Selasa, 18 Mei 2021

TUGAS RESUME MODUL 4 TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF VYGOTSKY

 

MODUL 4

TEORI ERKEMBANGAN KOGNITIF VYGOTSKY

KEGIATAN BELAJAR 1

FUNGSI ALAT BERPIKIR ( TOOL OF THE MIND) DAN PRINSIP DASAR VYGOTSKY TENTANG PERKEMBANGAN KOGNITIF

A.    PEMAHAMAN VYGOTSKY TENTANG KEGUNAAN ALAT BERPIKIR

Menurut vygotsky , anak – anak belajar melalui interaksi sosial.

Secara spesifik vygotsky menjelaskan beberapa kegunaan dari alat berfikir yaitu

1.      Membantu memecahkan masalah

2.      Memudahkan dalam melakukan tindakan

3.      Memperluas kemampuan

4.      Melakukan sesuatu sesuai dengan kapasitas alaminya

Peningkatan fungsi – fungsi mental seseorang berasal dari kehidupan sosial atau kelompoknya dan bukan sekedar dari individu itu sendiri, sehingga teori vygotsky disebut dengan pendekatan ko – kontruktivisme.

Konsep teori vygotsky tentang perkembangan kognitif

Yang sesuai dengan teori revolusi – sosiokultural yaitu

1.      Hukum genetic tentang perkembangan ( Genetic law of development)

Kemampuan seseorang untuk tumbuh dan berkembang melewati dua tataran, yaitu tataran sosial tempat orang – orang membentuk lingkungan sosialnya dan tataran psikologis di dalam diri orang yang bersangkutan.

2.      Zona perkembangan proksimal ( Zone of proximal development, ZPD )

Perkembangan kemampuan seseorang dapat dibedakan kedalam 2 tingkat yaitu

·         Tingkat perkembangan actual tampak dari kemampuan seseorang untuk menyelesaikan masalah atau tugas-tugas ssecara mandiri.

·         Tingkat potensial tampak dari kemampuan seseorang untuk menyelesaikan masalah atau tugas-tugas ketika berada dibawah bimbingan orang dewasa atau ketika berkolaborasi dengan teman sebaya yang lebih kompeten.

ZPD diartikan sebagai fungsi atau kemampuan yang belum matang yang masih berada pada proses pematangan. Tahapan ZPD yang terjadi dalam perkembangan dan pembelajaran yaitu :

1.      Tindakan anak masih dipengaruhi oleh orang lain

2.      Tindakan anak didasarkan atas inisiatif sendiri.

3.      Tindakan anak berkembng spontan dan terinternalisasi.

4.      Tindakan spontan akan terus diulang – ulang hingga anaksiap untuk berfikir secara abstrak.

3.      Private speech

Menurut vygotsky, kunci utama untuk memahamimproses sosial psikologis adalah tanda atu lambang yang berfungsi sebagai mediator.

Vygotsky menyakini bahwa bahasa memainkan peranan besar dalam perkembangan kognisi yang berupa

·         Bahasa sebagai mekanisme actual untuk berpikir.

·         Bahasa membuat pemikiran lebih abstrak, luwes, dan terbebas dari rangsangan yang bersifat antara.

·         Melalui bahasa, ingatan dan antisipasi ke masa depan dibawa kea rah situasi baru.

·         Bahasa dapat menjadikan anak berimajinasi, mengubah ( memanipulasi ), menciptakan gagasan baru dn membagi gagasan baru dengan anak lainnya.

Kemahiran dalam berbahasa dapat berfungsi sebagai

1.      Sumber berpikir.

2.      Mengetahui makna kata dan bentuk konsep.

3.      Konstruktivise sosial.

4.      Perkembangan intelektual.

 

A.    PRINSIP DASAR PERKEMBANGAN KOGNITIF VYGOTSKY

Vygotsky mengatakan bahwa jalan pikiran seseorang harus dimengerti dari latar sosial budaya dan sejarahnya. Artinya untuk memahami pikirn seseorang bukan dengan cara menelusuri apa yang ada dibalik otaknya dan pada kedalaman jiwanya, melainkan dari asal usul tindakan sebenarnya dan dari interaksi sosial yang dilatari oleh sejarah hidupnya.

Prinsip dasar perkembangan vygotsky yaitu

1.      Anak membangun berbagai pengetahuan.

2.      Perkembangan kognitif tidak dapat dipisahkan dari konteks sosial.

 

 

KEGIATAN BELAJAR 2

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN VYGOTSKY

Pada dasarnya berbagai aktivitas dalam semua konteks memerlukan perkembangan termasuk

·         Aktivitas yang menggunakan otot besar atau kasar.

·         Kecerdasan matematika.

·         Permainan drama dan interaksi sosial.

·         Waktu berkumpul atau pertemuan lelompok.

Vygotsky menggunakan konsep aktivitas terprogram untuk menentukan model interaksi antara anak – anak dengan lingkungan sosial yang mendasari pemenuhan kebutuhan perkembangan. Teori vygotsky banyak dipakai oleh guru dalam strategi pengajarannya. Berikut ini langkah – langkah teory vygotsky:

1.      Nilailah ZPD anak.

2.      Gunakan ZPD anak dalam mengajar.

3.      Manfaatkan lebih banyak teman sebaya yang terampil sebagai guru.

4.      Awasi dan doronglah anak untuk memanfaatkan private speech

5.      Tempatkan instruksi pada konteks yang bermakna

6.      Ubahlah suasana kelas seperti teori vygotsky.

Dalam pengembangan berbagai potensi anak usia dini dapat dilakukan melalui berbagai aktivitas yang terprogram untuk memenuhi kebutuhan perkembangan anak. Beberapa aktivitas yang dapat dirancang guru dalam ruangan kelas yaitu:

·         Balok bangunan.

·         Permainan dramatic (Dramatic play)

·         Menyampaikan cerita (Story telling)

·         Penulisan jurnal (Journal writing)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar