1 |
Pada abad
pertengahan, orang memandang bahwa anak adalah sama dengan orang dewasa.
Menrut Ausubel, hal ini disebabkan .... A.
Pembawaan orang dewasa yagn egosentris |
2 |
Anak usia
dini adlah anak usias lahir sampai usia delapan tahun, hal ini diperkuat
hasil penelitian yang dilakukan oleh asosiasi pendidikan anak, yaitu .... D. PBB |
3 |
Anak punya
karakter egosentris, contoh dari karakter ini adalah .... C. Anak melihat dunia dari sudut pandang
dan kepentingannya sendiri. Hal itu bisa diamati ketika anak saling berebut
mainan, menangis ketika menginginkan sesuatu namun tidak dipenuhi oleh orang
tuanya |
4 |
Bagaimana
perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun? B.
berbicara lancar dengan menggunakan kalimat yang kompleks terdiri dari 5-6
kata |
5 |
Bagaimana
kemampuan motorik anak pada usia 6 bulan? C. Memukul, menyepak, dan menggapai objek-objek |
6 |
Bagaimana
perkembangan motorik anak usia 0-3 bulan? A. Dapat mengangkat kaki dan memainkan jari tangan |
7 |
Aliran
pendidikan yang menyatakan bahwa anak yang lahir telah memiliki bakat
tertentu adalah .... B. naturalisme |
8 |
Perkembangan
terjadi secara berkesinambungan, artinya bahwa proses perkembangan .... C. Berlangsung sejak masa konsepsi sampai
akhri hayat |
9 |
Aliran
yang berpendapat bahwa pendidikan adalah satu-satunya faktor yang berpengaruh
terhadap perkembangan anak, yaitu .... A.
Empiris |
10 |
Pada
dasarnya anak kecil itu bersifat ingin .... C. Tahu |
11 |
Kecerdasan
emosional bagi manusia adalah penting bagi keberhasilan dalam masyarakat.
Pendapat ini dikemukakan oleh .... D.
Daniel Goleman |
12 |
Perkembangan
manusia sesungguhnya berlangsung sepanjang kehidupan, mulai saat konsepsi
sampai dengan saat kematian. Pendapat ini dikemukakan oleh .... A. Lerner & Hultsch |
13 |
Pelopor
aliran empirisme ialah .... C. John
Locke |
14 |
Maria
Montessori membagi masa perkembangan anak menjadi empat periode. Periode I
berlangsung dari .... C. 0 hingga 7
tahun |
15 |
Tema yang
harus dipilih oleh pendidik dalam membelajarkan anak adalah tema yang sesuai
dengan .... B. nilai budaya |
16 |
Dalam
membelajarkan konsep angka dan pengenalan huruf pada anak usia dini sebaiknya
melalui .... B. bermain dan bercerita
dengan benda nyata |
17 |
Jika
ditinjau secara teoretis kapan pendidikan itu berakhir setelah .... D. Anak menjadi dewasa |
18 |
Sifat-sifat
yang harus dimiliki oleh pendidik anak usia dini ialah .... A. Sabar, kretaif, dan memiliki rasa
humor |
19 |
Menanamkan
disiplin dan tanggung jawab pada anak usia dini dapat dilakukan dengan .... B. melalui contoh, kebiasaan, dan latihan |
20 |
Kapan anak
dapat mulai mengetahui perintah orang dewasa? D. 3 atau 4 tahun |
21 |
Tri sentra
pendidikan di Indonesia ialah .... C.
Lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat |
22 |
Sebutkan
beberapa bentuk PAUD sesuai dengan Undang-undang No. 20 tahun 2003? D. TK, SD kelas awal, dan Taman Bermain |
23 |
Materi
pendidikan yang dapat diberikan untuk PAUD adalah .... D. Agama, budi pekerti, pengetahuan, dan moral |
24 |
Anak dlam
mengikuti permainan menitikberatkan pada hubungan antar pribadi, menghargai
orang lain dan mempunyai banyak teman. Ini termasuk maskhluk .... B. sosial |
25 |
Sebagai
makhluk psikofisik maknanya adalah .... A.
Kesatuan jiwa raga |
26 |
Anak itu
bersifat unik, artinya .... C.
Kompleks |
27 |
Perbedaan
manusia dengan makhluk hidup yang lain ialah terletak pada .... B. akal pikiran yang dimiliki |
28 |
Proses
belajar mengajar di sekolah dapat tercipta dengan baik jika .... A. Suasana belajar kondusif dan tenang |
29 |
Materi
pembelajaran yang diberikan untuk anak usia dini harus disesuaikan dengan
.... D. Perkembangan dan kebutuhan
anak |
30 |
Kreativitas
anak perlu dipupuk sejak usia dini, karena .... D. Anak akan tumbuh menjadi cerdas dan kreatif |
31 |
Berikut
adalah fungsi pendidikan nasional, kecuali .... A. Menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab |
32 |
Pernyataan
berikut yang merupakan prinsip dari tujuan pendidikan nasional ialah .... B. berkembangnya potensi peserta didik |
33 |
Tujuan
dari PAUD adalah .... C. Memfasilitasi
perkembangan dan pertumbuhan jasmani dan rohani |
34 |
Kegiatan
yang diberikan untuk anak usia dini harus mengembangkan aspek .... B. cipta, rasa, karsa, dan potensi |
35 |
Tujuan
akhir dari PAUD adalah .... C.
Memperbaiki mutu pendidikan anak |
36 |
Proses
belajar mengajar di sekolah dapat tercipta dengan baik jika .... A. Suasana belajar kondusif dan tenang |
37 |
Pendidikan
di Tk mempengaruhi pendidikan selanjutnya terutama pendidikan di Sekolah
Dasar alasannya .... A. Pendidikan di
TK dilakukan untuk persiapan memasuki pendidikan selanjutnya |
38 |
Pendidikan
pada SD kelas awal harus dilakukan dengan .... B. menyenangkan seperti cara mendidik anak TK |
39 |
Memberikan
pengaruh yang positif di TK apat dilakukan melalui .... B. contoh dan keteladanan |
40 |
Belajar dikatakan
sebagai perbuatan sadar sebab setiap belajar .... A. Mempunyai tujuan yang jelas |
41 |
Bagaimana
cara anak memperoleh pengalaman secara individual dalam belajar? Hal ini
dapat dilakukan dengan cara .... B.
eksplorasi dan eksperimen sederhana |
42 |
Belajar
dapat menghasilkan perubahan yang menyeluruh jika dilakukan melalui .... C. Mengintegrasikan semua aspek |
43 |
Perubahan
tingkah laku yang terjadi sebagai hasil belajar berlangsung dari .... B. sederhana sampai kompleks |
44 |
Perubahan
yang terjadi sebagai hasil dari belajar diperoleh melalui .... D. Proses interaksi |
45 |
Tokoh
teori Koneksionisme Bond Psychology ialah .... C. Thorndike |
46 |
Tokoh
teori Behaviorisme yang terkenal dengan Stimulus and Response ialah .... D. Watson |
47 |
Tokoh
teori Classical Conditioning yang terkenal dengan refleks bersyarat ialah
.... A. Pavlov |
48 |
Pemberian
penghargaan yang dapat mendidik anak ialah .... B. hasil belajarnya ditempel di kelas |
49 |
Anak
belatih untuk demokrasi dengan cara belajar .... D. Dan bekerja dalam kelompok |
50 |
Manfaat
bermain bagi anak usia dini adalah .... B.
mengembangkan seluruh potensi anak |
51 |
Alat
permainan yang baik untuk anak usia dini adalah .... C. Dapat dibentuk anak sesuai dengan imajinasinya |
52 |
Permainan
masak-memasak merupakan salah satu contoh sarana permainan anak yang sifatnya
.... D. Lunak |
53 |
Contoh
permainan anak yang dapat dimainkan anak secara individu adalah .... A. Mobil-mobilan dan meronce |
54 |
Permainan
yang dapat melatih kecerdasan spasial dan visual ialah .... A. Menggambar, menyusun balok |
55 |
Permainan
yang dapat melatih kecerdasan logis, matematis AUD ialah .... B. menyusun balok, menyanyi dan menari |
56 |
Dalam
bermain, anak harus dalam keadaan senang, sebab .... C. Mempengaruhi terbentuknya pribadi anak |
57 |
Dalam
memberikan jenis permainan untuk anak, orang tua harus memperhatikan .... B. tahap perkembangan anak |
58 |
Berikut
yang merupakan jenis-jenis permainan ialah .... A. Permainan fisik, gerak dan lagu, teka-teki |
59 |
Permrainan
yang dapat mengembangkan kemampuan sosial anak ialah .... B. gobak sodor, basket, dan sepak bola |
60 |
Tiga
lingkungan pendidikan menurut Dr. Ki Hajar Dewantara ialah .... D. Taman Indria, SD, dan sekolah menengah |
61 |
Salah satu
bentuk partisipasi orang tua terhadap sekolah untuk keberhasilan pendidikan
ialah .... A. Orang tua ikut serta
dalam mengarahkan anak di rumah |
62 |
Kegiatan
yang bersifat rutin yang dapat dilakukan bersama orang tua, guru, dan anak
didik bermanfaat untuk .... A.
Relaksasi |
63 |
Salah satu
kegiatan rutin yang dapat dilakukan bersama orang tua, guru dan anak didik
adalah .... B. membicara perkembangan
anak secara rutin |
64 |
Hal yang
dapat dilakukan orang tua dalam kegiatan pelibatan orang tua di sekolah ialah
.... C. Mengusulkan putranya untuk
diperlakukan secara istimewa |
65 |
Pandangan
yang mendasari kruikulum ialah .... A.
Filsafat, pendidikan, sosiologi, ekonomi |
66 |
Pendidikan
yang diselenggarakan harus relevan dengan .... A. Tuntutan kerja dan perkembangan kehidupan |
67 |
Pendidikan
harus dilaksanakan secara efektif agar .... C. Kompetensi dan tujuan yang diinginkan tercapai |
68 |
Prinsip
yang mendasarkan pada hasil, usaha, dan biaya yang dikeluarkan adalah prinsip
.... D. Kesinambungan |
69 |
Hal yang
perlu diperhatikan dalam merumuskan tujuan pembelajaran ialah .... D. Pengetahuan keterampilan dan sikap |
70 |
Membangun
kesadaran manusia untuk selalu mengembangkan kemampuannya melalui belajar
ialah prinsip .... A. Pendidikan
seumur hidup |
71 |
Pengetahuan,
keterampilan dan nilai-nilai dasar direfleksikan dlam kebiasaan berpikir dan
bertindak ialah .... B. kompetensi |
72 |
Cara
menghitung tingkat kecerdasan seorang anak, yaitu .... B. membagi usia mental dengan usisa kronologis |
73 |
Tokoh yang
mengembangkan standar tes inteligensi ialah .... C. Gardner |
74 |
Salah satu
ciri orang kreaktiaf ialah .... D.
Menemukan sesuatu yang belum pernah ada |
75 |
Kreativitas
anak dapat dikembangkan dengan cara .... A.
Membantu anak menjadi lebih peka terhadap rangsangan dan lingkungan |
76 |
Kreativitas
anak dapat berkembang dengan baik jika ada arahan yang cukup. Pihak yang
berperan dalam mengembangkan kreativitas anak, adalah .... D. Pendidik |
77 |
Cacat
fisik pada anak akan dapat berpengaruh pada .... B. layanan yang diberikan |
78 |
Pendidikan
yang diberikan untuk anak-anak yang mengalami hambatan fisik, .... B. tetap diberi kebebasan |
79 |
Tokoh yang
mengembangkan konsep tingkatan kebutuhan dasar manusia, adalah .... D. Maslow |
80 |
Pengemasan
materi pembelajaran di TK harus disesuaikan dengan .... A. Perkembangan anak |
81 |
Perencanaan
pembelajaran harus dikelola dengan baik. Komponen yagn menunjang pengelolaan
pembelajaran di Taman Kanak-kanak adalah .... A. Perencanaan, pelaksanaan, dan asesmen |
82 |
Tujuan pembelajaran
mencakup .... A. Tujuan pendidikan dan
tujuan lembaga |
83 |
Pengertian
perencanaan pembelajaran .... C.
Memproyeksikan tindakan untuk mengoordinasikan komponen-komponen pembelajaran |
84 |
Jenis-jenis
perencanaan adalah perencanaan .... A.
Tahunan dan semester |
85 |
Perencanaan
harian adalah .... C. Perencanaan
pembelajaran setiap hari |
86 |
Terdapat
beberapa prinsip penilaian diantaranya penilaian .... D. Dikaitkan dengan kurikulum |
87 |
Di bawah
ini aliran manajemen kelas, kecuali .... A.
Behavirisme, psikologis, kelompok |
88 |
Tujuan
pengelolaan Taman Kanak-kanak adalah agar .... A. Kegiatan pembelajaran lebih efektif dan efisien |
89 |
Prinsip-prinsip
pengelolaan kelas diantaranya adalah .... A. Aturan dan tata tertib harus dikomunikasikan dengan baik |
90 |
Guru yang
mampu merealisasikan perencanaan pembelajaran anak dapat mengelola kelas
dengan baik. Salah satu caranya adalah .... C. Guru mampu membuat strategi atau pendekatan pembelajaran yang
variatif |
91 |
TK
didesain semenarik mungkin dengan tujuan agar anak .... B. termotivasi belajar |
92 |
Komponen
TK yang perlu ada adalah .... B. alat
permainan edukatif, kreatif dan inovatif |
93 |
Model
kelas yang baik untuk TK dan SD kelas awal sebaiknya seluruh dinding ruang
kelas .... A. Penuh hiasan |
94 |
Alat
permainan untuk anak di TK sesbaiknya diletakkan di .... C. Dalam luar kelas |
95 |
Di ruang
outdoor sering tersedia bak pasir atau bak air, manfaatnya ialah untuk .... B. anak dapat belajar dengan alam |
96 |
Ruang
kelas di TK sering didesain dengan warna-warna terang, sebab .... A. Anak menyukai warna terang |
97 |
Kelas-kelas
di TK biasanya dipilih dengan simbol-simbol, gambar-gambar, dan
tulisan-tulisan, tujuannya adalah .... D.
Kemanapun anak menghadap ia akan belajar |
98 |
Manfaat
memajang karya anak ialah .... D. Anak
bangga dengan karyanya |
99 |
Permainan
yang dapat digunakan untuk mengajarkan sains pada anak ialah .... A. Papan paku, bak pasir, bak air,
tanaman |
100 |
Untuk TK
full day di sekolah tersedia ruang tidur manfaatnya ialah .... D. Anak mengantuk ia dapat tidur |
101 |
Anak dapat
belajar dengan meniru dan mencontoh tindakan orang dewasa, sebab .... A. Sudah menjadi karakteristik anak |
102 |
Anak yang
pemurung, kurang kreatif, dan apatis dipengaruhi oleh .... A. Lingkungan, orang tua, dan kondisi
fisik anak |
103 |
Guru dapat
mengontrol anak didik jika ia mengetahui karakteristik dan berbagai model
pembelajaran, sebab .... D.
Mengorganisasi pembelajaran berdasarkan karakter anak |
104 |
Model
pembelajaran untuk anak usia dini disusun berdasarkan .... C. Prinsip dan teori belajar |
105 |
Hasil
observasi anak dapat dijadikan sebagai alat untuk mengorganisasikan dan
mengontrol perkembangan anak, sebab .... B.
irama pertumuhan dan perkembangan tiap anak berbeda |
106 |
Mengontrol
anak di TK dapat dilakukan dengan cara .... B. memberi umpan balik (feedback) hasil observasi |
107 |
Manajemen
sumber daya manusia diperlukan untuk mencapai .... A. Profesionalisme |
108 |
Job
anaylsis sebagai cara untuk menjadikan guru profesional. Tahapan ini ada pada
tahap .... C. Evaluasi |
109 |
Penilaian
diberikan sebagai cara untuk .... B.
menilai prestasi individu dan peran sertanya dalam kegiatan sekolah |
110 |
Cara untuk
penyesuai diri guru diperlukan suatu training. Training yang tepat diberikan
kepada guru adalah .... A. On the job
training dan in service training |
111 |
Pemberhentian
pengawai sebagai fungsi dari .... D. Lepasnya
fungsi sumber daya manusia yang menyebabkan terlepasnya pihak organisasi dan
personel dari hak dan kewajiban |
112 |
Peran
kepala sekolah sangat sentral dalam pendidikan Taman Kanak-kanak sebagai
pengelola, seorang kepala sekolah harus dapat mengerahkan sumber daya manusia
untuk .... C. Menciptakan kondisi dan
suasana kondusif untuk meningkatkan pertumbuhan sikap kepeloporan/sukarela
dan efektivitas individu secara maksimal |
113 |
Asesmen
penting bagi guru, sebab melalui asesmen guru dapat .... A. Menyesuaikan kurikulum yang direncanakan |
114 |
Guru
mengobservasi anak setiap saat. Manfaat dari observasi yang dilakukan oleh guru
ialah .... D. Menentukan ketepatan
strategi pembelajaran yang diberikan |
115 |
Evaluasi
dan penilaian yang dilakukan pada anak usia dini adalah didasarkan pada .... C. Pengetahuan fisik, sosial, emosional,
dan pengalaman |
116 |
Manfaat
penilaian bagi guru dan orang tua adalah mendapatkan informasi tentang .... B. belajar dan perkembangan anak |
117 |
Aktivitas
nyata dapat digunakan sebagai acuan penilaian pada anak adalah .... B. karya anak dan kemampuan anak |
118 |
Manfaat
diadakan penilaian pada anak usia dini ialah mengetahui .... D. Pertumbuhan dan perkembangan anak |
119 |
Penilaian
yang memperlihatkan informasi seluruh pekerjaan anak dari awal sampai akhir
ialah .... D. Portofolio anak |
120 |
Manfaat
catatan singkat ifnormasi perkembangan anak yagn dibuat guru adalah .... A. Perencanaan pembealjaran dan
komunikasi dengan orang tua |
121 |
Tujuan
mengidentifikasi anak merupakan kebutuhan khusus ialah untuk .... A. Memberikan penilaian |
122 |
Dalam
melakukan proses identifikasi salah satu langkah yang dapat dilakukan ialah
.... C. Diagnosis |
123 |
Umpan
balik pembelajaran peserta didik dapat dilaksanakan setelah .... B. evaluasi |
124 |
Tujuan
sentral penilaian kegiatan belajar di kelas ialah meningkatkan .... A. Kualitas pembelajaran |
125 |
Penilaian
anak usia dini didasarkan pada .... D.
Perkembangan individual |
126 |
Penilaian
kegiatan belajar di kelas yang dilakukan untuk anak usia dini berfokus pada
.... D. Pelajar |
127 |
Kriteria
dalam melakukan penilaian kegiatan belajar di kelas ialah .... C. Kecakapan anak |
128 |
Hal-hal
yang harus dilakukan sebelum memulai penilaian ialah .... B. menetapkan tujuan |
129 |
Setelah
mengetahui tujuan dan indikator yang diharapkan dicapai, tugas selanjutnya
guru harus memikirkan .... A. Metode
dan media dalam pembelajaran |
130 |
Penilaian
pada anak usia dini hendaknya lebih didasarkan atas kemajuan belajar atau
perkembangan .... B. individual |
131 |
Nama lain
display adalah .... A. Pajangan kelas |
132 |
Penilaian
kegiatan belajar di kelas adalah sebuah pendekatan yagn dirancang dan
bertujuan untuk membantu para guru untuk mengetahui .... D. Kondisi belajar anak-anak di ruangn kelas dan melihat kualitas
mereka belajar |
133 |
Jika
seorang anak TK membuang sampah sembarang maka bentuk evaluasi yang paling
tepat adalah evaluasi .... B. proses |
134 |
Kegiatan
penilaian pada anak usia dini meliputi 3 cara di bawah ini kecuali .... D. Penyebarluasan |
135 |
Bentuk
penilaian terhadap proses kerja anak, kemudian dikumpulkan untuk mengetahui
kemajuan belajarnya disebut dengan .... B.
portofolio |
136 |
Seorang
guru memanggil orang tua dari anak yang mogok sekolah untuk bersama-sama
memecahkan masalah. Kegiatan tersebut disebut dengan .... A. Case conference |
137 |
Seorang
guru mengevaluasi pelaksanaan kegiatan belajar di eklasnya dengan menugaskan
kepada anak untuk menuliskan namanya masing-masing pada selembar kertas,
merupakan bentuk penilaian .... B.
unjuk kerja individual |
138 |
Nama lain
kegiatan pengamatan adalah .... C.
Observing |
139 |
Pemberian
evaluasi yang tepat pada program pendidikan usia dini akan mempengaruhi
keberhasilan pendidikan pada tahap .... C.
Berikutnya |
140 |
Portofolio
biasanya berisi paling tidak hal-hal berikut, kecuali .... C. Contoh karya teman anak |
141 |
Portofolio
bermanfaat untuk pelayanan siswa secara .... B. individual |
142 |
Untuk
melakukan assesment pada kelas dengan jumlah siswa banyak menggunakan .... A. Skala penilaian (rating scale) |
143 |
Kompetensi
yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik adalah kompetensi .... B. pedagogik |
144 |
Subkompetensi
sosial adalah mampu berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan .... A. Sesama pendidik dan tenaga
kependidikan |
145 |
Subkompetensi
kepribadian yang berwibawa berpengaruh positif terhadap pesrta didika gar
guru .... C. Disegani |
146 |
Berikut
yang merupakan kompetensi profesional, kecuali .... A. Mengausai ilmu kebatinan |
147 |
Hal-hal
yang tidak termasuk kompetensi pedagogik adalah .... D. Memiliki kepribadiann yang arif |
148 |
Bertindak
sesuai dengan norma sosial adalah salah satu kompetensi .... A. Kepribadian |
149 |
Menganalisis
hasil belajar adalah kompetensi .... C.
Pedagogik |
150 |
Melakukan
kekerasan dalam rumah tangga berlawanan dengan kompetensi .... D. Kepribadian |
151 |
Guru harus
menguasai proses pembelajaran yang mencakup materi, metode, dan media
pengajaran termasuk kompetensi .... A.
Pedagogik |
152 |
Menguasai
substansi keilmuan terkait dengan bidang studi termasuk kompetensi .... D. Profesional |
153 |
Menruut PP
Nomor 19 Tahun 2005, guru PAUD minimal berpendidikan .... C. S1 |
154 |
Latar
belakang pendidikan guru PAUD sebaiknya jurusan/program studi pendidikan ....
B. anak usia dini |
155 |
Salah satu
syasrat menjadi guru PAUD adalah .... A.
Humoris |
156 |
Hal yang
dilihat pertama kali ketika bu Emy menyeleksi calon guru di PAUDnya adalah
.... D. Senyumnya |
157 |
Salah satu
keterampilan yang sebaiknya dimiliki guru PAUD adalah .... A. Bernyanyi |
158 |
Hal yang
harus diperhatikan dalam bercerita atau mendongeng adalah .... B. intonasi suara |
159 |
PAUD yang
dipilih ornag tua adalah PAUD yang .... C.
Memiliki keunggulan dan ciri khas |
160 |
Guru PAUD
harus kreatif dalam hal .... A.
Merancang media atau sumber belajar |
161 |
Guru PAUD
harus memiliki kepribadian yang .... C.
Dewasa, arif, dan bijaksana |
162 |
Guru PAUD
harus memiliki kepribadian yang baik karena sifat anak yang .... A. Peniru |
163 |
Anak dapat
belajar dengan meniru dan mencontoh tindakan orang dewasa, sebab .... A. Sudah menjadi karakteristik anak |
164 |
Anak yang
pemurung, kruang kreatif, dan apatis dipengaruhi oleh .... A. Lingkungan, orang tua, dan kondisi
fisik anak |
165 |
Guru dapat
mengontrol anak didik jika ia mengetahui karakteristik dan berbagai model
pembelajaran, sebab .... D.
Mengorganisasi pembelajaran berdasarkan karakter anak |
166 |
Model
pembelajaran untuk anak usia dini disusun berdasarkan .... C. Prinsip dan teori belajar |
167 |
Hasil
observasi anak dapat dijadikan sebagai alat untuk mengorganisasikan dan
mengontrol perkembangan anak, sebab .... B.
irama pertumbuhan dan perkembangan tiap anak berbeda |
168 |
Mengontrol
anak di lembaga PAUD dapat dilakukan dengan cara .... B. memberi umpan balik (feedback) hasil observasi |
169 |
Ciri-ciri
orang dewasa adalah sebagai berikut, kecuali .... D. Manja, egois, dan sombong |
170 |
Salah satu
karakteristik yang harus dimiliki pendidik dalam melaksanakan tugasnya, yaitu
... A. Kematangan diri yang stabil |
171 |
Beberapa
ciri SDM yang berkualitas diantaranya adalah berikut ini, kecuali .... D. Manja, sangat tergantung orang lain |
172 |
Guru PAUD
sebaiknya dapat bersikap dan bertindak positif dalam kesehariannya, baik di
tempat bekerja maupun di lingkungan .... A.
Masyarakat |
173 |
Beberapa
alasan seseorang untuk menjadi guru, kecuali .... A. Ingin menjadi seorang yang kaya harta |
174 |
Orang tua
yang berprofesi guru kemudian anaknya juga menjadi guru dinamakan .... B. warisan genetik orang tua |
175 |
Pada saat
ini profesi guru menjadi idaman banyak orang terlebih jika diangkat menjadi
.... A. PNS |
176 |
Guru khususnya guru anak usia dini
diharapkan tidak gagap teknologi yang disingkat menjadi .... C. gaptek |
177 |
Salah satu alat teknologi yang sebaiknya dikuasai
guru adalah .... D. Komputer |
178 |
Program
pembentukan kemampuan profesional dengan tujuan membekali guru untuk menempuh
uji .... A. Kompetensi |
179 |
Belajar
atas inisiatif, keinginan, atau minat sendiri artinya belajar .... B. mandiri |
180 |
Distance
learning system artinya sistem pembelajaran .... C. Jarak jauh |
181 |
Seperangkat
pengetahuan keterampilan dan perilaku tugas yang harus dimiliki disebut .... D. Kompetensi |
182 |
Kompetensi
guru meliputi kompetensi .... A.
Pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional |
183 |
Kode etik
guru Indonesia adalah norma dan asas yang .... A. Diterima dan disepakati oleh guru |
184 |
Profesi
guru yang dipandang oleh masyarakat adalah profesi yang .... B. terhormat dan mulia |
185 |
Guru tidak
boleh membocorkan rahasia sejawat dan peserta didiknya kepada masyarakat
adalah salah satu kode etik hubungan guru dengan .... A. Masyarakat |
186 |
Guru
merahasiakan informasi setiap peserta didik kepada orang lain yang bukan
orang tua/walinya. Hal ini sesuai pernyataan, kecuali guru boleh
memberitahukan perkembangan anak kepada .... D. Tetangga dari peserta didik |
187 |
Guru tidak
boleh melakukan tindakan pribadi atau kedinasan yang berakibat pada kerugian
Negara, termasuk .... C. Korupsi |
188 |
Salah satu
sumber kode etik adalah .... A.
Nilai-nilai agama dan Pancasila |
189 |
Guru
berusaha menciptakan, memelihara, dan meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan
dalam kehidupan berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945
adalah salah satu kode etik guru dengan .... D. Pemerintah |
190 |
Penetapan
kode etik lazim dilakukan pada suatu .... A. Konggres organisasi politik |
191 |
Guru
berusaha secara manusiawi untuk mencegah setiap gangguan yang dapat
mempengaruhi perkembangan negatif bagi peserta didik adalah kode etik guru
dengan .... D. Peserta didik |
192 |
Guru tidak
boleh menciptakan kondisi atau bertindak yang langsung atau tidak langsung
akan memunculkan konflik dengan sejawat adalah kode etik guru dengan .... C. Sekolah |
193 |
Suatu
kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama disebut .... B. organisasi |
194 |
Di dalam
organisasi berkumpul orang-orang sebagai sumber daya manusia yang terikat
dalam hubungan kerja untuk mencapai tujuan yaitu kecuali .... D. Tamu |
195 |
Job
desciption, yaitu .... B. deskripsi
pekerjaan |
196 |
Dalam
suatu sekolah atasan langsung guru-guru adalah .... C. Kepala sekolah |
197 |
Output
dari organisasi di sekolah adalah .... B.
lulusan anak berkembang potensi kecerdasannya |
198 |
Segala
macam modal awal yang dibutuhkan pihak penyelenggara pendidikan anak usia
dini disebut juga .... A. Input |
199 |
PGRI
didirikan di Surakarta pada tanggal .... C.
25 November 1945 |
200 |
Berikut
ini adalah organisasi keguruan, kecuali .... D. PSSI |
201 |
Empat misi
utama PGRI, diantaranya misi .... B.
kesejahteraan |
202 |
Satu-satunya
organisasi guru-guru sekolah yang diakui pemerintah sampai saat ini adalah
.... A. PGRI |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar