1 |
Ketika
kita mengemukakan mengapa seorang sanak lebih mudah menyesuaikan diri dengan
suatu lingkungan baru daripada anak yang lain maka kita sedang melakukan
salah satu dari tujuan psikologi perkembangan, yaitu .... B. menjelaskan suatu perilaku |
2 |
Termasuk
ke dalam aspek kognitif adalah .... D.
Kemampuan untuk menceritakan kembali film yang telah ditonton |
3 |
Karena
masih belum dapat berbicara dengan jelas dan banyak kata, Sinta (4 tahun)
mengikuti terapi wicara. Ilustrasi tersebut merupakan salah satu contoh dari
prinsip perkembangan, yaitu .... B.
development shows plasticity |
4 |
Tahuni ni,
Bu Linda akan memasukkan Muti yang saat ini berusia 3.5 tahun ke dalam sebuah
kelompok bermain (playgroup). Dapat dikatakan bahwa saat ini Muti sedang
berada pada tahap .... B. masa
kanak-kanak awal |
5 |
Hal
berikut adalah BENAR untuk anak prasekolah, kecuali .... C. Bergantung sepenuhnya kepada pengasuh |
6 |
Diko
sangat mahir bermain sepeda roda dua. Pernyataan itu mengacu pada aspek
perkembangan .... A. Fisik |
7 |
Tiara saat
ini sudah sangat lancar membaca, namun ia tidak dapat menahan amarahnya
setiap kali ia tidak berhasil menyelesaikan puzzle. Ilustrasi tersebut
merupakan salah satu contoh dari prinsip perkembangan, yaitu bahwa
development .... B. is multidimensional |
8 |
Dengan
pengetahuannya yang baik tentang angkasa luar, Farhan sering diminta oleh
teman-temannya untuk bercerita. Dari ilustrasi tersebut terlihat adanya
interaksi antara aspek-aspek perkembangan, yaitu aspek .... C. Kognitif dan psikososial |
9 |
“Ga heran
Loli cerewet, ibunya saja bawl”, kata ayah Loli. Pernyataan ayah Loli
menunjukkan bhawa perkembangan bicara Loli dipengaruhi oleh faktor .... A. Herediter |
10 |
“...
nenek, kakek, tante dan om-nya juga rajin mengajak Loli bicara ....”.
pernyataan tersebut menunjukkan perkembangan bicara Lolil dipengaruhi oleh
faktor .... B. Lingkungan |
11 |
Perkembangan
bicara Loli didukung oleh sifat ibunya yang bawel dan lingkungan keluarga
yang rajin mengajak berbicara. Hal ini menunjukkan bahwa .... A. Ada interaksi antara faktor nature dan
nurture |
12 |
Pada usia
10 bulan, Loli sudah dapat bicara sepatah kata dan pada usia 18 bulan, ia
sudah dapat mengucapkan satu kalimat sederhana. Pernyataan tersebut merupakan
contoh dari adanya pengaruh .... D.
Normatik berdasarkan usia |
13 |
Jjika
dilihat dari faktor kontekstual umum maka pengaruh kontekstual utama yang ada
pada perkembangan bicara Loli adalah .... C. Keluarga |
14 |
“Loli juga
banyak bertanya tentang hal-hal baru yang dilihatnya dan hal itu semakin
menambah perbendaharaan kata dan kemampuannya berbahasa”. Dari pernyataan
tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa perkembangan .... A. Bersifat kontinu dan merupakan sesuatu yang aktif |
15 |
Kemungkinan
Loli untuk bersekolah di Amerika tahun depan dapat mempengaruhi kehidupan
Loli selanjutnya. Pengaruh tersebut termasuk dalam pengaruh .... B. nonnormatif |
16 |
Dari
ilustrasi tersebut, periode kritis dicontohnya dengan .... B. mengajak Loli bicara sejak ia masih
bayi |
17 |
Hal yang
berhubungan dengan faal adalah .... B.
fisiologis |
18 |
Bayi di
awal kehidupan membutuhkan rasa hangat dari orang tuanya. Ibu dari Jessie
menyediakan selimut dan ia selalu menggendongnya serta bernyanyi untuk
membuat Jessie merasa hangat dan nyaman. Ibu Jessi memahami kebutuhan anaknya
dari sudut pandang .... C. Fisiologis
dan psikologis |
19 |
“Kamu ini
nakal sekali! Minta ini itu... ibu sedang tidak punya uang”. Ibu Randi sedang
memarahi anaknya yang berusia 2 tahun karena menangis minta mobil-mobilan.
Tampaknya Ibu Randi belum memahami tentang .... D. Pilihan B dan C benar (perkembangan kognitif dan sosial emosional
Randi) |
20 |
Dalam
melihat perkembangan kognitif anak, Vygotsky lebih menekankan pada .... A. Interaksi antara anak dengan orang
dewasa |
21 |
Apa yang
anda ketahui tentang perkembangan emosi anak? D. Emosi sudah ada, anak perlu diajarkan untuk mendiferensiasikan dan
mengelola emosi |
22 |
Anak yang
dimaksud di dalam UU RI nomor 23 tahun 2002 adalah berusia .... D. Sejak masih di dalam kandungan hingga
usia 18 tahun |
23 |
Apakah
ketentuan bahwa anak memiliki hal untuk beristirahat, memanfaatkan waktu
luang, bergaul dengan anak sebaya, bermain dan berkreasi ada di dalam UU RI
nomor 23 tahun 2002? B. ada, pasal 11 |
24 |
Yang bukan
merupakan anak dalam situasi darurat adalah .... D. Yang tertabrak mobil |
25 |
Dalam
mengangkat anak, ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan kecuali .... B. harus memiliki hubungan darah yang
erat |
26 |
Pasal 53
pasal 1 memuat tentang .... D.
Tanggung jawab pemerintah dalam memberikan bantuan pada anak dari keluarga
kurang mampu, anak terlantar dan tinggal di tempat terpencil |
27 |
Dari
seluruh kehidupan masa kanak-kanak dan remaja perkembangan fisik manusia
menghabiskan .... B. 20% |
28 |
Anak di
bawah usia 3 tahun memiliki bentuk tubuh yang tidak proporsional, dimana
bagian atas lebih besar dibandingkan dengan bagian bawah tubuh. Hal tersebut
sesuai dengan prinsip .... B.
cephalocaudal |
29 |
Kemampuan
anak untuk dapat makan sendiri menggunakan sendok menunjukkan perkembangan
.... A. Keterampilan motorik halus |
30 |
Perkembangan
fisik di dalam tubuh seseorang yang dapat kita lihat dari berkembangnya .... C. Otot dan tulang |
31 |
Membedakan
antara kemampuan motorik kasar dengan motorik halus adalah .... A. Pengontrolan otot-otot |
32 |
Nutrisi
paling penting diperlukan pada dua tahun pertama masa pertumbuhan karena ....
B. perkembangan otak dan tubuh
berjalan sangat cepat |
33 |
Hormon
yang penting untuk perkembangan sel-sel saraf otak adalah .... A. Thyroxine |
34 |
Cara yang
paling mudah untuk mengetahui perkembangan fisik seorang anak adalah dengan
cara sebagai berikut, kecuali .... A.
Mengetahui kondisi fisik kedua orang tua |
35 |
Usia 4-6
tahun yang biasa disebut sebagai masa prasekolah berada pada tahap
perkembangan .... B. Early childhodd |
36 |
Masalah
yang biasa muncul pada anak usia 4-6 tahun ialah masalah .... C. Makan dan tidur |
37 |
Apa yang
dimaksud dengan handedness? A.
Penggunaan tangan dominan |
38 |
Tono yang
berusia 5 tahun tampak telah bisa mengendarai sepeda roda 2 dengan baik.
Perkembangan yang terjadi pada Tono meliputi perkembangan berikut, kecuali
perkembangan .... D. Motorik halus |
39 |
Pictorial
stage adalah salah satu tahapan menggambar pada anak yang biasa dikuasai pada
usia .... B. 4-5 tahun |
40 |
Yang tidak
termasuk faktor yang dapat mempengaruhi penguasaan keterampilan fisik-motorik
pada anak usia 4-6 tahun adalah .... A.
Proporsi tubuh |
41 |
Hal yang
kurang tepat untuk melakukan pembelaejaran bagi perkembangan fisik-motorik
anak prasekolah: D. Perhatikan
karakteristik dan jenis kelamin anak |
42 |
Manfaat
bermain bagi perkembangan fisik-motorik anak usia 4-6 tahun antara lain
sebagai berikut, kecuali .... D.
Menjadi pemenang |
43 |
Kegiatan
yang dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar anak adalah .... A. Berjalan di balok tirai |
44 |
Kegiatan
yang dapat mengembangkan kemandirian antara lain ... B. makan sendiri |
45 |
Dampak
sosial dari kematangan yang dicapai anak adalah .... D. Meningkatkan tuntutan masyarakat terhadap anak |
46 |
Seorang
ibu yang sensitif dan responsif terhadap kebutuhan anak akan membuat anak
mengembangkan .... A. Trust |
47 |
Pada suatu
waktu, Anda diminta untuk membimbing satu guru magang yang ditempatkan di
kelas Anda. Apa yang Anda lakukan menunjukkan bahwa Anda sedang mengembangkan
.... C. Generativity |
48 |
Orang tua
Sari sering memberikan larangan-larangan yang berlebihan kepada Sari (2,5
tahun) saat Sari hendak mengeksplorasi lingkungannya. Apa yang dilakukan oleh
orang tua Sari dapat mengembangkan ... pada Sari. B. shame and doubt |
49 |
Kebijaksanaan
sebagai kekuatan yang diperoleh dari keberhasilan seseorang memecahkan ego
integrity vs despair dalam tahapan psikososial Erikson dapat diartikan oleh
hal-hal berikut ini, kecuali .... D.
Menerima hidup sambil meratapi hal-hal yang seharusnya tidak dilakukan di
masa lalu |
50 |
Setiap
hari Selasa dan Jumat, sekolah mengadakan kegiatan sarapan bersama. Kegiatan
tersebut dilakukan dalam rangka memenuhi salah satu dari kebutuhan anak,
adalah .... A. Fisiologis |
51 |
Hal-hal
berikut ini benar untuk teori hierarki kebutuhan, kecuali .... C. Orang-oang yang kebutuhannya akan rasa
cinta sama sekali tidak terpenuhi adalah orang-orang yang memiliki kebutuhan
afeksi yang paling besar |
52 |
Seorang
anak terus menerus menangis pada hari-hari pertama masuk sekolah. Ada
kemungkinan anak tersebut belum terpenuhi kebutuhannya akan .... D. Rasa aman |
53 |
Kemampuan
untuk berhasil menghadapi perubahan atau kemalangan disebut .... C. Resiliensi |
54 |
Tiga
pembagian besar faktor protektif dan faktor resiko meliputi hal-hal berikut
ini, kecuali .... A. Faktor herediter |
55 |
Pernyataan-pernyataan
berikut ini benar, kecuali .... D.
Resiliensi terjadi jika faktor resiko melebihi faktor protektif |
56 |
Anak
dengan fungsi intelektual yang lebih baik cenderung lebih resilien karena
.... A. Dapat menyelesaikan persoalan
dengan baik |
57 |
Berikut
ini adalah contoh dari keluarga sebagai faktor protektif atau resiko, kecuali
.... B. Lingkungan tempat tinggal keluarga |
58 |
Gambaran
diri berikut ini menyangkut ciri-ciri fisik, kecuali .... D. “Saya gemar melompat dan berlari” |
59 |
Ibu selalu
memuji Eva (6 tahun) sebagai anak yang pandai setiap kali Eva membilang 1-10
dengan urutan yang masih salah. Ibu tidak pernah mengoreksi dengan memberi
tahu urutan yang benar. Berikut ini adalah dampak yang dapat timbul dari
sikap ibu terhadap Eva, kecuali .... B.
pemahaman diri Eva masih bersifat hitam-putih |
60 |
“Saya
pandai menggambar. Saya juga pandai membuat bangunan dari baloki. Saya mau
menjadi arsitek kalau sudah besar nanti”, begitu kata Farah. Gambaran yang
diberikan oleh Farah tentang dirinya mengacu pada tahap .... C. Representational mapping |
61 |
Pada suatu
hari, Kiki terlihat hanya duduk mengamati teman-temannya yang sedang asyik
bemrain perosotoan di halaman sekolah. Perilaku Kiki dapat digolongkan ke
dalam .... C. Onlooker behavior |
62 |
Yani dan
Ina tampak sedang nasyik melakukan sesuatu. Yani membuat kartu ulang tahun
dari kertas karton yang diwarnai dan ditempeli potongan-potongan daun
sementara Ina tampak tekun membuat lampion dari kertas berwarna.
Sekali-sekali, mereka saling meminjam pensil warna, lem atau gunting.
Ilustrasi di atas dapat digolongkan ke dalam .... D. Associative play |
63 |
Sahabat
bagi anak usia kanak-kanak awal adalah sebagai berikut, kecuali teman .... A. Berbagi cerita |
64 |
Kemampuan
anak untuk mengarahkan perilakunya sendiri tanap diingatkan oleh orang tua
atau orang lain disebut .... A.
Sel-regulation |
65 |
Hafiz
mengatakan bahwa Azri adalah temannya karena Azri selalu mau meminjamkan
mobil-mobilannya kepada Hafiz. Dalam tahapan pertemanan dapat kita katakan
bahwa Hafiz berada pada tahap .... D.
One-way assistance |
66 |
“Kalau
kita menolong orang lain nanti Tuhan akan sayang sama kita” kata Tiara ketika
ditanya mengapa ia meminjamkan pensil warnanya kepada teman. Alasan Tiara
menolong orang dapat digolongkan ke dalam .... B. adanya respons sosial tertentu terhadap perilaku prososial |
67 |
Berikut
ini adalah contoh-contoh penilaian objektif yang dibuat oleh anak usia
kanak-kanak awal terhadap kebutuhan orang lain, kecuali .... B. membiarkan adik menangis |
68 |
Yang
termasuk aspek sosial-emosional adalah hal-hal berikut ini, kecuali .... D. Kemampuan memecahkan masalah |
69 |
Setiap
hari, guru membiasakan anak untuk selalu menaruh sepatu dan tas di tempatnya
masing-masing. Apa yang dilakukan guru adalah dalam rangka meningkatkan .... B. tangngung jawab terhadap diri |
70 |
Mengajarkan
berbagai bentuk emosi pada anak dapat meningkatkan hal-hal berikut ini,
kecuali .... D. Inisiatif |
71 |
Beirkut
adalah kegiatan yang dapat melatih anak untuk kmampu menunggu giliran, kecuali
.... A. Menggambar bebas di kertasnya
masing-masing |
72 |
Kegiatan-kegiatan
yang dapat meningkatkan pmahaman diri anak adalah .... C. Menggambar diri sendiri di sehelai kertas |
73 |
Suatu
kumpulan aturan dasar yang berlaku secara umum mengenai benar dan salah .... moral |
74 |
Hal yang
menerangkan bagaimana individu berperilaku terhadap orang lain dalam hidupnya
.... perkembangan moral |
75 |
Hal yang
berpengaruh terahdap perkembangan moral individu adalah .... masyarakat, keluarga, sekolah |
76 |
Anak
secara bertahap mengadopsi dan memahami aturan-aturan dan nilai dalam
masyarakat yang dianggap sebagai tingkah laku yang dapat diterima terjadi
dalam proses .... internalisasi |
77 |
Anak
mengadopsi kesepakatan masyarakat mengenai benar dan salah pada tingkatan
.... prakonvensional |
78 |
Anak yang
mengadukan kepada guru bahwa temannya
yang mengganggu teman lain. Berada pada tahap .... punishment avoidance dan obedience |
79 |
Ketika
dipasar, Ani meminta ibu membeli pulpen untuk menggantikan pulpen kaka yang
sudah habis, tapi Ani juga minta
dibelikan pulpen untuk dirinya. Keadaan ini menunjukkan Ani berada pada tahap
.... exchange of favors |
80 |
Pada usia
dini ( 4-6 tahun), anak yang memiliki pemahaman terhadap Tuhan yang .... Tuhan yang kuat secara fisik |
81 |
Disekolah
Ani dikenal sebagai anak yang tidak mau berbagi mainan dengan teman lainnya
.... transgresi moral |
82 |
Perilku
Budi yang selalu memotong pembicaraan orang dewasa yang didengarnya, termasuk
tindakan ... transgresi konvensional |
83 |
Pada awal
perkembangan, anak terpaku pada .... dalam pertimbangkan benar atau salahnya
perilaku mereka Kebutuhan |
84 |
Selanjutnya,
anak dapat berpikir secara .... mengenai isu moral sejalan dengan
perkembangan usianya fleksibel |
85 |
Bagi anak,
keadilan sangat berkaitan dengan .... jumlah
nyata |
86 |
Teori
Vygotsky dikenal juga sebagai teori yang mengambil titik pandang budaya atau
biasa disebut .... A. Sociocultural |
87 |
Teori
Vygotsky dikenal sebagai teori yang bersifat .... A. Kontekstualis |
88 |
Menurut
Vygotsky kondisi mendasar yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir atau
kognisi adalah .... A. Dialog dengan
orang lain |
89 |
Anak
berbicara kepada dirinya sendiri dengan suara keras. Hal ini dilakukan anak
untuk menuntun dan mengarahkan perilakunya sendiri melewati tugas-tugas dan
latihan yang sulit. Dalam teori Vygotsky, hal ini disebut .... D. Self-talk |
90 |
Menrut
Vygotsky private speech .... A.
Berfungsi mmbimbing atau menuntun berpikir |
91 |
Istilah
yang digunakan Vygotsky untuk menggambarkan readiness atau kesiapan adalah
.... A. Taraf aktual anak |
92 |
Zone of
proximal development menunjuk kepada .... A. Perbedaan antara kemampuan yang diperoleh melalui belajar secara
mandiri dan yang diperoleh dengan bimbingan orang lain |
93 |
Apabila
interaksi anak dengan orang dewasa atau teman sesbaya yang lebih kompeten
tidak mencapai tahap internalisasi maka pemahaman anak .... B. mencapai tahap aktual |
94 |
Menurut
teori Vygotsky, bermain dapat menciptakan zone of proximal development untuk
anak karena melalui bermain anak dapat melakukan hal-hal berikut, kecuali
.... D. Berdialog dengan dirinya
sendiri |
95 |
Proses
membangun dan memahami pengetahuan baru menruut Vygotsky disebut sebagai ....
A. Scaffolding |
96 |
Piaget
mengadakan penelitian pada anak-anak prasekolah dan usia sekolah dengan
menggunakan metode klinis, yaitu interaksi verbal .... D. Secara mendalam berdasarkan respon dari anak |
97 |
Pola
perilaku terorganisasi yang merefleksikan cara berinteraksi tertentu dengan
lingkungan disebut .... D. Skema |
98 |
Seorang
anak berusia 5 tahun melihat seekor kupu-kupu terbang. Oleh karena selama ini
ia hanya mengetahui bahwa yang terbang adalah burung maka ia mengatakan bahwa
kupu-kupu yang terbang itu juga sebagai burung. Keadaan ini mengacu pada
proses .... B. Asimilasi |
99 |
Seorang
anak yang baru mengenal binatang sapi, menyebut sapi pada saat melihat kerbau.
Saat mendengar hal tersebut ibunya menerangkan bahwa itu adalah kerbau dengan
menyebutkan perbedaan sapi dan kerbau. Kejadian ini menunjukkan proses .... D. Akomodasi |
100 |
Pulang
dari sekolah Rafi yang berusia 5 tahun bercerita pada ibunya. “Dia mendapat
hadiah itu lho!”. Tanpa menghiraukan apa yang dimaksud dengan “dia” atau
“itu” padahal ibunya tidak mengerti karena tidak berada di tempat yang sama.
Menurut Piaget keadaan ini disebut sebagai .... C. Egosentris |
101 |
Seorang
anak menjelaskan bahwa “siang hari terang karena Tuhan sedang menyalakan
korek api”. Hal ini menunjukkan salah satu ciri anak pada tahap
praoperasional, yaitu .... C.
Semilogical reasoning (kebingungan akan kegiatan fisik dan psikologis) |
102 |
Nabil
bercerita pada ibunya bahwa pohon melambai-lambai bila tertiup angin.
Penjelasan mengenai kejadian alam berdasarkan perilaku manusia oleh Piaget
disebut penalaran .... C. Semilogisme |
103 |
Rani masih
mengalami kesulitan menentukan berat segumpal tanah liat yang diubah-ubah
bentuknya menjadi bola dan pisang. Menurut Piaget anak ini masih mengalami
kesulitan dalam hal .... C.
Irreversibility |
104 |
Kecenderungan
untuk melihat satu ciri saja dari suatu benda disebut .... D. Centration |
105 |
Adi
mencuri Rp. 1.500,00 untuk membeli kartu Pokemon. Ida mencuri Rp. 5.000,00
agar uangnya cukup untuk membeli obat bagi adiknya yang sakit batuk parah.
Bagaimana tanggapan anak usia 5 tahun terhadap kasus tersebut? A. Ida perlu dihukum krena mencuri lebih
banyak |
106 |
Cara kita
untuk mengekspresikan bahasa adalah sebagai berikut kecuali .... C. Bunyi/fonem |
107 |
Burung beo
Pak Amat dapat mengucapkan “selamat datang” pada setiap tamu yang datang ke
rumah Pak Amat. Dalam hal ini terjadi proses yang dinamakan penguasaan .... C. Bicara tanpa bahasa |
108 |
Somad yang
baru datang dari kampung sering menjadi bahan tertawaan teman-teman
sekerjanya di proyek pembangunan jalan ‘fly over’ di kota Jakarta. Menurut
penuturan Ali, salah seorang teman kerjanya, gaya bicara Somad lucu,
kata-kata yang dikeluarkan sering tidak sesuai dengan situasi dan siapa orang
yang diajak bicara. Pada kasus ini Somad mengalami masalah pada salah satu
aspek bahasa, yaitu .... D. Pragmatik |
109 |
Pada
usianya yang ke-3, Adit masih belum bisa mengucapkan beberapa huruf dengan
tepat. Ia mengganti ucapan ‘R’ dengan ‘L’, dan ‘K’ dengan ‘T’. Adit mengalami
masalah dalam aspek bahasa .... A.
Fonologi |
110 |
Perkembangan
bahasa seorang anak dapat digambarkan sebagai berikut, yaitu .... A. Tangis – cooing – babbling – satu kata |
111 |
Lingkungan
merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan bahasa pada
anak. Pengaruh lingkungan pada anak dimulai pada waktu .... B. anak masih berada di perut ibu/sebelum
lahir |
112 |
Salah satu
bagian dari otak yang mengatur kemampuan bayi untuk babling adalah kematangan
pada bagian .... C. Motor coret |
113 |
Pada usia
sekitar 3 bulan, bayi berkomunikasi dengan cara eooing, yaitu .... B. ocehan tanpa arti yang jelas |
114 |
Ada banyak
pihak yang membantu perkembangan bahasa anak. Pada usia 4-6 tahun,
dibandingkan dengan usia lain, siapa yang paling banyak terlibat dalam
perkembangan bahasa ini? C. Teman
sebaya |
115 |
Penguasaan
kosakata pada anak diperoleh melalui metode .... A. Fast mapping |
116 |
Anak-anak
usia 4 tahun, biasanya dapat membuat kalimat yang terdiri dari .... B. 4-5 kata |
117 |
Masalah
keterlambatan perkembangan bahasa dan bicara lebih banyak terjadi pada anak
.... A. Laki-laki |
118 |
Seorang
anak yang memiliki IQ kurang mengalami kesulitan bahasa verbal karena hal
sebagai berikut, kecuali .... A. Malu
mengungkapkan perasaan |
119 |
Hal yang
kurang tepat untuk mendorong anak berani berbicara adalah .... B. memberi anak hadiah bila mau bicara |
120 |
Selain
bicara, apakah hal lain yang penting dalam dasar perkembangan bahasa anak
prasekolah? A. Mendengar |
121 |
3 hal
penting yang harus diperhatikan guru dalam mengembangkan kemampuan bahasa
anak didiknya adalah sebagai berikut, kecuali .... C. Banyaknya kosakata yang dikuasai |
122 |
Pada
kegiatan story telling untuk anak usia dini selain meningkatkan kosakata juga
dapat mengenakan hal-hal berikut, kecuali .... D. Tata bahasa yang baik dan benar |
123 |
Kegiatan
yang dapat dilakukan guru dalam meningkatkan phonological awareness antara
lain .... D. Syair |
124 |
Pertanyaan
di bawah ini yang tidak termasuk definisi dari seni secara umum adalah .... B. hanya dapat dinikmati sendiri |
125 |
Sebaiknya
seni diperkenalkan sejak .... A.
Sedini mungkin |
126 |
Kegiatan
anak berikut ini yang mencerminkan kegiatan seni adalah anak? B. menggambar helikopter sambil bercerita |
127 |
Contoh
kegiatan visual art adalah .... C.
Membuat kolase |
128 |
Pada usia
berapa manusia mulai bereaksi terhadap suara? B. saat masih di dalam kandungan, berusia 7 bulan |
129 |
Terdengar
suara Ranu, 5 tahun, “Yuk, main bangun rumah!” Kemudian tampak ia menjelaskan
pada temannya bahwa dia adalah si pembuat rumah, meminta 1 temannya untuk
menjadi tukang rumah, dan 1 temannya lagi menjadi si pemilik rumah. Kemudian
ketiganya tampak bermain dengan asyiknya. Apabila dilihat dari ilustrasi di
atas, aspek yang berkembang dari Ranu adalah sebagai berikut, kecuali .... D. Aspek sosial karena anak menjadi lebih
mandiri |
130 |
Dari
ketiga jenis kegiatan seni, manakah yang paling banyak menstimulasi
perkembangan motorik halus? B. visual
art |
131 |
Seperti
apa tampilan umum anak yang sering bersinggungan dengan kegiatan seni? C. Tidak sungkan untuk mengeksplorasi
lingkungannya |
132 |
Apa yang
bisa anak lakukan apabila diberikan pensil pada usia 1 tahun? C. Memasukkannya ke mulut |
133 |
Mulai usia
2 tahun, tahapan anak dalam menggambar adalah .... A. Scribbling |
134 |
Menurut
Cox (1997) , setiap anak memiliki tahapan menggambar yang .... C. Tidak harus mengikuti tahapan
menggambar (misalnya tidak melalui tahap transitional figure) |
135 |
Warna
primer adalah ... C. Merah, kuning,
biru |
136 |
Sesuai
dengan tahapan perkembangan anak, biasanya pada usia berapa anak tepat untuk
dilatih menari? C. 5 tahun |
137 |
Juri suatu
lomba menyanyi memberikan umpan balik kepada peserta mengenai kontrolnya terhadap
pitch. Apa yang dimaksud dengan pitch? B.
tinggi rendah nada |
138 |
Elemen
gerakan adalah sebagai berikut, kecuali .... D. Kognisi |
139 |
Batasan
antara fantasi dan kenyataan masih samar-samar. Hal ini terjadi pada anak
usia .... B. 3 tahun |
140 |
Antusiasme
penting untuk ditampilkan guru pada saat mengajarkan seni karena .... B. karena anak menjadi antusias juga
dalam mengerjakan karyanya |
141 |
Esensi
terpenting beri anak di mana ia harus membereskan sisa-sisa material yang ada
adalah supaya .... D. Anak belajar
untuk bertanggung jawab dengan tugasnya |
142 |
Hal yang
seharusnya dilakukann guru dalam kegiatan seni untuk anak usia dini adalah
sebagai berikut, kecuali ... D.
Memberi hasil karya anak dengan cara menilainya dengan angka |
143 |
Mengapa
anak sebaiknya diberi tahu mengenai batas waktu pengerjaan? C. Supaya anak bisa memperkirakan waktu
yang dihabiskan untuk mengerjakan karyanya |
144 |
Apabila
guru tidak bisa bernyanyi, apa yang dilakukannya? A. Tetap mengajarkan seni dengan bantuan kaset/CD lagu |
145 |
Dari
definisinya, maka bermain adalah kegiatan .... D. Yang dilakukan semata-mata demi rasa senang |
146 |
Peranan
bermain yang tepat menurut Freud adalah .... A. Meredakan rasa cemas pada anak |
147 |
Melatih
anak melompat-lompat, meniti, dan jumpalitan adalah contoh manfaat bermain
untuk mengembangkan aspek .... B.
motorik kasar |
148 |
Kegiatan
anak mengamati anak-anak lain yang sedang bermain, termasuk dalam tahapan
perkembangan bermain ... C. Onlooker |
149 |
Permainan
yang sama dilakukan dua orang anak atau lebih, namun diantara mereka tidak
ada interaksi disebut .... C. Bermain
paralel |
150 |
Bermain
kooperatif pada umumnya terjadi pada usia .... D. 5 tahun |
151 |
Kegiatan
bermain anak yang sesungguhnya terjadi setelah usia 3-4 bulan. Pendapat ini
dikemukakan oleh .... A. Piaget |
152 |
Kegiatan
anak merepresentasikan pengalaman aktual atau khayalnya melalui penggunaan
objek, gerakan, dan bahasa terjadi pada tahap bermain .... B. simbolik |
153 |
Bermain
simbolik merupakan “puncak” kegiatan bermain pada anak. Pendapat ini
disampaikan oleh .... A. Jean Piaget |
154 |
Permainan
yang memotivasi anak untuk berprestasi semaksimal mungkin terjadi dalam tahap
bermain .... D. Sosial dan olahraga |
155 |
Menurut
Papalia secara garis besar kegiatan bermain dikelompokkan dalam tiga
kategori, kecuali bermain .... A.
Peran |
156 |
Kegiatan
bermain yang ditandai dengan gerakan otot berulang-ulagn menurut Johnson
disebut ... A. Motor play |
157 |
Kegiatan
anak membangun rumah-rumahan dari balok-balok atau kardus bekas atau gambar,
termasuk dalam kegiatan bermain .... B.
konstruktif |
158 |
Hal-hal
yang harus diperhatikan dalam kegiatan bermain konstruktif, kecuali .... D. Memantu anak agar bermain hal-hal yang
bermanfaat |
159 |
Bermain
simbolik mulai diamalmi anak pada tahap perkembangan .... C. Akhir sensorimotor |
160 |
Hal-hal
yang harus dihindari ketika bermain bersama anak .... D. Mengajak anak bercakap-cakap ketika bermain |
161 |
Seorang
anak sedang bermain menyusun balok membentuk suatu bangunan, kemudian susunan
bangunan tersebut di rusak dan dibongkarnya kembali. Anak tersebut sedang
berman .... B. destrutkif |
162 |
Untuk
memperkaya aktivitas bermain anak, ada 3 hal yang harus diperhatikan, kecuali
.... C. Mengatur permainan anak |
163 |
Dalam
suatu permainan anak memimpin kegiatan bermain, sedangkan guru mengikuti
aturan permainan yang ditetapkan anak. Dalam hal ini guru berfungsi sebagai
.... D. Coplayer |
164 |
Setelah
melalui bermain fungsional, tahap bermain selanjutnya yang akan dilalui anak
adalah bermain .... A. Konstruktif |
165 |
Lebih
banyaknya anak laki-laki yang memilih untuk bemrain bola dibandingkan anak
perempuan menunjukkan adanya perbedaan gender dalam hal berikut ini kecuali
.... D. Rentang perhatian |
166 |
Dea senang
sekali bemrain puzzle. Berkaitan dengan object play, kegiatan bermain yang
dilakukan oleh Dea mendukung hasil penelitian bahwa dibandingkan dengan anak
laki-laki, anak perempuan lebih menyukai permainan yang .... C. Bersifat edukatif dan tidak
membutuhkan banyak gerakan |
167 |
Alisha
cenderung lebih senang bermain masak-masakan, tetapi Cyril cenderung lebih
senagn bermain bengkel-bengkelan. Kegiatan bermain peran yang dilakukan oleh
Alisha dan Cyril menandakan adanya perbedaan .... A. Tema dalam kegiatan bermain antara anak perempuan dan laki-laki |
168 |
Hasil
penelitian menunjukkan bahwa anak perempuan yang memiliki hormon androgen
dalam kadar tinggi akan .... B. lebih pasif |
169 |
Tio sangat
senang bermain sepeda. Hal itu mendukung hasil penelitian yang menunjukkan
bahwa anak laki-laki cenderung lebih menyukai jenis permainan ....B. aktif |
170 |
Ketika
pertama kali masuk ke TK, Diko sulit sekali ditinggal oleh ibunya. Setiap
kali ibunya mencoba untuk keluar dari kelas, Diko akan menangis dan menyusul
ibunya. Setelah dua minggu bersekolah, Diko malah menyuruh ibunya segera
pulang dan tidak usah menunggunya di sekolah. Perilaku yang ditampilkan Diko
dapat menjadi indikasi bahwa ia adalah seorang.... C. Slow-to-warm-up child |
171 |
Ketika
mengerjakan tugas menggambar di kelas, Denta terlihat sangat tekun. Menurut
Chess dan Thomas, Denta tergolong memiliki .... D. Rentang perhatian dan ketekunan yang tinggi |
172 |
Rio sering
tidak tertarik apabila ibu guru membacakan cerita di depan kelas, kecuali
jika ibu guru menceritakan tentang kehidupan binatang prasejarah. Untuk
cerita yang satu itu, Rio malah sering mengajukan pertanyaan kepada ibu guru
atau memberikan tambahan cerita. Dari ilustrasi tersebut dapat kita simpukan
bahwa .... B. minat dapat menjadi
pendorong motivasi yang kuat |
173 |
“Coba
lihat, ibu mencampur warna biru dan merah ke dalam mangkuk ini. Warna apa
yang kamu lihat sekarang?” cara yang dilakukan oleh ibu guru ternyata membuat
Lia lebih mudah memahami pelajaran karena Lia tergolong anak yang memiliki
gaya belajar .... A. Visual |
174 |
Berikut
ini adalah cara belajar yang dapat diberikan untuk anak yang memiliki gaya
belajar kinestetik, kecuali meminta anak untuk .... D. Mengamati gerakan berbagai binatang |
175 |
Peran
kakek-nenek yang memberi sumbangan pada kemampuan anak untuk belajar meliputi
hal-hal berikut ini, kecuali .... C.
Memenuhi semua keinginan anak |
176 |
Doni
adalah anak yang pintar di sekolah. Tidak hanya itu, ia juga penurut, suka
menolong, dan mampu mengendalikan dirinya dengan baik. Di sisi lain, Doni
sering merasa cemas dan bersalah jika ia tidak berhasil mengerjakan
tugas-tugasnya di sekolah dengan baik. Dari ilustrasi tersebut, ada
kemungkinan bahwa Doni adalah anak ... A.
Sulung |
177 |
“Mana bisa
Danti menang dalam lomba menggambar nanti” Perkataan ibu Danti tersebut dapat
digolongkan ke dalam penganiayaan sescara verbal, yaitu .... B. prediksi negatif |
178 |
Keluarga
pak Herman adalah keluarga yang berasal dari status sosial ekonomi menengah
ke atas. Manakah dari contoh-contoh berikut yang umumnya lebih menggambarkan
karakteristik orang tua dari status sosial ekonomi tersebut? C. Merangsang kreativitas anak |
179 |
Seorang
anak memperlihatkan tanda-tanda lebam di wajah dan tangannya. Ada kemungkinan
anak tersebut mengalami .... D.
Penganiayaan secara fisik |
180 |
Hal-hal
berikut ini benar untuk anak-anak korban perceraian orang tua kecuali .... A. Perkembangan anak-anak yang mengalami
perceraian selalu lebih buruk dari anak-anak yang memiliki orang tua utuh |
181 |
Dari
perilaku berikut yang kurang menggambarkan budaya masyarakat yang menilai
tinggi prestasi akademik anak adalah C.
Anak yang menghabiskan banyak waktunya untuk bersosialisasi di luar jam
sekolah |
182 |
Berikut
ini pernyataan yang benar tentang budaya, kecuali .... B. nilai dan norma dari suatu budaya lebih baik daripada nilai dan
norma dari budaya yang lain |
183 |
Skor IQ
anak berbakat adalah .... C. 130 ke
atas |
184 |
Skor IQ
anak retardasi mental adalah .... C.
65 ke bawah |
185 |
Masalah
yang sering dihadapi anak berbakat adalah .... A. Frustasi atas pelajaran di sekolah |
186 |
Anak
retardasi mental sering menghadapi masalah, seperti .... B. bertingkah laku kekanak-kanakan |
187 |
Salah satu
faktor penyebab keadaan retardasi mental adalah .... C. Keadaan gizi yang kurang ketika ibu hamil |
188 |
Salah satu
karakteristik penentuan keadaan retardasi mental adalah .... A. Tingkah laku adaptif yang buruk |
189 |
Berikut
ini adalah perilaku yang menunjukkan karakteristik strategi kognintif dan
meta kognitif pada anak berbakat, kecuali .... B. tidak memiliki waktu luang |
190 |
Salah satu
perilaku yang menunjukkan karakteristik keingintahuan pada anak berbakat
adalah .... A. Berusaha untuk memahami
sesuatu daripada hanya mengingat |
191 |
Ani
sekarang ini berusia 5 tahun, menurut hasil tes inteligensi yang ia ikuti
diketahui bahwa kemampuan inteligensinya berada pada taraf di atas rata-rata.
Inteligensi seperti yang diukur pada Ani adalah inteligensi dalam pengertian
.... A. Tradisional |
192 |
Sudut
pandang yang mengemukakan bahwa kecerdasan manusia itu bersifat majemuk,
membuat perubahan paradigma dalam belajar. Pradigma baru ini memandang titik
sentral dalam belajar adalah .... A.
Memahami potensi anak |
193 |
Pilihlah
salah satu pernyataan di bawah ini yang merupakan pendapat dari Kuhn. D. Inteligensi dapat dipelajari,
diajarkan dan ditingkatkan |
194 |
Inteligensi
menurut kecerdasan majemuk (multiple intelligences) adalah .... A. Kemampuan memecahkan masalah dan
menghasilkan sesuatu yang berharga dalam lingkungan |
195 |
Putri
adalah seorang anak perempuan berusia 5 tahun yang gemar sekali menari dan
bila mendengar musik, maka ia akan menggerak-gerakkan badannya. Menurut
kecerdasan majemuk, Putri memiliki kekuatan pada .... D. Kecerdasan musikal-irama dan gerak-tubuh |
196 |
Ica yang
berusia 4 tahun senang sekali bila diajak oleh ayahnya berjalan kaki ke taman
pada hari Minggu, karena di sana ia akan dapat memuaskan rasa ingin tahunya
tentang mengapa daun ada yang kering, ada yang berwarna hijau atau merah,
lalu air mengalir ke bawah dan segala sesuatu yang berkaitan dengan kejadian
alam. Menurut kecerdasan majemuk, Ica memiliki kekuatan pada .... B. naturalis |
197 |
Kemampuan
anak membentuk mental model dalam teori kecerdasan majemuk mencerminkan anak
yang kuat dalam .... D. Spasial |
198 |
Anak yang
kuat dalam kecerdasan dalam diri biasanya .... A. Menyediakan waktu untuk menyendiri |
199 |
Menurut
Gardner sebaiknya orang tua atau guru .... B. mengembangkan satu atau beberapa kecerdasan yang paling menonjol |
200 |
Menurut
kecerdasan majemuk, untuk menjadi seorang yang pandai memainkan biola
diperlukan minimal kecerdasan-kecerdasan .... D. Musikal-irama, gerak tubuh dan logika-matematika |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar