Selasa, 18 Mei 2021

SOAL DAN JAWABAN DASAR DASAR PENDIDIKAN TK UNIVERSITAS TERBUKA

 

1

Pada abad pertengahan, orang memandang bahwa anak adalah sama dengan orang dewasa. Menrut Ausubel, hal ini disebabkan .... A. Pembawaan orang dewasa yagn egosentris

2

Anak usia dini adlah anak usias lahir sampai usia delapan tahun, hal ini diperkuat hasil penelitian yang dilakukan oleh asosiasi pendidikan anak, yaitu .... D. PBB

3

Anak punya karakter egosentris, contoh dari karakter ini adalah .... C. Anak melihat dunia dari sudut pandang dan kepentingannya sendiri. Hal itu bisa diamati ketika anak saling berebut mainan, menangis ketika menginginkan sesuatu namun tidak dipenuhi oleh orang tuanya

4

Bagaimana perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun? B. berbicara lancar dengan menggunakan kalimat yang kompleks terdiri dari 5-6 kata

5

Bagaimana kemampuan motorik anak pada usia 6 bulan? C. Memukul, menyepak, dan menggapai objek-objek

6

Bagaimana perkembangan motorik anak usia 0-3 bulan? A. Dapat mengangkat kaki dan memainkan jari tangan

7

Aliran pendidikan yang menyatakan bahwa anak yang lahir telah memiliki bakat tertentu adalah .... B. naturalisme

8

Perkembangan terjadi secara berkesinambungan, artinya bahwa proses perkembangan .... C. Berlangsung sejak masa konsepsi sampai akhri hayat

9

Aliran yang berpendapat bahwa pendidikan adalah satu-satunya faktor yang berpengaruh terhadap perkembangan anak, yaitu .... A. Empiris

10

Pada dasarnya anak kecil itu bersifat ingin .... C. Tahu

11

Kecerdasan emosional bagi manusia adalah penting bagi keberhasilan dalam masyarakat. Pendapat ini dikemukakan oleh .... D. Daniel Goleman

12

Perkembangan manusia sesungguhnya berlangsung sepanjang kehidupan, mulai saat konsepsi sampai dengan saat kematian. Pendapat ini dikemukakan oleh .... A. Lerner & Hultsch

13

Pelopor aliran empirisme ialah .... C. John Locke

14

Maria Montessori membagi masa perkembangan anak menjadi empat periode. Periode I berlangsung dari .... C. 0 hingga 7 tahun

15

Tema yang harus dipilih oleh pendidik dalam membelajarkan anak adalah tema yang sesuai dengan .... B. nilai budaya

16

Dalam membelajarkan konsep angka dan pengenalan huruf pada anak usia dini sebaiknya melalui .... B. bermain dan bercerita dengan benda nyata

17

Jika ditinjau secara teoretis kapan pendidikan itu berakhir setelah .... D. Anak menjadi dewasa

18

Sifat-sifat yang harus dimiliki oleh pendidik anak usia dini ialah .... A. Sabar, kretaif, dan memiliki rasa humor

19

Menanamkan disiplin dan tanggung jawab pada anak usia dini dapat dilakukan dengan .... B. melalui contoh, kebiasaan, dan latihan

20

Kapan anak dapat mulai mengetahui perintah orang dewasa? D. 3 atau 4 tahun

21

Tri sentra pendidikan di Indonesia ialah .... C. Lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat

22

Sebutkan beberapa bentuk PAUD sesuai dengan Undang-undang No. 20 tahun 2003? D. TK, SD kelas awal, dan Taman Bermain

23

Materi pendidikan yang dapat diberikan untuk PAUD adalah .... D. Agama, budi pekerti, pengetahuan, dan moral

24

Anak dlam mengikuti permainan menitikberatkan pada hubungan antar pribadi, menghargai orang lain dan mempunyai banyak teman. Ini termasuk maskhluk .... B. sosial

25

Sebagai makhluk psikofisik maknanya adalah .... A. Kesatuan jiwa raga

26

Anak itu bersifat unik, artinya .... C. Kompleks

27

Perbedaan manusia dengan makhluk hidup yang lain ialah terletak pada .... B. akal pikiran yang dimiliki

28

Proses belajar mengajar di sekolah dapat tercipta dengan baik jika .... A. Suasana belajar kondusif dan tenang

29

Materi pembelajaran yang diberikan untuk anak usia dini harus disesuaikan dengan .... D. Perkembangan dan kebutuhan anak

30

Kreativitas anak perlu dipupuk sejak usia dini, karena .... D. Anak akan tumbuh menjadi cerdas dan kreatif

31

Berikut adalah fungsi pendidikan nasional, kecuali .... A. Menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab

32

Pernyataan berikut yang merupakan prinsip dari tujuan pendidikan nasional ialah .... B. berkembangnya potensi peserta didik

33

Tujuan dari PAUD adalah .... C. Memfasilitasi perkembangan dan pertumbuhan jasmani dan rohani

34

Kegiatan yang diberikan untuk anak usia dini harus mengembangkan aspek .... B. cipta, rasa, karsa, dan potensi

35

Tujuan akhir dari PAUD adalah .... C. Memperbaiki mutu pendidikan anak

36

Proses belajar mengajar di sekolah dapat tercipta dengan baik jika .... A. Suasana belajar kondusif dan tenang

37

Pendidikan di Tk mempengaruhi pendidikan selanjutnya terutama pendidikan di Sekolah Dasar alasannya .... A. Pendidikan di TK dilakukan untuk persiapan memasuki pendidikan selanjutnya

38

Pendidikan pada SD kelas awal harus dilakukan dengan .... B. menyenangkan seperti cara mendidik anak TK

39

Memberikan pengaruh yang positif di TK apat dilakukan melalui .... B. contoh dan keteladanan

40

Belajar dikatakan sebagai perbuatan sadar sebab setiap belajar .... A. Mempunyai tujuan yang jelas

41

Bagaimana cara anak memperoleh pengalaman secara individual dalam belajar? Hal ini dapat dilakukan dengan cara .... B. eksplorasi dan eksperimen sederhana

42

Belajar dapat menghasilkan perubahan yang menyeluruh jika dilakukan melalui .... C. Mengintegrasikan semua aspek

43

Perubahan tingkah laku yang terjadi sebagai hasil belajar berlangsung dari .... B. sederhana sampai kompleks

44

Perubahan yang terjadi sebagai hasil dari belajar diperoleh melalui .... D. Proses interaksi

45

Tokoh teori Koneksionisme Bond Psychology ialah .... C. Thorndike

46

Tokoh teori Behaviorisme yang terkenal dengan Stimulus and Response ialah .... D. Watson

47

Tokoh teori Classical Conditioning yang terkenal dengan refleks bersyarat ialah .... A. Pavlov

48

Pemberian penghargaan yang dapat mendidik anak ialah .... B. hasil belajarnya ditempel di kelas

49

Anak belatih untuk demokrasi dengan cara belajar .... D. Dan bekerja dalam kelompok

50

Manfaat bermain bagi anak usia dini adalah .... B. mengembangkan seluruh potensi anak

51

Alat permainan yang baik untuk anak usia dini adalah .... C. Dapat dibentuk anak sesuai dengan imajinasinya

52

Permainan masak-memasak merupakan salah satu contoh sarana permainan anak yang sifatnya .... D. Lunak

53

Contoh permainan anak yang dapat dimainkan anak secara individu adalah .... A. Mobil-mobilan dan meronce

54

Permainan yang dapat melatih kecerdasan spasial dan visual ialah .... A. Menggambar, menyusun balok

55

Permainan yang dapat melatih kecerdasan logis, matematis AUD ialah .... B. menyusun balok, menyanyi dan menari

56

Dalam bermain, anak harus dalam keadaan senang, sebab .... C. Mempengaruhi terbentuknya pribadi anak

57

Dalam memberikan jenis permainan untuk anak, orang tua harus memperhatikan .... B. tahap perkembangan anak

58

Berikut yang merupakan jenis-jenis permainan ialah .... A. Permainan fisik, gerak dan lagu, teka-teki

59

Permrainan yang dapat mengembangkan kemampuan sosial anak ialah .... B. gobak sodor, basket, dan sepak bola

60

Tiga lingkungan pendidikan menurut Dr. Ki Hajar Dewantara ialah .... D. Taman Indria, SD, dan sekolah menengah

61

Salah satu bentuk partisipasi orang tua terhadap sekolah untuk keberhasilan pendidikan ialah .... A. Orang tua ikut serta dalam mengarahkan anak di rumah

62

Kegiatan yang bersifat rutin yang dapat dilakukan bersama orang tua, guru, dan anak didik bermanfaat untuk .... A. Relaksasi

63

Salah satu kegiatan rutin yang dapat dilakukan bersama orang tua, guru dan anak didik adalah .... B. membicara perkembangan anak secara rutin

64

Hal yang dapat dilakukan orang tua dalam kegiatan pelibatan orang tua di sekolah ialah .... C. Mengusulkan putranya untuk diperlakukan secara istimewa

65

Pandangan yang mendasari kruikulum ialah .... A. Filsafat, pendidikan, sosiologi, ekonomi

66

Pendidikan yang diselenggarakan harus relevan dengan .... A. Tuntutan kerja dan perkembangan kehidupan

67

Pendidikan harus dilaksanakan secara efektif agar .... C. Kompetensi dan tujuan yang diinginkan tercapai

68

Prinsip yang mendasarkan pada hasil, usaha, dan biaya yang dikeluarkan adalah prinsip .... D. Kesinambungan

69

Hal yang perlu diperhatikan dalam merumuskan tujuan pembelajaran ialah .... D. Pengetahuan keterampilan dan sikap

70

Membangun kesadaran manusia untuk selalu mengembangkan kemampuannya melalui belajar ialah prinsip .... A. Pendidikan seumur hidup

71

Pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai dasar direfleksikan dlam kebiasaan berpikir dan bertindak ialah .... B. kompetensi

72

Cara menghitung tingkat kecerdasan seorang anak, yaitu .... B. membagi usia mental dengan usisa kronologis

73

Tokoh yang mengembangkan standar tes inteligensi ialah .... C. Gardner

74

Salah satu ciri orang kreaktiaf ialah .... D. Menemukan sesuatu yang belum pernah ada

75

Kreativitas anak dapat dikembangkan dengan cara .... A. Membantu anak menjadi lebih peka terhadap rangsangan dan lingkungan

76

Kreativitas anak dapat berkembang dengan baik jika ada arahan yang cukup. Pihak yang berperan dalam mengembangkan kreativitas anak, adalah .... D. Pendidik

77

Cacat fisik pada anak akan dapat berpengaruh pada .... B. layanan yang diberikan

78

Pendidikan yang diberikan untuk anak-anak yang mengalami hambatan fisik, .... B. tetap diberi kebebasan

79

Tokoh yang mengembangkan konsep tingkatan kebutuhan dasar manusia, adalah .... D. Maslow

80

Pengemasan materi pembelajaran di TK harus disesuaikan dengan .... A. Perkembangan anak

81

Perencanaan pembelajaran harus dikelola dengan baik. Komponen yagn menunjang pengelolaan pembelajaran di Taman Kanak-kanak adalah .... A. Perencanaan, pelaksanaan, dan asesmen

82

Tujuan pembelajaran mencakup .... A. Tujuan pendidikan dan tujuan lembaga

83

Pengertian perencanaan pembelajaran .... C. Memproyeksikan tindakan untuk mengoordinasikan komponen-komponen pembelajaran

84

Jenis-jenis perencanaan adalah perencanaan .... A. Tahunan dan semester

85

Perencanaan harian adalah .... C. Perencanaan pembelajaran setiap hari

86

Terdapat beberapa prinsip penilaian diantaranya penilaian .... D. Dikaitkan dengan kurikulum

87

Di bawah ini aliran manajemen kelas, kecuali .... A. Behavirisme, psikologis, kelompok

88

Tujuan pengelolaan Taman Kanak-kanak adalah agar .... A. Kegiatan pembelajaran lebih efektif dan efisien

89

Prinsip-prinsip pengelolaan kelas diantaranya adalah .... A. Aturan dan tata tertib harus dikomunikasikan dengan baik

90

Guru yang mampu merealisasikan perencanaan pembelajaran anak dapat mengelola kelas dengan baik. Salah satu caranya adalah .... C. Guru mampu membuat strategi atau pendekatan pembelajaran yang variatif

91

TK didesain semenarik mungkin dengan tujuan agar anak .... B. termotivasi belajar

92

Komponen TK yang perlu ada adalah .... B. alat permainan edukatif, kreatif dan inovatif

93

Model kelas yang baik untuk TK dan SD kelas awal sebaiknya seluruh dinding ruang kelas .... A. Penuh hiasan

94

Alat permainan untuk anak di TK sesbaiknya diletakkan di .... C. Dalam luar kelas

95

Di ruang outdoor sering tersedia bak pasir atau bak air, manfaatnya ialah untuk .... B. anak dapat belajar dengan alam

96

Ruang kelas di TK sering didesain dengan warna-warna terang, sebab .... A. Anak menyukai warna terang

97

Kelas-kelas di TK biasanya dipilih dengan simbol-simbol, gambar-gambar, dan tulisan-tulisan, tujuannya adalah .... D. Kemanapun anak menghadap ia akan belajar

98

Manfaat memajang karya anak ialah .... D. Anak bangga dengan karyanya

99

Permainan yang dapat digunakan untuk mengajarkan sains pada anak ialah .... A. Papan paku, bak pasir, bak air, tanaman

100

Untuk TK full day di sekolah tersedia ruang tidur manfaatnya ialah .... D. Anak mengantuk ia dapat tidur

101

Anak dapat belajar dengan meniru dan mencontoh tindakan orang dewasa, sebab .... A. Sudah menjadi karakteristik anak

102

Anak yang pemurung, kurang kreatif, dan apatis dipengaruhi oleh .... A. Lingkungan, orang tua, dan kondisi fisik anak

103

Guru dapat mengontrol anak didik jika ia mengetahui karakteristik dan berbagai model pembelajaran, sebab .... D. Mengorganisasi pembelajaran berdasarkan karakter anak

104

Model pembelajaran untuk anak usia dini disusun berdasarkan .... C. Prinsip dan teori belajar

105

Hasil observasi anak dapat dijadikan sebagai alat untuk mengorganisasikan dan mengontrol perkembangan anak, sebab .... B. irama pertumuhan dan perkembangan tiap anak berbeda

106

Mengontrol anak di TK dapat dilakukan dengan cara .... B. memberi umpan balik (feedback) hasil observasi

107

Manajemen sumber daya manusia diperlukan untuk mencapai .... A. Profesionalisme

108

Job anaylsis sebagai cara untuk menjadikan guru profesional. Tahapan ini ada pada tahap .... C. Evaluasi

109

Penilaian diberikan sebagai cara untuk .... B. menilai prestasi individu dan peran sertanya dalam kegiatan sekolah

110

Cara untuk penyesuai diri guru diperlukan suatu training. Training yang tepat diberikan kepada guru adalah .... A. On the job training dan in service training

111

Pemberhentian pengawai sebagai fungsi dari .... D. Lepasnya fungsi sumber daya manusia yang menyebabkan terlepasnya pihak organisasi dan personel dari hak dan kewajiban

112

Peran kepala sekolah sangat sentral dalam pendidikan Taman Kanak-kanak sebagai pengelola, seorang kepala sekolah harus dapat mengerahkan sumber daya manusia untuk .... C. Menciptakan kondisi dan suasana kondusif untuk meningkatkan pertumbuhan sikap kepeloporan/sukarela dan efektivitas individu secara maksimal

113

Asesmen penting bagi guru, sebab melalui asesmen guru dapat .... A. Menyesuaikan kurikulum yang direncanakan

114

Guru mengobservasi anak setiap saat. Manfaat dari observasi yang dilakukan oleh guru ialah .... D. Menentukan ketepatan strategi pembelajaran yang diberikan

115

Evaluasi dan penilaian yang dilakukan pada anak usia dini adalah didasarkan pada .... C. Pengetahuan fisik, sosial, emosional, dan pengalaman

116

Manfaat penilaian bagi guru dan orang tua adalah mendapatkan informasi tentang .... B. belajar dan perkembangan anak

117

Aktivitas nyata dapat digunakan sebagai acuan penilaian pada anak adalah .... B. karya anak dan kemampuan anak

118

Manfaat diadakan penilaian pada anak usia dini ialah mengetahui .... D. Pertumbuhan dan perkembangan anak

119

Penilaian yang memperlihatkan informasi seluruh pekerjaan anak dari awal sampai akhir ialah .... D. Portofolio anak

120

Manfaat catatan singkat ifnormasi perkembangan anak yagn dibuat guru adalah .... A. Perencanaan pembealjaran dan komunikasi dengan orang tua

121

Tujuan mengidentifikasi anak merupakan kebutuhan khusus ialah untuk .... A. Memberikan penilaian

122

Dalam melakukan proses identifikasi salah satu langkah yang dapat dilakukan ialah .... C. Diagnosis

123

Umpan balik pembelajaran peserta didik dapat dilaksanakan setelah .... B. evaluasi

124

Tujuan sentral penilaian kegiatan belajar di kelas ialah meningkatkan .... A. Kualitas pembelajaran

125

Penilaian anak usia dini didasarkan pada .... D. Perkembangan individual

126

Penilaian kegiatan belajar di kelas yang dilakukan untuk anak usia dini berfokus pada .... D. Pelajar

127

Kriteria dalam melakukan penilaian kegiatan belajar di kelas ialah .... C. Kecakapan anak

128

Hal-hal yang harus dilakukan sebelum memulai penilaian ialah .... B. menetapkan tujuan

129

Setelah mengetahui tujuan dan indikator yang diharapkan dicapai, tugas selanjutnya guru harus memikirkan .... A. Metode dan media dalam pembelajaran

130

Penilaian pada anak usia dini hendaknya lebih didasarkan atas kemajuan belajar atau perkembangan .... B. individual

131

Nama lain display adalah .... A. Pajangan kelas

132

Penilaian kegiatan belajar di kelas adalah sebuah pendekatan yagn dirancang dan bertujuan untuk membantu para guru untuk mengetahui .... D. Kondisi belajar anak-anak di ruangn kelas dan melihat kualitas mereka belajar

133

Jika seorang anak TK membuang sampah sembarang maka bentuk evaluasi yang paling tepat adalah evaluasi .... B. proses

134

Kegiatan penilaian pada anak usia dini meliputi 3 cara di bawah ini kecuali .... D. Penyebarluasan

135

Bentuk penilaian terhadap proses kerja anak, kemudian dikumpulkan untuk mengetahui kemajuan belajarnya disebut dengan .... B. portofolio

136

Seorang guru memanggil orang tua dari anak yang mogok sekolah untuk bersama-sama memecahkan masalah. Kegiatan tersebut disebut dengan .... A. Case conference

137

Seorang guru mengevaluasi pelaksanaan kegiatan belajar di eklasnya dengan menugaskan kepada anak untuk menuliskan namanya masing-masing pada selembar kertas, merupakan bentuk penilaian .... B. unjuk kerja individual

138

Nama lain kegiatan pengamatan adalah .... C. Observing

139

Pemberian evaluasi yang tepat pada program pendidikan usia dini akan mempengaruhi keberhasilan pendidikan pada tahap .... C. Berikutnya

140

Portofolio biasanya berisi paling tidak hal-hal berikut, kecuali .... C. Contoh karya teman anak

141

Portofolio bermanfaat untuk pelayanan siswa secara .... B. individual

142

Untuk melakukan assesment pada kelas dengan jumlah siswa banyak menggunakan .... A. Skala penilaian (rating scale)

143

Kompetensi yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik adalah kompetensi .... B. pedagogik

144

Subkompetensi sosial adalah mampu berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan .... A. Sesama pendidik dan tenaga kependidikan

145

Subkompetensi kepribadian yang berwibawa berpengaruh positif terhadap pesrta didika gar guru .... C. Disegani

146

Berikut yang merupakan kompetensi profesional, kecuali .... A. Mengausai ilmu kebatinan

147

Hal-hal yang tidak termasuk kompetensi pedagogik adalah .... D. Memiliki kepribadiann yang arif

148

Bertindak sesuai dengan norma sosial adalah salah satu kompetensi .... A. Kepribadian

149

Menganalisis hasil belajar adalah kompetensi .... C. Pedagogik

150

Melakukan kekerasan dalam rumah tangga berlawanan dengan kompetensi .... D. Kepribadian

151

Guru harus menguasai proses pembelajaran yang mencakup materi, metode, dan media pengajaran termasuk kompetensi .... A. Pedagogik

152

Menguasai substansi keilmuan terkait dengan bidang studi termasuk kompetensi .... D. Profesional

153

Menruut PP Nomor 19 Tahun 2005, guru PAUD minimal berpendidikan .... C. S1

154

Latar belakang pendidikan guru PAUD sebaiknya jurusan/program studi pendidikan .... B. anak usia dini

155

Salah satu syasrat menjadi guru PAUD adalah .... A. Humoris

156

Hal yang dilihat pertama kali ketika bu Emy menyeleksi calon guru di PAUDnya adalah .... D. Senyumnya

157

Salah satu keterampilan yang sebaiknya dimiliki guru PAUD adalah .... A. Bernyanyi

158

Hal yang harus diperhatikan dalam bercerita atau mendongeng adalah .... B. intonasi suara

159

PAUD yang dipilih ornag tua adalah PAUD yang .... C. Memiliki keunggulan dan ciri khas

160

Guru PAUD harus kreatif dalam hal .... A. Merancang media atau sumber belajar

161

Guru PAUD harus memiliki kepribadian yang .... C. Dewasa, arif, dan bijaksana

162

Guru PAUD harus memiliki kepribadian yang baik karena sifat anak yang .... A. Peniru

163

Anak dapat belajar dengan meniru dan mencontoh tindakan orang dewasa, sebab .... A. Sudah menjadi karakteristik anak

164

Anak yang pemurung, kruang kreatif, dan apatis dipengaruhi oleh .... A. Lingkungan, orang tua, dan kondisi fisik anak

165

Guru dapat mengontrol anak didik jika ia mengetahui karakteristik dan berbagai model pembelajaran, sebab .... D. Mengorganisasi pembelajaran berdasarkan karakter anak

166

Model pembelajaran untuk anak usia dini disusun berdasarkan .... C. Prinsip dan teori belajar

167

Hasil observasi anak dapat dijadikan sebagai alat untuk mengorganisasikan dan mengontrol perkembangan anak, sebab .... B. irama pertumbuhan dan perkembangan tiap anak berbeda

168

Mengontrol anak di lembaga PAUD dapat dilakukan dengan cara .... B. memberi umpan balik (feedback) hasil observasi

169

Ciri-ciri orang dewasa adalah sebagai berikut, kecuali .... D. Manja, egois, dan sombong

170

Salah satu karakteristik yang harus dimiliki pendidik dalam melaksanakan tugasnya, yaitu ... A. Kematangan diri yang stabil

171

Beberapa ciri SDM yang berkualitas diantaranya adalah berikut ini, kecuali .... D. Manja, sangat tergantung orang lain

172

Guru PAUD sebaiknya dapat bersikap dan bertindak positif dalam kesehariannya, baik di tempat bekerja maupun di lingkungan .... A. Masyarakat

173

Beberapa alasan seseorang untuk menjadi guru, kecuali .... A. Ingin menjadi seorang yang kaya harta

174

Orang tua yang berprofesi guru kemudian anaknya juga menjadi guru dinamakan .... B. warisan genetik orang tua

175

Pada saat ini profesi guru menjadi idaman banyak orang terlebih jika diangkat menjadi .... A. PNS

176

Guru khususnya guru anak usia dini diharapkan tidak gagap teknologi yang disingkat menjadi .... C. gaptek

177

Salah satu alat teknologi yang sebaiknya dikuasai guru adalah .... D. Komputer

178

Program pembentukan kemampuan profesional dengan tujuan membekali guru untuk menempuh uji .... A. Kompetensi

179

Belajar atas inisiatif, keinginan, atau minat sendiri artinya belajar .... B. mandiri

180

Distance learning system artinya sistem pembelajaran .... C. Jarak jauh

181

Seperangkat pengetahuan keterampilan dan perilaku tugas yang harus dimiliki disebut .... D. Kompetensi

182

Kompetensi guru meliputi kompetensi .... A. Pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional

183

Kode etik guru Indonesia adalah norma dan asas yang .... A. Diterima dan disepakati oleh guru

184

Profesi guru yang dipandang oleh masyarakat adalah profesi yang .... B. terhormat dan mulia

185

Guru tidak boleh membocorkan rahasia sejawat dan peserta didiknya kepada masyarakat adalah salah satu kode etik hubungan guru dengan .... A. Masyarakat

186

Guru merahasiakan informasi setiap peserta didik kepada orang lain yang bukan orang tua/walinya. Hal ini sesuai pernyataan, kecuali guru boleh memberitahukan perkembangan anak kepada .... D. Tetangga dari peserta didik

187

Guru tidak boleh melakukan tindakan pribadi atau kedinasan yang berakibat pada kerugian Negara, termasuk .... C. Korupsi

188

Salah satu sumber kode etik adalah .... A. Nilai-nilai agama dan Pancasila

189

Guru berusaha menciptakan, memelihara, dan meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 adalah salah satu kode etik guru dengan .... D. Pemerintah

190

Penetapan kode etik lazim dilakukan pada suatu .... A. Konggres organisasi politik

191

Guru berusaha secara manusiawi untuk mencegah setiap gangguan yang dapat mempengaruhi perkembangan negatif bagi peserta didik adalah kode etik guru dengan .... D. Peserta didik

192

Guru tidak boleh menciptakan kondisi atau bertindak yang langsung atau tidak langsung akan memunculkan konflik dengan sejawat adalah kode etik guru dengan .... C. Sekolah

193

Suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama disebut .... B. organisasi

194

Di dalam organisasi berkumpul orang-orang sebagai sumber daya manusia yang terikat dalam hubungan kerja untuk mencapai tujuan yaitu kecuali .... D. Tamu

195

Job desciption, yaitu .... B. deskripsi pekerjaan

196

Dalam suatu sekolah atasan langsung guru-guru adalah .... C. Kepala sekolah

197

Output dari organisasi di sekolah adalah .... B. lulusan anak berkembang potensi kecerdasannya

198

Segala macam modal awal yang dibutuhkan pihak penyelenggara pendidikan anak usia dini disebut juga .... A. Input

199

PGRI didirikan di Surakarta pada tanggal .... C. 25 November 1945

200

Berikut ini adalah organisasi keguruan, kecuali .... D. PSSI

201

Empat misi utama PGRI, diantaranya misi .... B. kesejahteraan

202

Satu-satunya organisasi guru-guru sekolah yang diakui pemerintah sampai saat ini adalah .... A. PGRI


Tidak ada komentar:

Posting Komentar