1 |
Bermain
merupakan kegiatan yang .... C. Ada
pembagian peran masing-masing yang menunjang |
2 |
Pernyataan
yang benar tentang bermain dan eksplorasi adalah .... C. Eksplorasi mendahului bermain |
3 |
Perbedaan
yang tepat tentang bermain dan bekerja adalah .... D. Bermain fleksibel, bekerja taat aturan |
4 |
Bermain
menurut Freud berfungsi sebagai .... A.
Sarana melepaskan energi negatif secara tepat |
5 |
Bermain
menurut Vygostky dapat membantu anak dalam hal .... B. Perkembangan kognisi |
6 |
Bagi Froebel,
bermain outdoor .... bagi anak. A. Bahaya |
7 |
Menurut
Herbert Spencer, anak memiliki .... sehingga membutuhkan bermain untuk
membebasakn diri dari perasaan tertekan. A.
Energi berlebih |
8 |
Dorongan
untuk bermain muncul pada diri anak sendiri dan .... B. Bukan paksaan dari luar |
9 |
Setiap
anak, dalam bermain kelompok, memiliki ciri berikut, kecuali .... D. Berpura-pura mengikuti aturan |
10 |
Bermain
memiliki ciri-ciri berikut kecuali .... C.
Anak harus paham aturan baku permainan |
11 |
Bermain
maxe sesuai untuk mengembangkan kemampuan .... A. Menemukan solusi |
12 |
Manfaat
bermain secara umum, terutama bagi orang dewasa sebagai berikut, kecuali ....
D. Membangun karier |
13 |
Membangun
konstruk kerja sama dapat dilakukan dengan kegiatan bermain, antara lain
..... A. Bermain sepak bola |
14 |
Bermain
menguji ketahanan fisik, melatih otot-otot tangan,menghasilkan
gerakan-gerakan baru, dan menyelesaikan tantangan fisik yang baru. Hal ini
berarti, bermain bermanfaat untuk mengembangkan .... A. Fisik motorik anak |
15 |
Menurut
Vygotsky, bermain peran dan bermain pura-pura penting untuk membantu anak
mengembangkan .... D. Kemampuan
membina hubungan sosial |
16 |
Bermain
mempengaruhi perkembangan anak melalui
tiga cara , kecuali .... D.
Menciptakan kecakapan sosial |
17 |
Didalam
bermain, anak memilih sendiri kegiatan mengidentifikasi tentang banyak hal,
terdorong untik melihat, mempertanyakan sesuatu, menemukan atau membuat
jawaban, dan kemudian menguji jawaban dan pertanyaan yang mereka buat
sendiri. Hal ini menunjukkan , bermain membantu anak untuk .... B. Berpikir kreatif |
18 |
Dalam
bermain anak menemukan, mengembangkan, meniru, dan mempraktikan rutinitas hidup
sehari-hari. Hal ini berarti, bermain bermanfaat untuk .... C. Mengembangkan kemampuan akademik |
19 |
Risiko
bermain diukur melalui tiga kemponen berikut, kecuali .... D. Tingkat keberanian anak memainkan
kegiatan |
20 |
Risiko
fisik dari bermain yang paling sering terjadi, tetapi tetap perlu diwaspadai
adalah .... A. Jatuh, cidera, luka |
21 |
Berikut
ini merupakan kegiatan investigasi yang dilakukan anak, kecuali .... C. Membangun |
22 |
Bermain
bermanfaat bagi perkembangan diri anak dalam hal .... A. Kognisi |
23 |
Kemampuan
untuk mengkombinasikan fungsi dua buah
benda, kemudian dimainkan dapat dilakukan pada usia .... D. > 2 tahun |
24 |
Anak berkemampuan
menggambar bentuk-bentuk geometri, membuat coretan, dan menulis merupakan
bentuk perkembangan anak dalam bidang .... B. Motorik |
25 |
Anak
berperan menjadi pengamat terhadap permainan yang hanya menarik baginya.
Tahap ini disebut sebagai .... C.
Unoccupied play |
26 |
Berikut
ini yang merupakan contoh kegiatan bermain paralel adalah .... C. Panjat tebing |
27 |
Di bawah
ini bukan merupakan tahapan perkembangan bermian menurut Piaget adalah .... A. Bermain kognisi |
28 |
Salah satu
bentuk permainan simbolik adalah .... D.
Power rangers |
29 |
Salah satu
bentuk kegiatan bermain paralel adalah .... B. Bermain balok |
30 |
Tahap
perkembangan Bronfrenbenner yang merupakan tahap anak mampu mengambil
keputusan terhadap dirinya, berkomunikasi, dan memiliki inisiatif dalam tiap
tindakannya adalah .... B. mesosystem |
31 |
Berikut
ini merupakan kompetensi yang terddapat dalam bermain kognisi kecuali .... D. Kemampuan mendengar |
32 |
Salah satu
tahapan bermain kontruksi diperoleh anak pada jenis permainan .... A. Lego |
33 |
Jenis
permainan yang mentransformasikan dirinya dan objek tertentu untuk memuaskan
kebutuhan disebut sebagai .... B.
Dramatik |
34 |
Berikut
ini yang bukan merupakan perilaku bermain dalam drama atau sosiodrama adalah
.... D. Tebak kata |
35 |
Bermain cilukba merupakan salah satu bentuk bermain
kognisi yang terdapat pada anak di usia... A. 4-8 bulan |
36 |
Sifat
egostrisme anak sudah tidak tampak dalam bermain sosial, yaitu pada tahap ...
C. Cooperative play |
37 |
Berikut
ini manfaat yang diperoleh anak dari permainan peran, kecuali ... D. Menyelidiki kepentingan teman |
38 |
Tahap awal
perkembangan bahasa anak ditandai dengan kemampuan anak untuk ... B. Bubbling |
39 |
Berikut
ini bukan merupakan organ bicara yaitu .... B. Kerongkongan |
40 |
Ciri-ciri
penguasaan bahasa anak pada usia 1 – 2 tahun adalah .... C. Melafalkan “atu” untuk kata aku |
41 |
Salah satu
contoh alat main yang dapat mengasah kemampuan berpikir anak secara konvergen
yaitu .... B. Boneka |
42 |
Berikut
ini yang bukan merupakan manfaat yang dimiliki oleh alat main adalah .... D. Membuktikan kegagalan anak |
43 |
Kemungkinan
yang terjadi pada anak ketika dihadapkan denganalat main yang tidak familier
yaitu .... C. Menggunakan secara
langsung |
44 |
Berikut
ini yang merupakan tindakan investigasi alat main adalah .... C. Melempar |
45 |
Alat main
yang membutuhkan kooordinasi mata dan tanganserta membangun daya cipta dalam
memainkannya adalah .... A.
Manik-manik |
46 |
Contoh
permainan yang mengasah kemampuan motorik anak adalah .... B. Ayunan, jungkit, sepak bola |
47 |
Alat main
bangun-membangun adalah alat yang .... C.
Dapat dipisahkan dan disatukan kembali |
48 |
Playdough
merupakan salah satu contoh alat permainan berjenis .... C. Manipulatif |
49 |
Berikut
ini bukan manfaat alat main pengekspresian diri sendiri .... D. Meniru peran dan ekspresi |
50 |
Hal yang
dilakukan anak dengan permainan yang memanfaatkan perlengkapan sehari-hari
adalah .... A. Meniru tindakan orang
dewasa |
51 |
Berikut
ini pernyataan yang benar mengenai pengertian sarana adalah .... C. Perabot di lembaga yang dapat dipindah |
52 |
Berikut
ini yang bukan dasar pengklasifikasian sarana bermain adalah .... A. Penampilan fisik |
53 |
Contoh
sarana yang digunakan sebagai media pembelajaran dilembaga PAUD, Yaitu .... C. Foto, film, lagu-lagu |
54 |
Ensiklopedia
anak dan buku-buku penuh gambar memiliki fungsi sebagai .... A. Menambah pengetahuan anak |
55 |
Sarana
bermain yang berfungsi menstimulasi anak untuk permainan yang lebih kompleks
adalah .... C. Minitoys |
56 |
Berikut
ini yang bukan kebutuhan utama anak untuk pencapaian perkembangan adalah
kebutuhan .... D. Kecerdasan |
57 |
Salah satu
standar minimal yang harus dimiliki sarana berman di lemabag PAUD, yaitu .... C.
Kebermanfaatan disesuaikan kemampuan anak |
58 |
Apabila
ingin memberikan pengajaran anak menganai moral dan nilai-niali kemanusiaan
maka alat peraga yang dapat dimanfaatkan adalah .... B. Film |
59 |
Mozaik,
panggung boneka, dan meja lukis merupakan saran yang terdapat di sudut .... B. Kebudayaan |
60 |
Berikut
ini bukan hal yang dilakukan pada tahap perencanaan yaitu .... C. Usia anak |
61 |
Fungsi keberadaan prasarana di lembaga PAUD, yaitu
.... B. Menjalankan fungsi lembaga |
62 |
Salah satu
pernyataan yang tidak benar tentang prasarana adalah .... C. Peran utama |
63 |
Contoh
prasarana yang terdapat dilembaga PAUD, yaitu .... A. Parkir, lapangan, toilet |
64 |
Berikut
ini yang bukan komponen standar minimal prasarana lembaga PAUD,yaitu .... D. Sumber bacaan |
65 |
Lokasi
tidak terlalu dekat dengan jurang, makam, dan sungai. Pernyataan tersebut merupakan
kriteria lingkungan dalam hal ... C.
Keamanan |
66 |
Kriteria
kebersihan lingkungan prasarana adalah, kecuali .... A. Dekat sungai |
67 |
Salah satu
tujuan pengelolaan yang ingin dicapai dalam tahap penyadaran adalah .... B. Mengenalkan lingkup lingkungan |
68 |
Tahap
pengelolaan yang membutuhkan lembar sistem informasi aset adalah ... C. Pendataan |
69 |
Contoh
prasarana di dalam ruangan adalah .... B.
Almari |
70 |
Berikut
ini yang bukan bentuk pengelolaan prasarana halaman adalah .... D. Menebang pohon |
71 |
Lingkungan
dapat dimenegrti sebagai .... B.
Daerah |
72 |
Berikut
ini merupakan pernyataan yang paling tepat untuk lingkungan adalah ... C. Mempengaruhi kebiasaan hidup seseorang |
73 |
Perkembangan
anak yang turut ditentukan oleh keberadaan lingkungan bermain dan belajar
adalah .... B. Pembentukan kepribadian
|
74 |
Penataan
lingkungan yang rapi meliputi meja, kursi, tanaman, dan ruang yang memberikan
kenyamanan belajar dapat mempengaruhi anak dalam hal .... C. Perkembangan sosial-emosional |
75 |
Lingkungan
yang dilengkapi dengan alat permainan yang dapat merangsang panca indera
dapat mempengaruhi anak dalam hal perkembangan .... D. Multisensori |
76 |
Salah satu
hal yang dapat dilakukan untuk menarik antusias anak terhadap lingkungan
bermain dan belajar adalah , kecuali .... C. Ventilasi tersumbat |
77 |
Contoh
alat permainan yang terdapat di lingkungan permainan kreatif adalah .... B. Air, pasir, dan balok |
78 |
Lingkungan
bermain dan belajar yang terdiri dari alat permainan berupa area memanjat balok
titian dan jembatan berfungsi untuk perkembangan .... A.
Fisik |
79 |
Berikut
ini yang bukan merupakan fungsi lingkungan adalah .... D. Memengaruhi kecerdasan anak |
80 |
Contoh
perminan yang melatih kemampaun multisensori anak , yaitu .... A. Puzzle |
81 |
Hal yang harus
diperhatikan dalam penciptaan lingkungan bermain dan belajar bagi AUD adalah
.... C. Adanya pemisahan ruang |
82 |
Lingkungan
bermain dapat dibedakan menjadi .... B.
Tradisional, menantang, dan kreatif |
83 |
Pernyataan
yang tidak benar tentang lingkungan bermain tradisional adalah .... D. Lingkungan bersih dan rapi |
84 |
Persyaratan
dan kriteria lingkungan bermain dan belajar luar ruangan adalah .... A. Keamanan, meningkatkan karakteristik
alami anak, dan menyenangkan |
85 |
Berikut
adalah hal yang berkaitan dengan pertimbangan lalu lintas perencanaan ruang
kelas, kecuali .... C. Penataan ruang
yang rapi |
86 |
Prinsip
penyelenggaraan lingkungan bermain dan belajar harus merefleksikan selera
anak dalam hal .... A. Aktivitas dan
fasilitas |
87 |
Pembentukan
kekuatan fisik , kemandirian, dan kepemimpinan secara tidak langsung
dipengaruhi oleh perwarnaan dinding dengan warna ... B. Merah |
88 |
Berikut
ini yang merupakan jenis permainan didalam ruangan adalah .... A. Ronce, krayon, dan puzzle |
89 |
Beberapa
hal yang harus diperhatikan dalam penataan lingkungan bermain dan belajar di
luar ruangan adalah .... B. Berkebun |
90 |
Perkembangan
bahasa dapat diasah melalui beberapa jenis perairan diantaranya ... B. Buku cerita, gambar domino, poster
alfabet |
91 |
Berikut
ini yang bukan termasuk komponen sumber belajar adaah .... D. Biaya |
92 |
Pernyataan
yang benar tentang alasan pengadaan alat bermain, yaitu .... B. Memahami substansi materi secara
komprehensif |
93 |
Pemenuhan
alat bermain yang dapat dilakukan secara bertahap merupakan alternatif
pengadaan dengan cara .... C.
Pembelian |
94 |
Apabila
kebutuhan alat bermain bersifat
sementara dan temporer maka alternatif pengadaan yang dapat dilakuakan dengan
cara .... C. Penyewaan |
95 |
Berikut
ini bukan prosedur pemilihan alternatif pengadaan alat, yaitu analisis .... A. Keamanan |
96 |
Kriteria
alat bermain untuk anak usia 2 tahun
adalah, kecuali .... D. Bentuknya unik |
97 |
Hal yang
perlu diperhatikan dalam memilih alat bermain adalah .... A. Tidak rumit, menarik, dan aman |
98 |
Berikut
merupakan pedoman membeli alat bermian, kecuali.... D. Diskon |
99 |
Bahan-bahan
yang dapat digunakan untuk membuat alat bermain sendiri yaitu .... D. Playdough, pasir, batu |
100 |
Alat
bermain yang terdapat di sentra matematika adalah .... D. Balok, puzzle, lego |
101 |
Salah satu
alasan mendasar pemeliharaan alat alat bermain adalah .... B. Keawetan |
102 |
Manfaat dari
pemeliharaan alat bermain adalah, kecuali .... D. Memperbaiki secara maksimal |
103 |
Tingkat
kelembaban ruang harus diperhatikan dalam hal .... A. Pengawetan |
104 |
Pelaksanaan
pemeliharaan yang dilakukan setiap hari setelah penggunaan alat selesai
adalah jenis pemeliharaan .... B.
Terus menerus |
105 |
Hal yang
dapat dilakukan dalam pemeliharaan alat secara preventif, yaitu ... B. Menyiapkan jadwal tahunan |
106 |
Berikut
ini yang merupakan pihak yang tidak terlibat dalam upaya pemeliharaan alat
adalah ... B. Komite |
107 |
Swakelola
merupakan salah satu prinsip dari jenis pemeliharaan .... C. Darurat |
108 |
Memelihara
kelengkapan sekrup pada saat bermain dan memellihara kebersihan merupakan
tugas pemeliharaan yang dilakukan ..... A.
Penjaga |
109 |
Pemeliharaan
alat di dalam ruangan dapat dilakukan sebagai berikut .... B. Menyimpan dalam rak-rak yang
terjangkau |
110 |
Berikut
termasuk alat bermain yang memerlukan aktivitas fisik, yaitu .... A. Ayunan, jungkitan, dan panjatan |
111 |
Tujuan
pemanfaatan bahan bekas dan bahan alam adalah ... C. Melibatkan guru dalam pemanfaatan lingkungan sekitar |
112 |
Salah satu
penyataan yang benar tentang pemanfaatan bahan bekas dan bahan alam adalah
.... D. Bahan bekas yang dimanfaatkan
mendukung kelestarian lingkungan |
113 |
Berikut
ini merupakan alasan dari pemanfaatan bahan bekas dan bahan alam, kecuali....
B. Mengajarkan anak menjadi manusia
konsumtif |
114 |
Contoh
bahan bekas alam yang dapat diperoleh di lingkungan pedesaan adalah.... C. Jerami padi, daun kering, lidi |
115 |
Contoh
bahan bekas yang dapat diperoleh di lingkungan perkotaan adalah.... A. Kardus, sterofoam, botol |
116 |
Berikut
ini yang merupakan rambu-rambu pemanfaatan bahan bekas dan bahan alam adalah ... C. Bebas racun, tidak tajam, kayu halus |
117 |
Prinsip
pemanfaatan barang bekas dan bahan alam adalah .... A. Kreativitas, produktivitas, aktivitas |
118 |
Prinsip
pemanfaatan yang mengedepankan orisinalitas dan kebermaknaan disebut prinsip
... D. Produktivitas |
119 |
Contoh
media bermain yang memanfaatkan bahan bekas adalah ... C. Puppet dan boneka jari |
120 |
Salah satu
perkembangan AUD yang dapat diasah melalui media bermain yang terbuat dari
bahan bekas dan bahan alam adalah ....
D. Mengukur |
121 |
Berikut
ini pernyataan yang tidak tepat mengenai alat permainan edukatif, yaitu .... D. Menggunakan teknologi modern |
122 |
Hal yang
perlu diperhatikan dalam pembuatanAPE adalah .... D. Konstruktif |
123 |
Tujuan pembuatan
APE adalah mengembangkan konsep diri melalui permainan. Konsep yang dapat
dibangun adalah .... A. Substansi |
124 |
Salah satu
manfaat APE adalah, kecuali .... B.
Merangsang pengembangan daya pikir |
125 |
Contoh APE
yang bersifat kontruktif adalah ... B.
Jembatan |
126 |
APE yang
berfungsi untuk mengingat konsep-konsep adalah .... C. Timbangan, tongkat, dan kerucut |
127 |
Jenis APE
yang dapat mengenalkan warna, bentuk, dan ukuran adalah .... D. Tiang |
128 |
Gambar
yang disertai musik dapat mengasah kemampuan anak dalam hal kepekaan ....C. Emosi |
129 |
Berikut
bukan menyatakan APE yang daoat dikreasikam pendidik, yaitu .... C. Mobil listrik |
130 |
Salah satu
pentingnya APE bagi perkembangan AUD adalah
untuk mengatasi masalah keterbatasan tempat, yaitu ... C. Memberi penjelasan secara lebih jelas |
131 |
Semboyan
kegiatan pengembangan pada pendidikan anak usia dini adalah .... B. Bemain sambil belajar dan belajar
melalui bermain |
132 |
Permainan
terdiri atas sekumpulan perturan yang membangun situasi bersaing dari dua
sampai beberapa orang atau kelompok dengan memilih strategi yang dibangun
untuk memaksimalkan kemenangan sendiri dinyatakan oleh .... A. John von Neumann dan Oskar Morgenstern |
133 |
Permainan
adalah bagian mutlak dari kehidupan anak dan permainan merupakan bagian intregral dari proses
pembentukan kepribadian anak. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh .... C. Hans Daeng |
134 |
Berikut
ini adalah beberapa sifat permainan menurut Palegrini dan Saracho, kecuali
.... C. Aktivitas permainan bersifat
multiliteral |
135 |
Saat
bermain setiap anak akan dengan bebas mengeksplor dan menjelajah dunia
disekitarnya. Pernyataan tersebut disampaikan oleh .... A. Semiawan |
136 |
Andi
sedang bermain musik dengan alat-alat dapur milik ibunya. Dia tak mau menurut
ketika ibunya mengajari cara memukul panci agar bunyinya indah. Ilustrasi
tersebut menggambarkan karakteristik permainan, yaitu... B. Bebas dari aturan yang dipaksakan dari luar |
137 |
Permainan
yang merupakan kegiatan yang menyenangkan atau menimbulkan rasa senang bagi
para pemain. Hal itu menunjukan bahwa permainan .... B. Memiliki nilai intrinsik |
138 |
Ali dan
teman-temannya sedang membuat pestol-pestolan dari pelepah daun pisang.
Ilustrasi tersebut menunjukan bahwa permainan .... A. Membantu anak mengembangkan kreativitasnya |
139 |
Permainan
yang ada saat ini sesungguhnya sudah ada sejak jaman nenek moyang kita daulu,
hanya saja bentuk dan alatnya dibuat semakin modern. Pernyataan itu
menggambarkan bahwa permainan anak .... C.
Dipengaruhi oleh tradisi |
140 |
Berikut
ini adalah manfaat permainan bagi perkembangan anak kecuali.... D. Melatih
anak menjadi profesional |
141 |
Permainan
yang mengandung unsur khayalan atau imajinasi bagi pemainnya, termasuk jenis
permainan ... A. Fantasi |
142 |
Kegiatan
permainan yang mendorong pemainnya untuk mencapai gelar sebagai pemenang,
adalah permainan.... C. Prestasi |
143 |
Kegiatan
bermain balok, lego, bombiq , termasuk dalam permainan .... B. Konstruksi |
144 |
“ Umpan
yang lezat, itu yang dicari, kini dianya yang terbelakang” merupakan syair
lagu pada permainan .... D. Ular naga |
145 |
Permainan
yang lebih banyak ditunjukkan pada pengembangan kecepatan kelincahan, serta
peningkatan waktu reaksi memanfaatkan gerak-gerak lokomotor , termasuk dalam
permainan .... A. Tanpa alat |
146 |
Permainan
yang bermanfaat untuk mengembangkan
kepekaam perabaan, juga menimbulkan kesenangan dan menjalin kedekatan dengan
bayi. Seiring dengan perkembangan koordinasi lengan dan tangannya adalah ....
B. Dengan tubuh |
147 |
Kegiatan
bermain puzzle, lego, bombiq, manik-manik, balok, termasuk dalam permainan
.... B. Konstruksi, dalam ruangan,
dengan alat |
148 |
Berikut
ini adalah bahan-bahan alam yang dapat digunakan untuk permainan .... B. Pasir, air, batu-batuan, dan tanah
liat |
149 |
Permainan
yang dilakukan di dalam ruangan, biasanya dilakukan karena alasan .... A. Cuaca, keamanan, dan keterbatasan
lahan |
150 |
Risiko
adalah ketidaktentuan (uncertainly) yang mungkin melahirakan peristiwa
kerugian (loss). Pernyataan tersebut dikemukakan oleh .... D. Abas Salim |
151 |
Menurut
Vupriyanti, kearifan lokal merupakan bagian dari budaya, unsur budaya tradisional yang berakar dari kehidupan
masyarakat. Pernyataan tersebut merupakan pengertian kearifan lokal secara
.... B. Konseptual |
152 |
Salah satu
bentuk sarana pewarisan nilai-nilai adalah melalui bentuk .... A. Seni dan budaya |
153 |
Permainan
tradisional merupakan penyederhanaan kegiatan sehari- hari yang ada dalam
masyarakat yang kemudian diterjemahkan ke dalam bentuk permainan. Pernyataan
ini dikemukakan oleh .... A. Purwodarminto
|
154 |
Berikut
ini adalah ciri-ciri permainan tradisional, kecuali.... D. Sengaja diciptakan |
155 |
Permainan
yang bertujuan untuk menyerang dan mengambil alih ‘tempat’ lawan dengan
menyentuh tiang atau pilar yang telah dipilih oleh lawan adalah
permainan .... C. Bentengan |
156 |
Permainan
yang menggunakan alat permainan berupa papan dan biji yang berjumlah 98 ( 14
x 7) dinamakan permainan .... A.
Congklak |
157 |
Permainan
yang mirip dengan permainan petak umpet disebut .... C. Dor Tap |
158 |
Beberapa
permainan tradisional ternyata terdapat pula di beberapa daerah dengan nama
yang berbeda. Nama lain dari kelereng seperti berikut, kecuali .... C. Yeye |
159 |
Nama lain
dari permainan Egrang adalah .... A.
Jajangkungan, Jeko, dan Batungkau |
160 |
Ular naga
panjangnya bukan kepalang. Menjalar-jalar selalu kian kemari, Umpan yang
lezat itulah yang dicari. Ini dia lah yang terbelakang, Lagu tersebut adalah
pengiring permainan ... A. Ular Tangga |
161 |
Berikut
ini adalah beberapa alasan guru tidak menerapkan permainan tradisional dalam
kegiatan pengembangan yang dilakukannya, kecuali
.... B. Alat dan bahan pemainan
tradisional siap pakai |
162 |
Saat ini
anak-anak lebih menyukai permainan impor yang membanjiri negara kira karena permainan impor tampaknya .... B. Lebih menarik, atraktif, dan menghibur |
163 |
Sebagian
besar permainan tradisional tidak menggunakan alat yang siap pakai sehingga
anak-anak harus membuat sendiri alat permainannya jika mereka ingin
memainkannya, artinya permainan tradisional memilki manfaat .... C. Membuat anak menjadi kreatif |
164 |
Permainan
tradisional biasanya dimainkan pada sore hari dalam suasana yang menyenangkan
dan menimbulkan suasana yang gembira. Hal ini dapat membantu anak
menghilangkan letih dan lelahnya setelah belajar di sekolah. Ilustrasi itu
menggambarkan manfaat permianan tradisional sebagai .... D. Sarana untuk terapi |
165 |
Permainan
gelasin dapat membantu anak mengembangkan kemampuan menyusun strategi,
melatih kekuatan otot kaki dan tangan, melatih ketangkasan, kekompakan regu,
dan sportivitas. Ilsudtrasi tersebut menggambarkan bahawa permainan
tradisional memiliki manfaat .... B.
Mengembangkan kecerdasan majemuk anak |
166 |
Permainan
tradisional selalu melahirkan nuansa suka cita, fungsi positif ini dapat
terlihat dari .... A. Wajah ceria anak
saat melakukan permainan |
167 |
Ketika
melakukan permainan tradisional, anak-anak mengorganisir diri mereka sendiri
, membuat aturan dan menyepakatinya serta bersikap sportif dengan mematuhi
aturan yang dibuatnya sendiri. Ilustrasi ini termasuk fungsi positif
permainan tradisional yaitu .... C.
Membangun kerukunan (kebersamaan) yang dibangun bersama |
168 |
Guru dapat
memodifikasi permainan tradisional agar dapat diterapkan guna mengembangkan
kemampuan anak usia dini, namun ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan
seperti berikut ini, kecuali .... D. Pakaian yang akan dikenakan guru saat
menerapkan permainan |
169 |
Memodifikasi
suatu permainan dapat dilakukan dengan mengubah beberapa hal berikut ini, kecuali .... D. Usia anaknya |
170 |
Permaina
ular tangga dapat dimodifikasi dengan mengubah ... B. Alat permainannya diperbesar |
171 |
Gejala
yang ditunjukan bahwa seorang menyukai lagu dapat dilihat dari .... B. Ekspresi dan tindakannya |
172 |
Gerak
disimpulkan sebagai sarana ekspresi yang dapat mengalihkan ketakutan,
kesedihan, ketegangan, kemarahan, dan dapat memberikan kenikmatan. Pernyataan
tersebut dikemukakan oleh .... A.
Swanson |
173 |
Gerak dan
lagu adalaha bernyanyi yang dilakukan bersamaan dengan latihan gerak tubuh,
merupakan pernyataan yang dikemukakan oleh .... C. Sandor Frigyes |
174 |
Gerak
menjadi hal yang sangat kreatif bila dipadukan dengan musik yang
diinterprestasikan anak menurut caranya masing-masing adalah pernyataan
tentang gerak menurut .... B. Piaget |
175 |
Lagu dan
gerak merupakan kegiatan yang menimbulkan kesenangan dan keasyikan bagi anak.
Hal tersebut termasuk dalam .... D.
Alasan pentingnya gerak lagu pada anak usia dini |
176 |
Salah satu
fungsi penerapan gerak dan lagu pada anak usia dini yaitu.... C. Menanamkan kepekaan anak melalui
irama, lirik lagu dan gerakan |
177 |
Salah satu
manfaat penggunaan gerak dan lagu pada anak usia dini adalah untuk .... A. Melatih kepekaan anak terhadap bunyi,
ketukan, dan irama |
178 |
Lagu
“Nama-nama Rasa” merupakan salah satu lagu yang digunakan guru PAUD untuk
menanamkan .... A. Konsep |
179 |
Berikut
adalah beberapa kriteria lagu yang baik untuk anak usia dini, kecuali.... C. Wilayah nada mencapai 3 oktaf |
180 |
Berikut
ini adalah contoh lagu-lagu yang sesuai untuk anak usia dini, kecuali ..... D. Sekuntum mawar merah |
181 |
Kegiatan
gerak dan lagu seing dilakukan oleh guru PAUD
pada kegiatan pembukaan dengan tujuan .... B. Membangkitkan smangat anak-anak |
182 |
Musik yang
dibangun berdasarkan sebuah aturan komposisi yang jelas, adalah musik ... C. Modern |
183 |
Aturan dan
komposisi musik yang jelas dan musik modern meliputi .... A. Sistem notasi, tangga nada, tekstur
musik, dan instrumen |
184 |
Komposisi
dan gaya musik modern banyak dipengaruhi oleh pengalaman musikal para musisi
pada suatu masa dan mudah berubah dari masa ke masa, oleh karenannya musik
modern dikatakan bersifat .... A.
Terbuka |
185 |
Musik yang
memiliki ciri utamanya adanya improvisasi dan gaya yang dipilih, adalah musik
.... D. Jazz |
186 |
Aliran
musik yang cenderung mengutamakan kemampuan improvisasi melodi dari
voklaisnya dengan harmonisasi yang progresif dari bunyi-bunyi instrumen musik
adalah musik .... B. Rhytym and blues |
187 |
Musik yang
lahir dan berkembang disuatu daerah tertentu dan diwariskan secara
turun-temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya, adalah musik .... D. Tradisional |
188 |
Langkah
awal dalam pemanfaatan gerak dan lagu pada kegiatan bermain anak usia dini
adalah .... C. Memperhatikan kondisi
psikologis anak |
189 |
Berikut
adalah beberapa langkah yabg harus ditempuh dalam memanfaatkan gerak dan lagu
dalam kegiatan bermain anak usia dini kecuali .... D. Kegiatan sebaiknya dilakukan secara individual |
190 |
Modifikasi
lagu tradisional yang akan digunakan dalam kegiatan bermain pada anak usia dini sebaiknya memilih lagu yang .... A. Sederhana lirik dan lagunya |
191 |
Pengertian
strategi adalah .... B.
Langkah-langkah pembelajaran |
192 |
Berikut
adalah pernyataan yang tidak penting dalam strategi yaitu .... C. Adanya penentuan ide |
193 |
Jenis
strategi pembelajaran di lembaga PAUD yang terdiri dari kegiatan perencanaan,
bekerja, adn review adalah .... D.
Strategi berpusat pada anak |
194 |
Anak
mengalami situasi untuk dapat menyelesaikan masalah sesuai yang direncanakan
guru. Hal ini terjadi pada tahap .... A.
Bekerja |
195 |
Jenis
startegi yang menuntut pemahaman anak mengulas rangkaian yang telah disampaikan guru disebut ... C. Bercerita |
196 |
Jenis
strategi yang mengajarkan pentingnya kerja sama dalam kegiatan belajar adalah
.... A. Bermain |
197 |
Langkah-langkah
yang menentukan keberhasilan becerita adalah .... B. Penggunaan teknik tutur |
198 |
Berikut
ini bukan merupakan perencanaan kegiatan bernyanyi yaitu .... C. Penetapan jenis vokal |
199 |
Fleksibel
merupakan salah satu prinsip dari jenis strategi .... A. Terpadu |
200 |
Penjabaran
yang terkandung dalam tema, yaitu .... D.
Fakta, istilah, prinsip |
201 |
Prinsip
yang mengutamakan pembelajaran menarik dan menuntut pemikiran kritis adalah
.... C. Kreatif dan inovatif |
202 |
Berikut
ini yang bukan mendasari perkembangan anak adalah .... B. Belajar sesuai target |
203 |
Kemampuan
menolong diri sendiri dan memiliki bekal ketrampilan merupakan tujuan dari
prinsip .... D. Keterampilan hidup |
204 |
Berikut
ini adalah pernyataan yang benar
tentang strategi berpusat pada anak yaitu .... A. Memberi kesempatan anak menentukan jenis permainan |
205 |
Guru
menyediakan biji-bijian, model tanaman, daun-daunan. Hal ini bertujuan untuk
mendorong anak dalam hal .... A.
Demonstrasi kecakapan mengklasifikasi |
206 |
Kompetensi
yang tidak harus dimiliki guru dalam menyampaikan cerita tanpa alat adalah
.... B. Menggambar cerita dalam
lukisan |
207 |
Berikut
yang termasuk alat peraga dalam bercerita adalah .... A. Boneka, flanel, dan gambar |
208 |
Keseluruhan,
bagian, dan campuran merupakan metode yang ada dalam strategi ..... B. Bernyanyi |
209 |
Kelebihan
dari strategi melalui bercerita adalah .... D. Pemanfaatan waktu lebih efektif |
210 |
Model
pembelajaran terpadu yang mengutamakan ketrampilan sosial dan berpikir adalah
.... C. Model pasang benang |
211 |
Seorang
diindikasikan sebagai manusia kreatif apabila memiliki, kecuali .... C. Kebiasaan
meniru |
212 |
Pengertian
kreativitas bagi oang dewasa meliputi .... B. Kebradaan keahlian, keterampilan, dan motivasi dalam diri |
213 |
Berikut
ini merupakan karidor kreativitas anak adalah .... B. Adanya pembebasan imajinasi dan inovasi |
214 |
Pernyataan
yang tidak benar mengenai
krativitas adalah .... D. Kecepatan
menyelesaikan masalah |
215 |
Kreativitas
pada tiap usia anak dapat diindikasikan dari kemampuan yang dimilikinya, di
antaranya .... B. Kemampuan sosial |
216 |
Kemampuan
motorik kasar yang dimiliki anak usia 2 tahun yaitu .... B. Berlari dan berkejar-kejaran |
217 |
Memilih
berbohong daripada mengakui kesalahan karena tidak menaati peraturan
merupakan kreativitas pada kemampuan bahasa anak .... C. Usia 5 tahun |
218 |
Anak
memperoleh kemerdekaan psikologis untuk berkreasi apabila .... C. Terbebas dari tekanan |
219 |
Bentuk
perasaan tidak aman bagi anak, yaitu .... A. Takut dicemooh dan dinakali teman |
220 |
Berikut
ini merupakan pentingnya kreativitas bagi perkembangan anak, kecuali .... C. Menjadikan anak juara kelas |
221 |
Yang
termasuk faktor penghambat kreativitas, yaitu .... A. Menghindari pertanyaan anak |
222 |
“Proses
lebih dihargai daripada hasil” artinya .... B. Anak bermain dengan logika |
223 |
Guru
berperan dalam proses kreatif anak melalui cara berikut, kecuali .... D. Menikmati
kebersamaan dengan anak |
224 |
Adanya
menang kalah dalam kompetisi menyebabkan kemungkinan .... B. Ide anak lebih spontan |
225 |
Berikut
ini merupakan pernyataan yang benar tentang faktor penghambat kreativitas,
adalah .... C. Kebersamaan keluarga
yang berlebih membuat anak tidak dapat berimajinasi |
226 |
Melalui
aktivitas bermain anak mempelajari beberapa hal berikut kecuali ... D. Menghakimi jawaban teman |
227 |
Aspek-aspek
perkembangan anak terdiri atas .... A.
Kognisi, motorik, dan emosi |
228 |
Kemampuan
menyelesaikan masalah, bekerja secara koorpertif, dan uji coba dapat
dicapai dari proses .... A. Pemikiran divergen |
229 |
Beikut ini
yang bukan pengaruh bermain terhadap kreativitas menurut Vygotsky adalah ....
A. Bermain menambah pengalaman |
230 |
Salah satu
jenis aktivitas permainan yang membangun kreativitas motorik anak adalah ....
B. Berlari |
231 |
Salah satu
aktivitas bermain yan sedikit sekali berhubungan dengan kreativitas adalah
... D. Menyalin |
232 |
Cilukba
merupakan salah satu permainan anak yang menunjang bentuk kreativitas .... C. Konsep |
233 |
Berikut
ini merupakan kreativitas konstruktif yang dimiliki anak usia dini 3 tahun
adalah .... B. Bermain balok |
234 |
Konsep
warna diperoleh anak melalui permainan .... C. Puzzle |
235 |
Kreativitas
ekspresi diri dapat dilakukan anak dengan memanfaatkan .... C. Cermin |
236 |
Bermain
lego dapat menunjang kreativitas .... C.
Manipulatif |
237 |
Bermain
drama yang dapat dilakukan anak usia dono 1 – 3 tahun adalah .... B. Telepon mainan |
238 |
Permainan
“Lagu Bertepuk” menunjang kreativiras .... A. Musik |
239 |
Asesmen
diartikan sebagai .... B. Penilaian |
240 |
Berikut
ini yang bukan merupakan fungsi asesmen adalah .... A. Mengintimidasi kesulitan anak |
241 |
Berikut
ini yang bukan termasuk kewenangan
guru sebagai pendidik adalah .... C.
Guru memberikan hukuman pada anak |
242 |
Pernyataan
yang benar terkait peran guru sebagai peninju adalah .... A. Guru mencatat hal-hal yang disukai
anak |
243 |
Guru harus
dapat bersikap sabar, tenang, perhatian, dan responsif. Hal tersebut
berkaitan dengan kualifikasi guru yaitu .... D. Kompetensi kepribadian |
244 |
Sikap yan
tepat terkait dengan kompetensi pedagogik yang harus dimiliki pendidik adalah
.... B. Menyusun kegiatan sesuai
dengan tingkat usia |
245 |
Berikut
ini merupakan kemampuan yang wajib dimiliki oleh guru kecuali ... D. Menginstruksi anak dalam setiap
kegiatan |
246 |
Dibawah
ini merupakan peran guru adalah .... A.
Peninjau, pengasuh, dan fasilitator |
247 |
Bentuk
komunikatif yang efektif yang dapat dilakukan guru dalam melaksanakan peran
interaksi di dalam kelas adalah, kecuali .... C. Memberikan sanksi pelanggaran |
248 |
Hal yang
dapat dilakukan guru dalam melaksankana perannya bagi perkembangan anak didik
adalah .... A. Guru membebaskan anak
untuk memilih permainan |
249 |
Bidang
perkembangan guru secara prefesioanl meliputi .... B. Pembaharuan, penggabungan, kelangsungan hidup, dan kedewasaan |
250 |
Guru
melakukan kunjungan ke berbagai program, menghadiri konferensi, dan seminar.
Hal tersebut dilakukan guru untuk melaksanakan profesional guru dalam bidang
.... B. Pembaharuan |
251 |
Berikut
ini merupakan pernyataan benar mengenai perbedaan kegiatan bermain di lembaga
dan dirumah adalah .... C. Dir umah
anak dapat menentukan aturan permainan sendiri, di lembaga aturan dibuat
bersama |
252 |
Kelebihan aktivitas bermain yang dilakukan di lembaga
adalah .... B. Anak dapat belajar
berbagi dengan teman |
253 |
Anak
menentukan aturan permainan yang dilakukan secara mandiri. Hal ini berkaitan
dengan perbedaan kegiatan bermain di lembaga dari segi .... C. Kedisiplinan |
254 |
Karakteristik
orang tua yang mengamalkan tipe pola asuh autoritatif yaitu .... D. Memberikan penjelasan untuk setiap hal
yang baik dan buruk |
255 |
Bentuk
kerja sama yang dapat dilakukan antara orang tua dan guru adalah .... A. Konsultasi, kunjungan rumah, pertemuan
rutin |
256 |
Meningkatkan
kesadaran, penegtahuan, sikap, dan ketrampilan orang tua dalam mendidik AUD merupakan
tujuan dari .... C. Pertemuan rutin |
257 |
Berikut ini
yang bukan merupakan bentuk keterlibatan orang tua dalam kelas adalah .... D. Merencanakan kegiatan anak |
258 |
Bentuk
keterlibatan orang tua pada acara bersama lembaga yaitu .... A. Berkebun, bakti sosial, rekreasi |
259 |
Hal yang
dapat dilakukan untuk menghindari konflik antara guru dan orang tua adalah
.... C. Menyampaikan program lembaga
dengan santun |
260 |
Salah satu
peran masyarakat bagi kegiatan bermain di lembaga yaitu .... B. Membantu pengadaan sarana |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar