di pidah-pindah
3. Jungkat-jungkit
4. Peluncur
5. Papan titian
6. Tangga
Alat yang dibuat guru:
1. Gambar maze
2. Media untuk mengenal huruf
3. Gambar seri
4. Mengenal angka
5. Puzzle
6. Dll
Alat yang didapat di lingkungan
Gelas
plastik, sendok es krim, karet gelang, tutup botol, batu-batuan, biji-bijian,
kerang-kerangan, pelepah pisang, dll.
·
Mencocokkan
huruf
Fungsi :
-
Membedakan
huruf dan memperkaya perbendaharaan kata
-
Membedakan
kata-kata sebagai persiapan membaca dan menulis
-
Membedakan
dan menirukan kembali bunyi
·
Gambar
seri
Fungsi :
-
Mengembangkan
kemampuan berbahasa
-
Meningkatkan
daya pikir dan kreativitas
-
Melatih
dan mengamati urutan peristiwa
·
Boneka
tangan
Fungsi :
-
Mengembangkan
kemampuan berbahasa
-
Mengembangkan
kerja sama
-
Meningkatkan
daya pikir dan kreativitas
·
Papan
konsep hari
Fungsi :
-
Menyebutka
nama-nama hari
-
Mengenalkan
konsep waktu kemarin, hari ini, besok, lusa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar