Selasa, 18 Mei 2021

SOAL DAN JAWABAN PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK PAUD UNIVERSITAS TERBUKA

 

1

Ketika kita mengemukakan mengapa seorang sanak lebih mudah menyesuaikan diri dengan suatu lingkungan baru daripada anak yang lain maka kita sedang melakukan salah satu dari tujuan psikologi perkembangan, yaitu .... B. menjelaskan suatu perilaku

2

Termasuk ke dalam aspek kognitif adalah .... D. Kemampuan untuk menceritakan kembali film yang telah ditonton

3

Karena masih belum dapat berbicara dengan jelas dan banyak kata, Sinta (4 tahun) mengikuti terapi wicara. Ilustrasi tersebut merupakan salah satu contoh dari prinsip perkembangan, yaitu .... B. development shows plasticity

4

Tahuni ni, Bu Linda akan memasukkan Muti yang saat ini berusia 3.5 tahun ke dalam sebuah kelompok bermain (playgroup). Dapat dikatakan bahwa saat ini Muti sedang berada pada tahap .... B. masa kanak-kanak awal

5

Hal berikut adalah BENAR untuk anak prasekolah, kecuali .... C. Bergantung sepenuhnya kepada pengasuh

6

Diko sangat mahir bermain sepeda roda dua. Pernyataan itu mengacu pada aspek perkembangan .... A. Fisik

7

Tiara saat ini sudah sangat lancar membaca, namun ia tidak dapat menahan amarahnya setiap kali ia tidak berhasil menyelesaikan puzzle. Ilustrasi tersebut merupakan salah satu contoh dari prinsip perkembangan, yaitu bahwa development .... B. is multidimensional

8

Dengan pengetahuannya yang baik tentang angkasa luar, Farhan sering diminta oleh teman-temannya untuk bercerita. Dari ilustrasi tersebut terlihat adanya interaksi antara aspek-aspek perkembangan, yaitu aspek .... C. Kognitif dan psikososial

9

“Ga heran Loli cerewet, ibunya saja bawl”, kata ayah Loli. Pernyataan ayah Loli menunjukkan bhawa perkembangan bicara Loli dipengaruhi oleh faktor .... A. Herediter

10

“... nenek, kakek, tante dan om-nya juga rajin mengajak Loli bicara ....”. pernyataan tersebut menunjukkan perkembangan bicara Lolil dipengaruhi oleh faktor .... B. Lingkungan

11

Perkembangan bicara Loli didukung oleh sifat ibunya yang bawel dan lingkungan keluarga yang rajin mengajak berbicara. Hal ini menunjukkan bahwa .... A. Ada interaksi antara faktor nature dan nurture

12

Pada usia 10 bulan, Loli sudah dapat bicara sepatah kata dan pada usia 18 bulan, ia sudah dapat mengucapkan satu kalimat sederhana. Pernyataan tersebut merupakan contoh dari adanya pengaruh .... D. Normatik berdasarkan usia

13

Jjika dilihat dari faktor kontekstual umum maka pengaruh kontekstual utama yang ada pada perkembangan bicara Loli adalah .... C. Keluarga

14

“Loli juga banyak bertanya tentang hal-hal baru yang dilihatnya dan hal itu semakin menambah perbendaharaan kata dan kemampuannya berbahasa”. Dari pernyataan tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa perkembangan .... A. Bersifat kontinu dan merupakan sesuatu yang aktif

15

Kemungkinan Loli untuk bersekolah di Amerika tahun depan dapat mempengaruhi kehidupan Loli selanjutnya. Pengaruh tersebut termasuk dalam pengaruh .... B. nonnormatif

16

Dari ilustrasi tersebut, periode kritis dicontohnya dengan .... B. mengajak Loli bicara sejak ia masih bayi

17

Hal yang berhubungan dengan faal adalah .... B. fisiologis

18

Bayi di awal kehidupan membutuhkan rasa hangat dari orang tuanya. Ibu dari Jessie menyediakan selimut dan ia selalu menggendongnya serta bernyanyi untuk membuat Jessie merasa hangat dan nyaman. Ibu Jessi memahami kebutuhan anaknya dari sudut pandang .... C. Fisiologis dan psikologis

19

“Kamu ini nakal sekali! Minta ini itu... ibu sedang tidak punya uang”. Ibu Randi sedang memarahi anaknya yang berusia 2 tahun karena menangis minta mobil-mobilan. Tampaknya Ibu Randi belum memahami tentang .... D. Pilihan B dan C benar (perkembangan kognitif dan sosial emosional Randi)

20

Dalam melihat perkembangan kognitif anak, Vygotsky lebih menekankan pada .... A. Interaksi antara anak dengan orang dewasa

21

Apa yang anda ketahui tentang perkembangan emosi anak? D. Emosi sudah ada, anak perlu diajarkan untuk mendiferensiasikan dan mengelola emosi

22

Anak yang dimaksud di dalam UU RI nomor 23 tahun 2002 adalah berusia .... D. Sejak masih di dalam kandungan hingga usia 18 tahun

23

Apakah ketentuan bahwa anak memiliki hal untuk beristirahat, memanfaatkan waktu luang, bergaul dengan anak sebaya, bermain dan berkreasi ada di dalam UU RI nomor 23 tahun 2002? B. ada, pasal 11

24

Yang bukan merupakan anak dalam situasi darurat adalah .... D. Yang tertabrak mobil

25

Dalam mengangkat anak, ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan kecuali .... B. harus memiliki hubungan darah yang erat

26

Pasal 53 pasal 1 memuat tentang .... D. Tanggung jawab pemerintah dalam memberikan bantuan pada anak dari keluarga kurang mampu, anak terlantar dan tinggal di tempat terpencil

27

Dari seluruh kehidupan masa kanak-kanak dan remaja perkembangan fisik manusia menghabiskan .... B. 20%

28

Anak di bawah usia 3 tahun memiliki bentuk tubuh yang tidak proporsional, dimana bagian atas lebih besar dibandingkan dengan bagian bawah tubuh. Hal tersebut sesuai dengan prinsip .... B. cephalocaudal

29

Kemampuan anak untuk dapat makan sendiri menggunakan sendok menunjukkan perkembangan .... A. Keterampilan motorik halus

30

Perkembangan fisik di dalam tubuh seseorang yang dapat kita lihat dari berkembangnya .... C. Otot dan tulang

31

Membedakan antara kemampuan motorik kasar dengan motorik halus adalah .... A. Pengontrolan otot-otot

32

Nutrisi paling penting diperlukan pada dua tahun pertama masa pertumbuhan karena .... B. perkembangan otak dan tubuh berjalan sangat cepat

33

Hormon yang penting untuk perkembangan sel-sel saraf otak adalah .... A. Thyroxine

34

Cara yang paling mudah untuk mengetahui perkembangan fisik seorang anak adalah dengan cara sebagai berikut, kecuali .... A. Mengetahui kondisi fisik kedua orang tua

35

Usia 4-6 tahun yang biasa disebut sebagai masa prasekolah berada pada tahap perkembangan .... B. Early childhodd

36

Masalah yang biasa muncul pada anak usia 4-6 tahun ialah masalah .... C. Makan dan tidur

37

Apa yang dimaksud dengan handedness? A. Penggunaan tangan dominan

38

Tono yang berusia 5 tahun tampak telah bisa mengendarai sepeda roda 2 dengan baik. Perkembangan yang terjadi pada Tono meliputi perkembangan berikut, kecuali perkembangan .... D. Motorik halus

39

Pictorial stage adalah salah satu tahapan menggambar pada anak yang biasa dikuasai pada usia .... B. 4-5 tahun

40

Yang tidak termasuk faktor yang dapat mempengaruhi penguasaan keterampilan fisik-motorik pada anak usia 4-6 tahun adalah .... A. Proporsi tubuh

41

Hal yang kurang tepat untuk melakukan pembelaejaran bagi perkembangan fisik-motorik anak prasekolah: D. Perhatikan karakteristik dan jenis kelamin anak

42

Manfaat bermain bagi perkembangan fisik-motorik anak usia 4-6 tahun antara lain sebagai berikut, kecuali .... D. Menjadi pemenang

43

Kegiatan yang dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar anak adalah .... A. Berjalan di balok tirai

44

Kegiatan yang dapat mengembangkan kemandirian antara lain ...  B. makan sendiri

45

Dampak sosial dari kematangan yang dicapai anak adalah .... D. Meningkatkan tuntutan masyarakat terhadap anak

46

Seorang ibu yang sensitif dan responsif terhadap kebutuhan anak akan membuat anak mengembangkan .... A. Trust

47

Pada suatu waktu, Anda diminta untuk membimbing satu guru magang yang ditempatkan di kelas Anda. Apa yang Anda lakukan menunjukkan bahwa Anda sedang mengembangkan .... C. Generativity

48

Orang tua Sari sering memberikan larangan-larangan yang berlebihan kepada Sari (2,5 tahun) saat Sari hendak mengeksplorasi lingkungannya. Apa yang dilakukan oleh orang tua Sari dapat mengembangkan ... pada Sari. B. shame and doubt  

49

Kebijaksanaan sebagai kekuatan yang diperoleh dari keberhasilan seseorang memecahkan ego integrity vs despair dalam tahapan psikososial Erikson dapat diartikan oleh hal-hal berikut ini, kecuali .... D. Menerima hidup sambil meratapi hal-hal yang seharusnya tidak dilakukan di masa lalu

50

Setiap hari Selasa dan Jumat, sekolah mengadakan kegiatan sarapan bersama. Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka memenuhi salah satu dari kebutuhan anak, adalah .... A. Fisiologis

51

Hal-hal berikut ini benar untuk teori hierarki kebutuhan, kecuali .... C. Orang-oang yang kebutuhannya akan rasa cinta sama sekali tidak terpenuhi adalah orang-orang yang memiliki kebutuhan afeksi yang paling besar

52

Seorang anak terus menerus menangis pada hari-hari pertama masuk sekolah. Ada kemungkinan anak tersebut belum terpenuhi kebutuhannya akan .... D. Rasa aman

53

Kemampuan untuk berhasil menghadapi perubahan atau kemalangan disebut .... C. Resiliensi

54

Tiga pembagian besar faktor protektif dan faktor resiko meliputi hal-hal berikut ini, kecuali .... A. Faktor herediter

55

Pernyataan-pernyataan berikut ini benar, kecuali .... D. Resiliensi terjadi jika faktor resiko melebihi faktor protektif

56

Anak dengan fungsi intelektual yang lebih baik cenderung lebih resilien karena .... A. Dapat menyelesaikan persoalan dengan baik

57

Berikut ini adalah contoh dari keluarga sebagai faktor protektif atau resiko, kecuali .... B. Lingkungan tempat tinggal keluarga

58

Gambaran diri berikut ini menyangkut ciri-ciri fisik, kecuali .... D. “Saya gemar melompat dan berlari”

59

Ibu selalu memuji Eva (6 tahun) sebagai anak yang pandai setiap kali Eva membilang 1-10 dengan urutan yang masih salah. Ibu tidak pernah mengoreksi dengan memberi tahu urutan yang benar. Berikut ini adalah dampak yang dapat timbul dari sikap ibu terhadap Eva, kecuali .... B. pemahaman diri Eva masih bersifat hitam-putih

60

“Saya pandai menggambar. Saya juga pandai membuat bangunan dari baloki. Saya mau menjadi arsitek kalau sudah besar nanti”, begitu kata Farah. Gambaran yang diberikan oleh Farah tentang dirinya mengacu pada tahap .... C. Representational mapping

61

Pada suatu hari, Kiki terlihat hanya duduk mengamati teman-temannya yang sedang asyik bemrain perosotoan di halaman sekolah. Perilaku Kiki dapat digolongkan ke dalam .... C. Onlooker behavior

62

Yani dan Ina tampak sedang nasyik melakukan sesuatu. Yani membuat kartu ulang tahun dari kertas karton yang diwarnai dan ditempeli potongan-potongan daun sementara Ina tampak tekun membuat lampion dari kertas berwarna. Sekali-sekali, mereka saling meminjam pensil warna, lem atau gunting. Ilustrasi di atas dapat digolongkan ke dalam .... D. Associative play

63

Sahabat bagi anak usia kanak-kanak awal adalah sebagai berikut, kecuali teman .... A. Berbagi cerita

64

Kemampuan anak untuk mengarahkan perilakunya sendiri tanap diingatkan oleh orang tua atau orang lain disebut .... A. Sel-regulation

65

Hafiz mengatakan bahwa Azri adalah temannya karena Azri selalu mau meminjamkan mobil-mobilannya kepada Hafiz. Dalam tahapan pertemanan dapat kita katakan bahwa Hafiz berada pada tahap .... D. One-way assistance

66

“Kalau kita menolong orang lain nanti Tuhan akan sayang sama kita” kata Tiara ketika ditanya mengapa ia meminjamkan pensil warnanya kepada teman. Alasan Tiara menolong orang dapat digolongkan ke dalam .... B. adanya respons sosial tertentu terhadap perilaku prososial

67

Berikut ini adalah contoh-contoh penilaian objektif yang dibuat oleh anak usia kanak-kanak awal terhadap kebutuhan orang lain, kecuali .... B. membiarkan adik menangis

68

Yang termasuk aspek sosial-emosional adalah hal-hal berikut ini, kecuali .... D. Kemampuan memecahkan masalah

69

Setiap hari, guru membiasakan anak untuk selalu menaruh sepatu dan tas di tempatnya masing-masing. Apa yang dilakukan guru adalah dalam rangka meningkatkan .... B. tangngung jawab terhadap diri

70

Mengajarkan berbagai bentuk emosi pada anak dapat meningkatkan hal-hal berikut ini, kecuali .... D. Inisiatif

71

Beirkut adalah kegiatan yang dapat melatih anak untuk kmampu menunggu giliran, kecuali .... A. Menggambar bebas di kertasnya masing-masing

72

Kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan pmahaman diri anak adalah .... C. Menggambar diri sendiri di sehelai kertas

73

Suatu kumpulan aturan dasar yang berlaku secara umum mengenai benar dan salah .... moral

74

Hal yang menerangkan bagaimana individu berperilaku terhadap orang lain dalam hidupnya .... perkembangan moral

75

Hal yang berpengaruh terahdap perkembangan moral individu adalah .... masyarakat, keluarga, sekolah

76

Anak secara bertahap mengadopsi dan memahami aturan-aturan dan nilai dalam masyarakat yang dianggap sebagai tingkah laku yang dapat diterima terjadi dalam proses .... internalisasi

77

Anak mengadopsi kesepakatan masyarakat mengenai benar dan salah pada tingkatan .... prakonvensional

78

Anak yang mengadukan kepada guru  bahwa temannya yang mengganggu teman lain. Berada pada tahap .... punishment avoidance dan obedience

79

Ketika dipasar, Ani meminta ibu membeli pulpen untuk menggantikan pulpen kaka yang sudah habis, tapi Ani juga  minta dibelikan pulpen untuk dirinya. Keadaan ini menunjukkan Ani berada pada tahap .... exchange of favors

80

Pada usia dini ( 4-6 tahun), anak yang memiliki pemahaman terhadap Tuhan yang .... Tuhan yang kuat secara fisik

81

Disekolah Ani dikenal sebagai anak yang tidak mau berbagi mainan dengan teman lainnya ....  transgresi moral

82

Perilku Budi yang selalu memotong pembicaraan orang dewasa yang didengarnya, termasuk tindakan ... transgresi konvensional

83

Pada awal perkembangan, anak terpaku pada .... dalam pertimbangkan benar atau salahnya perilaku mereka  Kebutuhan

84

Selanjutnya, anak dapat berpikir secara .... mengenai isu moral sejalan dengan perkembangan usianya fleksibel

85

Bagi anak, keadilan sangat berkaitan dengan .... jumlah nyata

86

Teori Vygotsky dikenal juga sebagai teori yang mengambil titik pandang budaya atau biasa disebut ....  A. Sociocultural

87

Teori Vygotsky dikenal sebagai teori yang bersifat .... A. Kontekstualis

88

Menurut Vygotsky kondisi mendasar yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir atau kognisi adalah .... A. Dialog dengan orang lain

89

Anak berbicara kepada dirinya sendiri dengan suara keras. Hal ini dilakukan anak untuk menuntun dan mengarahkan perilakunya sendiri melewati tugas-tugas dan latihan yang sulit. Dalam teori Vygotsky, hal ini disebut .... D. Self-talk

90

Menrut Vygotsky private speech .... A. Berfungsi mmbimbing atau menuntun berpikir

91

Istilah yang digunakan Vygotsky untuk menggambarkan readiness atau kesiapan adalah .... A. Taraf aktual anak

92

Zone of proximal development menunjuk kepada .... A. Perbedaan antara kemampuan yang diperoleh melalui belajar secara mandiri dan yang diperoleh dengan bimbingan orang lain

93

Apabila interaksi anak dengan orang dewasa atau teman sesbaya yang lebih kompeten tidak mencapai tahap internalisasi maka pemahaman anak .... B. mencapai tahap aktual

94

Menurut teori Vygotsky, bermain dapat menciptakan zone of proximal development untuk anak karena melalui bermain anak dapat melakukan hal-hal berikut, kecuali .... D. Berdialog dengan dirinya sendiri

95

Proses membangun dan memahami pengetahuan baru menruut Vygotsky disebut sebagai .... A. Scaffolding

96

Piaget mengadakan penelitian pada anak-anak prasekolah dan usia sekolah dengan menggunakan metode klinis, yaitu interaksi verbal .... D. Secara mendalam berdasarkan respon dari anak

97

Pola perilaku terorganisasi yang merefleksikan cara berinteraksi tertentu dengan lingkungan disebut .... D. Skema

98

Seorang anak berusia 5 tahun melihat seekor kupu-kupu terbang. Oleh karena selama ini ia hanya mengetahui bahwa yang terbang adalah burung maka ia mengatakan bahwa kupu-kupu yang terbang itu juga sebagai burung. Keadaan ini mengacu pada proses .... B. Asimilasi

99

Seorang anak yang baru mengenal binatang sapi, menyebut sapi pada saat melihat kerbau. Saat mendengar hal tersebut ibunya menerangkan bahwa itu adalah kerbau dengan menyebutkan perbedaan sapi dan kerbau. Kejadian ini menunjukkan proses .... D. Akomodasi

100

Pulang dari sekolah Rafi yang berusia 5 tahun bercerita pada ibunya. “Dia mendapat hadiah itu lho!”. Tanpa menghiraukan apa yang dimaksud dengan “dia” atau “itu” padahal ibunya tidak mengerti karena tidak berada di tempat yang sama. Menurut Piaget keadaan ini disebut sebagai .... C. Egosentris

101

Seorang anak menjelaskan bahwa “siang hari terang karena Tuhan sedang menyalakan korek api”. Hal ini menunjukkan salah satu ciri anak pada tahap praoperasional, yaitu .... C. Semilogical reasoning (kebingungan akan kegiatan fisik dan psikologis)

102

Nabil bercerita pada ibunya bahwa pohon melambai-lambai bila tertiup angin. Penjelasan mengenai kejadian alam berdasarkan perilaku manusia oleh Piaget disebut penalaran .... C. Semilogisme

103

Rani masih mengalami kesulitan menentukan berat segumpal tanah liat yang diubah-ubah bentuknya menjadi bola dan pisang. Menurut Piaget anak ini masih mengalami kesulitan dalam hal .... C. Irreversibility

104

Kecenderungan untuk melihat satu ciri saja dari suatu benda disebut .... D. Centration

105

Adi mencuri Rp. 1.500,00 untuk membeli kartu Pokemon. Ida mencuri Rp. 5.000,00 agar uangnya cukup untuk membeli obat bagi adiknya yang sakit batuk parah. Bagaimana tanggapan anak usia 5 tahun terhadap kasus tersebut? A. Ida perlu dihukum krena mencuri lebih banyak

106

Cara kita untuk mengekspresikan bahasa adalah sebagai berikut kecuali .... C. Bunyi/fonem

107

Burung beo Pak Amat dapat mengucapkan “selamat datang” pada setiap tamu yang datang ke rumah Pak Amat. Dalam hal ini terjadi proses yang dinamakan penguasaan .... C. Bicara tanpa bahasa

108

Somad yang baru datang dari kampung sering menjadi bahan tertawaan teman-teman sekerjanya di proyek pembangunan jalan ‘fly over’ di kota Jakarta. Menurut penuturan Ali, salah seorang teman kerjanya, gaya bicara Somad lucu, kata-kata yang dikeluarkan sering tidak sesuai dengan situasi dan siapa orang yang diajak bicara. Pada kasus ini Somad mengalami masalah pada salah satu aspek bahasa, yaitu .... D. Pragmatik

109

Pada usianya yang ke-3, Adit masih belum bisa mengucapkan beberapa huruf dengan tepat. Ia mengganti ucapan ‘R’ dengan ‘L’, dan ‘K’ dengan ‘T’. Adit mengalami masalah dalam aspek bahasa .... A. Fonologi

110

Perkembangan bahasa seorang anak dapat digambarkan sebagai berikut, yaitu .... A. Tangis – cooing – babbling – satu kata

111

Lingkungan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan bahasa pada anak. Pengaruh lingkungan pada anak dimulai pada waktu .... B. anak masih berada di perut ibu/sebelum lahir

112

Salah satu bagian dari otak yang mengatur kemampuan bayi untuk babling adalah kematangan pada bagian .... C. Motor coret

113

Pada usia sekitar 3 bulan, bayi berkomunikasi dengan cara eooing, yaitu .... B. ocehan tanpa arti yang jelas

114

Ada banyak pihak yang membantu perkembangan bahasa anak. Pada usia 4-6 tahun, dibandingkan dengan usia lain, siapa yang paling banyak terlibat dalam perkembangan bahasa ini? C. Teman sebaya

115

Penguasaan kosakata pada anak diperoleh melalui metode .... A. Fast mapping

116

Anak-anak usia 4 tahun, biasanya dapat membuat kalimat yang terdiri dari .... B. 4-5 kata

117

Masalah keterlambatan perkembangan bahasa dan bicara lebih banyak terjadi pada anak .... A. Laki-laki

118

Seorang anak yang memiliki IQ kurang mengalami kesulitan bahasa verbal karena hal sebagai berikut, kecuali .... A. Malu mengungkapkan perasaan

119

Hal yang kurang tepat untuk mendorong anak berani berbicara adalah .... B. memberi anak hadiah bila mau bicara

120

Selain bicara, apakah hal lain yang penting dalam dasar perkembangan bahasa anak prasekolah? A. Mendengar

121

3 hal penting yang harus diperhatikan guru dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak didiknya adalah sebagai berikut, kecuali .... C. Banyaknya kosakata yang dikuasai

122

Pada kegiatan story telling untuk anak usia dini selain meningkatkan kosakata juga dapat mengenakan hal-hal berikut, kecuali .... D. Tata bahasa yang baik dan benar

123

Kegiatan yang dapat dilakukan guru dalam meningkatkan phonological awareness antara lain .... D. Syair

124

Pertanyaan di bawah ini yang tidak termasuk definisi dari seni secara umum adalah .... B. hanya dapat dinikmati sendiri

125

Sebaiknya seni diperkenalkan sejak .... A. Sedini mungkin

126

Kegiatan anak berikut ini yang mencerminkan kegiatan seni adalah anak? B. menggambar helikopter sambil bercerita

127

Contoh kegiatan visual art adalah .... C. Membuat kolase

128

Pada usia berapa manusia mulai bereaksi terhadap suara? B. saat masih di dalam kandungan, berusia 7 bulan

 

129

Terdengar suara Ranu, 5 tahun, “Yuk, main bangun rumah!” Kemudian tampak ia menjelaskan pada temannya bahwa dia adalah si pembuat rumah, meminta 1 temannya untuk menjadi tukang rumah, dan 1 temannya lagi menjadi si pemilik rumah. Kemudian ketiganya tampak bermain dengan asyiknya. Apabila dilihat dari ilustrasi di atas, aspek yang berkembang dari Ranu adalah sebagai berikut, kecuali .... D. Aspek sosial karena anak menjadi lebih mandiri

130

Dari ketiga jenis kegiatan seni, manakah yang paling banyak menstimulasi perkembangan motorik halus? B. visual art

131

Seperti apa tampilan umum anak yang sering bersinggungan dengan kegiatan seni? C. Tidak sungkan untuk mengeksplorasi lingkungannya

132

Apa yang bisa anak lakukan apabila diberikan pensil pada usia 1 tahun? C. Memasukkannya ke mulut

133

Mulai usia 2 tahun, tahapan anak dalam menggambar adalah .... A. Scribbling

134

Menurut Cox (1997) , setiap anak memiliki tahapan menggambar yang .... C. Tidak harus mengikuti tahapan menggambar (misalnya tidak melalui tahap transitional figure)

135

Warna primer adalah ... C. Merah, kuning, biru

136

Sesuai dengan tahapan perkembangan anak, biasanya pada usia berapa anak tepat untuk dilatih menari? C. 5 tahun

137

Juri suatu lomba menyanyi memberikan umpan balik kepada peserta mengenai kontrolnya terhadap pitch. Apa yang dimaksud dengan pitch? B. tinggi rendah nada

138

Elemen gerakan adalah sebagai berikut, kecuali .... D. Kognisi

139

Batasan antara fantasi dan kenyataan masih samar-samar. Hal ini terjadi pada anak usia .... B. 3 tahun

140

Antusiasme penting untuk ditampilkan guru pada saat mengajarkan seni karena .... B. karena anak menjadi antusias juga dalam mengerjakan karyanya

141

Esensi terpenting beri anak di mana ia harus membereskan sisa-sisa material yang ada adalah supaya .... D. Anak belajar untuk bertanggung jawab dengan tugasnya

142

Hal yang seharusnya dilakukann guru dalam kegiatan seni untuk anak usia dini adalah sebagai berikut, kecuali ... D. Memberi hasil karya anak dengan cara menilainya dengan angka

143

Mengapa anak sebaiknya diberi tahu mengenai batas waktu pengerjaan? C. Supaya anak bisa memperkirakan waktu yang dihabiskan untuk mengerjakan karyanya

144

Apabila guru tidak bisa bernyanyi, apa yang dilakukannya? A. Tetap mengajarkan seni dengan bantuan kaset/CD lagu

145

Dari definisinya, maka bermain adalah kegiatan .... D. Yang dilakukan semata-mata demi rasa senang

146

Peranan bermain yang tepat menurut Freud adalah .... A. Meredakan rasa cemas pada anak

147

Melatih anak melompat-lompat, meniti, dan jumpalitan adalah contoh manfaat bermain untuk mengembangkan aspek .... B. motorik kasar

148

Kegiatan anak mengamati anak-anak lain yang sedang bermain, termasuk dalam tahapan perkembangan bermain ... C. Onlooker

149

Permainan yang sama dilakukan dua orang anak atau lebih, namun diantara mereka tidak ada interaksi disebut .... C. Bermain paralel

150

Bermain kooperatif pada umumnya terjadi pada usia .... D. 5 tahun

151

Kegiatan bermain anak yang sesungguhnya terjadi setelah usia 3-4 bulan. Pendapat ini dikemukakan oleh .... A. Piaget

152

Kegiatan anak merepresentasikan pengalaman aktual atau khayalnya melalui penggunaan objek, gerakan, dan bahasa terjadi pada tahap bermain .... B. simbolik

153

Bermain simbolik merupakan “puncak” kegiatan bermain pada anak. Pendapat ini disampaikan oleh .... A. Jean Piaget

154

Permainan yang memotivasi anak untuk berprestasi semaksimal mungkin terjadi dalam tahap bermain .... D. Sosial dan olahraga

155

Menurut Papalia secara garis besar kegiatan bermain dikelompokkan dalam tiga kategori, kecuali bermain .... A. Peran

156

Kegiatan bermain yang ditandai dengan gerakan otot berulang-ulagn menurut Johnson disebut ... A. Motor play

157

Kegiatan anak membangun rumah-rumahan dari balok-balok atau kardus bekas atau gambar, termasuk dalam kegiatan bermain .... B. konstruktif

158

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam kegiatan bermain konstruktif, kecuali .... D. Memantu anak agar bermain hal-hal yang bermanfaat

159

Bermain simbolik mulai diamalmi anak pada tahap perkembangan .... C. Akhir sensorimotor

160

Hal-hal yang harus dihindari ketika bermain bersama anak .... D. Mengajak anak bercakap-cakap ketika bermain

161

Seorang anak sedang bermain menyusun balok membentuk suatu bangunan, kemudian susunan bangunan tersebut di rusak dan dibongkarnya kembali. Anak tersebut sedang berman .... B. destrutkif

162

Untuk memperkaya aktivitas bermain anak, ada 3 hal yang harus diperhatikan, kecuali .... C. Mengatur permainan anak

163

Dalam suatu permainan anak memimpin kegiatan bermain, sedangkan guru mengikuti aturan permainan yang ditetapkan anak. Dalam hal ini guru berfungsi sebagai .... D. Coplayer

164

Setelah melalui bermain fungsional, tahap bermain selanjutnya yang akan dilalui anak adalah bermain .... A. Konstruktif

165

Lebih banyaknya anak laki-laki yang memilih untuk bemrain bola dibandingkan anak perempuan menunjukkan adanya perbedaan gender dalam hal berikut ini kecuali .... D. Rentang perhatian

166

Dea senang sekali bemrain puzzle. Berkaitan dengan object play, kegiatan bermain yang dilakukan oleh Dea mendukung hasil penelitian bahwa dibandingkan dengan anak laki-laki, anak perempuan lebih menyukai permainan yang .... C. Bersifat edukatif dan tidak membutuhkan banyak gerakan

167

Alisha cenderung lebih senang bermain masak-masakan, tetapi Cyril cenderung lebih senagn bermain bengkel-bengkelan. Kegiatan bermain peran yang dilakukan oleh Alisha dan Cyril menandakan adanya perbedaan .... A. Tema dalam kegiatan bermain antara anak perempuan dan laki-laki

168

Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak perempuan yang memiliki hormon androgen dalam kadar tinggi akan .... B. lebih pasif

169

Tio sangat senang bermain sepeda. Hal itu mendukung hasil penelitian yang menunjukkan bahwa anak laki-laki cenderung lebih menyukai jenis permainan ....B. aktif

170

Ketika pertama kali masuk ke TK, Diko sulit sekali ditinggal oleh ibunya. Setiap kali ibunya mencoba untuk keluar dari kelas, Diko akan menangis dan menyusul ibunya. Setelah dua minggu bersekolah, Diko malah menyuruh ibunya segera pulang dan tidak usah menunggunya di sekolah. Perilaku yang ditampilkan Diko dapat menjadi indikasi bahwa ia adalah seorang.... C. Slow-to-warm-up child

171

Ketika mengerjakan tugas menggambar di kelas, Denta terlihat sangat tekun. Menurut Chess dan Thomas, Denta tergolong memiliki .... D. Rentang perhatian dan ketekunan yang tinggi

172

Rio sering tidak tertarik apabila ibu guru membacakan cerita di depan kelas, kecuali jika ibu guru menceritakan tentang kehidupan binatang prasejarah. Untuk cerita yang satu itu, Rio malah sering mengajukan pertanyaan kepada ibu guru atau memberikan tambahan cerita. Dari ilustrasi tersebut dapat kita simpukan bahwa .... B. minat dapat menjadi pendorong motivasi yang kuat

173

“Coba lihat, ibu mencampur warna biru dan merah ke dalam mangkuk ini. Warna apa yang kamu lihat sekarang?” cara yang dilakukan oleh ibu guru ternyata membuat Lia lebih mudah memahami pelajaran karena Lia tergolong anak yang memiliki gaya belajar .... A. Visual

174

Berikut ini adalah cara belajar yang dapat diberikan untuk anak yang memiliki gaya belajar kinestetik, kecuali meminta anak untuk .... D. Mengamati gerakan berbagai binatang

175

Peran kakek-nenek yang memberi sumbangan pada kemampuan anak untuk belajar meliputi hal-hal berikut ini, kecuali .... C. Memenuhi semua keinginan anak

176

Doni adalah anak yang pintar di sekolah. Tidak hanya itu, ia juga penurut, suka menolong, dan mampu mengendalikan dirinya dengan baik. Di sisi lain, Doni sering merasa cemas dan bersalah jika ia tidak berhasil mengerjakan tugas-tugasnya di sekolah dengan baik. Dari ilustrasi tersebut, ada kemungkinan bahwa Doni adalah anak ... A. Sulung

177

“Mana bisa Danti menang dalam lomba menggambar nanti” Perkataan ibu Danti tersebut dapat digolongkan ke dalam penganiayaan sescara verbal, yaitu .... B. prediksi negatif

178

Keluarga pak Herman adalah keluarga yang berasal dari status sosial ekonomi menengah ke atas. Manakah dari contoh-contoh berikut yang umumnya lebih menggambarkan karakteristik orang tua dari status sosial ekonomi tersebut? C. Merangsang kreativitas anak

179

Seorang anak memperlihatkan tanda-tanda lebam di wajah dan tangannya. Ada kemungkinan anak tersebut mengalami .... D. Penganiayaan secara fisik

180

Hal-hal berikut ini benar untuk anak-anak korban perceraian orang tua kecuali .... A. Perkembangan anak-anak yang mengalami perceraian selalu lebih buruk dari anak-anak yang memiliki orang tua utuh

181

Dari perilaku berikut yang kurang menggambarkan budaya masyarakat yang menilai tinggi prestasi akademik anak adalah C. Anak yang menghabiskan banyak waktunya untuk bersosialisasi di luar jam sekolah

182

Berikut ini pernyataan yang benar tentang budaya, kecuali .... B. nilai dan norma dari suatu budaya lebih baik daripada nilai dan norma dari budaya yang lain

183

Skor IQ anak berbakat adalah .... C. 130 ke atas

184

Skor IQ anak retardasi mental adalah .... C. 65 ke bawah

185

Masalah yang sering dihadapi anak berbakat adalah .... A. Frustasi atas pelajaran di sekolah

186

Anak retardasi mental sering menghadapi masalah, seperti .... B. bertingkah laku kekanak-kanakan

187

Salah satu faktor penyebab keadaan retardasi mental adalah .... C. Keadaan gizi yang kurang ketika ibu hamil

188

Salah satu karakteristik penentuan keadaan retardasi mental adalah .... A. Tingkah laku adaptif yang buruk

189

Berikut ini adalah perilaku yang menunjukkan karakteristik strategi kognintif dan meta kognitif pada anak berbakat, kecuali .... B. tidak memiliki waktu luang

190

Salah satu perilaku yang menunjukkan karakteristik keingintahuan pada anak berbakat adalah .... A. Berusaha untuk memahami sesuatu daripada hanya mengingat

191

Ani sekarang ini berusia 5 tahun, menurut hasil tes inteligensi yang ia ikuti diketahui bahwa kemampuan inteligensinya berada pada taraf di atas rata-rata. Inteligensi seperti yang diukur pada Ani adalah inteligensi dalam pengertian .... A. Tradisional

192

Sudut pandang yang mengemukakan bahwa kecerdasan manusia itu bersifat majemuk, membuat perubahan paradigma dalam belajar. Pradigma baru ini memandang titik sentral dalam belajar adalah .... A. Memahami potensi anak

193

Pilihlah salah satu pernyataan di bawah ini yang merupakan pendapat dari Kuhn. D. Inteligensi dapat dipelajari, diajarkan dan ditingkatkan

194

Inteligensi menurut kecerdasan majemuk (multiple intelligences) adalah .... A. Kemampuan memecahkan masalah dan menghasilkan sesuatu yang berharga dalam lingkungan

195

Putri adalah seorang anak perempuan berusia 5 tahun yang gemar sekali menari dan bila mendengar musik, maka ia akan menggerak-gerakkan badannya. Menurut kecerdasan majemuk, Putri memiliki kekuatan pada .... D. Kecerdasan musikal-irama dan gerak-tubuh

196

Ica yang berusia 4 tahun senang sekali bila diajak oleh ayahnya berjalan kaki ke taman pada hari Minggu, karena di sana ia akan dapat memuaskan rasa ingin tahunya tentang mengapa daun ada yang kering, ada yang berwarna hijau atau merah, lalu air mengalir ke bawah dan segala sesuatu yang berkaitan dengan kejadian alam. Menurut kecerdasan majemuk, Ica memiliki kekuatan pada .... B. naturalis

197

Kemampuan anak membentuk mental model dalam teori kecerdasan majemuk mencerminkan anak yang kuat dalam .... D. Spasial

198

Anak yang kuat dalam kecerdasan dalam diri biasanya .... A. Menyediakan waktu untuk menyendiri

199

Menurut Gardner sebaiknya orang tua atau guru .... B. mengembangkan satu atau beberapa kecerdasan yang paling menonjol

200

Menurut kecerdasan majemuk, untuk menjadi seorang yang pandai memainkan biola diperlukan minimal kecerdasan-kecerdasan .... D. Musikal-irama, gerak tubuh dan logika-matematika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar