MODUL
4
TEORI
ERKEMBANGAN KOGNITIF VYGOTSKY
KEGIATAN
BELAJAR 1
FUNGSI
ALAT BERPIKIR ( TOOL OF THE MIND) DAN PRINSIP DASAR VYGOTSKY TENTANG
PERKEMBANGAN KOGNITIF
A.
PEMAHAMAN VYGOTSKY TENTANG KEGUNAAN
ALAT BERPIKIR
Menurut
vygotsky , anak – anak belajar melalui interaksi sosial.
Secara
spesifik vygotsky menjelaskan beberapa kegunaan dari alat berfikir yaitu
1.
Membantu memecahkan masalah
2.
Memudahkan dalam melakukan tindakan
3.
Memperluas kemampuan
4.
Melakukan sesuatu sesuai dengan
kapasitas alaminya
Peningkatan
fungsi – fungsi mental seseorang berasal dari kehidupan sosial atau kelompoknya
dan bukan sekedar dari individu itu sendiri, sehingga teori vygotsky disebut
dengan pendekatan ko – kontruktivisme.
Konsep
teori vygotsky tentang perkembangan kognitif
Yang
sesuai dengan teori revolusi – sosiokultural yaitu
1.
Hukum genetic tentang perkembangan (
Genetic law of development)
Kemampuan seseorang untuk tumbuh dan
berkembang melewati dua tataran, yaitu tataran sosial tempat orang – orang
membentuk lingkungan sosialnya dan tataran psikologis di dalam diri orang yang
bersangkutan.
2.
Zona perkembangan proksimal ( Zone of
proximal development, ZPD )
Perkembangan kemampuan seseorang dapat
dibedakan kedalam 2 tingkat yaitu
·
Tingkat perkembangan actual tampak dari
kemampuan seseorang untuk menyelesaikan masalah atau tugas-tugas ssecara
mandiri.
·
Tingkat potensial tampak dari kemampuan
seseorang untuk menyelesaikan masalah atau tugas-tugas ketika berada dibawah bimbingan
orang dewasa atau ketika berkolaborasi dengan teman sebaya yang lebih kompeten.
ZPD diartikan
sebagai fungsi atau kemampuan yang belum matang yang masih berada pada proses
pematangan. Tahapan ZPD yang terjadi dalam perkembangan dan pembelajaran yaitu
:
1.
Tindakan anak masih dipengaruhi oleh
orang lain
2.
Tindakan anak didasarkan atas inisiatif
sendiri.
3.
Tindakan anak berkembng spontan dan
terinternalisasi.
4.
Tindakan spontan akan terus diulang –
ulang hingga anaksiap untuk berfikir secara abstrak.
3.
Private speech
Menurut vygotsky, kunci utama untuk
memahamimproses sosial psikologis adalah tanda atu lambang yang berfungsi
sebagai mediator.
Vygotsky menyakini bahwa bahasa
memainkan peranan besar dalam perkembangan kognisi yang berupa
·
Bahasa sebagai mekanisme actual untuk
berpikir.
·
Bahasa membuat pemikiran lebih abstrak,
luwes, dan terbebas dari rangsangan yang bersifat antara.
·
Melalui bahasa, ingatan dan antisipasi
ke masa depan dibawa kea rah situasi baru.
·
Bahasa dapat menjadikan anak
berimajinasi, mengubah ( memanipulasi ), menciptakan gagasan baru dn membagi
gagasan baru dengan anak lainnya.
Kemahiran dalam
berbahasa dapat berfungsi sebagai
1.
Sumber berpikir.
2.
Mengetahui makna kata dan bentuk
konsep.
3.
Konstruktivise sosial.
4.
Perkembangan intelektual.
A.
PRINSIP DASAR PERKEMBANGAN KOGNITIF
VYGOTSKY
Vygotsky
mengatakan bahwa jalan pikiran seseorang harus dimengerti dari latar sosial
budaya dan sejarahnya. Artinya untuk memahami pikirn seseorang bukan dengan
cara menelusuri apa yang ada dibalik otaknya dan pada kedalaman jiwanya,
melainkan dari asal usul tindakan sebenarnya dan dari interaksi sosial yang
dilatari oleh sejarah hidupnya.
Prinsip
dasar perkembangan vygotsky yaitu
1.
Anak membangun berbagai pengetahuan.
2.
Perkembangan kognitif tidak dapat
dipisahkan dari konteks sosial.
KEGIATAN
BELAJAR 2
IMPLEMENTASI
MODEL PEMBELAJARAN VYGOTSKY
Pada
dasarnya berbagai aktivitas dalam semua konteks memerlukan perkembangan
termasuk
·
Aktivitas yang menggunakan otot besar
atau kasar.
·
Kecerdasan matematika.
·
Permainan drama dan interaksi sosial.
·
Waktu berkumpul atau pertemuan
lelompok.
Vygotsky
menggunakan konsep aktivitas terprogram untuk menentukan model interaksi antara
anak – anak dengan lingkungan sosial yang mendasari pemenuhan kebutuhan
perkembangan. Teori vygotsky banyak dipakai oleh guru dalam strategi
pengajarannya. Berikut ini langkah – langkah teory vygotsky:
1.
Nilailah ZPD anak.
2.
Gunakan ZPD anak dalam mengajar.
3.
Manfaatkan lebih banyak teman sebaya
yang terampil sebagai guru.
4.
Awasi dan doronglah anak untuk
memanfaatkan private speech
5.
Tempatkan instruksi pada konteks yang
bermakna
6.
Ubahlah suasana kelas seperti teori
vygotsky.
Dalam
pengembangan berbagai potensi anak usia dini dapat dilakukan melalui berbagai
aktivitas yang terprogram untuk memenuhi kebutuhan perkembangan anak. Beberapa
aktivitas yang dapat dirancang guru dalam ruangan kelas yaitu:
·
Balok bangunan.
·
Permainan dramatic (Dramatic play)
·
Menyampaikan cerita (Story telling)
·
Penulisan jurnal (Journal writing)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar