1 |
Iman
diartikan sebagai suatu kepercayaan atau sikap bating. Pengertian ini tidak
sesuai dengan .... A. Hadits Nabi |
2 |
Ada dua
kelompok manusia yaitu mukmin dan kafir. Orang yang kafir kepada Allah dalam
konteks bangsa Indonesia adalah .... B.
Menolak ajaran Allah |
3 |
Bangsa
Indonesia adalah bangsa yang beriman dan bertaqwa kepada Allah. Pernyataan
tersebut mengandung konsekuensi bahwa bangsa Indonesia harus .... D. Menerapkan ajaran Allah |
4 |
Aspek
pertama dalam iman menurut hadits nabi adalah kalbu. Pengertian kalbu yang
sesuai dengan Al-quran adalah .... B.
Keyakinan yang terletak pada jantung |
5 |
Salah satu
sikap yang mencerminkan iman kepada Allah adalah .... C. Menerapkan ajaran Allah |
6 |
Prasyarat
menjadi mukmin billah adalah memahami isi Al-quran. Di antara alasan yang
mendukung pernyataan tersebut adalah .... A. Kehendak Allah akan diketahui oleh manusia, jika memahami isi
Al-qur’an |
7 |
Berikut
ini merupakan salah satu strategi dalam rangka pembinaan iman kepada Allah
.... A. Menyakinkan kepada orang tentang
kebenaran konsep yang diajarkan Allah |
8 |
Salah satu
ciri orang yang beriman kepada Allah adalah bertawakal kepada-Nya. Pengertian
bertawakal kepada Allah dalam kaitannya dengan iman adalah .... A. Mengakui dan membenarkan keputusan
Allah |
9 |
Beriman
atau tidaknya seseorang kepada Allah ditentukan berdasarkan ketentuan atau
kehendak Allah maksudnya adalah untuk .... A. Menilai beriman atau tidaknya seseorang dengan parameter
kepatuhannya terhadap Allah |
10 |
Iman
seseorang dapat bertambah dan berkurang. Untuk memperbaharui iman seseorang
langkahnya .... D. Mempelajari Al-quran secara rutin dan
terjadwal |
11 |
Konsep
Ketuhanan menurut pemikiran manusia berkembang secara bertahap. Tahapan
tersebut adalah .... C. Pemikiran
manusia berkembang secara bertahap, dari primitif meningkat menjadi
berkembang, maju dan selanjutnya modern |
12 |
Kepercayaan
kepada mukjizat seperti tongkat Nabi Musa menjadi ular, api menjadi es dan
lain-lain sejalan dengan ... A.
Kepercayaan kepada benda-benda mempunyai makna (supra natural) disebut paham
dinamisme |
13 |
Konsep
Ketuhanan monoteisme yang dikembangkan dalam pemikiran modern (Barat) adalah
paham .... B. Deisme, yaitu paham yang
mempercayai Tuhan Maha Esa, mengagumi dan mendengarkan-Nya, namun tidak
memerankan ajaran Tuhan |
14 |
Paham
Demokrasi tidak sejalan dengan monoteisme modern, kecuali .... B. Deisme
karena paham ini memerankan manusia sebebas-bebasnya |
15 |
Konsep
Ketuhanan dalam Islam yang sejalan dengan ajaran Islam adalah ..... C. Memfungsikan ajaran Tuhan dalam kehidupan
adalah inti dari ajaran Islam |
16 |
Bertuhan
atau tidaknya manusia dipandang dari ajaran Islam adalah .... D. Orang kafir (ateis) seperti Firaun
mengakui keesaan Tuhan dan mengakui bahwa ia sebagai Pencipta Yang Maha
Hebat. Namun mereka keberatan menerima konsep yang diajarkan oleh para rasul |
17 |
Didalam
Al-quran terdapat ayat-ayat yang mengungakapkan tentang gejala-gejala
alamiah, seperti, Ia menurunkan hujan dari langit. Dari bumi yang gersang,
menumbuhkan aneka model tanaman. Diantara fungsi pengungkapan gejala-gejala
alamiah adalah menyadarkan manusia agar .... D. Mengajak manusia agar patuh kepada Allah digunakan berbagai
pendekatan diantaranya menggunakan pendekatan ilustratif |
18 |
Di
kalangan umat Islam terdapat dua Mahzhab (aliran) teologi yang berseberangan,
yaitu .... A. Aliran Teologi yang
berkembang di kalangan umat Islam adalah Jabariah dan Qadariah |
19 |
Salah satu
usaha yang paling pokok dalam menumbuhkembangkan konsep Ketuhanan Yang Maha
Esa di Indonesia adalah .... C. Karena
Bangsa Indonesia telah sepakat sebagai bangsa yang berKetuhanan Yang Maha Esa |
20 |
Dia antara
sikap yang tidak perlu dilakukan
oleh umat Islam Indonesia adalah mengajak umat islam .... A. Pengantur aliran Islam yang dilarang
oleh Pemerintah bukan harus dimusuhi melainkan harus diluruskan. Lagi pula
yang dilarang oleh Pemerintah belum tentu sesat |
21 |
Yang
dimaksud bahwa manusia sebagai makhluk fisik adalah .... A. Karena manusia memiliki otak dan jantung yang masing-masing
anggota badan satu sama lain dihubungkan melalui susunan syaraf yang sangat
kompleks |
22 |
Yang
dimaksud manusia sebagai makhluk non fisik adalah .... A. Karena manusia memiliki ruh dan jiwa yang memerankan adanya proses
berpikir, merasa, bersikap |
23 |
Agama
Islam mempunyai pandangan tertentu tentang manusia. Hakikat manusia menurut
pandangan Islam adalah C. Manusia
adalah makhluk hidup yang mempunyai akal, merasa, dan cenderung ke arah
kebijakan |
24 |
Dalam
Al-quran siebutkan wa laqod karomna
bani adam, ayat ini menunjukkan bahwa ..... C. Manusia sebagai makhluk unggulan |
25 |
Agama
Islam memberikan gambaran tentang
hakikat manusia sebagai makhluk yang sempurna, maksud pernyataan tersebut
adalah .... D. Manusia tingkat
kehidupannya disampingn ditentukan oleh akal juga oleh bisikan hati nuraninya |
26 |
Tujuan menjelaskan
asal kejadian manusia dalam Al-quran adalah menggambarkan .... B. Manusia, unsur-unsur jasmaniahnya
terbuat dari unsur zat yang ada dalam tanah |
27 |
Agama
Islam itu menjadi pesoman hidup bagi manusia. Hakikat Islam sebagai pedoman
hidup adalah .... D. Nilai ajaran
Islam itu lebih tinggi dan universal dibandingkan dengan nilai budaya manusia |
28 |
Allah
menegaskan bahwa manusia adalah
engabdikan dirinya kepada Allah. Pengertian mengabdikan diri kepada
Allah adalah .... A. Hidup dan mati
manusia itu untuk Allah |
29 |
Agama
Islam sebagai pedoman hidup manusia memberi manfaat bagi manusia dan
masyarakat. Manfaat Islam itu disebabkan agama Islam merupakan suprasistem
dalam bidang .... D. Aqidah, keimanan,
syari’ah dan akhlak |
30 |
Manfaat
agama Islam bagi manusia meliputi .... D.
Informasi tentang makhluk, Khalik, alam gaib dan nyata, serta petunjuk
tentang baik dan buruk |
31 |
Manusia
dalam pandangan kebendaan atau paham matrealisme berbeda dengan Islam ,
manusia adalah .... C. Makhluk Allah,
yang ditugasi untuk beribadah kepada-Nya |
32 |
Hak
seseorang terhadap orang lain menurut Islam adalah .... D. Jujur dan disiplin |
33 |
Hak
sesorang terhadap diri sendiri menurut Islam adalah .... C. Memenuhi keinginan diri sendiri, dengan tidak merugikan orang lain |
34 |
Tujuan
hukum (syari’at) Islam bagi manusia adalah .... A. Mengatur tata hidup dan pergaulan manusia |
35 |
Bunuh diri
dilarang oleh ajaran Islam dengan alasan .... A. Bersikap tanpa harapan atau frustasi |
36 |
Hak
manusia atas harta adalah .... D.
Memelihara dan memanfaatkan harta di jalan Allah |
37 |
Khalifah
Allah adalah .... A. Penguasa dan
pengatur bumi untuk dan atas nama Allah |
38 |
Tugas
manusia sebagai khalifah Allah adalah .... A. Memakmurkan dan menciptakan ketenteraman di dunia atas petunjuk
agama Allah |
39 |
Fungsi
Ilmu Pengetahuan dalam hubungannya dengan iman adalah .... D. Petunjuk jalan yang membimbing ke arah
keimanan |
40 |
Dalam
rangka memenuhi hak Allah manusia berkewajiban .... D. Bertakwa dan tidak menyekutukannya |
41 |
Di tinjau
dari hukum kauniah (asal
penciptaan), manusia adalah makhluk Allah yang paling mulia, karena manusia
memiliki .... A. Daya berpikir yang
melebihi makhluk lain |
42 |
Berikut
ini adalah sebutan tentang manusia di
dalam al-Quran, kecuali .... D. Al-Nisyan |
43 |
Sebagai an-Nas manusia adalah makhluk yang
memiliki potensi keinginan untuk .... B.
Bersaing |
44 |
Sebagai al-Basyar, manusia adalah makhluk
yang memiliki potensi bertanggung
jawab kepada .... B. Allah |
45 |
Sebagai
khalifah dibumi, manusia harus bertanggung jawab kepada Allah atas
perbuatannya .... C. Sejak sebelum
lahir sampai ia mati |
46 |
Peran
manusia sebagai khalifah akan berfungsi dengan baik jika didukung oleh .... A. Pengetahuan dan pengalaman |
47 |
Di antara pengertian
khalifah dalam bahasa Indonesia
adalah .... D. Pemimpin semua makhluk |
48 |
Manusia
disebut makhluk istimewa karena diberi .... C. Kebebasan untuk memilih agama |
49 |
Menurut
al-Quran dalam surat Al-Jaatsiyah (45): 13, Allah menundukkan buat manusia
segala yang ada di langit dan di bumi. Ayat tersebut menunjukan bahwa manusia
.... B. Dipercaya untuk mengelola alam |
50 |
Manusia
dalam beberapa hal ada kesamaannya denagn hewan, kecuali .... B. Berpikir,
beragama dan berbudaya |
51 |
Mnurut
Emile Durkheim yang dimaksud masyarakat adalah .... A. Suatu kenyataan yang objektif secara mandiri, bebas dari
individu-individu yang merupakan anggota-anggotanya |
52 |
Yang
termasuk unsur pokok masyarakat, kecuali
.... D. Adanya tokoh pemersatu |
53 |
Masyarakat
beradab dan sejahtera dapat dikonseptualisasikan sebagai masyarakat .... C. Madani |
54 |
Prinsip
masyarakat madani adalah keadilan .... A.
Bagi seluruh warga |
55 |
Masyarakat Madani yang dibangun oleh Nabi merupakan
alternatif bagi masyarakat jahiliyyah. Sementara masyarakat madani yang
hendak dibangun di dunia modern merupakan alternatif bagi bentuk pemerintah
.... C. Otoriter |
56 |
Egalitarianisme
memiliki arti, kecuali .... D. Suatu paham yang memberi keistimewaan
pada ras tertentu |
57 |
Sikap
menerima dengan tulus bahwa kemajemukan merupakan bagian dari hukum Allah dan
karunia-Nya adalah .... C. Pluralisme |
58 |
Hukum
harus ditegakkan atas semua warga tanpa pandang bulu. Hal ini merupakan
perwujudan dari prinsip .... A. Supremasi hukum |
59 |
Ayat yang
berkenaan dengan pengawasan sosial terdapat di dalam .... B. QS. Al-Ashr: 1-3 |
60 |
Ayat di
atas berkenaan dengan prinsip masyarakat madani, yaitu .... B. Pluralisme |
61 |
Plural
artinya .... A. Majemuk |
62 |
Indonesia
dikenal sebagai bangsa yang plural, artinya kecuali bangsa yang .... D. Semua daerahnya menggunakan bahasa
Indonesia |
63 |
Kesatuan
kebangsaan rakyat Indonesia pertama kali dinyatakan dalam .... C. Sumpah pemuda 1928 |
64 |
Pluralitas
bangsa Indonesia tidak untuk perpecahan. Makna itu digambarkan secara
simbolik oleh .... D. Bhineka Tunggal
Ika |
65 |
Dalam
perspektif Al-Quran, Pancasila merupakan kalimat sawa diantara berbagai
kelompok yang ada di Indonesia. Pendapat itu dikemukakan oleh .... C. Nurcholis Madjid |
66 |
Pancasila
sebanding dengan piagam Madinah karena, kecuali .... D. Menjunjung tinggi hak asasi yang sama |
67 |
Dalam
usaha menjaga kerukunan umat beragama, dialog perlu dilakukan untuk, kecuali
.... D. Menghasilkan kesepakatan yang
tidak merugikan satu sama lain |
68 |
Yang
termasuk sebagian peran umat beragama bagi terciptanya saling pengertian
dalam usaha mewujudkan masyarakat madani diantara umat beragama adalah .... D. Berlomba-lomba untuk menyebarkan agama
masing-masing |
69 |
Studi
agama dilakukan dengan tujuan, kecuali .... C. Mengembangkan pengertian sesuai dengan
agama masing-masing |
70 |
“Tidak ada
perdamaian diantara bangsa-bangsa tanpa adanya dialog antaragama; tidak ada
perdamaian diantara gama-agama tanpa adanya dialog antara umat beragama,
tidak ada dialog antar umat beragama tanpa ada investigasi dasar (fondasi)
agama-agama”. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh .... D. Semuanya salah |
71 |
Dalam
bahasa Arab sescara etimologis hak berarti, kecuali .... D. Aman |
72 |
“Hak asasi
manusia berarti kalim moral yang tidak dipaksakan dan melekat pada diri
individu berdasarkan kebebasan manusia”. Pernyataan tersebut merupakan arti
hak asasi manusia secara terminologi, dikemukakan oleh .... C. Leah Levin |
73 |
Yang tidak termasuk bagian daripada hak asasi manusia
adalah .... D. Memberikan upah kepada
semua orang secara sama |
74 |
Pesan
penting Rasulullah tentang hak asasi manusia dikemukakan pada peristiwa .... D. Menerima ayat pertama |
75 |
Sejarah
demokrasi sudah dimulai sejak zaman Yunani Kuno. Demokrasi modern berkemban
dengan ide-ide dan lembaga-lembaga dari tradisi pencerahan yang dimulai dari
abad ke-16. Tradisi tersebut berasal salah satunya dari ide “negara kontrak”
yang digagas oleh .... B. Thoms Hobbes
(1588-1679) |
76 |
Pernyataan
berikut yang sesuai dengan makna demokrasi adalah, kecuali .... C. Memberikan rakyat bebas bertindak
anarkis |
77 |
Yang tidak
termasuk unsur penting dalam demokrasi adalah.. D. Mufakat |
78 |
Diberlakukannya
demokrasi akan menghalangi munculnya .... A. Pemerintahan yang otoriter |
79 |
Demokrasi
dengan singkat dan padat dirumuskan sesbagai “goverment of the people, by the
people, for the people” yang berarti pemerintahan .... A. dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat |
80 |
Ayat
tersebut memuat salah satu prinsip demokrasi yaitu .... A. Musyawarah |
81 |
Para ulama
menjelaskan pengertian hukum syari’at sebagai .... D. Seperangkat aturan yang berasal dari pembuat syari’at (Allah SWT)
yang berhubungan dengan perbuatan manusisa |
82 |
Dalam
surat Al-‘Ankabut/29: 45 dijelaskan tentang salah satu tuntutan hukum bagi
manusia agar mengerjakan suatu ibadah berupa .... C. Membaca Al-Qur’an dan shalat |
83 |
Secara
garis besar hukum syari’at dibagi menjadi lima macam, yaitu .... C. Wajib, sunnah, makruh, haram, dan
mubah |
84 |
Pengertian
sunnah ghoiru muakkad adalah .... B.
Perbuatan yang jarang dilakukan oleh Rasulullah SAW, bahkan jarang sekali
beliau kerjakan, kecuali hanya beberapa kali saja |
85 |
Di bawah
ini adalah beberapa ungkapan yang dapat dikategorikan sebagai bernilai haram,
kecuali .... B. Secara tegas
mengandung kata-kata yang menunjukkan keharusan untuk dikerjakan |
86 |
Yang
dimaksud dengan prinsip hukum Islam sebagaimana dijelaskan para ulama adalah
.... A. Kebenaran universal yang
inheren di dalam hukum Islam dan menjadi titik tolak pelaksanaan dan
pembinaannya |
87 |
Suatu
kaidah yang berbunyi “Masalah-masalah dalam hukum Islam apabila telah
menyempit maka menjadi meluas, apabila masalah-masalah tersebut meluas maka
kembali menyempit”, adalan cabang dari prinsip utama hukum Islam .... C. Prinsip keadilan |
88 |
Surat
Al-A’raf/7: 172 menjelaskan tentang prinsip utama dalam hukum Islam yaitu
prinsip tauhid yang mengandung arti .... A.
Seluruh manusia ada di bawah ketetapan yang sama sebagai hamba Allah |
89 |
Salah satu
cabang prinsip tauhid adalah “beban hukum yang diciptakan oleh Allah
bertujuan untuk kemaslahatan hidup manusia, bukan untuk kepentingan Allah
SWT”. Hal tersebut didasarkan pada penjelasan ayat .... B. Surat al-Isra’ ayat 7 |
90 |
Prinsip
hukum Islam yang menyatakan bahwa sesama warga masyarakat harus saling
menolong demi tercapainya kemaslahatan bersama, adalah penjelasan dari .... C. Prinsip tolong-menolong |
91 |
Haidts
yang disampaikan para sahabat Nabi SAW yang diawali dengan ungkapan bahwa
“Nabi SAW bersabda”. Oleh para ulama dikelompokkan sebagai jenis .... C. Haidts qauliyah (ucapan) |
92 |
Diantara
ayat-ayat Al-Qur’an yang secara tegas memerintahkan umat Islam untuk beriman
kepada Allah SWT dan Rasul-Nya adalah .... B. Surat An-Nisa’ ayat 59 |
93 |
Berdasarkan
argumen keimanan maka menerima segala yang berasal dari Rasul Allah adalah,
kecuali .... D. Sesuai dengan
kebutuhan saja |
94 |
Surat
an-Nahl ayat 44 menjelaskan tentang salah satu tugas Nabi SAW yaitu .... B. Menyampaikan dan menjelaskan ayat-ayat
Allah SWT |
95 |
Dua
perkara yang diwariskan Nabi SAW dan apabila umat Islam berpegang teguh
kepada keduanya maka akan selamat, kedua hal tersebut adalah .... C. Al-Qur’an dan sunnah |
96 |
Al-Qur’an
memerintahkan kepada seorang muslim yang sudah baligh untuk mengerjakan
shalat, perintah tersebut juga disampaikan oleh Rasulullah SAW maka dalam hal
ini posisi hadits terhadap Al-Qur’an adalah .... D. Menguatkan hukum yang telah ditetapkan Al-Qur’an |
97 |
Diantara
cara Nabi SAW menjelaskan hukum-hukum yang masih global dalam Al-Qur’an
adalah, kecuali .... B. Membuat hukum
tersendiri |
98 |
Diantara
contoh bahwa Nabi Muhammad SAW juga menetapkan hukum baru dalam agama adalah
.... C. Diharamkannya binatang buas
yang bertaring |
99 |
Diantara
ayat yang menjelaskan bahwa perkataan Nabi Muhammad SAW pada dasarnya adalah
wahyu dari Allah SWT adalah .... B.
Surat An-Najm ayat 3-4 |
100 |
Tidak
semua yang dikerjakan Nabi SAW menjadi sumber hukum, kecuali .... C. Segala sesuatu yang dianjurkan oleh
Nabi Muhammad SAW untuk dikerjakan |
101 |
Agama
secara etimologis berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu .... B. a adalah cara, gama adalah jalan |
102 |
Agama
sescara terminologi meliputi, kecuali .... D. Sistem aturan agar tidak kacau |
103 |
Secara
garis besar agama diklasifikasikan ke dalam .... A. Tiga |
104 |
Yang tidak
termasuk klasifikasi agama adalah .... A.
Agama nabi dan agama manusia |
105 |
Yang tidak
termasuk agama wahyu adalah .... D.
Hindu |
106 |
Ilmu yang
mempelajari baik dan buruk disebut etika. Karena itu etika bisa dikatakan
sebagai .... A. Teori tentang moral |
107 |
“Sumber
kebaikan dan keburukan adalah kebahagiaan”. Pernyataan tersebut dikemukakan
oleh .... C. Egoistik hedonisme |
108 |
Kebaikan
dan keburukan diukur oleh kebahagiaan, tetapi kebahagiaan menurut kebanyakan
orang yang merasakannya. Aliran ini disebut hedonisme universal. Salah
seorang penggagasnya adalah .... A.
Jhon Stuart Mill (1806-1873) |
109 |
Sumber
utama moral dalam Islam adalah .... C.
Al-Qur’an |
110 |
Agama
masih memiliki peranan yang besar bagi kehidupan manusia modern untuk
menghindari krisis moral. Hal tersebut karena ajaran-ajaran agama bersifat
.... A. Absolut |
111 |
Akhlak
yang sesuai dengan ketentuan Al-Qur’an menurut Al-Ghazali ada empat, salah
satunya adalah akhlak .... A. Mahmudah |
112 |
Sendi
akhlak mulia yang bersifat batin menurut Al-Ghazali ada empat, salah satunya
adalah .... C. Hikmah |
113 |
Dalam
perwujudannya, akhlak terhadap Allah meliputi, kecuali .... D. Shalat |
114 |
Akhlak
terhadap diri sendiri meliputi antara lain adalah sabar. Sabar berarti .... A. Lapang dada ketika mendapat musibah |
115 |
Yang tidak
termasuk sikap tasamuh adalah .... C.
Mengamalkan ajaran agama orang lain secara sukarela |
116 |
Ayat
tersebut berkenaan dengan akhlak terhadap orang lain, yaitu .... C. Musawah |
117 |
Manusia
tidak mungkin hidup sendiri. Karena manusia secara fitrah adalah makhluk ....
B. Sosial |
118 |
Manusia
harus berbuat baik kepada orang tua. Hal tersebut dalam Al-Qur’an terdapat
dalam surat .... A. Al-Isra: 23-24 |
119 |
Salah satu
akhlak terhadap orang lain adalah ta’awun. Ta’awun adalah saling .... C. Menolong |
120 |
Ayat
tersebut berkaitan dengan akhlak .... C.
Terhadap alam |
121 |
Menyakini
dengan hati dan mengucapkan dengan lisan serta melakukan dengan perbuatan
dengan anggota tubuh adalah merupakan pengertian dari .... C. Imam |
122 |
Jika iman
didefinisikan dengan pendirian yang diwujudkan dalam bentuk bahasa dan
perilaku, maka istilah iman identik dengan .... A. Kepribadian manusia seutuhnya, pendirian yang konsisten dan
memiliki kecerdasan, kemauan, dan keterampilan |
123 |
Para
sarjana muslim berpandangan bahwa yang disebut ilmu itu tidak hanya terbatas
pada pengetahuan (knowledge) dan ilmu (science) saja, melainkan ilmu oleh Allah
dirumuskan dalam “lauhil mahfudz” yang disampaikan kepada kita melalui Al
Qur’an dan As-Sunnah. Hal ini tercantum dalam Al Qur’an .... A. Surat Al Buruj 21-22 |
124 |
Selain
manusia didorong untuk mencari dan menggunakan ilmu, juga dia diwajibkan
untuk menyebarluaskan ilmu, hal ini terdapat dalam Al Qur’an surat .... A. At-Taubah 122 |
125 |
Menurut
sebagian ulama, yang berbicara tentang alam materi dan fenomenanya, dan yang
memerintahkan manusia untuk mengetahui dan memanfaatkan alam ini sesbanyak
.... A. 750 ayat Al Qur’an |
126 |
Kata
sakhkara dalam Al Qur’an yang berkaitan dengan penjelasan fenomena alam,
diartikan dengan padanan kata .... B.
Menundukkan |
127 |
Menurut pandangan
Islam ilmu mencakup .... C. Ilmu Allah
yang disampaikan kepada manusisa melalui Al Qur’an dan As-Sunnah |
128 |
Seni Islam
dijelaskan oleh Muhammad Quthb dalam Manhaj At Tarbiyah Al-islamiyah adalah
.... A. Ekspresi tentang keindahan
wujud dari sisi pandangan islam tentang alam, hidup, dan manusia yang
mengantar menuju pertemuan sempurna antara kebenaran dan keindahan |
129 |
Padanan
kata amal dalam bahasa Indonesia adalah .... B. Bekerja |
130 |
Kata amal
dalam Al Qur’an terapat .... B. 620
kata |
131 |
Pengertian
wajib adalah .... A. Melaksanakan
mendapat pahala, meninggalkan mendapat siksa |
132 |
Berpikir
dalam perspektif ajaran Islam merupakan suatu keharusan bagi manusia.
Pernyataan tersebut landasannya adalah .... B. Tuntutan Allah kepada manusia sesbagai ciptaan-Nya |
133 |
Pikir dan
zikir merupakan dua kata yang kerap kali dipertentangkan. Mempertentangkan
keduanya adalah keliru, alasannya sebagai berikut kecuali .... A. Berpikir adalah proses berdzikir |
134 |
Penjelasan
Al Qur’an tentang kewajiban menuntut ilmu diantaranya tercantum pada surat
.... A. 9: 122 |
135 |
Berpikir
ilmiah yang sesuai dengan kaidah berpikir dalam Islam adalah menjadikan .... C. Al Qur’an sebagai sumber berpikir |
136 |
Tuntutan
mengamalkan baik keilmuan maupun yang bersifat muamalah adalah amal yang
saleh, hal ini dijelaskan dalam Al Qur’an pada surat .... D. Al-ashr ayat 1-3 |
137 |
Al-ilmu
bila amalin kaskajarin bila tsamarin artinya adalah ilmu yang .... B. Ilmu yang tidak diamalkan bagaikan
pohon tidak berbuah |
138 |
Dalam Al
Qur’an terdapat 620 kata amal, padanan kata amal adalah .... D. Bekerja |
139 |
Sebuah
hadits menjelaskan al-ulamau warotsatul anbiyai kalimat ini artinya adalah
bahwa ilmuwan adalah ahli waris .... C.
Bahwa ilmuwan adalah ahli waris para nabi |
140 |
Menuntut
dan mengamalkan ilmu pengetahuan adalah merupakan suatu kewajiban. Kewajiban
dalam bahasa istilah agama adalah .... A.
Fardlu |
141 |
Pengertian
tanggung jawab dalam bahasa agama adalah .... C. Hisab |
142 |
Berikut
ini adalah prinsip-prinsip tanggung jawab, kecuali .... D. Nilai prestise |
143 |
Berikut
ini adalah bentuk tanggung jawab, kecuali .... B. Mementingkan sendiri |
144 |
Sebagai
seorang muslim harus memiliki pendirian bahwa menuntut ilmu hukumnya adalah
.... A. Fardlu |
145 |
Berikut
ini adalah hal-hal yang termasuk tanggung jawab ilmuwan, kecuali .... A. Berdasarkan akal sehat |
146 |
Pada
dasarnya tanggung jawab seniman lebih mengutamakan agar budaya yang
berkembang tidak bertentangan dengan .... D. Nilai qur’ani |
147 |
Ayat Al-Qur’an
yang menjelaskan tentang tanggung jawab bagi orang yang mengikuti sesuatu
tanpa memiliki ilmu, yaitu surat .... C.
17: 32 |
148 |
Penjelasan
tentang waktu, bahwa semua manusia akan merugi kecuali orang yang beriman dan
memperhatikan kebenaran dan kesabaran, hal ini dijelaskan dalam Al Qur’an
surat .... B. 102: 1-3 |
149 |
Ayat Al
Qur’an yang menjelaskan tentang diciptakan keindahan untuk manusia merupakan
kesenangan hidup di dunia, dijelaskan pada surat .... A. 3: 14 |
150 |
Menurut
Muhammad Quthb dalam Manhaj Al-Tarbiyah Al-islamiyah, bahwa yang dimaksud
dengan seni islam adalah .... A.
Ekspresi tentang keindahan wujud tentang alam, hidup dan manusia yang
mengantar menuju pertemuan sempurna antara kebenaran dan keindahan |
151 |
Budaya
akademik dalam islam mengandung arti .... A. Kebiasaan menyangkut masalah keilmuan dalam Islam |
152 |
Ayat
AL-quran yang pertama kali turun adalah .... C. Surat Al-‘Alaq: 1-5 |
153 |
Terjemah
ayat yang berbunyi ‘’Bacalah dengan nama Tuhanmu’’ adalah .... B. Al-‘Alag ayat 1 |
154 |
Diantara
apresiasi Al Qur’anterhadap pentingnya ilmu pengetahuan adalah semua benar,
kecuali .... D. Diwajibkannya seorang
muslim mengerjakan shalat |
155 |
Al Qur’an
mengecam orang-orang yang beragama hanya karena ikut-ikutan, tidak didasarkan
kepada ilmu, hal ini dijelaskan dalam .... A. Surat Al-Baqarah ayat 170 dan Al-Maidah ayat 104 |
156 |
Tiga
tahapan yang diajarkan Al Qur’an seperti dijelaskan dalam surat An-Nahl/16:
125 untuk mengajak manusia ke jalan Allah adalah dengan .... C. Hikmah, nasihat yang baik, dan adu
argumentasi yang lebih baik |
157 |
Muslim
yang memiliki budaya akademik berarti harus menggabungkan tiga unsur yaitu
.... A. Kecerdasan akal, iman yang
kokoh dan hati yang tunduk kepada Allah SWT |
158 |
Karakteristik
seorang muslim yang berbudaya akademik dijelaskan dalam Al-Qur’an: dalam ....
B. Surat Ali ‘Imran ayat 191-193 |
159 |
Karakteristik
orang yang memiliki budaya akademik menurut Al-Qur’an adalah selalu .... D. Mengingat Allah dan memikirkan ciptaan
Allah |
160 |
Dalam
surat Az-Zumar ayat 18 dijelaskan salah satu karakter orang yang berbudaya
akademik, yaitu .... C. Konsisten
mendengarkan ajaran yang lebih baik dan kemudian mengikutinya |
161 |
Tujuan
utama Allah menciptakan manusia seperti yang disebutkan Al Qur’an adalah ....
D. Sebagai khalifah dan hamba |
162 |
Ayat yang
menjelaskan tentang tugas manusia antara lain .... C. Al-Imran ayat 191 dan Al-Maidah ayat 104 |
163 |
Al-Qur’an
sangat menganjurkan agar setiap muslim memiliki etos kerja yang tinggi diantaranya
dengan .... B. mengatur waktu secara
baik |
164 |
Diantara
ajaran Al-Qur’an agar seorang memiliki etos kerja yang tinggi adalah dengan
bekerja sesuai dengan kompetensi, hal ini diisyaratkan dalam .... D. Surat Al-Jumu’ah ayat 9 |
165 |
Etika
seorang muslim ang memiliki etos kerja yang tinggi, adalah .... A. Tidak boleh melalaikan Allah dan
meninggalkan shalat |
166 |
Di bawah
ini adalah arti adil dalam kamus, kecuali .... D. Bersikap apa adanya |
167 |
Salah satu
sikap positif bagi orang yang memiliki etos kerja yang tinggi adalah .... B. Selalu bersikap jujur |
168 |
Ayat
Al-Qur’an yang berbicara tentang kewajiban seorang mukmin untuk menegakkan
keadilan dalam segala aspeknya adalah .... C. Surat An-Nisa’ ayat 135 |
169 |
Salah satu
cara agar etos kerja tetap terjaga (tidak mudah putus asa) adalah dengan
selalu berprasangka baik terhadap Allah yaitu semua pernyataan benar, kecuali
.... D. Manusia suka mengeluh |
170 |
Orang yang
mempunyai etos kerja akan selalu bersikap adil dan sikap adil itu dekat
sekali dengan sikap .... D. Ketakwaan
dan kebaikan |
171 |
Secara
kebahasaan kata politik dalam kamus mengandung arti, semua pernyataan benar,
kecuali .... D. Segala cara dapat
meraih kekuasaan |
172 |
Ayat utama
yang berbicara tentang prinsip kekuasaan politik menurut para ulama adalah
.... B. An-Nisa ayat 58-59 |
173 |
Ada
beberapa prinsip kekuasaan politik yang diajarkan oleh Al-Qur’an, diantaranya
dijelaskan di bawah ini, kecuali .... D.
Kewajiban untuk mengerjakan sholat |
174 |
Di bawah
ini beberapa contoh prinsip politik yang amanah, kecuali .... A. Menggunakan fasilitas yang disediakan |
175 |
Di bawah
ini adalah beberapa jenis amanat yang diajarkan oleh agama Islam, kecuali
.... D. amanat antara manusia dengan
idolanya |
176 |
Dalam
surat Al-Baqarah/2: 151 disinggung salah satu amanat yang dipikul oleh
pemegang kekuasaan politik adalah .... C.
Mencerdaskan dan membangun kekuatan bidang spiritual |
177 |
Salah satu
prinsip ajaran politik yang diajarkan oleh Al-Qur’an adalah menegakkan hukum
secara adil, di bawah ini contoh penegakkan hukum yang adil, kecuali .... C. Kalau atasan kita yang melanggar maka
harus diperingan hukumannya |
178 |
Ketaatan
terhadap ulil amri adalah salah satu prinsip politik yang diajarkan oleh
Al-Qur’an, dan ini sangat penting bagi kemajuan bangsa. Di bawah ini contoh
sikap taat terhadap ulil amri, kecuali .... B. bersikap masa bodoh terhadap lingkungan sekitarnya |
179 |
Di bawah
ini contoh-contoh tentang hal-hal yang harus dilakukan oleh ulil amri,
kecuali .... D. Mengatur ritual dan
tata cara ibadah setiap muslim |
180 |
Di bawah
ini adalah sifat yang harus dimiliki oleh seseorang yang mendapat amanat
sebagai pemegang kekuasaan politik, kecuali .... D. Harus pandai mengambil hati terhadap atasan |
181 |
Di bawah
ini adalah prinsip-prinsip yang diajarkan oleh Islam untuk mewujudkan
persatuan dan kesatuan bangsa, kecuali .... C. Prinsip kekuasaan dan tangan besi |
182 |
Di bawahi
ni adalah beberapa contoh tentang kerja sama antar umat beragama demi
mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa, kecuali .... D. Saling curiga dan waspada terhadap pemeluk agama yang berbeda |
183 |
Ayat
Al-Qur’an sangat menganjurkan agar sesama manusisa dapat menjaga persatuan
dan kesatuan, karena pada mulanya manusia adalah umat yang satu. Ayat
Al-Qur’an yang menegaskan hal tersebut adalah .... B. surat Al-Baqarah ayat 213 |
184 |
Allah SWT
menciptakan manusia berbeda suku bangsa, bahasa dan lain-lain, maka
masing-masing kelompok tidak boleh menganggap dirinya paling unggul dibanding
kelompok lain. Siapa yang paling mulia di sisi Allah SWT adlah karena .... C. Ketakwaannya |
185 |
Prinsip
persamaan diantara sesama manusia mengajarkan bahwa tidak ada perbedaan
antara SAW suku bangsa dengan suku bangsa yang lain, yaitu sama-sama sebagai
makhluk Tuhan. Perbedaan yang ada dimaksudkan agar manusia .... B. saling mencaci dan menyakiti |
186 |
Persatuan
dan persamaan yang diajarkan Islam bukan berarti setiap orang boleh dipaksa
agar menjadi sama atau seragam. Tetapi mereka tetap memiliki kebebasan, di
bawah ini semua benar, kecuali .... D.
Melaksanakan apapun sesuai dengan kehendaknya |
187 |
Sekiranya
Allah SWT menginginkan agar semua manusia di bumi beriman, itu bisa saja
dilakukan, manusia diberi kebebasan untuk memilih maka faktanya ada yang
beriman dan ada yang tidak beriman, tugas setiap hanyalah menyampaikan
kebenaran dan tidak boleh memaksa. Pandangan tersebut disarikan dari ayat
Al-Qur’an .... A. Surat Al Baqarah
ayat 256 dan Surat Yunus ayat 99 |
188 |
Untuk
memelihara persatuan khususnya di kalangan internal sesama muslim dan di
kalangan masysarakat secara umum, Al-Qur’an memberi kode etik berupa semua
benar, kecuali .... C. Dilarang saling
membantu dan bekerja sama |
189 |
Dalam
realitas kehidupan sosial masyarakat sering kali muncul konflik bahkan dapat
berujung kepada permusuhan, maka Islam menganjurkan ketika menghadapi situasi
tersebut dengan menegakkan .... B.
Prinsip perdamaian dan persaudaraan |
190 |
Persatuan
dan kesatuan bangsa tidak mungkin terjuwud kalau hanya dibicarakan, tetapi
harus selalu diusahakan, dengan segala cara yang baik. Islam menekankan bahwa
semua masalah dan konflik pasti dapat diatasi kalau setiap komponen
masyarakat mengedepankan .... B. cara
musyawarah dengan prinsip persamaan |
191 |
Setiap
manusias dianugerahi fitrah beragama, artinya .... D. Manusia dianugerahi Allah potensi untuk mengenal Tuhan |
192 |
Anugerah
fitrah beragama tersebut sebagai perwujudan .... C. Kasih sayang Allah kepada hamba-Nya |
193 |
Supaya
manusia tidak keliru dalam mengaktualkan fitrahnya maka Allah .... B. mengutus para rasul dengan membawa
wahyu Allah yang berisi tuntunan agama |
194 |
Dalam
surat Al-A’raf ayat 172 Allah menjelaskan bahwa setiap manusia telah
melakukan perjanjian dengan Allah, ketika Allah bertama kepada manusia,
“Bukankah Aku ini Tuhan kalian?” manusia menjawab .... A. Betul Tuhan kami bersaksi |
195 |
Alasan
mengapa Allah menjelaskan bahwa setiap manusisa diberi fitrah beragama adalah
.... B. supaya manusia di akhirat tidak
mengatakan kami tidak mengenal Tuhan |
196 |
Nabi
bersabda: “setiap anak terlahir dalam keadaan fitrah” artinya: Pernyataan di
bawah ini semua benar, kecuali .... C.
Setiap anak terlahir mempunyai akal |
197 |
Di bawah
ini adalah istilah yang digunakan Al-Qur’an yang mengandung arti agama,
kecuali .... C. Qaum |
198 |
Sebagai
makhluk yang diberi akal maka manusia diberi kebebasan untuk memilih, kecuali
.... C. Menjadi orang Arab atau non
Arab |
199 |
Kebebasan yang
diberikan oleh Allah kepada m anusia bukan tanpa batas, tetapi kebebasan
tersebut membawa konsekuensi .... C.
Manusia harus mempertanggungjawabkan pilihannya tersebut di sisi Allah SWT |
200 |
Kebebasan
yang dimiliki oleh manusia termasuk beragama melahirkan hak sekaligus
kekwajiban. Pernyataan di bawah ini semua benar, kecuali .... C. Demi menyempurnakan kewajiban beragama
boleh memaksa orang lain untuk memeluk agama yang sama dengannya |
201 |
Persaudaraan
yang diajarkan Al-Qur’an antara lain, kecuali antara sesama .... D. Musuh Allah |
202 |
Diantara
etika yang diajarkan oleh Al-Qur’an untuk menjalin persaudaraan sesama muslim
adalah dilarang saling .... C.
Mengolok dan menggunjing |
203 |
Dalam
surat Al-Hujurat/49: 11 Allah melarang sesama muslim saling mengolok alasan
yang dikemukakan dalam ayat tersebut adalah boleh jadi .... B. yang diolok-olok lebih baik dari yang
mengolok |
204 |
Perumpamaan
betapa buruknya orang yang suka menggunjingkan keburukan saudaranya (ghibah)
dalam ayat 12 surat Al-Hujurat seperti memakan .... B. bangkai saudaranya sendiri |
205 |
Kalau ada
sesama muslim yang bersengketa maka sesuai petunjuk Al-Qur’an mereka harus,
kecuali .... C. Dianjurkan untuk
saling menjauhi supaya tidak sering bertemu |
206 |
Pada ayat
13 surat Al-Hujurat Allah menjelaskan bahwa manusia dicipitakan dalam keadaan
yang berbeda-beda, maka ukuran kemuliaan manusia terletak kepada .... C. Tingkat ketakwaannya |
207 |
Persaudaraan
dengan non-muslim tetap harus diupayakan dengan mempertimbangkan rambu-rambu,
karena merupakan, kecuali .... C.
Ancaman bagi eksistensi setiap agama |
208 |
Seorang
muslim tidak boleh memaksakan agama Islam kepada orang lain karena Allah
menjelaskan bahwa “tidak ada paksaan untuk memeluk agama Islam”. Pernyataan
tersebut terdapat dalam .... D. Surat
Al Baqarah ayat 256 |
209 |
Diantara
etika bertoleransi dalam beragama khususnya dengan non-muslim adalah tidak
boleh .... C. Mencampur adukkan aqidah
masing-masing agama |
210 |
Dalam
surat Al-An’am ayat 108 dijelaskan bahwa seorang muslim tidak boleh menghina
Tuhan agama lain karena .... B. mereka
akan membalas menghina Allah SWT, Tuhan kita |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar