MODUL 12
PROFIL KEMAMPUAN KOGNITIF
KEGIATAN BELAJAR 1
HAKIKAT PROFIL
KEMAMPUAN KOGNITIF
A. PENGERTIAN PROFIL KEMAMPUAN
Profil
kemampuan anak usia dini adalah gambaran tentang perkembangan anak usia dini
yang diukur saat ini yang menyangkut kemampuan fisik, kognitif, berbahasa, dan
berkomunikasi dan kemampuan sosial emosional.
B. KLASIFIKASI PENGEMBANGAN KOGNITIF
Dengan mengetahui klasifikasi pengembangan kognitif akan
lebih mudah bagi para pendidik dan orang dewasa lainnya dalam menstimulasi
kemampuan kognitif anak sehingga akan tercapai optimalisasi potensi pada
masing-masing anak. Klasifikasi teori pengembangan menurut beberapa ahli, yaitu
:
a.
Jean Piaget, dengan 4 fase perkembangan kognitif yaitu
sensorimotor, pra operasional konkret, operasionaal konkret, dan operasional
formal.
b.
Benyamin S.Bloom, dengan 3 taksonomi / ranah atau tujuan
pendidikan yaitu : kognitif, afektif, dan psikomotor.
c.
Howard Gardner, dengan teori kecerdasan jamak
C. KECERDASAN LINGUISTIK
Adalah kecerdasan dalam mengolah kata atau kemampuan
menggunakan kata secara efektif baik lisan maaupun tulisan.
D. KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA
Adalah kecerdasan dalam hal angka dan logika.
E. KECERDASAN KINESTETIK
Adalaah suatu kecerdasan dimaana saat menggunakannya
seseorang mampu atau terampil menggunakan anggota tubuh untuk mlakukan gerakan
seperti berlari, melompat, melempar, menari, melakukan kegiatan seni.
F. KECERDASAN VISUAL SPASIAL
Adalah kemampuan untuk memvisualisasikan gambar didalam
pikiran seseorang.
G. KECERDASAN MUSIK
Adalah kemampuan menangani bentuk-bentuk musical.
H. KECERDASAN INTRAPERSONAL
Adalah kemampuan seseorang untuk berfikir secara reflektif
yaitu mengacu mengenai perasaan dan proses pemikiraan diri sendiri.
I. KECERDASAN INTERPERSONAL
Adalah berfikir lewat nerkomunikasi dan berinteraksi dengan
orang lain.
J. KECERDASAN NATURALIS
Adalah kecerdasan untuk mencintai keindahan alam melalui
pengenalanterhadap flora dan fauna yang terdapat di lingkungan sekitar,
mengamati fenomena alam dan kepedulian terhadaplingkungan sekitar.
K. KECERDASAN SPIRITUAL
Adalah
kecerdasan dalam memandang makna atau hakikat kehidupan ini sesuai dengan
kodrat manusia sebagai makhluk Tuhaan Yang Maha Esa.
KEGIATAN BELAJAR 2
PEMBUATAN PROFIL
KEMAMPUAN ANAK
A. PENILAIAN PERKEMBANGAN ANAK
Kegiatan menilai
merupakan suatu kegiatan yang harus selalu dilakukan sepanjang proses
pembelajaran, dimana pun, kapan pun, dan oleh sapa pun, penilaian atau
seringkali lebih popular dengan istilah evaluasi.
1. Definisi dan
Peristilahan
Penilaian perkembangan anak pada
pembelajaran anak usia dini sering disebut dengan ASESMEN PERKEMBANAGAN.
2. Asesmen
Perkembangan Anak
Dalam dunia pendidikan asesmen dimaknai
sebagai proses yang sistematis sejak saat pengumpulan sampai dengan pengambilan
keputusan.
3. Tujuan Asesmen
Perkembangan Anak
Diantaranya adalah mendeteksi
perkembngan dan arahan dalam melakukan penilaian, mengidentifikasi minat dan
kebutuhan anak, menggambarkan kemajuan pembelajaran.
4. Kegunaan Asesmen
Untuk kegunaan administrative, kegiatan
pembelajaran, kegunaan diagnostik, dan penelitian.
5. Pelaksanaan
Asesmen
Asesmen harus dilakukan secara kontinu,
berkelanjutan serta diarahkan pada proses dan hasil.
6. Pengumpulan Data
Bisa melalui pengamatan,dan wawancara.
7. Instrumen dalam
Evaluasi dan Asesmen Perkembangan
Ada 2 teori yaitu klasifikasi dari
teori Janet Lerner dan teori dari Gardner.
B. KEGIATAN BERMAIN / PERMAINAN YANG DIBERIKAN DALAM RANGKA
PENGAMATAN
Dapar
dilihat pada modul halaman 12.88
C. PENGEMBANGAN BAHAN BELAJAR DAN BERMAIN
Sebagai
contoh bisa dengan menggunting gambar ikan, memancing ikan, bercerita kembali
saat bermain memancing ikan dan bermain matematika.
D. GRAFIK PROFIL KEMAMPUAN
1. Contoh
2. Analisis hasil
pengamatan
3. Saran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar