| 
   1  | 
  
   Ketika
  kita mengemukakan mengapa seorang sanak lebih mudah menyesuaikan diri dengan
  suatu lingkungan baru daripada anak yang lain maka kita sedang melakukan
  salah satu dari tujuan psikologi perkembangan, yaitu .... B. menjelaskan suatu perilaku  | 
 
| 
   2  | 
  
   Termasuk
  ke dalam aspek kognitif adalah .... D.
  Kemampuan untuk menceritakan kembali film yang telah ditonton  | 
 
| 
   3  | 
  
   Karena
  masih belum dapat berbicara dengan jelas dan banyak kata, Sinta (4 tahun)
  mengikuti terapi wicara. Ilustrasi tersebut merupakan salah satu contoh dari
  prinsip perkembangan, yaitu .... B.
  development shows plasticity  | 
 
| 
   4  | 
  
   Tahuni ni,
  Bu Linda akan memasukkan Muti yang saat ini berusia 3.5 tahun ke dalam sebuah
  kelompok bermain (playgroup). Dapat dikatakan bahwa saat ini Muti sedang
  berada pada tahap .... B. masa
  kanak-kanak awal  | 
 
| 
   5  | 
  
   Hal
  berikut adalah BENAR untuk anak prasekolah, kecuali .... C. Bergantung sepenuhnya kepada pengasuh  | 
 
| 
   6  | 
  
   Diko
  sangat mahir bermain sepeda roda dua. Pernyataan itu mengacu pada aspek
  perkembangan .... A. Fisik   | 
 
| 
   7  | 
  
   Tiara saat
  ini sudah sangat lancar membaca, namun ia tidak dapat menahan amarahnya
  setiap kali ia tidak berhasil menyelesaikan puzzle. Ilustrasi tersebut
  merupakan salah satu contoh dari prinsip perkembangan, yaitu bahwa
  development .... B. is multidimensional  | 
 
| 
   8  | 
  
   Dengan
  pengetahuannya yang baik tentang angkasa luar, Farhan sering diminta oleh
  teman-temannya untuk bercerita. Dari ilustrasi tersebut terlihat adanya
  interaksi antara aspek-aspek perkembangan, yaitu aspek .... C. Kognitif dan psikososial  | 
 
| 
   9  | 
  
   “Ga heran
  Loli cerewet, ibunya saja bawl”, kata ayah Loli. Pernyataan ayah Loli
  menunjukkan bhawa perkembangan bicara Loli dipengaruhi oleh faktor .... A. Herediter   | 
 
| 
   10  | 
  
   “...
  nenek, kakek, tante dan om-nya juga rajin mengajak Loli bicara ....”.
  pernyataan tersebut menunjukkan perkembangan bicara Lolil dipengaruhi oleh
  faktor .... B. Lingkungan  | 
 
| 
   11  | 
  
   Perkembangan
  bicara Loli didukung oleh sifat ibunya yang bawel dan lingkungan keluarga
  yang rajin mengajak berbicara. Hal ini menunjukkan bahwa .... A. Ada interaksi antara faktor nature dan
  nurture  | 
 
| 
   12  | 
  
   Pada usia
  10 bulan, Loli sudah dapat bicara sepatah kata dan pada usia 18 bulan, ia
  sudah dapat mengucapkan satu kalimat sederhana. Pernyataan tersebut merupakan
  contoh dari adanya pengaruh .... D.
  Normatik berdasarkan usia  | 
 
| 
   13  | 
  
   Jjika
  dilihat dari faktor kontekstual umum maka pengaruh kontekstual utama yang ada
  pada perkembangan bicara Loli adalah .... C. Keluarga   | 
 
| 
   14  | 
  
   “Loli juga
  banyak bertanya tentang hal-hal baru yang dilihatnya dan hal itu semakin
  menambah perbendaharaan kata dan kemampuannya berbahasa”. Dari pernyataan
  tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa perkembangan .... A. Bersifat kontinu dan merupakan sesuatu yang aktif  | 
 
| 
   15  | 
  
   Kemungkinan
  Loli untuk bersekolah di Amerika tahun depan dapat mempengaruhi kehidupan
  Loli selanjutnya. Pengaruh tersebut termasuk dalam pengaruh .... B. nonnormatif  | 
 
| 
   16  | 
  
   Dari
  ilustrasi tersebut, periode kritis dicontohnya dengan .... B. mengajak Loli bicara sejak ia masih
  bayi  | 
 
| 
   17  | 
  
   Hal yang
  berhubungan dengan faal adalah .... B.
  fisiologis  | 
 
| 
   18  | 
  
   Bayi di
  awal kehidupan membutuhkan rasa hangat dari orang tuanya. Ibu dari Jessie
  menyediakan selimut dan ia selalu menggendongnya serta bernyanyi untuk
  membuat Jessie merasa hangat dan nyaman. Ibu Jessi memahami kebutuhan anaknya
  dari sudut pandang .... C. Fisiologis
  dan psikologis  | 
 
| 
   19  | 
  
   “Kamu ini
  nakal sekali! Minta ini itu... ibu sedang tidak punya uang”. Ibu Randi sedang
  memarahi anaknya yang berusia 2 tahun karena menangis minta mobil-mobilan.
  Tampaknya Ibu Randi belum memahami tentang .... D. Pilihan B dan C benar (perkembangan kognitif dan sosial emosional
  Randi)  | 
 
| 
   20  | 
  
   Dalam
  melihat perkembangan kognitif anak, Vygotsky lebih menekankan pada .... A. Interaksi antara anak dengan orang
  dewasa  | 
 
| 
   21  | 
  
   Apa yang
  anda ketahui tentang perkembangan emosi anak? D. Emosi sudah ada, anak perlu diajarkan untuk mendiferensiasikan dan
  mengelola emosi  | 
 
| 
   22  | 
  
   Anak yang
  dimaksud di dalam UU RI nomor 23 tahun 2002 adalah berusia .... D. Sejak masih di dalam kandungan hingga
  usia 18 tahun  | 
 
| 
   23  | 
  
   Apakah
  ketentuan bahwa anak memiliki hal untuk beristirahat, memanfaatkan waktu
  luang, bergaul dengan anak sebaya, bermain dan berkreasi ada di dalam UU RI
  nomor 23 tahun 2002? B. ada, pasal 11  | 
 
| 
   24  | 
  
   Yang bukan
  merupakan anak dalam situasi darurat adalah .... D. Yang tertabrak mobil  | 
 
| 
   25  | 
  
   Dalam
  mengangkat anak, ada beberapa ketentuan yang harus diperhatikan kecuali .... B. harus memiliki hubungan darah yang
  erat  | 
 
| 
   26  | 
  
   Pasal 53
  pasal 1 memuat tentang .... D.
  Tanggung jawab pemerintah dalam memberikan bantuan pada anak dari keluarga
  kurang mampu, anak terlantar dan tinggal di tempat terpencil  | 
 
| 
   27  | 
  
   Dari
  seluruh kehidupan masa kanak-kanak dan remaja perkembangan fisik manusia
  menghabiskan .... B. 20%  | 
 
| 
   28  | 
  
   Anak di
  bawah usia 3 tahun memiliki bentuk tubuh yang tidak proporsional, dimana
  bagian atas lebih besar dibandingkan dengan bagian bawah tubuh. Hal tersebut
  sesuai dengan prinsip .... B.
  cephalocaudal   | 
 
| 
   29  | 
  
   Kemampuan
  anak untuk dapat makan sendiri menggunakan sendok menunjukkan perkembangan
  .... A. Keterampilan motorik halus  | 
 
| 
   30  | 
  
   Perkembangan
  fisik di dalam tubuh seseorang yang dapat kita lihat dari berkembangnya .... C. Otot dan tulang  | 
 
| 
   31  | 
  
   Membedakan
  antara kemampuan motorik kasar dengan motorik halus adalah .... A. Pengontrolan otot-otot  | 
 
| 
   32  | 
  
   Nutrisi
  paling penting diperlukan pada dua tahun pertama masa pertumbuhan karena ....
  B. perkembangan otak dan tubuh
  berjalan sangat cepat  | 
 
| 
   33  | 
  
   Hormon
  yang penting untuk perkembangan sel-sel saraf otak adalah .... A. Thyroxine  | 
 
| 
   34  | 
  
   Cara yang
  paling mudah untuk mengetahui perkembangan fisik seorang anak adalah dengan
  cara sebagai berikut, kecuali .... A.
  Mengetahui kondisi fisik kedua orang tua  | 
 
| 
   35  | 
  
   Usia 4-6
  tahun yang biasa disebut sebagai masa prasekolah berada pada tahap
  perkembangan .... B. Early childhodd   | 
 
| 
   36  | 
  
   Masalah
  yang biasa muncul pada anak usia 4-6 tahun ialah masalah .... C. Makan dan tidur  | 
 
| 
   37  | 
  
   Apa yang
  dimaksud dengan handedness? A.
  Penggunaan tangan dominan  | 
 
| 
   38  | 
  
   Tono yang
  berusia 5 tahun tampak telah bisa mengendarai sepeda roda 2 dengan baik.
  Perkembangan yang terjadi pada Tono meliputi perkembangan berikut, kecuali
  perkembangan .... D. Motorik halus  | 
 
| 
   39  | 
  
   Pictorial
  stage adalah salah satu tahapan menggambar pada anak yang biasa dikuasai pada
  usia .... B. 4-5 tahun   | 
 
| 
   40  | 
  
   Yang tidak
  termasuk faktor yang dapat mempengaruhi penguasaan keterampilan fisik-motorik
  pada anak usia 4-6 tahun adalah .... A.
  Proporsi tubuh  | 
 
| 
   41  | 
  
   Hal yang
  kurang tepat untuk melakukan pembelaejaran bagi perkembangan fisik-motorik
  anak prasekolah: D. Perhatikan
  karakteristik dan jenis kelamin anak  | 
 
| 
   42  | 
  
   Manfaat
  bermain bagi perkembangan fisik-motorik anak usia 4-6 tahun antara lain
  sebagai berikut, kecuali .... D.
  Menjadi pemenang  | 
 
| 
   43  | 
  
   Kegiatan
  yang dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar anak adalah .... A. Berjalan di balok tirai  | 
 
| 
   44  | 
  
   Kegiatan
  yang dapat mengembangkan kemandirian antara lain ...  B. makan sendiri  | 
 
| 
   45  | 
  
   Dampak
  sosial dari kematangan yang dicapai anak adalah .... D. Meningkatkan tuntutan masyarakat terhadap anak  | 
 
| 
   46  | 
  
   Seorang
  ibu yang sensitif dan responsif terhadap kebutuhan anak akan membuat anak
  mengembangkan .... A. Trust   | 
 
| 
   47  | 
  
   Pada suatu
  waktu, Anda diminta untuk membimbing satu guru magang yang ditempatkan di
  kelas Anda. Apa yang Anda lakukan menunjukkan bahwa Anda sedang mengembangkan
  .... C. Generativity   | 
 
| 
   48  | 
  
   Orang tua
  Sari sering memberikan larangan-larangan yang berlebihan kepada Sari (2,5
  tahun) saat Sari hendak mengeksplorasi lingkungannya. Apa yang dilakukan oleh
  orang tua Sari dapat mengembangkan ... pada Sari. B. shame and doubt    | 
 
| 
   49  | 
  
   Kebijaksanaan
  sebagai kekuatan yang diperoleh dari keberhasilan seseorang memecahkan ego
  integrity vs despair dalam tahapan psikososial Erikson dapat diartikan oleh
  hal-hal berikut ini, kecuali .... D.
  Menerima hidup sambil meratapi hal-hal yang seharusnya tidak dilakukan di
  masa lalu  | 
 
| 
   50  | 
  
   Setiap
  hari Selasa dan Jumat, sekolah mengadakan kegiatan sarapan bersama. Kegiatan
  tersebut dilakukan dalam rangka memenuhi salah satu dari kebutuhan anak,
  adalah .... A. Fisiologis   | 
 
| 
   51  | 
  
   Hal-hal
  berikut ini benar untuk teori hierarki kebutuhan, kecuali .... C. Orang-oang yang kebutuhannya akan rasa
  cinta sama sekali tidak terpenuhi adalah orang-orang yang memiliki kebutuhan
  afeksi yang paling besar  | 
 
| 
   52  | 
  
   Seorang
  anak terus menerus menangis pada hari-hari pertama masuk sekolah. Ada
  kemungkinan anak tersebut belum terpenuhi kebutuhannya akan .... D. Rasa aman   | 
 
| 
   53  | 
  
   Kemampuan
  untuk berhasil menghadapi perubahan atau kemalangan disebut .... C. Resiliensi   | 
 
| 
   54  | 
  
   Tiga
  pembagian besar faktor protektif dan faktor resiko meliputi hal-hal berikut
  ini, kecuali .... A. Faktor herediter  | 
 
| 
   55  | 
  
   Pernyataan-pernyataan
  berikut ini benar, kecuali .... D.
  Resiliensi terjadi jika faktor resiko melebihi faktor protektif   | 
 
| 
   56  | 
  
   Anak
  dengan fungsi intelektual yang lebih baik cenderung lebih resilien karena
  .... A. Dapat menyelesaikan persoalan
  dengan baik  | 
 
| 
   57  | 
  
   Berikut
  ini adalah contoh dari keluarga sebagai faktor protektif atau resiko, kecuali
  .... B. Lingkungan tempat tinggal keluarga  | 
 
| 
   58  | 
  
   Gambaran
  diri berikut ini menyangkut ciri-ciri fisik, kecuali .... D. “Saya gemar melompat dan berlari”  | 
 
| 
   59  | 
  
   Ibu selalu
  memuji Eva (6 tahun) sebagai anak yang pandai setiap kali Eva membilang 1-10
  dengan urutan yang masih salah. Ibu tidak pernah mengoreksi dengan memberi
  tahu urutan yang benar. Berikut ini adalah dampak yang dapat timbul dari
  sikap ibu terhadap Eva, kecuali .... B.
  pemahaman diri Eva masih bersifat hitam-putih  | 
 
| 
   60  | 
  
   “Saya
  pandai menggambar. Saya juga pandai membuat bangunan dari baloki. Saya mau
  menjadi arsitek kalau sudah besar nanti”, begitu kata Farah. Gambaran yang
  diberikan oleh Farah tentang dirinya mengacu pada tahap .... C. Representational mapping  | 
 
| 
   61  | 
  
   Pada suatu
  hari, Kiki terlihat hanya duduk mengamati teman-temannya yang sedang asyik
  bemrain perosotoan di halaman sekolah. Perilaku Kiki dapat digolongkan ke
  dalam .... C. Onlooker behavior   | 
 
| 
   62  | 
  
   Yani dan
  Ina tampak sedang nasyik melakukan sesuatu. Yani membuat kartu ulang tahun
  dari kertas karton yang diwarnai dan ditempeli potongan-potongan daun
  sementara Ina tampak tekun membuat lampion dari kertas berwarna.
  Sekali-sekali, mereka saling meminjam pensil warna, lem atau gunting.
  Ilustrasi di atas dapat digolongkan ke dalam .... D. Associative play   | 
 
| 
   63  | 
  
   Sahabat
  bagi anak usia kanak-kanak awal adalah sebagai berikut, kecuali teman .... A. Berbagi cerita  | 
 
| 
   64  | 
  
   Kemampuan
  anak untuk mengarahkan perilakunya sendiri tanap diingatkan oleh orang tua
  atau orang lain disebut .... A.
  Sel-regulation   | 
 
| 
   65  | 
  
   Hafiz
  mengatakan bahwa Azri adalah temannya karena Azri selalu mau meminjamkan
  mobil-mobilannya kepada Hafiz. Dalam tahapan pertemanan dapat kita katakan
  bahwa Hafiz berada pada tahap .... D.
  One-way assistance  | 
 
| 
   66  | 
  
   “Kalau
  kita menolong orang lain nanti Tuhan akan sayang sama kita” kata Tiara ketika
  ditanya mengapa ia meminjamkan pensil warnanya kepada teman. Alasan Tiara
  menolong orang dapat digolongkan ke dalam .... B. adanya respons sosial tertentu terhadap perilaku prososial  | 
 
| 
   67  | 
  
   Berikut
  ini adalah contoh-contoh penilaian objektif yang dibuat oleh anak usia
  kanak-kanak awal terhadap kebutuhan orang lain, kecuali .... B. membiarkan adik menangis  | 
 
| 
   68  | 
  
   Yang
  termasuk aspek sosial-emosional adalah hal-hal berikut ini, kecuali .... D. Kemampuan memecahkan masalah  | 
 
| 
   69  | 
  
   Setiap
  hari, guru membiasakan anak untuk selalu menaruh sepatu dan tas di tempatnya
  masing-masing. Apa yang dilakukan guru adalah dalam rangka meningkatkan .... B. tangngung jawab terhadap diri  | 
 
| 
   70  | 
  
   Mengajarkan
  berbagai bentuk emosi pada anak dapat meningkatkan hal-hal berikut ini,
  kecuali .... D. Inisiatif   | 
 
| 
   71  | 
  
   Beirkut
  adalah kegiatan yang dapat melatih anak untuk kmampu menunggu giliran, kecuali
  .... A. Menggambar bebas di kertasnya
  masing-masing  | 
 
| 
   72  | 
  
   Kegiatan-kegiatan
  yang dapat meningkatkan pmahaman diri anak adalah .... C. Menggambar diri sendiri di sehelai kertas  | 
 
| 
   73  | 
  
   Suatu
  kumpulan aturan dasar yang berlaku secara umum mengenai benar dan salah .... moral   | 
 
| 
   74  | 
  
   Hal yang
  menerangkan bagaimana individu berperilaku terhadap orang lain dalam hidupnya
  .... perkembangan moral  | 
 
| 
   75  | 
  
   Hal yang
  berpengaruh terahdap perkembangan moral individu adalah .... masyarakat, keluarga, sekolah  | 
 
| 
   76  | 
  
   Anak
  secara bertahap mengadopsi dan memahami aturan-aturan dan nilai dalam
  masyarakat yang dianggap sebagai tingkah laku yang dapat diterima terjadi
  dalam proses .... internalisasi  | 
 
| 
   77  | 
  
   Anak
  mengadopsi kesepakatan masyarakat mengenai benar dan salah pada tingkatan
  .... prakonvensional  | 
 
| 
   78  | 
  
   Anak yang
  mengadukan kepada guru  bahwa temannya
  yang mengganggu teman lain. Berada pada tahap .... punishment avoidance dan obedience  | 
 
| 
   79  | 
  
   Ketika
  dipasar, Ani meminta ibu membeli pulpen untuk menggantikan pulpen kaka yang
  sudah habis, tapi Ani juga  minta
  dibelikan pulpen untuk dirinya. Keadaan ini menunjukkan Ani berada pada tahap
  .... exchange of favors  | 
 
| 
   80  | 
  
   Pada usia
  dini ( 4-6 tahun), anak yang memiliki pemahaman terhadap Tuhan yang .... Tuhan yang kuat secara fisik  | 
 
| 
   81  | 
  
   Disekolah
  Ani dikenal sebagai anak yang tidak mau berbagi mainan dengan teman lainnya
  ....  transgresi moral  | 
 
| 
   82  | 
  
   Perilku
  Budi yang selalu memotong pembicaraan orang dewasa yang didengarnya, termasuk
  tindakan ... transgresi konvensional  | 
 
| 
   83  | 
  
   Pada awal
  perkembangan, anak terpaku pada .... dalam pertimbangkan benar atau salahnya
  perilaku mereka  Kebutuhan  | 
 
| 
   84  | 
  
   Selanjutnya,
  anak dapat berpikir secara .... mengenai isu moral sejalan dengan
  perkembangan usianya fleksibel  | 
 
| 
   85  | 
  
   Bagi anak,
  keadilan sangat berkaitan dengan .... jumlah
  nyata  | 
 
| 
   86  | 
  
   Teori
  Vygotsky dikenal juga sebagai teori yang mengambil titik pandang budaya atau
  biasa disebut ....  A. Sociocultural   | 
 
| 
   87  | 
  
   Teori
  Vygotsky dikenal sebagai teori yang bersifat .... A. Kontekstualis   | 
 
| 
   88  | 
  
   Menurut
  Vygotsky kondisi mendasar yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir atau
  kognisi adalah .... A. Dialog dengan
  orang lain  | 
 
| 
   89  | 
  
   Anak
  berbicara kepada dirinya sendiri dengan suara keras. Hal ini dilakukan anak
  untuk menuntun dan mengarahkan perilakunya sendiri melewati tugas-tugas dan
  latihan yang sulit. Dalam teori Vygotsky, hal ini disebut .... D. Self-talk   | 
 
| 
   90  | 
  
   Menrut
  Vygotsky private speech .... A.
  Berfungsi mmbimbing atau menuntun berpikir  | 
 
| 
   91  | 
  
   Istilah
  yang digunakan Vygotsky untuk menggambarkan readiness atau kesiapan adalah
  .... A. Taraf aktual anak  | 
 
| 
   92  | 
  
   Zone of
  proximal development menunjuk kepada .... A. Perbedaan antara kemampuan yang diperoleh melalui belajar secara
  mandiri dan yang diperoleh dengan bimbingan orang lain  | 
 
| 
   93  | 
  
   Apabila
  interaksi anak dengan orang dewasa atau teman sesbaya yang lebih kompeten
  tidak mencapai tahap internalisasi maka pemahaman anak .... B. mencapai tahap aktual  | 
 
| 
   94  | 
  
   Menurut
  teori Vygotsky, bermain dapat menciptakan zone of proximal development untuk
  anak karena melalui bermain anak dapat melakukan hal-hal berikut, kecuali
  .... D. Berdialog dengan dirinya
  sendiri  | 
 
| 
   95  | 
  
   Proses
  membangun dan memahami pengetahuan baru menruut Vygotsky disebut sebagai ....
  A. Scaffolding   | 
 
| 
   96  | 
  
   Piaget
  mengadakan penelitian pada anak-anak prasekolah dan usia sekolah dengan
  menggunakan metode klinis, yaitu interaksi verbal .... D. Secara mendalam berdasarkan respon dari anak  | 
 
| 
   97  | 
  
   Pola
  perilaku terorganisasi yang merefleksikan cara berinteraksi tertentu dengan
  lingkungan disebut .... D. Skema   | 
 
| 
   98  | 
  
   Seorang
  anak berusia 5 tahun melihat seekor kupu-kupu terbang. Oleh karena selama ini
  ia hanya mengetahui bahwa yang terbang adalah burung maka ia mengatakan bahwa
  kupu-kupu yang terbang itu juga sebagai burung. Keadaan ini mengacu pada
  proses .... B. Asimilasi   | 
 
| 
   99  | 
  
   Seorang
  anak yang baru mengenal binatang sapi, menyebut sapi pada saat melihat kerbau.
  Saat mendengar hal tersebut ibunya menerangkan bahwa itu adalah kerbau dengan
  menyebutkan perbedaan sapi dan kerbau. Kejadian ini menunjukkan proses .... D. Akomodasi   | 
 
| 
   100  | 
  
   Pulang
  dari sekolah Rafi yang berusia 5 tahun bercerita pada ibunya. “Dia mendapat
  hadiah itu lho!”. Tanpa menghiraukan apa yang dimaksud dengan “dia” atau
  “itu” padahal ibunya tidak mengerti karena tidak berada di tempat yang sama.
  Menurut Piaget keadaan ini disebut sebagai .... C. Egosentris   | 
 
| 
   101  | 
  
   Seorang
  anak menjelaskan bahwa “siang hari terang karena Tuhan sedang menyalakan
  korek api”. Hal ini menunjukkan salah satu ciri anak pada tahap
  praoperasional, yaitu .... C.
  Semilogical reasoning (kebingungan akan kegiatan fisik dan psikologis)  | 
 
| 
   102  | 
  
   Nabil
  bercerita pada ibunya bahwa pohon melambai-lambai bila tertiup angin.
  Penjelasan mengenai kejadian alam berdasarkan perilaku manusia oleh Piaget
  disebut penalaran .... C. Semilogisme   | 
 
| 
   103  | 
  
   Rani masih
  mengalami kesulitan menentukan berat segumpal tanah liat yang diubah-ubah
  bentuknya menjadi bola dan pisang. Menurut Piaget anak ini masih mengalami
  kesulitan dalam hal .... C.
  Irreversibility   | 
 
| 
   104  | 
  
   Kecenderungan
  untuk melihat satu ciri saja dari suatu benda disebut .... D. Centration   | 
 
| 
   105  | 
  
   Adi
  mencuri Rp. 1.500,00 untuk membeli kartu Pokemon. Ida mencuri Rp. 5.000,00
  agar uangnya cukup untuk membeli obat bagi adiknya yang sakit batuk parah.
  Bagaimana tanggapan anak usia 5 tahun terhadap kasus tersebut? A. Ida perlu dihukum krena mencuri lebih
  banyak  | 
 
| 
   106  | 
  
   Cara kita
  untuk mengekspresikan bahasa adalah sebagai berikut kecuali .... C. Bunyi/fonem  | 
 
| 
   107  | 
  
   Burung beo
  Pak Amat dapat mengucapkan “selamat datang” pada setiap tamu yang datang ke
  rumah Pak Amat. Dalam hal ini terjadi proses yang dinamakan penguasaan .... C. Bicara tanpa bahasa  | 
 
| 
   108  | 
  
   Somad yang
  baru datang dari kampung sering menjadi bahan tertawaan teman-teman
  sekerjanya di proyek pembangunan jalan ‘fly over’ di kota Jakarta. Menurut
  penuturan Ali, salah seorang teman kerjanya, gaya bicara Somad lucu,
  kata-kata yang dikeluarkan sering tidak sesuai dengan situasi dan siapa orang
  yang diajak bicara. Pada kasus ini Somad mengalami masalah pada salah satu
  aspek bahasa, yaitu .... D. Pragmatik   | 
 
| 
   109  | 
  
   Pada
  usianya yang ke-3, Adit masih belum bisa mengucapkan beberapa huruf dengan
  tepat. Ia mengganti ucapan ‘R’ dengan ‘L’, dan ‘K’ dengan ‘T’. Adit mengalami
  masalah dalam aspek bahasa .... A.
  Fonologi   | 
 
| 
   110  | 
  
   Perkembangan
  bahasa seorang anak dapat digambarkan sebagai berikut, yaitu .... A. Tangis – cooing – babbling – satu kata  | 
 
| 
   111  | 
  
   Lingkungan
  merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan bahasa pada
  anak. Pengaruh lingkungan pada anak dimulai pada waktu .... B. anak masih berada di perut ibu/sebelum
  lahir  | 
 
| 
   112  | 
  
   Salah satu
  bagian dari otak yang mengatur kemampuan bayi untuk babling adalah kematangan
  pada bagian .... C. Motor coret  | 
 
| 
   113  | 
  
   Pada usia
  sekitar 3 bulan, bayi berkomunikasi dengan cara eooing, yaitu .... B. ocehan tanpa arti yang jelas  | 
 
| 
   114  | 
  
   Ada banyak
  pihak yang membantu perkembangan bahasa anak. Pada usia 4-6 tahun,
  dibandingkan dengan usia lain, siapa yang paling banyak terlibat dalam
  perkembangan bahasa ini? C. Teman
  sebaya  | 
 
| 
   115  | 
  
   Penguasaan
  kosakata pada anak diperoleh melalui metode .... A. Fast mapping  | 
 
| 
   116  | 
  
   Anak-anak
  usia 4 tahun, biasanya dapat membuat kalimat yang terdiri dari .... B. 4-5 kata  | 
 
| 
   117  | 
  
   Masalah
  keterlambatan perkembangan bahasa dan bicara lebih banyak terjadi pada anak
  .... A. Laki-laki  | 
 
| 
   118  | 
  
   Seorang
  anak yang memiliki IQ kurang mengalami kesulitan bahasa verbal karena hal
  sebagai berikut, kecuali .... A. Malu
  mengungkapkan perasaan  | 
 
| 
   119  | 
  
   Hal yang
  kurang tepat untuk mendorong anak berani berbicara adalah .... B. memberi anak hadiah bila mau bicara  | 
 
| 
   120  | 
  
   Selain
  bicara, apakah hal lain yang penting dalam dasar perkembangan bahasa anak
  prasekolah? A. Mendengar   | 
 
| 
   121  | 
  
   3 hal
  penting yang harus diperhatikan guru dalam mengembangkan kemampuan bahasa
  anak didiknya adalah sebagai berikut, kecuali .... C. Banyaknya kosakata yang dikuasai  | 
 
| 
   122  | 
  
   Pada
  kegiatan story telling untuk anak usia dini selain meningkatkan kosakata juga
  dapat mengenakan hal-hal berikut, kecuali .... D. Tata bahasa yang baik dan benar  | 
 
| 
   123  | 
  
   Kegiatan
  yang dapat dilakukan guru dalam meningkatkan phonological awareness antara
  lain .... D. Syair   | 
 
| 
   124  | 
  
   Pertanyaan
  di bawah ini yang tidak termasuk definisi dari seni secara umum adalah .... B. hanya dapat dinikmati sendiri  | 
 
| 
   125  | 
  
   Sebaiknya
  seni diperkenalkan sejak .... A.
  Sedini mungkin  | 
 
| 
   126  | 
  
   Kegiatan
  anak berikut ini yang mencerminkan kegiatan seni adalah anak? B. menggambar helikopter sambil bercerita  | 
 
| 
   127  | 
  
   Contoh
  kegiatan visual art adalah .... C.
  Membuat kolase  | 
 
| 
   128  | 
  
   Pada usia
  berapa manusia mulai bereaksi terhadap suara? B. saat masih di dalam kandungan, berusia 7 bulan  | 
 
| 
   129  | 
  
   Terdengar
  suara Ranu, 5 tahun, “Yuk, main bangun rumah!” Kemudian tampak ia menjelaskan
  pada temannya bahwa dia adalah si pembuat rumah, meminta 1 temannya untuk
  menjadi tukang rumah, dan 1 temannya lagi menjadi si pemilik rumah. Kemudian
  ketiganya tampak bermain dengan asyiknya. Apabila dilihat dari ilustrasi di
  atas, aspek yang berkembang dari Ranu adalah sebagai berikut, kecuali .... D. Aspek sosial karena anak menjadi lebih
  mandiri  | 
 
| 
   130  | 
  
   Dari
  ketiga jenis kegiatan seni, manakah yang paling banyak menstimulasi
  perkembangan motorik halus? B. visual
  art  | 
 
| 
   131  | 
  
   Seperti
  apa tampilan umum anak yang sering bersinggungan dengan kegiatan seni? C. Tidak sungkan untuk mengeksplorasi
  lingkungannya  | 
 
| 
   132  | 
  
   Apa yang
  bisa anak lakukan apabila diberikan pensil pada usia 1 tahun? C. Memasukkannya ke mulut  | 
 
| 
   133  | 
  
   Mulai usia
  2 tahun, tahapan anak dalam menggambar adalah .... A. Scribbling   | 
 
| 
   134  | 
  
   Menurut
  Cox (1997) , setiap anak memiliki tahapan menggambar yang .... C. Tidak harus mengikuti tahapan
  menggambar (misalnya tidak melalui tahap transitional figure)  | 
 
| 
   135  | 
  
   Warna
  primer adalah ... C. Merah, kuning,
  biru  | 
 
| 
   136  | 
  
   Sesuai
  dengan tahapan perkembangan anak, biasanya pada usia berapa anak tepat untuk
  dilatih menari? C. 5 tahun  | 
 
| 
   137  | 
  
   Juri suatu
  lomba menyanyi memberikan umpan balik kepada peserta mengenai kontrolnya terhadap
  pitch. Apa yang dimaksud dengan pitch? B.
  tinggi rendah nada  | 
 
| 
   138  | 
  
   Elemen
  gerakan adalah sebagai berikut, kecuali .... D. Kognisi  | 
 
| 
   139  | 
  
   Batasan
  antara fantasi dan kenyataan masih samar-samar. Hal ini terjadi pada anak
  usia .... B. 3 tahun  | 
 
| 
   140  | 
  
   Antusiasme
  penting untuk ditampilkan guru pada saat mengajarkan seni karena .... B. karena anak menjadi antusias juga
  dalam mengerjakan karyanya  | 
 
| 
   141  | 
  
   Esensi
  terpenting beri anak di mana ia harus membereskan sisa-sisa material yang ada
  adalah supaya .... D. Anak belajar
  untuk bertanggung jawab dengan tugasnya  | 
 
| 
   142  | 
  
   Hal yang
  seharusnya dilakukann guru dalam kegiatan seni untuk anak usia dini adalah
  sebagai berikut, kecuali ... D.
  Memberi hasil karya anak dengan cara menilainya dengan angka  | 
 
| 
   143  | 
  
   Mengapa
  anak sebaiknya diberi tahu mengenai batas waktu pengerjaan? C. Supaya anak bisa memperkirakan waktu
  yang dihabiskan untuk mengerjakan karyanya  | 
 
| 
   144  | 
  
   Apabila
  guru tidak bisa bernyanyi, apa yang dilakukannya? A. Tetap mengajarkan seni dengan bantuan kaset/CD lagu  | 
 
| 
   145  | 
  
   Dari
  definisinya, maka bermain adalah kegiatan .... D. Yang dilakukan semata-mata demi rasa senang  | 
 
| 
   146  | 
  
   Peranan
  bermain yang tepat menurut Freud adalah .... A. Meredakan rasa cemas pada anak  | 
 
| 
   147  | 
  
   Melatih
  anak melompat-lompat, meniti, dan jumpalitan adalah contoh manfaat bermain
  untuk mengembangkan aspek .... B.
  motorik kasar  | 
 
| 
   148  | 
  
   Kegiatan
  anak mengamati anak-anak lain yang sedang bermain, termasuk dalam tahapan
  perkembangan bermain ... C. Onlooker   | 
 
| 
   149  | 
  
   Permainan
  yang sama dilakukan dua orang anak atau lebih, namun diantara mereka tidak
  ada interaksi disebut .... C. Bermain
  paralel  | 
 
| 
   150  | 
  
   Bermain
  kooperatif pada umumnya terjadi pada usia .... D. 5 tahun  | 
 
| 
   151  | 
  
   Kegiatan
  bermain anak yang sesungguhnya terjadi setelah usia 3-4 bulan. Pendapat ini
  dikemukakan oleh .... A. Piaget   | 
 
| 
   152  | 
  
   Kegiatan
  anak merepresentasikan pengalaman aktual atau khayalnya melalui penggunaan
  objek, gerakan, dan bahasa terjadi pada tahap bermain .... B. simbolik   | 
 
| 
   153  | 
  
   Bermain
  simbolik merupakan “puncak” kegiatan bermain pada anak. Pendapat ini
  disampaikan oleh .... A. Jean Piaget  | 
 
| 
   154  | 
  
   Permainan
  yang memotivasi anak untuk berprestasi semaksimal mungkin terjadi dalam tahap
  bermain .... D. Sosial dan olahraga  | 
 
| 
   155  | 
  
   Menurut
  Papalia secara garis besar kegiatan bermain dikelompokkan dalam tiga
  kategori, kecuali bermain .... A.
  Peran   | 
 
| 
   156  | 
  
   Kegiatan
  bermain yang ditandai dengan gerakan otot berulang-ulagn menurut Johnson
  disebut ... A. Motor play  | 
 
| 
   157  | 
  
   Kegiatan
  anak membangun rumah-rumahan dari balok-balok atau kardus bekas atau gambar,
  termasuk dalam kegiatan bermain .... B.
  konstruktif   | 
 
| 
   158  | 
  
   Hal-hal
  yang harus diperhatikan dalam kegiatan bermain konstruktif, kecuali .... D. Memantu anak agar bermain hal-hal yang
  bermanfaat  | 
 
| 
   159  | 
  
   Bermain
  simbolik mulai diamalmi anak pada tahap perkembangan .... C. Akhir sensorimotor  | 
 
| 
   160  | 
  
   Hal-hal
  yang harus dihindari ketika bermain bersama anak .... D. Mengajak anak bercakap-cakap ketika bermain  | 
 
| 
   161  | 
  
   Seorang
  anak sedang bermain menyusun balok membentuk suatu bangunan, kemudian susunan
  bangunan tersebut di rusak dan dibongkarnya kembali. Anak tersebut sedang
  berman .... B. destrutkif   | 
 
| 
   162  | 
  
   Untuk
  memperkaya aktivitas bermain anak, ada 3 hal yang harus diperhatikan, kecuali
  .... C. Mengatur permainan anak  | 
 
| 
   163  | 
  
   Dalam
  suatu permainan anak memimpin kegiatan bermain, sedangkan guru mengikuti
  aturan permainan yang ditetapkan anak. Dalam hal ini guru berfungsi sebagai
  .... D. Coplayer   | 
 
| 
   164  | 
  
   Setelah
  melalui bermain fungsional, tahap bermain selanjutnya yang akan dilalui anak
  adalah bermain .... A. Konstruktif   | 
 
| 
   165  | 
  
   Lebih
  banyaknya anak laki-laki yang memilih untuk bemrain bola dibandingkan anak
  perempuan menunjukkan adanya perbedaan gender dalam hal berikut ini kecuali
  .... D. Rentang perhatian  | 
 
| 
   166  | 
  
   Dea senang
  sekali bemrain puzzle. Berkaitan dengan object play, kegiatan bermain yang
  dilakukan oleh Dea mendukung hasil penelitian bahwa dibandingkan dengan anak
  laki-laki, anak perempuan lebih menyukai permainan yang .... C. Bersifat edukatif dan tidak
  membutuhkan banyak gerakan  | 
 
| 
   167  | 
  
   Alisha
  cenderung lebih senang bermain masak-masakan, tetapi Cyril cenderung lebih
  senagn bermain bengkel-bengkelan. Kegiatan bermain peran yang dilakukan oleh
  Alisha dan Cyril menandakan adanya perbedaan .... A. Tema dalam kegiatan bermain antara anak perempuan dan laki-laki  | 
 
| 
   168  | 
  
   Hasil
  penelitian menunjukkan bahwa anak perempuan yang memiliki hormon androgen
  dalam kadar tinggi akan .... B. lebih pasif  | 
 
| 
   169  | 
  
   Tio sangat
  senang bermain sepeda. Hal itu mendukung hasil penelitian yang menunjukkan
  bahwa anak laki-laki cenderung lebih menyukai jenis permainan ....B. aktif   | 
 
| 
   170  | 
  
   Ketika
  pertama kali masuk ke TK, Diko sulit sekali ditinggal oleh ibunya. Setiap
  kali ibunya mencoba untuk keluar dari kelas, Diko akan menangis dan menyusul
  ibunya. Setelah dua minggu bersekolah, Diko malah menyuruh ibunya segera
  pulang dan tidak usah menunggunya di sekolah. Perilaku yang ditampilkan Diko
  dapat menjadi indikasi bahwa ia adalah seorang.... C. Slow-to-warm-up child  | 
 
| 
   171  | 
  
   Ketika
  mengerjakan tugas menggambar di kelas, Denta terlihat sangat tekun. Menurut
  Chess dan Thomas, Denta tergolong memiliki .... D. Rentang perhatian dan ketekunan yang tinggi  | 
 
| 
   172  | 
  
   Rio sering
  tidak tertarik apabila ibu guru membacakan cerita di depan kelas, kecuali
  jika ibu guru menceritakan tentang kehidupan binatang prasejarah. Untuk
  cerita yang satu itu, Rio malah sering mengajukan pertanyaan kepada ibu guru
  atau memberikan tambahan cerita. Dari ilustrasi tersebut dapat kita simpukan
  bahwa .... B. minat dapat menjadi
  pendorong motivasi yang kuat  | 
 
| 
   173  | 
  
   “Coba
  lihat, ibu mencampur warna biru dan merah ke dalam mangkuk ini. Warna apa
  yang kamu lihat sekarang?” cara yang dilakukan oleh ibu guru ternyata membuat
  Lia lebih mudah memahami pelajaran karena Lia tergolong anak yang memiliki
  gaya belajar .... A. Visual   | 
 
| 
   174  | 
  
   Berikut
  ini adalah cara belajar yang dapat diberikan untuk anak yang memiliki gaya
  belajar kinestetik, kecuali meminta anak untuk .... D. Mengamati gerakan berbagai binatang  | 
 
| 
   175  | 
  
   Peran
  kakek-nenek yang memberi sumbangan pada kemampuan anak untuk belajar meliputi
  hal-hal berikut ini, kecuali .... C.
  Memenuhi semua keinginan anak  | 
 
| 
   176  | 
  
   Doni
  adalah anak yang pintar di sekolah. Tidak hanya itu, ia juga penurut, suka
  menolong, dan mampu mengendalikan dirinya dengan baik. Di sisi lain, Doni
  sering merasa cemas dan bersalah jika ia tidak berhasil mengerjakan
  tugas-tugasnya di sekolah dengan baik. Dari ilustrasi tersebut, ada
  kemungkinan bahwa Doni adalah anak ... A.
  Sulung   | 
 
| 
   177  | 
  
   “Mana bisa
  Danti menang dalam lomba menggambar nanti” Perkataan ibu Danti tersebut dapat
  digolongkan ke dalam penganiayaan sescara verbal, yaitu .... B. prediksi negatif  | 
 
| 
   178  | 
  
   Keluarga
  pak Herman adalah keluarga yang berasal dari status sosial ekonomi menengah
  ke atas. Manakah dari contoh-contoh berikut yang umumnya lebih menggambarkan
  karakteristik orang tua dari status sosial ekonomi tersebut? C. Merangsang kreativitas anak  | 
 
| 
   179  | 
  
   Seorang
  anak memperlihatkan tanda-tanda lebam di wajah dan tangannya. Ada kemungkinan
  anak tersebut mengalami .... D.
  Penganiayaan secara fisik  | 
 
| 
   180  | 
  
   Hal-hal
  berikut ini benar untuk anak-anak korban perceraian orang tua kecuali .... A. Perkembangan anak-anak yang mengalami
  perceraian selalu lebih buruk dari anak-anak yang memiliki orang tua utuh  | 
 
| 
   181  | 
  
   Dari
  perilaku berikut yang kurang menggambarkan budaya masyarakat yang menilai
  tinggi prestasi akademik anak adalah C.
  Anak yang menghabiskan banyak waktunya untuk bersosialisasi di luar jam
  sekolah  | 
 
| 
   182  | 
  
   Berikut
  ini pernyataan yang benar tentang budaya, kecuali .... B. nilai dan norma dari suatu budaya lebih baik daripada nilai dan
  norma dari budaya yang lain  | 
 
| 
   183  | 
  
   Skor IQ
  anak berbakat adalah .... C. 130 ke
  atas  | 
 
| 
   184  | 
  
   Skor IQ
  anak retardasi mental adalah .... C.
  65 ke bawah  | 
 
| 
   185  | 
  
   Masalah
  yang sering dihadapi anak berbakat adalah .... A. Frustasi atas pelajaran di sekolah  | 
 
| 
   186  | 
  
   Anak
  retardasi mental sering menghadapi masalah, seperti .... B. bertingkah laku kekanak-kanakan  | 
 
| 
   187  | 
  
   Salah satu
  faktor penyebab keadaan retardasi mental adalah .... C. Keadaan gizi yang kurang ketika ibu hamil  | 
 
| 
   188  | 
  
   Salah satu
  karakteristik penentuan keadaan retardasi mental adalah .... A. Tingkah laku adaptif yang buruk  | 
 
| 
   189  | 
  
   Berikut
  ini adalah perilaku yang menunjukkan karakteristik strategi kognintif dan
  meta kognitif pada anak berbakat, kecuali .... B. tidak memiliki waktu luang  | 
 
| 
   190  | 
  
   Salah satu
  perilaku yang menunjukkan karakteristik keingintahuan pada anak berbakat
  adalah .... A. Berusaha untuk memahami
  sesuatu daripada hanya mengingat  | 
 
| 
   191  | 
  
   Ani
  sekarang ini berusia 5 tahun, menurut hasil tes inteligensi yang ia ikuti
  diketahui bahwa kemampuan inteligensinya berada pada taraf di atas rata-rata.
  Inteligensi seperti yang diukur pada Ani adalah inteligensi dalam pengertian
  .... A. Tradisional  | 
 
| 
   192  | 
  
   Sudut
  pandang yang mengemukakan bahwa kecerdasan manusia itu bersifat majemuk,
  membuat perubahan paradigma dalam belajar. Pradigma baru ini memandang titik
  sentral dalam belajar adalah .... A.
  Memahami potensi anak  | 
 
| 
   193  | 
  
   Pilihlah
  salah satu pernyataan di bawah ini yang merupakan pendapat dari Kuhn. D. Inteligensi dapat dipelajari,
  diajarkan dan ditingkatkan  | 
 
| 
   194  | 
  
   Inteligensi
  menurut kecerdasan majemuk (multiple intelligences) adalah .... A. Kemampuan memecahkan masalah dan
  menghasilkan sesuatu yang berharga dalam lingkungan  | 
 
| 
   195  | 
  
   Putri
  adalah seorang anak perempuan berusia 5 tahun yang gemar sekali menari dan
  bila mendengar musik, maka ia akan menggerak-gerakkan badannya. Menurut
  kecerdasan majemuk, Putri memiliki kekuatan pada .... D. Kecerdasan musikal-irama dan gerak-tubuh  | 
 
| 
   196  | 
  
   Ica yang
  berusia 4 tahun senang sekali bila diajak oleh ayahnya berjalan kaki ke taman
  pada hari Minggu, karena di sana ia akan dapat memuaskan rasa ingin tahunya
  tentang mengapa daun ada yang kering, ada yang berwarna hijau atau merah,
  lalu air mengalir ke bawah dan segala sesuatu yang berkaitan dengan kejadian
  alam. Menurut kecerdasan majemuk, Ica memiliki kekuatan pada .... B. naturalis   | 
 
| 
   197  | 
  
   Kemampuan
  anak membentuk mental model dalam teori kecerdasan majemuk mencerminkan anak
  yang kuat dalam .... D. Spasial   | 
 
| 
   198  | 
  
   Anak yang
  kuat dalam kecerdasan dalam diri biasanya .... A. Menyediakan waktu untuk menyendiri  | 
 
| 
   199  | 
  
   Menurut
  Gardner sebaiknya orang tua atau guru .... B. mengembangkan satu atau beberapa kecerdasan yang paling menonjol  | 
 
| 
   200  | 
  
   Menurut
  kecerdasan majemuk, untuk menjadi seorang yang pandai memainkan biola
  diperlukan minimal kecerdasan-kecerdasan .... D. Musikal-irama, gerak tubuh dan logika-matematika  | 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar