Selasa, 18 Mei 2021

SOAL DAN JAWABAN BERMAIN DAN PERMAINAN UNIVERSITAS TERBUKA

 

1

Bermain merupakan kegiatan yang .... C. Ada pembagian peran masing-masing yang menunjang

2

Pernyataan yang benar tentang bermain dan eksplorasi adalah .... C. Eksplorasi mendahului bermain

3

Perbedaan yang tepat tentang bermain dan bekerja adalah .... D. Bermain fleksibel, bekerja taat aturan

4

Bermain menurut Freud berfungsi sebagai .... A. Sarana melepaskan energi negatif secara tepat

5

Bermain menurut Vygostky dapat membantu anak dalam hal .... B. Perkembangan kognisi

6

Bagi Froebel, bermain outdoor .... bagi anak. A. Bahaya

7

Menurut Herbert Spencer, anak memiliki .... sehingga membutuhkan bermain untuk membebasakn diri dari perasaan tertekan. A. Energi berlebih

8

Dorongan untuk bermain muncul pada diri anak sendiri dan .... B. Bukan paksaan dari luar

9

Setiap anak, dalam bermain kelompok, memiliki ciri berikut, kecuali .... D. Berpura-pura mengikuti aturan

10

Bermain memiliki ciri-ciri berikut kecuali .... C. Anak harus paham aturan baku permainan

11

Bermain maxe sesuai untuk mengembangkan kemampuan .... A. Menemukan solusi

12

Manfaat bermain secara umum, terutama bagi orang dewasa sebagai berikut, kecuali .... D. Membangun karier

13

Membangun konstruk kerja sama dapat dilakukan dengan kegiatan bermain, antara lain ..... A. Bermain sepak bola

14

Bermain menguji ketahanan fisik, melatih otot-otot tangan,menghasilkan gerakan-gerakan baru, dan menyelesaikan tantangan fisik yang baru. Hal ini berarti, bermain bermanfaat untuk mengembangkan .... A. Fisik motorik anak

15

Menurut Vygotsky, bermain peran dan bermain pura-pura penting untuk membantu anak mengembangkan .... D. Kemampuan membina hubungan sosial

16

Bermain mempengaruhi perkembangan  anak melalui tiga cara , kecuali .... D. Menciptakan kecakapan sosial

17

Didalam bermain, anak memilih sendiri kegiatan mengidentifikasi tentang banyak hal, terdorong untik melihat, mempertanyakan sesuatu, menemukan atau membuat jawaban, dan kemudian menguji jawaban dan pertanyaan yang mereka buat sendiri. Hal ini menunjukkan , bermain membantu anak untuk .... B. Berpikir kreatif

18

Dalam bermain anak menemukan, mengembangkan, meniru, dan mempraktikan rutinitas hidup sehari-hari. Hal ini berarti, bermain bermanfaat untuk .... C. Mengembangkan kemampuan akademik

19

Risiko bermain diukur melalui tiga kemponen berikut, kecuali .... D. Tingkat keberanian anak memainkan kegiatan

20

Risiko fisik dari bermain yang paling sering terjadi, tetapi tetap perlu diwaspadai adalah .... A. Jatuh, cidera, luka

21

Berikut ini merupakan kegiatan investigasi yang dilakukan anak, kecuali .... C. Membangun

22

Bermain bermanfaat bagi perkembangan diri anak dalam hal .... A. Kognisi

23

Kemampuan untuk mengkombinasikan  fungsi dua buah benda, kemudian dimainkan dapat dilakukan pada usia .... D. > 2 tahun

24

Anak berkemampuan menggambar bentuk-bentuk geometri, membuat coretan, dan menulis merupakan bentuk perkembangan anak dalam bidang .... B. Motorik

 

25

Anak berperan menjadi pengamat terhadap permainan yang hanya menarik baginya. Tahap ini disebut sebagai .... C. Unoccupied play

26

Berikut ini yang merupakan contoh kegiatan bermain paralel adalah .... C. Panjat tebing

27

Di bawah ini bukan merupakan tahapan perkembangan bermian menurut Piaget adalah .... A. Bermain kognisi

28

Salah satu bentuk permainan simbolik adalah .... D. Power rangers

29

Salah satu bentuk kegiatan bermain paralel adalah .... B. Bermain balok

30

Tahap perkembangan Bronfrenbenner yang merupakan tahap anak mampu mengambil keputusan terhadap dirinya, berkomunikasi, dan memiliki inisiatif dalam tiap tindakannya adalah .... B. mesosystem

31

Berikut ini merupakan kompetensi yang terddapat dalam bermain kognisi kecuali .... D. Kemampuan mendengar

32

Salah satu tahapan bermain kontruksi diperoleh anak pada jenis permainan .... A. Lego

33

Jenis permainan yang mentransformasikan dirinya dan objek tertentu untuk memuaskan kebutuhan disebut sebagai .... B. Dramatik

34

Berikut ini yang bukan merupakan perilaku bermain dalam drama atau sosiodrama adalah .... D. Tebak kata

35

Bermain  cilukba merupakan salah satu bentuk bermain kognisi yang terdapat pada anak di usia... A. 4-8 bulan

36

Sifat egostrisme anak sudah tidak tampak dalam bermain sosial, yaitu pada tahap ... C. Cooperative play

37

Berikut ini manfaat yang diperoleh anak dari permainan peran, kecuali ... D. Menyelidiki kepentingan teman

38

Tahap awal perkembangan bahasa anak ditandai dengan kemampuan anak untuk ... B. Bubbling

39

Berikut ini bukan merupakan organ bicara yaitu .... B. Kerongkongan

40

Ciri-ciri penguasaan bahasa anak pada usia 1 – 2 tahun adalah .... C. Melafalkan “atu” untuk kata aku

41

Salah satu contoh alat main yang dapat mengasah kemampuan berpikir anak secara konvergen yaitu .... B. Boneka

42

Berikut ini yang bukan merupakan manfaat yang dimiliki oleh alat main adalah .... D. Membuktikan kegagalan anak

43

Kemungkinan yang terjadi pada anak ketika dihadapkan denganalat main yang tidak familier yaitu .... C. Menggunakan secara langsung

44

Berikut ini yang merupakan tindakan investigasi alat main adalah .... C. Melempar

45

Alat main yang membutuhkan kooordinasi mata dan tanganserta membangun daya cipta dalam memainkannya adalah .... A. Manik-manik

46

Contoh permainan yang mengasah kemampuan motorik anak adalah .... B. Ayunan, jungkit, sepak bola

47

Alat main bangun-membangun adalah alat yang .... C. Dapat dipisahkan dan disatukan kembali

48

Playdough merupakan salah satu contoh alat permainan berjenis .... C. Manipulatif

49

Berikut ini bukan manfaat alat main pengekspresian diri sendiri .... D. Meniru peran dan ekspresi

50

Hal yang dilakukan anak dengan permainan yang memanfaatkan perlengkapan sehari-hari adalah .... A. Meniru tindakan orang dewasa

51

Berikut ini pernyataan yang benar mengenai pengertian sarana adalah .... C. Perabot di lembaga yang dapat dipindah

52

Berikut ini yang bukan dasar pengklasifikasian sarana bermain adalah .... A. Penampilan fisik

53

Contoh sarana yang digunakan sebagai media pembelajaran dilembaga PAUD, Yaitu .... C. Foto, film, lagu-lagu

54

Ensiklopedia anak dan buku-buku penuh gambar memiliki fungsi sebagai .... A. Menambah pengetahuan anak

55

Sarana bermain yang berfungsi menstimulasi anak untuk permainan yang lebih kompleks adalah .... C. Minitoys

56

Berikut ini yang bukan kebutuhan utama anak untuk pencapaian perkembangan adalah kebutuhan .... D. Kecerdasan

57

Salah satu standar minimal yang harus dimiliki sarana berman di lemabag PAUD, yaitu  .... C. Kebermanfaatan disesuaikan kemampuan anak

58

Apabila ingin memberikan pengajaran anak menganai moral dan nilai-niali kemanusiaan maka alat peraga yang dapat dimanfaatkan adalah .... B. Film

59

Mozaik, panggung boneka, dan meja lukis merupakan saran yang terdapat di sudut .... B. Kebudayaan

60

Berikut ini bukan hal yang dilakukan pada tahap perencanaan yaitu .... C. Usia anak

61

Fungsi  keberadaan prasarana di lembaga PAUD, yaitu .... B. Menjalankan fungsi lembaga

62

Salah satu pernyataan yang tidak benar tentang prasarana adalah .... C. Peran utama

63

Contoh prasarana yang terdapat dilembaga PAUD, yaitu .... A. Parkir, lapangan, toilet

64

Berikut ini yang bukan komponen standar minimal prasarana lembaga PAUD,yaitu .... D. Sumber bacaan

65

Lokasi tidak terlalu dekat dengan jurang, makam, dan sungai. Pernyataan tersebut merupakan kriteria lingkungan dalam hal ... C. Keamanan

66

Kriteria kebersihan lingkungan prasarana adalah, kecuali .... A. Dekat sungai

67

Salah satu tujuan pengelolaan yang ingin dicapai dalam tahap penyadaran adalah .... B. Mengenalkan lingkup lingkungan

68

Tahap pengelolaan yang membutuhkan lembar sistem informasi aset adalah ... C. Pendataan

69

Contoh prasarana di dalam ruangan adalah .... B. Almari

70

Berikut ini yang bukan bentuk pengelolaan prasarana halaman adalah .... D. Menebang pohon

71

Lingkungan dapat dimenegrti sebagai .... B. Daerah

72

Berikut ini merupakan pernyataan yang paling tepat untuk lingkungan adalah ... C. Mempengaruhi kebiasaan hidup seseorang

73

Perkembangan anak yang turut ditentukan oleh keberadaan lingkungan bermain dan belajar adalah .... B. Pembentukan kepribadian

74

Penataan lingkungan yang rapi meliputi meja, kursi, tanaman, dan ruang yang memberikan kenyamanan belajar dapat mempengaruhi anak dalam hal .... C. Perkembangan sosial-emosional

75

Lingkungan yang dilengkapi dengan alat permainan yang dapat merangsang panca indera dapat mempengaruhi anak dalam hal perkembangan .... D. Multisensori

76

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menarik antusias anak terhadap lingkungan bermain dan belajar adalah , kecuali .... C. Ventilasi tersumbat

77

Contoh alat permainan yang terdapat di lingkungan permainan kreatif adalah .... B. Air, pasir, dan balok

78

Lingkungan bermain dan belajar yang terdiri dari alat permainan berupa area memanjat balok titian dan jembatan berfungsi untuk perkembangan  .... A. Fisik

 

79

Berikut ini yang bukan merupakan fungsi lingkungan  adalah .... D. Memengaruhi kecerdasan anak

80

Contoh perminan yang melatih kemampaun multisensori anak , yaitu .... A. Puzzle

81

Hal yang harus diperhatikan dalam penciptaan lingkungan bermain dan belajar bagi AUD adalah .... C. Adanya pemisahan ruang

82

Lingkungan bermain dapat dibedakan menjadi .... B. Tradisional, menantang, dan kreatif

83

Pernyataan yang tidak benar tentang lingkungan bermain tradisional adalah .... D. Lingkungan bersih dan rapi

84

Persyaratan dan kriteria lingkungan bermain dan belajar luar ruangan adalah .... A. Keamanan, meningkatkan karakteristik alami anak, dan menyenangkan

85

Berikut adalah hal yang berkaitan dengan pertimbangan lalu lintas perencanaan ruang kelas, kecuali .... C. Penataan ruang yang rapi

86

Prinsip penyelenggaraan lingkungan bermain dan belajar harus merefleksikan selera anak dalam hal .... A. Aktivitas dan fasilitas

87

Pembentukan kekuatan fisik , kemandirian, dan kepemimpinan secara tidak langsung dipengaruhi oleh perwarnaan dinding dengan warna ... B. Merah

88

Berikut ini yang merupakan jenis permainan didalam ruangan adalah .... A. Ronce, krayon, dan puzzle

89

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penataan lingkungan bermain dan belajar di luar ruangan adalah .... B. Berkebun

90

Perkembangan bahasa dapat diasah melalui beberapa jenis perairan diantaranya ... B. Buku cerita, gambar domino, poster alfabet

91

Berikut ini yang bukan termasuk komponen sumber belajar adaah .... D. Biaya

92

Pernyataan yang benar tentang alasan pengadaan alat bermain, yaitu .... B. Memahami substansi materi secara komprehensif

93

Pemenuhan alat bermain yang dapat dilakukan secara bertahap merupakan alternatif pengadaan dengan cara .... C. Pembelian

94

Apabila kebutuhan  alat bermain bersifat sementara dan temporer maka alternatif pengadaan yang dapat dilakuakan dengan cara .... C. Penyewaan

95

Berikut ini bukan prosedur pemilihan alternatif pengadaan alat, yaitu analisis .... A. Keamanan

96

Kriteria alat bermain untuk  anak usia 2 tahun adalah, kecuali .... D. Bentuknya unik

97

Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih alat bermain adalah .... A. Tidak rumit, menarik, dan aman

98

Berikut merupakan pedoman membeli alat bermian, kecuali.... D. Diskon

99

Bahan-bahan yang dapat digunakan untuk membuat alat bermain sendiri yaitu .... D. Playdough, pasir, batu

100

Alat bermain yang terdapat di sentra matematika adalah .... D. Balok, puzzle, lego

101

Salah satu alasan mendasar pemeliharaan alat alat bermain adalah .... B. Keawetan

102

Manfaat dari pemeliharaan alat bermain adalah, kecuali .... D. Memperbaiki secara maksimal

103

Tingkat kelembaban ruang harus diperhatikan dalam hal .... A. Pengawetan

104

Pelaksanaan pemeliharaan yang dilakukan setiap hari setelah penggunaan alat selesai adalah jenis pemeliharaan .... B. Terus menerus

105

Hal yang dapat dilakukan dalam pemeliharaan alat secara preventif, yaitu ... B. Menyiapkan jadwal tahunan

 

106

Berikut ini yang merupakan pihak yang tidak terlibat dalam upaya pemeliharaan alat adalah ... B. Komite

107

Swakelola merupakan salah satu prinsip dari jenis pemeliharaan .... C. Darurat

108

Memelihara kelengkapan sekrup pada saat bermain dan memellihara kebersihan merupakan tugas pemeliharaan yang dilakukan ..... A. Penjaga

109

Pemeliharaan alat di dalam ruangan dapat dilakukan sebagai berikut .... B. Menyimpan dalam rak-rak yang terjangkau

110

Berikut termasuk alat bermain yang memerlukan aktivitas fisik, yaitu .... A. Ayunan, jungkitan, dan panjatan

111

Tujuan pemanfaatan bahan bekas dan bahan alam adalah ... C. Melibatkan guru dalam pemanfaatan lingkungan sekitar

112

Salah satu penyataan yang benar tentang pemanfaatan bahan bekas dan bahan alam adalah .... D. Bahan bekas yang dimanfaatkan mendukung kelestarian lingkungan

113

Berikut ini merupakan alasan dari pemanfaatan bahan bekas dan bahan alam, kecuali.... B. Mengajarkan anak menjadi manusia konsumtif

114

Contoh bahan bekas alam yang dapat diperoleh di lingkungan pedesaan adalah.... C. Jerami padi, daun kering, lidi

115

Contoh bahan bekas yang dapat diperoleh di lingkungan perkotaan adalah.... A. Kardus, sterofoam, botol

116

Berikut ini yang merupakan rambu-rambu pemanfaatan bahan bekas  dan bahan alam adalah ... C. Bebas racun, tidak tajam, kayu halus

117

Prinsip pemanfaatan barang bekas dan bahan alam adalah .... A. Kreativitas, produktivitas, aktivitas

118

Prinsip pemanfaatan yang mengedepankan orisinalitas dan kebermaknaan disebut prinsip ... D. Produktivitas

119

Contoh media bermain yang memanfaatkan bahan bekas adalah ... C. Puppet dan boneka jari

120

Salah satu perkembangan AUD yang dapat diasah melalui media bermain yang terbuat dari bahan bekas dan bahan  alam adalah .... D. Mengukur

121

Berikut ini pernyataan yang tidak tepat mengenai alat permainan edukatif, yaitu .... D. Menggunakan teknologi modern

122

Hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatanAPE adalah .... D. Konstruktif

123

Tujuan pembuatan APE adalah mengembangkan konsep diri melalui permainan. Konsep yang dapat dibangun adalah .... A. Substansi

124

Salah satu manfaat APE adalah, kecuali .... B. Merangsang pengembangan daya pikir

125

Contoh APE yang bersifat kontruktif adalah ... B. Jembatan

126

APE yang berfungsi untuk mengingat konsep-konsep adalah .... C. Timbangan, tongkat, dan kerucut

127

Jenis APE yang dapat mengenalkan warna, bentuk, dan ukuran adalah .... D. Tiang

128

Gambar yang disertai musik dapat mengasah kemampuan anak dalam hal kepekaan ....C. Emosi

129

Berikut bukan menyatakan APE yang daoat dikreasikam pendidik, yaitu .... C. Mobil listrik

130

Salah satu pentingnya APE bagi perkembangan AUD adalah  untuk mengatasi masalah keterbatasan tempat, yaitu ... C. Memberi penjelasan secara lebih jelas

131

Semboyan kegiatan pengembangan pada pendidikan anak usia dini adalah .... B. Bemain sambil belajar dan belajar melalui bermain

132

Permainan terdiri atas sekumpulan perturan yang membangun situasi bersaing dari dua sampai beberapa orang atau kelompok dengan memilih strategi yang dibangun untuk memaksimalkan kemenangan sendiri dinyatakan oleh .... A. John von Neumann dan Oskar Morgenstern

133

Permainan adalah bagian mutlak dari kehidupan anak dan permainan  merupakan bagian intregral dari proses pembentukan kepribadian anak. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh .... C. Hans Daeng

134

Berikut ini adalah beberapa sifat permainan menurut Palegrini dan Saracho, kecuali .... C. Aktivitas permainan bersifat multiliteral

135

Saat bermain setiap anak akan dengan bebas mengeksplor dan menjelajah dunia disekitarnya. Pernyataan tersebut disampaikan oleh .... A. Semiawan

136

Andi sedang bermain musik dengan alat-alat dapur milik ibunya. Dia tak mau menurut ketika ibunya mengajari cara memukul panci agar bunyinya indah. Ilustrasi tersebut menggambarkan karakteristik permainan, yaitu... B. Bebas dari aturan yang dipaksakan dari luar

137

Permainan yang merupakan kegiatan yang menyenangkan atau menimbulkan rasa senang bagi para pemain. Hal itu menunjukan bahwa permainan .... B. Memiliki nilai intrinsik

138

Ali dan teman-temannya sedang membuat pestol-pestolan dari pelepah daun pisang. Ilustrasi tersebut menunjukan bahwa permainan .... A. Membantu anak mengembangkan kreativitasnya

139

Permainan yang ada saat ini sesungguhnya sudah ada sejak jaman nenek moyang kita daulu, hanya saja bentuk dan alatnya dibuat semakin modern. Pernyataan itu menggambarkan bahwa permainan anak .... C. Dipengaruhi oleh tradisi

140

Berikut ini adalah manfaat permainan bagi perkembangan anak kecuali.... D. Melatih anak menjadi profesional

141

Permainan yang mengandung unsur khayalan atau imajinasi bagi pemainnya, termasuk jenis permainan ... A. Fantasi

142

Kegiatan permainan yang mendorong pemainnya untuk mencapai gelar sebagai pemenang, adalah permainan.... C. Prestasi

143

Kegiatan bermain balok, lego, bombiq , termasuk dalam permainan .... B. Konstruksi

144

“ Umpan yang lezat, itu yang dicari, kini dianya yang terbelakang” merupakan syair lagu pada permainan .... D. Ular naga

145

Permainan yang lebih banyak ditunjukkan pada pengembangan kecepatan kelincahan, serta peningkatan waktu reaksi memanfaatkan gerak-gerak lokomotor , termasuk dalam permainan .... A. Tanpa alat

146

Permainan yang bermanfaat untuk  mengembangkan kepekaam perabaan, juga menimbulkan kesenangan dan menjalin kedekatan dengan bayi. Seiring dengan perkembangan koordinasi lengan dan tangannya adalah .... B. Dengan tubuh

147

Kegiatan bermain puzzle, lego, bombiq, manik-manik, balok, termasuk dalam permainan .... B. Konstruksi, dalam ruangan, dengan alat

148

Berikut ini adalah bahan-bahan alam yang dapat digunakan untuk permainan .... B. Pasir, air, batu-batuan, dan tanah liat

149

Permainan yang dilakukan di dalam ruangan, biasanya dilakukan karena alasan .... A. Cuaca, keamanan, dan keterbatasan lahan

150

Risiko adalah ketidaktentuan (uncertainly) yang mungkin melahirakan peristiwa kerugian (loss). Pernyataan tersebut dikemukakan oleh .... D. Abas Salim

151

Menurut Vupriyanti, kearifan lokal merupakan bagian dari budaya, unsur budaya  tradisional yang berakar dari kehidupan masyarakat. Pernyataan tersebut merupakan pengertian kearifan lokal secara .... B. Konseptual

152

Salah satu bentuk sarana pewarisan nilai-nilai adalah melalui bentuk .... A. Seni dan budaya

153

Permainan tradisional merupakan penyederhanaan kegiatan sehari- hari yang ada dalam masyarakat yang kemudian diterjemahkan ke dalam bentuk permainan. Pernyataan ini dikemukakan oleh .... A. Purwodarminto

154

Berikut ini adalah ciri-ciri permainan tradisional, kecuali.... D. Sengaja diciptakan

155

Permainan yang bertujuan untuk menyerang dan mengambil alih ‘tempat’ lawan dengan menyentuh  tiang  atau pilar yang telah dipilih oleh lawan adalah permainan .... C. Bentengan

156

Permainan yang menggunakan alat permainan berupa papan dan biji yang berjumlah 98 ( 14 x 7) dinamakan permainan .... A. Congklak

157

Permainan yang mirip dengan permainan petak umpet disebut .... C. Dor Tap

158

Beberapa permainan tradisional ternyata terdapat pula di beberapa daerah dengan nama yang berbeda. Nama lain dari kelereng seperti berikut, kecuali .... C. Yeye

159

Nama lain dari permainan Egrang adalah .... A. Jajangkungan, Jeko, dan Batungkau

160

Ular naga panjangnya bukan kepalang. Menjalar-jalar selalu kian kemari, Umpan yang lezat itulah yang dicari. Ini dia lah yang terbelakang, Lagu tersebut adalah pengiring permainan ... A. Ular Tangga

161

Berikut ini adalah beberapa alasan guru tidak menerapkan permainan tradisional dalam kegiatan pengembangan yang dilakukannya, kecuali .... B. Alat dan bahan pemainan tradisional siap pakai

162

Saat ini anak-anak lebih menyukai permainan impor yang membanjiri negara kira  karena permainan impor tampaknya .... B. Lebih menarik, atraktif, dan menghibur

163

Sebagian besar permainan tradisional tidak menggunakan alat yang siap pakai sehingga anak-anak harus membuat sendiri alat permainannya jika mereka ingin memainkannya, artinya permainan tradisional memilki manfaat .... C. Membuat anak menjadi kreatif

164

Permainan tradisional biasanya dimainkan pada sore hari dalam suasana yang menyenangkan dan menimbulkan suasana yang gembira. Hal ini dapat membantu anak menghilangkan letih dan lelahnya setelah belajar di sekolah. Ilustrasi itu menggambarkan manfaat permianan tradisional sebagai .... D. Sarana untuk terapi

165

Permainan gelasin dapat membantu anak mengembangkan kemampuan menyusun strategi, melatih kekuatan otot kaki dan tangan, melatih ketangkasan, kekompakan regu, dan sportivitas. Ilsudtrasi tersebut menggambarkan bahawa permainan tradisional memiliki manfaat .... B. Mengembangkan kecerdasan majemuk anak

166

Permainan tradisional selalu melahirkan nuansa suka cita, fungsi positif ini dapat terlihat dari .... A. Wajah ceria anak saat melakukan permainan

167

Ketika melakukan permainan tradisional, anak-anak mengorganisir diri mereka sendiri , membuat aturan dan menyepakatinya serta bersikap sportif dengan mematuhi aturan yang dibuatnya sendiri. Ilustrasi ini termasuk fungsi positif permainan tradisional yaitu .... C. Membangun kerukunan (kebersamaan) yang dibangun bersama

168

Guru dapat memodifikasi permainan tradisional agar dapat diterapkan guna mengembangkan kemampuan anak usia dini, namun ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan seperti berikut ini, kecuali .... D. Pakaian yang akan dikenakan guru saat menerapkan permainan

169

Memodifikasi suatu permainan dapat dilakukan dengan mengubah beberapa hal berikut ini, kecuali .... D. Usia anaknya

170

Permaina ular tangga dapat dimodifikasi dengan mengubah ... B. Alat permainannya diperbesar

171

Gejala yang ditunjukan bahwa seorang menyukai lagu dapat dilihat dari .... B. Ekspresi dan tindakannya

172

Gerak disimpulkan sebagai sarana ekspresi yang dapat mengalihkan ketakutan, kesedihan, ketegangan, kemarahan, dan dapat memberikan kenikmatan. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh .... A. Swanson

173

Gerak dan lagu adalaha bernyanyi yang dilakukan bersamaan dengan latihan gerak tubuh, merupakan pernyataan yang dikemukakan oleh .... C. Sandor Frigyes

174

Gerak menjadi hal yang sangat kreatif bila dipadukan dengan musik yang diinterprestasikan anak menurut caranya masing-masing adalah pernyataan tentang gerak menurut .... B. Piaget

175

Lagu dan gerak merupakan kegiatan yang menimbulkan kesenangan dan keasyikan bagi anak. Hal tersebut termasuk dalam .... D. Alasan pentingnya gerak lagu pada anak usia dini

176

Salah satu fungsi penerapan gerak dan lagu pada anak usia dini yaitu.... C. Menanamkan kepekaan anak melalui irama, lirik lagu dan gerakan

177

Salah satu manfaat penggunaan gerak dan lagu pada anak usia dini adalah untuk .... A. Melatih kepekaan anak terhadap bunyi, ketukan, dan irama

178

Lagu “Nama-nama Rasa” merupakan salah satu lagu yang digunakan guru PAUD untuk menanamkan .... A. Konsep

179

Berikut adalah beberapa kriteria lagu yang baik untuk anak usia dini, kecuali.... C. Wilayah nada mencapai 3 oktaf

180

Berikut ini adalah contoh lagu-lagu yang sesuai untuk anak usia dini, kecuali ..... D. Sekuntum mawar merah

181

Kegiatan gerak dan lagu seing dilakukan oleh guru PAUD  pada kegiatan pembukaan dengan tujuan .... B. Membangkitkan smangat anak-anak

182

Musik yang dibangun berdasarkan sebuah aturan komposisi yang jelas, adalah musik ... C. Modern

183

Aturan dan komposisi musik yang jelas dan musik modern meliputi .... A. Sistem notasi, tangga nada, tekstur musik, dan instrumen

184

Komposisi dan gaya musik modern banyak dipengaruhi oleh pengalaman musikal para musisi pada suatu masa dan mudah berubah dari masa ke masa, oleh karenannya musik modern dikatakan bersifat .... A. Terbuka

185

Musik yang memiliki ciri utamanya adanya improvisasi dan gaya yang dipilih, adalah musik .... D. Jazz

186

Aliran musik yang cenderung mengutamakan kemampuan improvisasi melodi dari voklaisnya dengan harmonisasi yang progresif dari bunyi-bunyi instrumen musik adalah musik .... B. Rhytym and blues

187

Musik yang lahir dan berkembang disuatu daerah tertentu dan diwariskan secara turun-temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya, adalah musik .... D. Tradisional

 

188

Langkah awal dalam pemanfaatan gerak dan lagu pada kegiatan bermain anak usia dini adalah .... C. Memperhatikan kondisi psikologis anak

189

Berikut adalah beberapa langkah yabg harus ditempuh dalam memanfaatkan gerak dan lagu dalam kegiatan bermain anak usia dini kecuali .... D. Kegiatan sebaiknya dilakukan secara individual

190

Modifikasi lagu tradisional yang akan digunakan dalam kegiatan bermain pada anak  usia dini sebaiknya memilih lagu yang .... A. Sederhana lirik dan lagunya

191

Pengertian strategi adalah .... B. Langkah-langkah pembelajaran

192

Berikut adalah pernyataan yang tidak penting dalam strategi yaitu .... C. Adanya penentuan ide

193

Jenis strategi pembelajaran di lembaga PAUD yang terdiri dari kegiatan perencanaan, bekerja, adn review adalah .... D. Strategi berpusat pada anak

194

Anak mengalami situasi untuk dapat menyelesaikan masalah sesuai yang direncanakan guru. Hal ini terjadi pada tahap .... A. Bekerja

195

Jenis startegi yang menuntut pemahaman anak mengulas rangkaian yang  telah disampaikan guru disebut ... C. Bercerita

196

Jenis strategi yang mengajarkan pentingnya kerja sama dalam kegiatan belajar adalah .... A. Bermain

197

Langkah-langkah yang menentukan keberhasilan becerita adalah .... B. Penggunaan teknik tutur

198

Berikut ini bukan merupakan perencanaan kegiatan bernyanyi yaitu .... C. Penetapan jenis vokal

199

Fleksibel merupakan salah satu prinsip dari jenis strategi .... A. Terpadu

200

Penjabaran yang terkandung dalam tema, yaitu .... D. Fakta, istilah, prinsip

201

Prinsip yang mengutamakan pembelajaran menarik dan menuntut pemikiran kritis adalah .... C. Kreatif dan inovatif

202

Berikut ini yang bukan mendasari perkembangan anak adalah .... B. Belajar sesuai target

203

Kemampuan menolong diri sendiri dan memiliki bekal ketrampilan merupakan tujuan dari prinsip .... D. Keterampilan hidup

204

Berikut ini adalah pernyataan yang benar  tentang strategi berpusat pada anak yaitu .... A. Memberi kesempatan anak menentukan jenis permainan

205

Guru menyediakan biji-bijian, model tanaman, daun-daunan. Hal ini bertujuan untuk mendorong anak dalam hal .... A. Demonstrasi kecakapan mengklasifikasi

206

Kompetensi yang tidak harus dimiliki guru dalam menyampaikan cerita tanpa alat adalah .... B. Menggambar cerita dalam lukisan

207

Berikut yang termasuk alat peraga dalam bercerita adalah .... A. Boneka, flanel, dan gambar

208

Keseluruhan, bagian, dan campuran merupakan metode yang ada dalam strategi ..... B. Bernyanyi

209

Kelebihan dari strategi melalui bercerita adalah .... D. Pemanfaatan waktu lebih efektif

210

Model pembelajaran terpadu yang mengutamakan ketrampilan sosial dan berpikir adalah .... C. Model pasang benang

211

Seorang diindikasikan sebagai manusia kreatif apabila memiliki, kecuali .... C. Kebiasaan meniru

212

Pengertian kreativitas bagi oang dewasa meliputi .... B. Kebradaan keahlian, keterampilan, dan motivasi dalam diri

213

Berikut ini merupakan karidor kreativitas anak adalah .... B. Adanya pembebasan imajinasi dan inovasi

214

Pernyataan yang tidak benar mengenai krativitas adalah .... D. Kecepatan menyelesaikan masalah

215

Kreativitas pada tiap usia anak dapat diindikasikan dari kemampuan yang dimilikinya, di antaranya .... B. Kemampuan sosial

216

Kemampuan motorik kasar yang dimiliki anak usia 2 tahun yaitu .... B. Berlari dan berkejar-kejaran

217

Memilih berbohong daripada mengakui kesalahan karena tidak menaati peraturan merupakan kreativitas pada kemampuan bahasa anak .... C. Usia 5 tahun

218

Anak memperoleh kemerdekaan psikologis untuk berkreasi apabila .... C. Terbebas dari tekanan

219

Bentuk perasaan tidak aman bagi anak, yaitu .... A. Takut dicemooh dan dinakali teman

220

Berikut ini merupakan pentingnya kreativitas bagi perkembangan anak, kecuali .... C. Menjadikan anak juara kelas

221

Yang termasuk faktor penghambat kreativitas, yaitu .... A. Menghindari pertanyaan anak

222

“Proses lebih dihargai daripada hasil” artinya .... B. Anak bermain dengan logika

223

Guru berperan dalam proses kreatif anak melalui cara berikut, kecuali .... D. Menikmati kebersamaan dengan anak

224

Adanya menang kalah dalam kompetisi menyebabkan kemungkinan .... B. Ide anak lebih spontan

225

Berikut ini merupakan pernyataan yang benar tentang faktor penghambat kreativitas, adalah .... C. Kebersamaan keluarga yang berlebih membuat anak tidak dapat berimajinasi

226

Melalui aktivitas bermain anak mempelajari beberapa hal berikut kecuali ... D. Menghakimi jawaban teman

227

Aspek-aspek perkembangan anak terdiri atas .... A. Kognisi, motorik, dan emosi

228

Kemampuan menyelesaikan masalah, bekerja secara koorpertif, dan uji coba dapat dicapai  dari proses .... A. Pemikiran divergen

229

Beikut ini yang bukan pengaruh bermain terhadap kreativitas menurut Vygotsky adalah .... A. Bermain menambah pengalaman

230

Salah satu jenis aktivitas permainan yang membangun kreativitas motorik anak adalah .... B. Berlari

231

Salah satu aktivitas bermain yan sedikit sekali berhubungan dengan kreativitas adalah ... D. Menyalin

232

Cilukba merupakan salah satu permainan anak yang menunjang bentuk kreativitas .... C. Konsep

233

Berikut ini merupakan kreativitas konstruktif yang dimiliki anak usia dini 3 tahun adalah .... B. Bermain balok

234

Konsep warna diperoleh anak melalui permainan .... C. Puzzle

235

Kreativitas ekspresi diri dapat dilakukan anak dengan memanfaatkan .... C. Cermin

236

Bermain lego dapat menunjang kreativitas .... C. Manipulatif

237

Bermain drama yang dapat dilakukan anak usia dono 1 – 3 tahun adalah .... B. Telepon mainan

238

Permainan “Lagu Bertepuk” menunjang kreativiras .... A. Musik

239

Asesmen diartikan sebagai .... B. Penilaian

240

Berikut ini yang bukan merupakan fungsi asesmen adalah .... A. Mengintimidasi kesulitan anak

241

Berikut ini yang  bukan termasuk kewenangan guru sebagai pendidik adalah .... C. Guru memberikan hukuman pada anak

242

Pernyataan yang benar terkait peran guru sebagai peninju adalah .... A. Guru mencatat hal-hal yang disukai anak

 

243

Guru harus dapat bersikap sabar, tenang, perhatian, dan responsif. Hal tersebut berkaitan dengan kualifikasi guru yaitu .... D. Kompetensi kepribadian

244

Sikap yan tepat terkait dengan kompetensi pedagogik yang harus dimiliki pendidik adalah .... B. Menyusun kegiatan sesuai dengan tingkat usia

245

Berikut ini merupakan kemampuan yang wajib dimiliki oleh guru kecuali ... D. Menginstruksi anak dalam setiap kegiatan

246

Dibawah ini merupakan peran guru adalah .... A. Peninjau, pengasuh, dan fasilitator

247

Bentuk komunikatif yang efektif yang dapat dilakukan guru dalam melaksanakan peran interaksi di dalam kelas adalah, kecuali .... C. Memberikan sanksi pelanggaran

248

Hal yang dapat dilakukan guru dalam melaksankana perannya bagi perkembangan anak didik adalah .... A. Guru membebaskan anak untuk memilih permainan

249

Bidang perkembangan guru secara prefesioanl meliputi .... B. Pembaharuan, penggabungan, kelangsungan hidup, dan kedewasaan

250

Guru melakukan kunjungan ke berbagai program, menghadiri konferensi, dan seminar. Hal tersebut dilakukan guru untuk melaksanakan profesional guru dalam bidang .... B. Pembaharuan

251

Berikut ini merupakan pernyataan benar mengenai perbedaan kegiatan bermain di lembaga dan dirumah adalah .... C. Dir umah anak dapat menentukan aturan permainan sendiri, di lembaga aturan dibuat bersama

252

Kelebihan  aktivitas bermain yang dilakukan di lembaga adalah .... B. Anak dapat belajar berbagi dengan teman

253

Anak menentukan aturan permainan yang dilakukan secara mandiri. Hal ini berkaitan dengan perbedaan kegiatan bermain di lembaga dari segi .... C. Kedisiplinan

254

Karakteristik orang tua yang mengamalkan tipe pola asuh autoritatif yaitu .... D. Memberikan penjelasan untuk setiap hal yang baik dan buruk

255

Bentuk kerja sama yang dapat dilakukan antara orang tua dan guru adalah .... A. Konsultasi, kunjungan rumah, pertemuan rutin

256

Meningkatkan kesadaran, penegtahuan, sikap, dan ketrampilan orang tua dalam mendidik AUD merupakan tujuan dari .... C. Pertemuan rutin

257

Berikut ini yang bukan merupakan bentuk keterlibatan orang tua dalam kelas adalah .... D. Merencanakan kegiatan anak

258

Bentuk keterlibatan orang tua pada acara bersama lembaga yaitu .... A. Berkebun, bakti sosial, rekreasi

259

Hal yang dapat dilakukan untuk menghindari konflik antara guru dan orang tua adalah .... C. Menyampaikan program lembaga dengan santun

260

Salah satu peran masyarakat bagi kegiatan bermain di lembaga yaitu .... B. Membantu pengadaan sarana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar