Selasa, 18 Mei 2021

TUGAS RESUME MODUL 10 BERMAIN DAN PERMAINAN SAINS UNIVERSITAS TERBUKA

 

Nama:   1. Sri Purwantini (836775767)

2. Supadmi            (836780482)

 

MODUL 10

BERMAIN DAN PERMAINAN SAINS

 

KB 1

PENGEMBANGAN SAINS DALAM PEMBELAJARAN ANAK

A.     Hakikat Permainan Sains

Sains adalah suatu subjek bahasan yang berhubungan dengan bidang studi tentang kenyataan atau fakta dan teori-teori yang mampu menjelaskan tentang fenomena alam.

Hakikat pengembangan sains adalah kegiatan belajar melalui pengamatan, penyelidikan dan percobaan untuk mencari tahu atau menemukan jawaban tentang kenyataan dunia sekitar yang dilakukan dengan menyenangkan dan menarik dilaksanakan melalui bermain.

Secara umum permainan sains bertujuan agar anak mampu secara aktif mencari informasi tentang apa yang ada di sekitarnya.

a.       Mengetahui perubahan di sekitarnya (pagi, siang, dan malam).

b.      Melakukan percobaan sederhana.

c.       Melakukan kegiatan membandingkan, memperkirakan, mengklarifikasikan serta mengkomunikasikan hasil pengamatan yang dilakukan.

d.      Meningkatkan kreativitas dan keinovasian.

Manfaat permainan sains yaitu dapat menciptakan suasana yang menyenangkan serta menimbulkan imajinasi-imajinasi pada anak dapat menambah pengetahuan anak secara ilmiah.

 

B.     Proses Penemuan Ilmiah pada Anak

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menjelajah bersama.

1.      Kita tidak perlu mengetahui semua jawaban

2.      Bantu anak untuk menjadi pengamat yang baik

3.      Ajak anak untuk bereksperimen bersama-sama

4.      Dengarkan ide dan pendapat anak

5.      Bantu anak untuk tumbuh dan mencintai ilmu pengetahuan

Sikap positif guru dan orang tua melalui berbagai pendekatan akan memberikan dorongan awal yang kuat pada diri anak untuk kegiatan belajar selanjutnya.

 

C.      Pengaruh Permainan Sains bagi Perkembangan Anak

1.     Perkembangan Sosial

Kemampuan anak untuk bekerja sama muncul secara alamiah ketika mereka terlibat dalam aktivitas kelompok.

2.     Perkembangan Emosional

Melalui penjelajahan sains akan muncul berbagai rasa keheranan dan menambah rasa kegembiraan anak-anak sesbagai ungkapan sepenuhnya rasa keingintahuan mereka.

3.     Perkembangan Fisik

Anak kecil yang berusia 4-5 tahun mulai mampu menggunakan dan menggerakkan koordinasi motorik halus mereka.

4.     Perkembangan Kognitif

Anak mampu memecahkan masalah, matematika dan bahasa pada saat mereka sedang mengamati, memprediksi, menyelidiki, menguji, menyatakan jumlah dan berkomunikasi.

5.     Perkembangan Kreativitas

Dapat melatih dan mendorong daya imajinasi anak.

 

D.     Kegiatan Belajar dalam Penerapan Konsep Sains pada Anak

Konsep ilmu pengetahuan dapat dipelajari melalui pengalaman sehari-hari yang nyata dan sederhana.

Langkah-langkah dalam melakukan kegiatan belajar sains:

1.      Perencanaan dan pengaturan

2.      Rencana untuk keamanan

3.      Sikap yang harus dibangun (keterbukaan, langsung dari guru, spontanitas)

 

E.      Keterampilan dalam Permainan Sains

1.      Eksplorasi dalam permainan sains

a.       Observasi

b.      Klasifikasi

c.       Mengukur

d.      Perkiraan

e.       Eksperimen

f.        Komunikasi

2.      Mendorong anak melakukan kegiatan sains

Mengikuti apa yang anak inginkan serta menjaga agar tidak memberi petunjuk atau mendominasi.


 

KB 2

BERMAIN SAINS

 

A.     Tahapan Usia dalam Pengembangan Sains

1.      Usia 3-4 tahun

a.       Mulai menjelajah

b.      Lebih menyukai aktivitas fisik

c.       Mulai menyukai ilmu pengetahuan & mau bekerja sama

d.      Banyak bertanya

e.       Mulai berkembangnya kemampuan bahasa

f.        Belajar jadi lebih mudah

2.      Usia 4-5 tahun

a.       Mulai mengerti banyak hal

b.      Mulai memahami apa yang dimaksud

c.       Mulai mampu menyeleksi aktivitas yang dilakukan

d.      Mulai mampu membuat perkiraan terhadap berbagai peristiwa

e.       Suka memikirkan penjelasan dari apa yang dipikirkan

f.        Menikmati percakapan

g.       Memahami percakapan

h.      Mulai menggunakan gambaran untuk mengungkapkan ide

i.         Senang melihat-lihat buku dan pura-pura membacanya

3.      Usia 5-6 tahun

a.       Anak mampu merencanakan penelitian dengan pemecahan masalah

b.      Dapat mengikuti tiga tahap tujuan dan menikmati penelitian langsung dari guru

c.       Memiliki perhatian yang intens untuk berbagai aktivitas sains

d.      Bekerjasama dengan lima atau enam anak

e.       Tertarik dengan buku-buku yang berhubungan dengan aktivitas dari sains

f.        Mulai memahami konsep sains

g.       Senang menggunakan gambar-gambar dan menulis berbagai pengalaman

 

B.     Penerapan Konsep Permainan Sains

Membuat Jet

Tujuan      : Mengukur dan memperkiraan apa yang akan terjadi

Media       : - tali panjang

                    - balon

- isolasi

- sedotan

Prosedur  : Masukkan tali di sedotan, bentangkan tali melewati ruangan rekatkan ke dua isolasi ke sedotan, tiup balon kemudian pegang leher balon dan kaitkan balon dengan sedotan lalu lepaskan balon, balon akan meluncur pada tali dengan kecepatan tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar