SOAL UJIAN UNIVERSITAS TERBUKA
FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PGPAUD)
Psikologi Perkembangan Anak
PAUD4104
FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TERBUKA
1.
Aspek perkembangan manusia dibagi 3 kelompok, ketiga aspek perkembangan
tersebut adalah ....
A. fisik, kognitif, dan
psikososial
B. motorik, kognitif,
dan bahasa
C. fisik, motorik, dan
kognitif
D. motorik, psikososial,
dan emosi
2.
Salah satu contoh perubahan kuantitatif adalah
....
A. bertambahnya tinggi
badan
B. meningkatnya
kemampuan intelektual
C. berkurangnya
kemampuan mengingat
D. meningkatnya
kemampuan psikomotor
3.
Berikut ini adalah inti dari pengertian perkembangan, kecuali ....
A. perubahan yang
terjadi sepanjang rentang kehidupan
B. perbedaan yang
terjadi pada perubahan
C. kesamaan individu
dalam sifat perubahan
D. pembagian rentang
kehidupan ke dalam beberapa periode
4.
Development involves both gain and loss artinya adalah perkembangan ....
A. berlangsung seumur
hidup untuk beradaptasi dengan situasi yang dihadapi
B. terjadi dalam
berbagai dimensi yang saling berinteraksi satu sama lain
C. dipengaruhi oleh
faktor biologis dan budaya yang berubah setiap waktu
D. berlangsung dalam
berbagai konteks yang berpengaruh terhadap kehidupan
5.
Masa dewasa muda ditandai dengan kebutuhan ....
A. mencari karir dan
pekerjaan
B. membangun karir dan
keluarga
C. menghadapi penurunan kemampuan
fisik
D. belajar mengatasi
kehilangan orang yang dicintai
6.
Menurut Rousseau, perkembangan bersifat aktif artinya ....
A. individu dibentuk
oleh faktor lingkungan
B. perkembangan
seseorang diatur oleh diri sendiri
C. kemampuan individu
dapat diramalkan dari kekuatan lingkungan sekitarnya
D. perkembangan dapat
dipercepat atau diperlambat oleh keadaan lingkungan
7.
Pengaruh normatif adalah kejadian ...
A. yang dialami oleh
setiap orang dan berpengaruh baik terhadap kehidupannya
B. yang dialami oleh
kebanyakan orang dalam suatu kelompok
C. luar biasa yang
dihadapi sekelompok orang
D. yang berpengaruh
buruk terhadap kehidupan seseorang
8.
Penekanan Erikson pada identitas ditunjukkan dengan ....
A. penggunaan metode
observasi langsung dalam mempelajari individu
B. pencarian identitas
sebagai fokus perkembangan pada setiap tahap kehidupan
C. banyaknya artikel
yang ditulis mengenai kehidupan orang-orang terkenal
D. tuntutan kepada
setiap individu untuk dapat mengatasi krisis
9.
Ketidakberhasilan individu dalam mengatasi krisis Intimacy vs Isolation
ditunjukkan oleh ....
A. penyesalan terhadap
apa yang tidak dapat dilakukan
B. kebingungan dalam
menentukan keputusan dan pilihan
C. perasaan terisolasi
dan tidak menaruh perhatian terhadap lingkungan
D. perasaan tidak
menyukai diri sendiri
10.
Pengaruh budaya terhadap perkembangan psikososial individu dapat ditunjukkan
dengan adanya bukti bahwa budaya ....
A.
mengarah perilaku individu
B.
selalu tumbuh seiring waktu
C.
mengadaptasi kehidupan individu
D.
berubah sesuai dengan kebutuhan individu
11.
Keadaan patologis manusia secara umum yang paling baik adalah ....
A.
aktualisasi
B.
kapasitas
C.
kemauan
D.
kebutuhan
12.
Salah satu contoh kebutuhan rasa percaya diri adalah ....
A.
memiliki asuransi kesehatan
B.
menjadi anggota tim basket
C.
memperoleh beasiswa untuk melanjutkan studi
D.
menjadi penari yang terkenal
13. Salah
satu upaya yang dapat dilakukan untuk
mendorong anak mengaktualisasikan dirinya adalah ....
A.
meminta anak untuk mengenali sisi kelemahan dari orang lain
B.
membiarkan anak melakukan segala kegiatan yang membuatnya bahagia
C.
merancang kegiatan yang menuntut anak untuk menggunakan kemampuannya secara
optimal
D.
memberikan langkah-langkah yang harus dilakukan anak dalam mengatasi masalah
secara rinci
14.
Anak resiliensi adalah anak yang mempunyai kemampuan untuk ....
A.
mengatasi keadaan yang berakibat pada terhambatnya perkembangan emosional
B.
menyesuaikan diri dengan aturan yang berlaku dalam lingkungan masyarakat
C.
mencari alternatif pemecahan masalah berdasarkan pengalaman
D.
menciptakan hubungan yang baik dengan orang tua dan anggota keluarga lainnya
15.
Dinda anak ketiga dari keluarga Bu Sukri. Pak Sukri sudah meninggal ketika
Dinda dalam kandungan. Untuk menghidupi keluarganya Bu Sukri menjadi buruh
cuci, sementara kakak-kakaknya berjualan kue sepulang sekolah. Meskipun beban
yang disandang cukup berat, kakak-kakaknya tidak mengeluh dengan keadaan
keluarganya. Melihat itu semua, Dinda mencoba membantu ibunya menyelesaikan
pekerjaan di rumah. Dinda dapat berhasil dalam belajar dan memiliki
banyak teman. Illustrasi tersebut menunjukkan bahwa karakteristik Dinda
mengatasi beban hidupnya disebabkan oleh faktor ....
A.
pengalaman belajar
B.
kepribadian
C.
keluarga
D.
resiko yang terbatas
16. Menurut
Piaget, segala sesuatu yang dipelajari oleh individu disusun dalam bentuk ....
A.
skemata
B.
operasi
C.
logika
D.
simbol
17. Bintang
pergi ke kebun binatang bersama pamannya. Ketika melewati kandang Harimau,
Bintang berkata, “paman, itu ibunya kucing besar sekali”. Pamannya tersenyum,
“itu bukan kucing, tetapi harimau.” ”Tapi kok seperti kucing ya?, kata Bintang.
Pamannya kemudian menjelaskan perbedaan kucing dan harimau. Dari ilustrasi
tersebut, yang merupakan proses akomodasi adalah ketika Bintang ....
A.
mendengarkan penjelasan Pamannya tentang perbedaan kucing dan harimau
B.
mendengarkan perkataan Pamannya, Itu bukan kucing, tetapi harimau.”
C.
menyebut harimau sebagai ibunya kucing
D.
melihat harimau dalam kandang di kebun binatang
18.
Menurut Piaget, setiap tahap perkembangan bersifat universal artinya bahwa ....
A.
perpindahan dari tahap yang satu ke tahap berikutnya lebih bersifat kualitatif
daipada kuantitatif
B.
perubahan pada suatu tahap dipersiapkan dan diperoleh berdasarkan kemampuan
yang dicapai sebelumnya
C.
setiap tahap perkembangan memiliki masa persiapan dan masa akhir yang akan
dicapai
D.
semua individu di belahan dunia manapun memiliki urutan tahapan perkembangan
yang sama
19.
Berikut adalah kemampuan yang telah dimiliki anak pada tahap pra-operasional,
kecuali ....
A.
berpikir logis berdasarkan realitas konkret
B.
mengingat peristiwa yang telah terjadi
C.
mengkhayalkan keinginan di masa depan
D.
memprestasikan kejadian secara mental
20. Bu
Ina, guru TK B, memperkenalkan konsep lebih banyak dan lebih sedikit dengan
membuat gambar di papan tulis sebagai berikut :
Ketika bu Ina bertanya pada Nia
tentang baris yang berisi bintang paling banyak, Nia memilih baris b.
Illustrasi tersebut menunjukkan bahwa salah satu keterbatasan anak pada tahap
pra-operasional adalah ....
A. ketidakmampuan
melakukan konservasi
B.
lebih mempercayai persepsi dibandingkan logika
C.
kebingungan antara kejadian fisik dan psikologis
D.
ketidakmampuan membalikkan kejadian
21.
Bicara sendiri, menurut Vygotsky, digunakan oleh anak untuk ....
A.
menyampaikan keinginan
B.
mengekspresikan perasaan
C.
melatih kemampuan berbahasa
D.
mengarahkan perilaku
22. Lingkungan sosial berperan dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak karena
menurut Vygotsky ....
A.
proses berpikir berakar dari hubungan sosial yang dialami anak
B. Lingkungan
sosial menuntut anak untuk berpikir sesuai aturan yang berlaku
C.
sebagian besar waktu dihabiskan oleh anak untuk berinteraksi dengan
lingkungannya
D.
setiap lingkungan sosial menuntut perilaku yang berbeda
23. Berdasarkan
konsep Zone of Proximal Development, tingkat kemampuan yang lebih tinggi dapat
dicapai oleh anak melalui ....
A.
bantuan orang lain
B.
usaha secara mandiri
C.
pengalaman langsung
D.
pemberian penguatan atau ganjaran
24.
Tujuan utama bermain bagi anak adalah untuk ....
A.
memperoleh kesenangan
B.
menyerap informasi baru
C.
mencapai keinginan
D.
melakukan kegiatan belajar
25. Menurut
teori psikoanalis, kegiatan bermain dapat membantu perkembangan emosi anak
karena melalui bermain anak dapat ....
A.
mengekspresikan perasaannya
B.
berlatih menyesuaikan diri
C.
berperan sebagai orang yang dibayangkan
D.
menyalurkan bakat secara positif
26.
Fungsi bermain, menurut Bruner, adalah mengembangkan ....
A.
kreativitas dan fleksibilitas
B.
kemampuan bereksplorasi dan kreativitas
C.
kemampuan memilih dan bereksplorasi
D.
fleksibilitas dan kemampuan bereksperimen
27. Bu
Ita sedang mengajak anak-anak kelas A mengenal buah-buahan, sayuran, dan bunga
dengan menggunakan mainan. Bu guru bertindak sebagai penjual dan anak-anak
sebagai pembelinya. Setiap anak hanya boleh memilih mainan yang termasuk
kelompok buah-buahan, atau sayuran, atau bunga. Kegiatan bermain yang dilakukan
Bu Ita tersebut diarahkan untuk mengembangkan aspek ....
A.
emosi
B.
kognitif
C.
bahasa
D.
sosial
28.
Bintang dan Dani sedang asyik bermain dokter-dokteran. Bintang sebagai dokter
sedang memeriksa Dani yang dianggap sebagai pasiennya. Ketika Bintang memegang
tangan Dani seolah-olah akan menyuntik, Dani pura-pura menangis karena sakit.
Kegiatan bermain yang dilakukan Bintang dan Dani merupakan kegiatan bermain
pada tahap bermain ....
A.
sendiri
B.
paralel
C.
asosiatif
D.
kooperatif
29.
Manakah dari contoh berikut yang menggambarkan bermain konstruktif?
A.
Reni sedang bermain sepeda roda tiga mengelilingi lapangan bulu tangkis.
B.
Nurul sedang menyusun balok-balok membuat stasiun kereta.
C.
Dengan menggunakan stetoskop mainan, Indah sedang memeriksa bonekanya.
D.
Bintang senang menyelusuri jalur pada gambar, jalan tikus yang ada pada
majalah.
30.
Kegiatan guru yang dapat mengganggu kegiatan bermain anak adalah ....
A.
mengajukan pertanyaan terhadap kegiatan yang dilakukan anak
B.
mengajukan ide dan memperluas wawasan anak
C.
memberikan instruksi sejenak saat ada peluang bagi anak untuk belajar sesuatu
yang baru
D.
mengamati kegiatan anak dari jarak dekat
31. Berbagai
penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan guru dalam bermain dapat menyebabkan
hal-hal berikut, kecuali ....
A.
waktu bermain anak lebih lama
B.
anak lebih bersifat sosial
C.
permainannya menuntut kemampuan kognitif tinggi
D.
anak bersikap kompetitif dalam bermain
32.
Sekelompok anak sedang bermain peran sebagai pelayan, kasir, dan pembeli.
ketika salah seorang anak memesan makanan kepada temannya yang berperan sebagai
pelayan, Ibu Ita ikut-ikutan memesan makanan juga. Kemudian Ibu Ita diminta
untuk membayar makanan yang dipesannya kepada anak yang berperan sebagai kasir.
Illustrasi menunjukkan keterlibatan guru dalam bermain yang berperan sebagai
....
A.
onlooker
B.
stage manager
C.
coplayer
D.
play leader
33. Metode
observasi sangat tepat digunakan untuk mengumpulkan informasi yang berkaitan
dengan aspek ....
A.
sosial
B.
kognisi
C.
nilai
D.
fisik
34. Kecerdasan
majemuk (multiple intelligences)
adalah kemampuan seseorang dalam ....
A.
berpikir dengan cepat
B.
menyajikan informasi yang kompleks secara sistematis
C.
mengerjakan tes inteligensi
D.
memecahkan permasalahan secara kontekstual
35.
Anak yang menonjol dalam kecerdasan natural akan tampak dalam ....
A.
kesenangannya dalam melakukan pengamatan terhadap lingkungan
B.
kepekaannya dalam menilai kelebihan dan kelemahan diri sendiri
C.
ketajamannya dalam melihat pola situasi
D.
kemampuannya dalam memvisualisasikan berbagai ide dan peristiwa
36. Contoh karakteristik anak yang memiliki
kecerdasan interpersonal yang menonjol adalah ....
A.
mampu memainkan lagi dengan ekspresif
B.
selalu berkeinginan membantu orang lain
C.
mudah menjalin komunikasi dengan orang baru
D.
terampil membuat kerajinan tangan
37. Kegiatan
berikut tidak cocok dilakukan oleh guru untuk mengasah kecerdasan
verbal-linguistik anak ....
A.
bermain peran tentang ibu atau bapak dan anak
B.
menyanyikan lagu tentang kegiatan sehari-hari
C.
mewarnai gambar yang dibuat sendiri oleh anak
D.
meminta anak membuat cerita sendiri
38. Kegiatan
yang dapat dilakukan guru untuk mengembangkan kecerdasan logika-matematika
adalah ....
A.
menyusun puzzle gambar orang
B.
bercerita tentang anak yang cerdas
C.
berdoa bersama sebelum makan
D.
melakukan olehraga dalam posisi membentuk lingkaran
39. Kegiatan guru yang tidak sesuai untuk
mengembangkan kecerdasan visual-spesial adalah ....
A.
membuat kerajinan tangan dari sedotan limun
B.
meminta anak membereskan kembali mainan
C.
menggambar kendaraan yang pernah ditumpangi
D.
bercerita tentang perjalanan yang telah dilakukan
40. Untuk
mengasah kecerdasan gerak tubuh (bodily-kinesthetic) guru dapat merancang
kegiatan ....
A.
latihan menari secara berkelompok
B.
membacakan cerita tentang penari terkenal
C.
mengunjungi pertunjukan tari
D.
menunjukkan gambar-gambar tarian daerah
41. Kegiatan
yang dapat dilakukan untuk mengasah kecerdasan musik-berirama (musical-rythmic)
adalah ....
A.
menggunting dan menempel foto-foto penyanyi
B.
bernyanyi sambil berbaris menuju lapangan upacara
C.
bercerita tentang perjalanan karir penyanyi pujaannya
D.
menggambar sesuai dengan isi lagu
42. Agar
kecerdasan antar-diri (interpersonal) terasah dengan baik, guru dapat melakukan
kegiatan ....
A.
membacakan cerita tentang pentingnya persahabatan
B.
meminta anak untuk menceritakan kegiatan liburan
C.
mengajak anak ke kebun bunga secara berkelompok
D.
memberikan tugas yang harus dikerjakan dalam kelompok
43. Guru
dapat mengasah kecerdasan dalam diri (interpersonal) anak dengan cara ....
A.
mengembangkan kegiatan olahraga yang sesuai dengan minat anak
B.
mendengarkan ungkapan anak tentang perasaannya dengan penuh perhatian
C.
membacakan cerita tentang orang-orang terkenal
D.
meminta anak memperkenalkan diri dan menceritakan anggota keluarganya
44. Kecerdasan
natural dapat dikembangkan dengan cara meminta anak ....
A.
mengamati jenis-jenis daun yang dibawa anak dari rumah
B.
menengok temannya yang sedang sakit
C.
bermain peran di alam terbuka
D.
menjelaskan manfaat tanaman bagi manusia
45.
Kecerdasan yang dikontrol oleh belahan otak kanan adalah kecerdasan ....
A.
logika-matematika dan gerak tubuh
B.
spesial dan musikal-berirama
C.
gerak tubuh dan spasial
D.
musikal-berirama dan gerak tubuh
46. Putri, Intan, dan Dewi dari tadi asyik
rumah-rumahan dan boneka. Sementara itu Jaka, Dimas, dan Bayu yang semula asyik
berkelahi sebagai superman dan penjahat, kini sedang beraksi sebagai pengemudi
dan penumpang bis kota. Illustrasi tersebut menunjukkan adanya perbedaan dalam
kegiatan bermain yang disebabkan oleh faktor ....
A.
jender
B.
temperamen
C.
gaya
D.
budaya
47. Anita
melompat-lompat senang ketika memperoleh mainan yang dibelikan ibunya.
Sementara itu, Darman hanya tersenyum ketika diberi mainan yang sangat
disukainya. Ilustrasi tersebut menunjukkan perbedaan temperamen dilihat dari
aspek ....
A.
perhatian yang sudah beralih
B.
rentang perhatian
C.
suasana hati
D.
tingkat energi reaksi
48. Eka seorang penari terkenal. Keberhasilan
Eka sebagai penari sudah terlihat sejak dia di TK. Ketika di TK sampai SMA, Eka
sangat senang menari dan sering mengikuti lomba menari. Ilustrasi tersebut
menunjukkan bahwa ....
A.
minat mempengaruhi bentuk dan intensitas aspirasi
B.
minat menjadi pendorong/motivasi yang kuat
C.
prestasi selalu mempengaruhi oleh jenis dan intensitas minat pribadi
D.
minat yang sudah ada sejak masa kanak-kanak sering menjadi minat seumur hidup
49. Manakah
dari kegiatan guru berikut yang sesuai untuk anak dengan gaya belajar visual?
A.
mendemonstrasikan cara melipat kertas langkah demi langkah.
B.
meminta anak untuk meragakan cara katak melompat.
C.
menyampaikan cerita tentang anak yang patuh pada orang tua
D.
mengajak anak untuk menginjak rumput yang masih ada embunnya
50. Perbedaan urutan kelahiran dalam keluarga dapat
berpengaruh terhadap perbedaan karakter anak apabila anak ....
A.
mendapatkan perlakuan yang berbeda dari orang tua
B.
dibesarkan oleh orang tua tunggal
C.
tinggal dalam keluarga besar
D.
dilahirkan oleh ibu yang terlalu muda
51. Di rumah bintang diberi kebebasan untuk
mengajukan pertanyaan atau pendapat dengan sopan. Orang tuanya memberikan
kesempatan untuk mempertanyakan segala sesuatu yang ingin diketahuinya. Bahkan
boleh mengatakan ketidaksetujuannya, tetapi tentu saja dengan alasan yang dapat
diterima. Kebiasaan ini terbawa ke sekolah. Bintang selalu mempertanyakan
sesuatu yang tidak dimengerti dan bahkan pernah menolak melakukan kegiatan yang
diminta gurunya. Hal ini menjadi masalah bagi gurunya, dan menyampaikan hal
tersebut kepada orang tua Bintang. Hal tersebut terjadi karena ....
A.
guru salah menafsirkan perilaku anak
B.
anak tidak mematuhi peraturan sekolah
C.
orang tua tidak mengajar cara menghormati orang lain
D.
sekolah tidak memberi kebebasan pada anak
52. Berkenaan dengan strategi kognitif dan meta
kognitif, anak berbakat menunjukkan kemampuan dalam ....
A.
memceritakan sesuatu peristiwa secara kreatif
B.
mempelajari informasi baru secara cepat
C.
menerapkan cara-cara belajar yang kompleks
D.
memotivasi orang lain yang mengalami kegagalan
53.
Anak berbakat karena kelebihannya, sering mengalami kesulitan dalam ....
A.
memenuhi kebutuhan untuk memperoleh informasi lebih lanjut
B.
berinteraksi dengan teman-temannya di sekolah
C.
mengungkapkan ide yang ada dipikirannya
D.
menunjukkan rasa humornya dengan baik
54.
Anak retardasi mental memiliki skor kecerdasan umum (IQ) di bawah 65, yang
ditunjukkan dengan keterlambatan dalam ....
A.
keterampilan dasar pada seluruh bidang akademis
B.
kemampuan bersosialisasi dengan anak seusianya lebih muda
C.
kemampuan menyampaikan keinginan secara tepat
D.
keterampilan berkomunikasi dengan anak seusianya
55. Berikut
ini adalah faktor-faktor yang menyebabkan keadaan retardasi mental pada anak, kecuali
....
A.
kekurangan oksigen pada saat dilahirkan
B.
ada anggota keluarga yang mengalami retardasi mental
C.
sistem pendidikan yang selalu menuntut pada anak
D.
keadaan sosial ekonomi keluarga yang sangat miskin
56. Rita
tidak dapat mengikuti semua kegiatan yang disediakan sekolah. Hal ini
disebabkan karena kalau Rita terlalu capai, penyakitnya akan kambuh. Dengan
demikian Rita mengalami keterlambatan dibandingkan dengan teman-teman di
kelasnya. Ilustrasi tersebut menunjukkan bahwa keterlambatan perkembangan Rita
disebabkan oleh ....
A.
alasan medis
B.
masalah fisik
C.
kemampuan kognisi
D.
masalah perilaku
57. Meri
tidak dapat mengikuti aktivitas fisik karena adanya kelainan jantung bawaan.
Untuk itu pada saat teman-temannya melakukan kegiatan olahraga dengan gembira,
Meri hanya memperhatikan mereka. Karena jarang mengikuti aktivitas fisik,
perkembangan kekuatan fisik dan suasana hatinya mengalami hambatan.
Keterlambatan yang dialami Meri tersebut disebabkan oleh masalah ....
A.
perilaku
B.
fisik
C.
kognisi
D.
emosi
58. Dyslexia
adalah ketidakmampuan anak dalam membaca yang ditunjukkan oleh ....
A.
ketidakmampuan membaca sesuai dengan tahap perkembangan
B.
membaca kata atau huruf secara terbalik
C.
ketidakmampuan mengucapkan kata yang tertulis
D.
kesulitan menuliskan kata-kata yang didiktekan
59.
Salah satu contoh perilaku anak yang mengalami austisme adalah ....
A.
perhatiannya terfokus pada hal-hal yang rinci dan aneh
B.
sulit mengontrol pikiran dan perasaan
C.
tidak mau berinteraksi dengan orang lain
D.
merusak barang milik orang lain
60. Tindakan
guru yang dapat dilakukan untuk membantu anak yang mengalami gangguan anxiety
disorder adalah ....
A.
memberikan kesempatan kepada anak melakukan kegiatan yang disenangi
B.
melakukan kegiatan yang menuntut anak berkomunikasi satu sama lain
C.
menyampaikan konsekuensi apabila anak melanggar aturan
D.
menunjukkan rasa simpati ketika anak tampak gelisah
1.
Perkembangan biologis manusia dimulai pada saat
a.
Melahirkan
b. Konsepsi dan
pembuahan
c. Mengandung
d.
Menyusui
2.
Masa yang dimulai pada saat konsepsi dan berakhir pada
saat lahir berlangsung selama
a.
230 hari atau 7 bulan
b. 280 hari
atau 9 bulan
c. 366 hari
atau 1 tahun
d.
260 hari atau 8bulan
3.
Fase prenatal dibedakan menjadi 3 fase yaitu
a.
fase anal,fase genital,fase laten
b. fase
germinal,fase embriona,fase fetal
c. fase
genital,fase laten,fase germinal
d.
fase germinal,fase anal, fase fetal
4.
Jumlah kromosom pada bayi normal
a.
47 kromosom
b. 46 kromosom
c. 45 kromosom
d.
44 kromosom
5.
Periode kahamilan bayi premanurity menurut wold health organization (WHO,1961)
adalah
a.
37 minggu
b. Kurang dari
37 minggu
c. 38 minggu
d.
40 minggu
6.
Gehlen (1941) mengemukakan manusia sebagai
a.
Makhluk social
b. Mengelwesen
c. Mamalia
d.
Ovivar
7.
Bila spermatosoma laki-laki memasuki dinding telur
(ovum) wanita maka terjadilah
a.
Meioso
b. Konsepsi
c. Fetus
d.
Prematurity
8.
Menurut rotman ada 3 macam tugas perkembangan yang
paling utama,kecuali
a.
Berdiri
b. Berbicara
c. Berfikir
d.
Berjalan
9.
Dibawah ini periode dalam masa frenalat kecuali
a.
Periode ovum
b.
Periode anal
c.
Periode embrio
d.
Peirode fetus
10. Pada
trimester ketiga kehamilan pertumbuhan otak pada janin bertambah antara
a.
50% & 60%
b.
40% & 400%
c.
400% & 500%
d.
500% & 600%
11. Pupil pada
janin dapat merespon cahaya sejak
a.
30 minggu
b.
21 minggu
c.
28 minggu
d.
26 minggu
12. Reaksi terhadap
suara-suara keras yang mengejutkan biasa berkembang lebih awal pada janin
perempuan, biasanya terjadi pada bulan
a.
2-3 minggu
b.
4-5minggu
c.
5-6minggu
d.
6-7 minggu
13. Sampai
berapakah tingkat pernapasan janin bisa nail
a.
Setinggi 44 putaran tarik dan buang nafas permenit
b.
Setinggi 30 putaran tarik dan buang nafas permenit
c.
Setinggi 50 putaran tarik dan buang nafas permenit
d.
Setinggi 10 putaran tarik dan buang nafas permenit
14. Dengan
terjadinya kelahiran makan terjadilah suatu perubahan yang ekstensial dalam
hidup manusia dan bukan karena pengalaman yang traumatis peryataan tersebut
adalah pendapat
a.
Eric erikson
b.
Willhem wundt
c.
Greber
d.
Maslow
15. Adanya
kecendrungan yang progresif yaitu usaha untuk menemukan ikatan yang sempurna
dgn suatu objek, sedangkan pihak lain ada kecemdrungan yang regresif atau usaha
untuk melepaskan diri dari segala ikatan yang ada disebut
a.
Ambivalensi
b.
Masa prenatal
c.
Periode embrio
d.
Periode fetus
16. Pada minggu
keberapa kelopak mata terbuka dan menundukkan respon kejapan mata
a.
28 minggu
b.
24 minggu
c.
22 minggu
d.
26 minggu
17. Pada saat
kapankah janin dalam kandungan bisa mengenggam tangan dengan kuat
a.
35 minggu
b.
24 minggu
c.
14 minggu
d.
17 minggu
18. Berapa
persenkah pernapasan bayi setelah 30 minggu
a.
30-40%
b.
50-60%
c.
10-20%
d.
30-70%
19. Hormone
apakah yang dikeluarkan janin memulai tanda-tanda kelahiran
a.
Esterogen
b.
Trioed
c.
Testosterone
d.
Endoktrin
20. Pada saat
kapan janin dalam kandungna bisa membedakan suara yang bernada tinggi dan
rendah
a.
28 minggu
b.
25 minggu
c.
26 minggu
d.
27 minggu
21. Sejak masa
pembuahan sampai melahirkan dan seterusnya perkambangan manusia selalu
a.
Dinamis
b.
Perkembangan
c.
Maju
d.
Semua benar
22. Pada saat
usia berapak bayi premature dapat mendeteksi bau-baun stelah proses pembuahan
a.
26 minggu
b.
42 minggu
c.
36 minggu
d.
16 minggu
23. Menempatkan
bahan yang manis dalamcairan aminitik dapat mempertinggi tingkat….yang
dilakukan janin
a.
Penelanan
b.
Perasa
c.
Pengecap
d.
Penjilat
24. Siapakah
ahli terapi kandungan terkenal yang berasal dari inggris
a.
Prof struatr camphell
b.
Abraham lincai
c.
Prof. demi levato
d.
Antoni van leunhock
25. Kekuarangan
vitamin apakah yang dapat menimbulkan kelainan-kelainan pada janin
a.
Vit B C dan d
b.
Vit E
c.
Vit A
d.
Vit E A dan B
26. Reaksi
apakah yang dapat mempengaruhi perkembangan fetus
a.
Terjatuh
b.
Emosi
c.
Merokok
d.
USG
27. Penyakit
apakah yang menyebabkan anak lahir dengan cacat tubuh
a.
Rubella
b.
Syphilis
c.
Diabetes
d.
Germs measles
28. Apa yang
terjadi pada anak, jika ibu yang mengandungnya terkena penyakit rubella
a.
Cacat bayi
b.
Tunannetra
c.
Tuna rungu
d.
Tuli, bisu, Mr.cataracs
29. Teori apakah
yang menyatakan bahwa perkembangan tidak dapat dipengaruhi oleh factor-faktor
dari luar, melainkan semuanya telah ditentukan oleh proses dalam diri anak
a.
Gessel (1880-19610
b.
Bloom
c.
Brim & kagan 1980
d.
Ewert 1978
30. Pada
masa/usia berapakah bayi memasuki masa babyhood
a.
2 minggu eprtama
b.
4 minggu
c.
10 minggu
d.
12 minggu
31. Pada umur
berapakah reproduksi belum berkembangn sempurna
a.
20 tahun
b.
30 tahun
c.
35 tahun
d.
40 tahun
32. Pada umur
berapakah wanita akan mengalami kesulitan saat melahirkan
a.
16 tahun
b.
20 tahun
c.
30 tahun
d.
19 tahun
33. Berikut ini
adalah kepandaian bayi menjelang kelahiran, kecuali
a.
Menghisap ibu jari
b.
Membuka dan menutup kelopak mata
c.
Berbicara
d.
Mendengarkan music
34. Factor-faktor
apa saja yang dapat mempengaruhi masa prenatal
a.
Umur ibu
b.
Sikap ibu
c.
Sinar rintgen
d.
a,b,c benar
35. Ketegangan
dan ketakutan yang ebrlebihan selama mengandung mengakibatkan
a.
Menyebabkan kesulitan yang besar saat mengandung
b.
Mempermudah melahirkan
c.
Anak tidak normal
d.
Keguguran
36. Apa nama
penyakit yang menulara pada ibu yangs edang mengandung (3-4bulan pertama) yang
bisa merusak fetus dan mengakibatkan bayi lahor tuli,bisu mental trterdasi
a.
Syphilis
b.
Diabetes
c.
Rubella
d.
B dan c benar
37. Kurangnya
protein pada makanan ibu bisa mengakibatkan bayi
a.
Lahir premature
b.
Bibir sumbing
c.
Kemungkinan kerusakan syaraf pada bayi
d.
A dan c benar
38. Ibu yang
mempunyai penyakit diabetes sewaktu mengandung akan mengakibatkan
a.
Tuli
b.
Bisu
c.
Reterdasi
d.
Merusak system pernapasan dan peredaran darah
39. Penyakit
syphilis pada ibu bisa menyebabkan cacat pada bayi, yaitu
a.
Merusak system pernapasan
b.
Merusak peredaran darah
c.
Akan menyebabkan tuli
d.
Cacat pada bayi
atau mental retardation
40. Apakah
gunanya jabang bayi menghisap ibu jari
a.
Persiapan penglihatan
b.
Persiapan pendengaran
c.
Persiapan berbicara
d.
Persiapan menyusui
41. Reflex urat
achiless disebut juga
a.
Kontraksi urat daging pada kaki
b.
Mengecilnya pupil bila ada sinar masuk
c.
Reflex cium mencium
d.
Kontraksi urat-urat kempol
42. Penyesuaian
diri pada bayi 2 minggu 2 bulan adalah
a.
Penyesuaian diri terhada[p suhu
b.
Penyesuaian diri terhadap pernapasan
c.
Penyesuaian diri cara menghisap menelan
d.
Benar semua
43. Masa baby
hood terjadi pada umur
a.
5 minggu-2tahun
b. 4minggu-2
tahun
c. 3 minggu- 2
tahun
d.
2 minggu- 2 tahun
44. Pada umur 12
bukan biasanya bayi sudah memiliki….buah gigi
a.
10 gigi
b.
8 gigi
c.
6gigi
d.
4 gigi
45. Dilihat dari
sebagian permukaan perkembangan bahas pada bayi sekitar umur
a.
3 bulan
b.
6 bulan
c.
9 bulan
d.
12 bulan
46. Ketika bayi
merasakan lapar si bayi akan melakukan
a.
Menangis
b.
Diam
c.
Tidur
d.
Mengoceh
47. Pada buku
romanuan een kleuter van ginneken (1917) menceritakan mengenai
a.
Keesje,yaitu bahwa suara-suara pertama yang
dikeluarkan adalah huruf hidup dan vocal
b.
Reflex tubuh
c.
Cara berjakan
d.
Semua benar
48. Perubahan
stimulus visual dalam ranjang anak dapat sangat mempertinggi perhatian anak
terhadap kelilingnnya,tetapi bila stimulus tadi terlalu banyak maka akibatnya
dapat sebaliknya.perhatian berkurang maka anak akan menangis. Pendapat di atas
dikemaukakn oleh
a.
White (1968-1969)
b.
Walraven (1973)
c.
Jensen (1989)
d.
Riksen (1977-1978)
49. Sebutkan
salah satu penyebab yang penting bagi penyimpangan tingkah laku social
a.
Stimulus conditional
b.
Emosional dan motorik
c.
Stimulus taktik
d.
Stimulus
50. Tahun pertama
perkembangan anak sering disebut masa belajar mendengar, disebut apakah periode
tersebut
a.
Periode kesiapan berbicara
b.
Periode kesipan mendengar
c.
Periode kesiapan berjalan
d.
Periode kesiapan untuk mendiri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar