Nama:
1. Sri Purwantini (836775767)
2.
Supadmi (836780482)
MODUL 10
BERMAIN DAN PERMAINAN
SAINS
KB 1
PENGEMBANGAN SAINS DALAM
PEMBELAJARAN ANAK
A.
Hakikat
Permainan Sains
Sains adalah suatu subjek bahasan yang
berhubungan dengan bidang studi tentang kenyataan atau fakta dan teori-teori
yang mampu menjelaskan tentang fenomena alam.
Hakikat pengembangan sains adalah
kegiatan belajar melalui pengamatan, penyelidikan dan percobaan untuk mencari
tahu atau menemukan jawaban tentang kenyataan dunia sekitar yang dilakukan
dengan menyenangkan dan menarik dilaksanakan melalui bermain.
Secara umum permainan sains bertujuan
agar anak mampu secara aktif mencari informasi tentang apa yang ada di
sekitarnya.
a.
Mengetahui perubahan di sekitarnya (pagi, siang,
dan malam).
b.
Melakukan percobaan sederhana.
c.
Melakukan kegiatan membandingkan, memperkirakan,
mengklarifikasikan serta mengkomunikasikan hasil pengamatan yang dilakukan.
d.
Meningkatkan kreativitas dan keinovasian.
Manfaat permainan sains yaitu dapat
menciptakan suasana yang menyenangkan serta menimbulkan imajinasi-imajinasi
pada anak dapat menambah pengetahuan anak secara ilmiah.
B.
Proses
Penemuan Ilmiah pada Anak
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menjelajah bersama.
1.
Kita tidak perlu mengetahui semua jawaban
2.
Bantu anak untuk menjadi pengamat yang baik
3.
Ajak anak untuk bereksperimen bersama-sama
4.
Dengarkan ide dan pendapat anak
5.
Bantu anak untuk tumbuh dan mencintai ilmu
pengetahuan
Sikap positif guru dan orang tua
melalui berbagai pendekatan akan memberikan dorongan awal yang kuat pada diri
anak untuk kegiatan belajar selanjutnya.
C.
Pengaruh
Permainan Sains bagi Perkembangan Anak
1.
Perkembangan
Sosial
Kemampuan anak untuk bekerja
sama muncul secara alamiah ketika mereka terlibat dalam aktivitas kelompok.
2.
Perkembangan
Emosional
Melalui penjelajahan sains akan
muncul berbagai rasa keheranan dan menambah rasa kegembiraan anak-anak sesbagai
ungkapan sepenuhnya rasa keingintahuan mereka.
3.
Perkembangan
Fisik
Anak kecil yang berusia 4-5
tahun mulai mampu menggunakan dan menggerakkan koordinasi motorik halus mereka.
4.
Perkembangan
Kognitif
Anak mampu memecahkan masalah,
matematika dan bahasa pada saat mereka sedang mengamati, memprediksi,
menyelidiki, menguji, menyatakan jumlah dan berkomunikasi.
5.
Perkembangan
Kreativitas
Dapat melatih dan mendorong daya
imajinasi anak.
D.
Kegiatan
Belajar dalam Penerapan Konsep Sains pada Anak
Konsep ilmu pengetahuan dapat dipelajari melalui pengalaman
sehari-hari yang nyata dan sederhana.
Langkah-langkah dalam melakukan kegiatan belajar sains:
1. Perencanaan
dan pengaturan
2. Rencana
untuk keamanan
3. Sikap
yang harus dibangun (keterbukaan, langsung dari guru, spontanitas)
E.
Keterampilan
dalam Permainan Sains
1.
Eksplorasi dalam permainan sains
a.
Observasi
b.
Klasifikasi
c.
Mengukur
d.
Perkiraan
e.
Eksperimen
f.
Komunikasi
2.
Mendorong anak melakukan kegiatan sains
Mengikuti apa yang anak inginkan serta
menjaga agar tidak memberi petunjuk atau mendominasi.
KB 2
BERMAIN SAINS
A.
Tahapan
Usia dalam Pengembangan Sains
1.
Usia 3-4 tahun
a.
Mulai menjelajah
b.
Lebih menyukai aktivitas fisik
c.
Mulai menyukai ilmu pengetahuan & mau
bekerja sama
d.
Banyak bertanya
e.
Mulai berkembangnya kemampuan bahasa
f.
Belajar jadi lebih mudah
2.
Usia 4-5 tahun
a.
Mulai mengerti banyak hal
b.
Mulai memahami apa yang dimaksud
c.
Mulai mampu menyeleksi aktivitas yang dilakukan
d.
Mulai mampu membuat perkiraan terhadap berbagai
peristiwa
e.
Suka memikirkan penjelasan dari apa yang
dipikirkan
f.
Menikmati percakapan
g.
Memahami percakapan
h.
Mulai menggunakan gambaran untuk mengungkapkan
ide
i.
Senang melihat-lihat buku dan pura-pura
membacanya
3.
Usia 5-6 tahun
a.
Anak mampu merencanakan penelitian dengan
pemecahan masalah
b.
Dapat mengikuti tiga tahap tujuan dan menikmati
penelitian langsung dari guru
c.
Memiliki perhatian yang intens untuk berbagai
aktivitas sains
d.
Bekerjasama dengan lima atau enam anak
e.
Tertarik dengan buku-buku yang berhubungan
dengan aktivitas dari sains
f.
Mulai memahami konsep sains
g.
Senang menggunakan gambar-gambar dan menulis
berbagai pengalaman
B.
Penerapan
Konsep Permainan Sains
Membuat
Jet
Tujuan : Mengukur dan memperkiraan apa yang akan
terjadi
Media : - tali panjang
- balon
- isolasi
- sedotan
Prosedur : Masukkan
tali di sedotan, bentangkan tali melewati ruangan rekatkan ke dua isolasi ke
sedotan, tiup balon kemudian pegang leher balon dan kaitkan balon dengan
sedotan lalu lepaskan balon, balon akan meluncur pada tali dengan kecepatan
tinggi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar