Selasa, 18 Mei 2021

RAT (RANCANGAN AKTIVITAS TUTORIAL) universitas terbuka

 

RAT

(RANCANGAN AKTIVITAS TUTORIAL)

 

Nama Mata Kuliah         : NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL

Kode Mata Kuliah/SKS                  : PAUD4102/4 SKS

Nama Pengembang       : SITI MARYUQOH, S.Pd. AUD

 

DESKRIPSI SINGKAT KULIAH

Mata kuliah metode pengembangan moral dan nilai-nilai agama mengajak mahasiswa mengkaji hakekat perkembangan moralitas anak Taman Kanak-kanak, kecerdasan moral menurut ahli, pemahaman dan penanaman moral, menentukan strategi, penerapan metode, pendekatan pembelajaran, perkembambangan nilai-nilai keagamaan, merancang, mengaplikasikan moral. Nilai-nilai keagamaan menentukan implikasi kegiatan pengembangan moral dan nilai-nilai keagamaan. Melakukan penilaian kegiatan pengembangan moral dan nilai-nilai keagamaan anak Taman Kanak-Kanak.

 

KOMPETENSI UMUM

Setelah mengikuti Tutorial Nilai-Nilai Agama dan Moral  ini, mahasiswa di harapkan mampu menjelaskan hakekat perkembangan moralitas anak taman kanak-kanak, kecerdasan moral menurut ahli, pemahanan dan penanaman moral pada anak taman kanak-kanak, strategi, metode, pendekatan pembelajaran moral anak taman kanak-kanak. Hakekat nilai-nilai keagamaan anak taman kanak-kanak, ruang lingkup pengembangan nilai-nilai keagamaan anak TK, rancangan kegiatan pengembangan moral dan nilai-nilai keagamaan anak TK, aplikasi pengembangan moral anak TK. Aplikasi pengembangan nilai-nilai keagamaan TK. Implikasi kegiatan pengembangan moral dan nilai-nilai keagamaan lingkungan sekolah dan masyarakat, penilaian kegiatan pengembangan moral dan nilai-nilai keagamaan anak TK.

 

KOMPETENSI KHUSUS

Mahasiswa dapat menanamkan moral dan nilai-nilai keagamaan anak di TK dan lingkungannya.

 

POKOK BAHASAN

Metode Pengembangan Moral Nilai-Nilai Agama (Mengkaji Modul 1 – 12)

 

 

No

Kompetensi Khusus

Pokok Bahasan

Sub Pokok Bahasan

Model Tutorial

Estimasi waktu

Daftar Pustaka

Tutorial Ke-

1

Menjelaskan hakekat moralitas etika dalam tahapan perkembangan moral Anak Usia Dini

Hakekat moralitas, etika dan tahapan perkembangan moral

Hakekat perkembangan moralitas Anak Usia Dini

Patut 1

120

Djakiri Kosasih (1996). Dasar dan Konsep Pendidikan Moral. Jakarta : Depdikbud

Pertemuan 1 Modul 1 dan Modul 2

2

Menerangkan isonansi moral

 

 

 

 

 

 

3

Menerangkan pola orientasi modal pada Anak Usia Dini

 

 

 

 

 

 

4

Menerangkan Teori Kecerdasan Moral menurut Lickona

Teori kecerdasan moral menurut Lickona

Kecerdasan moral menurut ahli

 

 

Lickana Thomas (1991) Educating for character Hous our schools can teach respect and responsibility. New York : Bantam Books

 

1

Menerangkan hakekat moral knowing

Hakikat moral knowing

Pemahaman dan penanaman moral pada AUD

PATUT 2

120

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007tentang Standar Proses Belajar mengajar

Pertemuan 2 Modul 3 & 4

2

Menerangkan penanaman nilai-nilai kejujuran toleransi dan kesetiakawanan pada AUD

 

 

 

 

 

 

3

Menerangkan moral pada AUD

Pengembangan moral pada AUD

Pengembangan strategi, metode pembelajaran modal AUD

 

 

Majid, Abd. Aziz A. (2003) Mendidik Anak Lewat Cerita. Jakarta : Mustaqiin.

 

4

Strategi dalam Pengembangan Moral pada AUD

 

 

 

 

 

 

5

Metode dan Pendekatan dalam Penembangan Moral AUD.

 

 

 

 

 

 

1

Menerangkan perkembangan nilai-nilai keagamaan pada AUD

Perkembangan nilai keagamaan pada AUD

Hakikat perkembangan nilai-nilai keagamaan AUD

Tatap Muka

130

Agustin G. Ary (2005) Emotional Spiritual Quetiont ESO) Jakarta : Arga

Pertemuan 3 Modul 5

2

Menerangkan potret, esensi dan target pengembangan nilai-nilai keagamaan AUD.

 

 

 

 

 

 

3

Menerangkan hakekat spiritual quotient dan implikasinya.

 

 

 

 

 

 

1

Menerangkan ruang lingkup dan pokok-pokok perkembangan keagamaan pada AUD.

Ruagn lingkup dan pokok-pokok pengembangan nilai-nilai keagamaan pada AUD.

Ruang lingkup pengembangan nilai-nilai keagamaan AUD

 

 

Semiawan Lonny R (2003). Pendidikan Keluarga dalam Era Global. Jakatra : Prenballindo.

Pertemuan 4 Modul 6 s/d 7

2

Strategi pengembangan nilai-nilai keagamaan pada AUD

 

 

 

 

 

 

3

Metode dan pendekatan dalam pengembangan nilai-nilai keagamaan pada AUD

 

 

 

 

 

 

4

Menerangkan rancangan kegiatan pengembangan moral pada AUD di Taman Kanak-Kanak.

Rancangan kegiatan pengembangan moral pada anak usia Taman Kanak-kanak

Rancangan kegiatan pengembangan moral dan nilai-nilai keagamaan AUD

 

 

Permendiknas RI No 58 Tahun 2009 Standar Pendidikan Anak Usia Din

 

5

Rancangan kegaitan pengembangan nilai-nilai keagamaan pada anak usia Taman Kanak-kanak

 

 

 

 

 

 

1

Menerangkan aplikasi pengembangan moral di lembaga PAUD

Aplikasi pengembangan moral di lembaga PAUD

Aplikasi pengembangan moral anak usia dini

Tatap Muka

120

Angger, Ahmad Anggoro (2010) cinta tanah Air.blogspot.com

Djakhari A.K. Etal (1996) Dasar dan Konsep pendidikan Moral. Jakarta.

Pertemuan 5 Modul 8

2

Aplikasi penanaman nilai-nilai cintan lingkungan

 

 

 

 

 

 

3

Menerangkan aplikasi penanaman nilai-nilai Cinta Tanah Ir

 

 

 

 

 

 

1

Menerangkan hakikat pengembangan nilai-nilai keagamaan di TK

Hakekat pengembangan nilai-nilai keamaan di TK

Aplikasi pengembangan nilai-nilai keagamaan anak TK

Tatap Muka

120

Al Qorashi Baqir Short (2003), Seni mendidik Islam : Jakarta: Pustaka Zahra

Alhaj, Pangeran (1998) BMP Pendidikan Pancasila. Jakarta : Penerbit : Karamika

Al Qobthani Said Bin Ali (2010) Kumpulan Doa Buat Anak. Jakarta : YAPI

Pertemuan 6 modul 9 samapi 11

2

Menerangkan penerrapan pembealjaran tata cara beribadah pada anak usia TK

 

 

 

 

 

 

3

Menerangkan implikasi kegiatan pengembangan moral dan nilai-nilai keagamaan di TK

Implikasi kegiatan pengembangan moral dan nilai-nilai keagamaan di TK

Implikasi kegiatan penembangan moral dan nilai-nilai keagamaan di TK

 

 

Tim Penyusun (2003) menyelami dunia anak membawa anak siap belajar : Al Mabrur.

 

4

Menerangkan nilai-nilai krusial dalam pengembangan moral dan nilai-nilai agama di TK

 

 

 

 

 

 

5

Menerangkan implikasi pengembangan moral dan nilai-niali keagamaan pada AUD di lingkungan lembaga AUD

Implikasi pengembangan moral dan nilai-nilai keagamaan pada AUD di lingkungan AUD.

Implikasi kegiatan pengembangan moral dan nilai-nilai keagamaan di lingkungan lembaga AUD dan masyarakat

 

 

Coles Robert (2000) menumbuhkan kecerdasan moral pada anak. Jakarta : Gramedia Pusaka Utama.

 

6

Menerangkan implikasi pengembangan moral dan nilai-nilai keagamaan pada anak usia TK di lingkungan masyarakat

 

 

 

 

Koesoema Dony (2009) Pendidikan Karakter di zaman keblinger. Jakarta : Grasindo.

 

1

Menerangkan alat penilaian perkembangan moral dan nilai-nilai keagamaan pada AUD.

Alat penilaian perkembangan moral dan nilai-nilai keagamaan pada AUD

Penilaian pada perkembangan moral dan nilai-nilai keagamaan pada AUD

Tatap Muka

120

Hidayat Q.S. 92004) Assesment & evaluasi kegiatan di TK Bekasi PGTKI MMA

Supriyati Y (2002) Penilaian Berbasis Kompetensi. Jakarta : Makalah Seminar.

Pertemuan 7 modul 12

2

Menerangkan rancangan penilaian perkemabngan moral dan nilai-nilai keagamaan pada AUD

 

 

 

 

 

 

1

Menerangkan rencana kegiatan harian

Rencana kegaitan harian dan evaluasi

Rencana kegiatan harian

Tatap muak

120

 

Pertemuan 8

Modul 1 - 12

2

Mengevaluasi kegiatan modul 1 - 12

 

 

 

 

 

 

 

 

Tutor

 

 

 

SITI MARYUQOH, S.Pd. AUD

NIP. 19630919200701 2 006


 


SAT

(SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL)

 

Tutorial Ke                           : 1

Kode/Nama Mata Kuliah     : PAUD 4102/Metode Pengembangan Moral dan Nilai-Nilai Agama

SKS                                      : 4 SKS

Nama Pengembang              : Siti Maryuqoh, S.Pd.AUD

 

DESKRIPSI SINGKAT KULIAH:

Mata kuliah Nilai-Nilai Agama dan Moral  ini mengajak mahasiswa untuk dapat menjelaskan hakekat pengembangan moral dan anak usia dini dan kecerdasan menurut ahlinya serta dapat memiliki landasan yang memadai tentang perkembangan canak dan teori kecerdasan dapat melakukan proses pendidikan dan pembelajaran.

 

KOMPETENSI UMUM

Setelah mengikuti tutorial dapat menjelaskan hakekat perkembangan moral pada anak usai dini dan kecerdasan menurut ahlinya.

 

KOMPETENSI KHUSUS

Mahasiswa dapat mengetahui perkembangan moral dan kecerdasan moral pada anak usia dini

 

POKOK BAHASAN : METODE PENGEMBANGAN MORAL DAN NILAI-NIALI AGAMA

                                       (Mengkaji Modul 1-4)

1.      Hakekat moral moralitas etika dan tahapan perkembangan moral anak usia dini

2.      Disonasi moral

3.      Pola orientasi moral pada anak usia dini

4.      Teori kecerdasan moral menurut Lickona

5.      Strategi dan metode dalam mengembangkan kecerdasan moral anak TK menurut Lickona

 

SUB POKOK BAHASAN :

1.      Menjelaskan moral, moralitas, etika dan tahapan perkembangan moral anak usia dini.

2.      Menjelaskan disonasi moral

3.      Menjelaskan pola orientasi moral pada anak usia dini

4.      Menjelaskan kecerdasan moral menurut lickona

5.      Menjelaskan strategi dan metode dalam pengembangan kecerdasan moral anak TK menurut Lickona.

 

 

 

 

 

 

 

 

Tahap Kegiatan

Rincian Kegiatan

Keterangan

Estimasi Waktu

Tutor

Mahasiswa

Pendahuluan

Tutor menjelaskan hakikat mata kuliah dan pelaksanaan serta evaluasi praktek

Mendengarkan

Menggunakan papan tulis dan kapur

20’

Inti

Mengkaji modul 1-2

-       Tutor menjelaskan pokok-pokok materi modul 1-2

-       Tutor mengajak mahasiswa berdiskusi

 

Mahasiswa menyimak

 

Berdiskusi

 

Papan tulis, spidol

 

80’

Penutup

Memantapkan dan menyimpulkan hasil diskusi

-       Menanyakan hal-hal yang kurang difahami

 

Papan tulis, dan spidol

20’

 


 

SAT

(SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL)

 

Tutorial Ke                           : 2

Kode/Nama Mata Kuliah     : PAUD 4102/Metode Pengembangan Moral dan Nilai-Nilai Agama

SKS                                      : 4 SKS

Nama Pengembang              : Siti Maryuqoh, S.Pd.AUD

 

DESKRIPSI SINGKAT KULIAH:

Mata kuliah metode pengembangan moral dan nilai-nilai agama mengajak mahasiswa memahami dan menanamkan moral pada anak usia dini menerapkan penanaman nilai-nilai kejujuran, toleransi dan setia kawan pada anak usia dini, strategi serta metode dan pendekatan dalam pengembangan moral anak usia dini sehingga dapat menerapkan pada kegiatan pengembangan moralitas anak usia dini secara optimal.

 

KOMPETENSI UMUM

Setelah mengikuti tutorial 2 metode pengembangan moral dan nilai-nilai agama mahasiswa diharapkan dalam kegiatan pembelajaran menerapkan penanaman kejujuran toleransi setia kawan, moralitas secara optimal.

 

KOMPETENSI KHUSUS

Mahasiswa dapat memahami dan menanamkan moral, nilai kejujuran, toleransi, setia kawan pada anak usia dini.

 

POKOK BAHASAN : METODE PENGEMBANGAN MORAL DAN NILAI-NILAI AGAMA

 (Mengkaji Modul 3-4)

1.      Pemahaman dan penanaman modal pada anak usia dini

2.      Hakekat moral knowing

3.      Penanaman nilai-nilai kejujuran, toleransi, serta kawan

4.      Pengembangan, strategi, metode dan pendekatan pembelajaran moral AUD

5.      Pengembangan moral pada anak usia dini

 

SUB POKOK BAHASAN :

1.      Menjelaskan pemahaman dan penanaman moral pada anak usia dini

2.      Menerangkan moral knowing

3.      Menjelaskan penanaman niali-nilai kejujuran toleransi setia kawan

4.      Menjelaskan strategi metode dan pendekatan pembelajaran moral AUD

5.      Menjelaskan pengembangan moral pada anak usia dini.

 

 


 

MODEL PAT-UT    : 1

PERTEMUAN KE : 2

 

Tahap Kegiatan

Rincian Kegiatan

Keterangan

Estimasi Waktu

Tutor

Mahasiswa

Pendahuluan

-       Apersepsi

-       Mereview materi pertemuan sebelumnya

Mendengarkan

Papan tulis dan spidol  

20’

Inti

-       Tutor menjelaskan pokok-pokok materi modul 2-4

-       Tutor mengajak mahasiswa berdiskusi

Mahasiswa menyimak dan mencatat

Berdiskusi

Papan tulis, spidol

 

 

40’

 

 

 

 

40’

Penutup

-       Memantapkan dan menyimpulkan hasil diskusi

 

-       Mendengarkan dan Mencatat hasil diskusi

 

Buku tulis, ballpoint

 

 

20’

 


 

SAT

(SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL)

 

Tutorial Ke                           : 3

Kode/Nama Mata Kuliah     : PAUD 4102/Metode Pengembangan Moral dan Nilai-Nilai Agama

SKS                                      : 4 SKS

Nama Pengembang              : Siti Maryuqoh, S.Pd.AUD

 

DESKRIPSI SINGKAT KULIAH:

Mata kuliah metode pengembangan moral dan nilai-niali agama, mengajak mahasiswa menjelaskan hakikat perkembamngan nilai-nilai keagamaan pada anak usia dini. Menjelaskan hakikat nilai keagamaan pada anak usia dini. Menjjelaskan potret, esensi dan target pengembangan nilai-nilai keagamaan anak usia dini, menjelaskan hakekat spiritual quetient dan implikasi kehidupan anak sebagai individu dan anggota masyarakat.

 

KOMPETENSI UMUM

Setelah mengikuti tutorial mahasiswa diharapkan mampu menanamkan nilai-nilai keagamaan pada anak usia dini dan spiritual quetient & implikasi kehidupan masyarakat.

 

KOMPETENSI KHUSUS

Mahasiswa dapat mengkaji materi dapat menerapkan nilai-nilai keagamaan pada anak usia dini di kehidupan masyarakat

 

POKOK BAHASAN : METODE PENGEMBANGAN MORAL DAN NILAI-NILAI AGAMA

                                       (Mengkaji Modul 5)

 

POKOK BAHASAN :

1.      Hakekat perkembangan nilai-nilai kegiatan keagamaan pada anak usai dini

2.      Potret, esensi dan target perkembangan nilai-nilai keagamaan anak usai dini.

3.      Hakekat spiritual quatient dan implikasinya dalam kehidpan anak sebagai individu dan anggota masyarakat

 

SUB POKOK BAHASAN :

1.      Menjelaskan perkembangan nilai-nilai keagamaan pada mahasiswa

2.      Menjelaskan potret, esensi dan target perkembangan nilai-nilai keagamaan pada anak usai dini.

3.      Menjelaskan spiritual quentient & implikasi kehidupan masyarakat.

 


 

Tahap Kegiatan

Rincian Kegiatan

Keterangan

Estimasi Waktu

Tutor

Mahasiswa

Pendahuluan

-       Apersepsi

-       Mereview materi pertemuan sebelumnya

Tanya jawab

 

10’

Inti

-       Menjelaskan pokok-pokok materi modul 5

-       Tutor mengajak mahasiswa berdiskusi

-       Uji konsep modul 1-5

Menyimak

Tanya jawab

 

 

 

 

Mengerjakan soal

 

30’

 

 

 

 

 

60’

 

 

Penutup

-       Menyimpulkan hasil pembahasan

 

-       Mencatat

 

papan tulis,

 

20’

 


 

SAT

(SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL)

 

Tutorial Ke                           : 4

Kode/Nama Mata Kuliah     : PAUD 4102/Metode Pengembangan Moral dan Nilai-Nilai Agama

SKS                                      : 4 SKS

Nama Pengembang              : Siti Maryuqoh, S.Pd.AUD

 

DESKRIPSI SINGKAT KULIAH:

Mata kuliah metode pengembangan moral dan nilai-nilai agama. Mahasiswa dapat menjelaskan ruang lingkup dan pokok-pokok pengembangan nilai-nilai keagamaan pada anak taman kanak-kanak dan dapat memahami cara penyusunan rancangan kegiatan pengembangan moral pada anak taman kanak-kanak. Rancangan kegiatan pengembangan nilai-nilai keagamaan pada anak usia taman kanak-kanak.

 

KOMPETENSI UMUM

Setelah mengikuti tutorial pengembangan moral dan nilai agama mahasiswa diharapkan memahami ruang lingkup dan pokok-pokok, cara menyusun rancangan kegiatan pengembangan moral dan nilai-nilai keagamaan pada anak taman kanak-kanak.

 

KOMPETENSI KHUSUS

Mahasiswa dapat memahami ruang lingkup pokok-pokok cara menyusun rancangan kegaitan pengembangan moral dan nilai-nilai keagamaan

 

POKOK BAHASAN : METODE PENGEMBANGAN MORAL DAN NILAI-NILAI AGAMA

                                       (Mengkaji Modul 6-7)

 

SUB POKOK BAHASAN :

1.      Ruang lingkup dan pokok-pokok pengembangan nilai-nilai keagamaan pada anak

2.      Strategi pengembangan nilai keagamaan pada anak

3.      Metode dan pendekatan dalam pengembangan keagamaan

4.      Hakekat rancangan kegiatan, mengaplikasikan rancangan kegiatan pengembangan moral dan nilai-nilai keagamaan bagi anak taman kanak-kanak.

 

SUB POKOK BAHASAN  :

1.      Menjelaskan ruang lingkup dan pokok pokok pengembangan nilai-nilai keagamaan pada anak

2.      Menguraikan strategi pengembangan nilai-nilai keagamaan pada anak

3.      Menjelaskan metode dan pendekatan dalam pengembangan keagamaan.

4.      Menjejelaskan hakekat rancangan kegaitan mengaplikasi rancangan kegiatan pengembangan moral dan nilai-nilai keagamaan anak taman kanak-kanak.

 

 

 

 

 

Tahap Kegiatan

Rincian Kegiatan

Keterangan

Estimasi Waktu

Tutor

Mahasiswa

Pendahuluan

-       Apersepsi

-       Mereview materi pertemuan sebelumnya

 

 

Tanya jawab

 

20’

Inti

-       Menjelaskan pokok-pokok materi modul 6-7

 

Mendengarkan

Tanya jawab

Papan tulis

Spidol

80’

Penutup

-       Menyimpulkan hasil dari diskusi

 

 

-       Mencatat

Buku

20

 


 

SAT

(SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL)

 

Tutorial Ke                           : 5

Kode/Nama Mata Kuliah     : PAUD 4102/Metode Pengembangan Moral dan Nilai-Nilai Agama

SKS                                      : 4 SKS

Nama Pengembang              : Siti Maryuqoh, S.Pd.AUD

 

DESKRIPSI SINGKAT KULIAH:

Mata kuliah metode pengembangan moral dan nilai-nilai agama mengajak mahasiswa hakekat aplikasi pengembangan moral dan aplikasi penanaman cinta lingkungan, hakekat aplikasi penanaman nilai-nilai cinta tanah air, peran guru dalam pengembangan moral di lembaga PAUD

 

KOMPETENSI UMUM

Setelah mengikuti tutorial metode pengembangan moral dengan nilai-nilai agama mengajak mahasiswa memahami hakekat aplikasi pengembangan moral-moral penanaman nilai-nilai cinta lingkungan dan cinta tanah air.

 

KOMPETENSI KHUSUS

Mahasiswa dapat memahami menanamkan pengembangan moral nilai cinta lingkungan, nilai-nilai cinta tanah air pada anak usia dini.

 

POKOK BAHASAN : METODE PENGEMBANGAN MORAL DAN NILAI-NILAI AGAMA

(Modul 8)

 

POKOK BAHASAN :

1.      Hakekat aplikasi pengembangan moral di lembaga PAUD

2.      Hakekat aplikasi nilai-niali cinta lingkungan, cinta tanah ir

3.      Peran guru dalam pengembangan moral di lembaga PAUD

 

SUB POKOK BAHASAN :

1.      Menjelaskan aplikasi pengembangan moral di lembaga PAUD

2.      Menjelaskan hakekat aplikasi nilai-nilai cinta lingkungan cinta tanah air.

3.      Menjelaskan peran guru dalam pengembangan moral di lembaga PAUD.


 

 

 

Tahap Kegiatan

Rincian Kegiatan

Keterangan

Estimasi Waktu

Tutor

Mahasiswa

Pendahuluan

-       Apersepsi

-       Mereview materi pertemuan sebelumnya

Mendengarkan

 

20’

Inti

-       Menjelaskan pokok-pokok materi modul 8

-       Presentasi

UJI KONSEP

-       Modul 2-8

-       Mengembalikan RKH yang telah dikoreksi dan menjelaskan perbaikan RKH tersebut

Menyimak

 

 

Tanya jawab

 

Mengerjakan soal

 

 

20’

 

 

 

60’

Penutup

-       Memantapkan menyimpulkan hasil diskusi

-       Menanyakan hal-hal yang kurang tahu

 

Buku dan bulpen

20’

 


 

SAT

(SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL)

 

Tutorial Ke                           : 6

Kode/Nama Mata Kuliah     : PAUD 4102/Metode Pengembangan Moral dan Nilai-Nilai Agama

SKS                                      : 4SKS

Nama Pengembang              : Siti Maryuqoh, S.Pd.AUD

 

DESKRIPSI SINGKAT KULIAH:

Mata kuliah metode pengembangan moral dan nilai-nilai agama mengajak mahasiswa memahami hakekat aplikasi pengembangan nilai-nilai keagamaan di TK. Penerapan pembelajaran dan tata cara beribadah pada anak usia TK, pemahaman implikasi kegiatan pengembangan moral dan nilai-nilai keagamaan di taman kanak-kanak, pemahaman. Implikasi kegiatan pengembangan moral dan nilai-nilai keagamaan di lingkungan lembaga AUD dan masyarakat.

 

KOMPETENSI UMUM

Setelah mengikuti tutorial mengajak mahasiswa memahami aplikasi pengembangan nilai –nilai keagamaan di TK memahami implikasi pengembangan moral dan nilai keagamaan di lingkungan lembaga AUD dan masyarakat.

 

KOMPETENSI KHUSUS

Mahasiswa dapat memahami aplikasi implikasi pengembangan moral dan nilai-nilai keagamaan di TK lingkungan lembaga PAUD masyarakat.

 

POKOK BAHASAN : METODE PENGEMBANGAN MORAL DAN NILAI-NILAI AGAMA

(Modul 9-11)

 

SUB POKOK BAHASAN :

1.      Hakekat aplikasi pengembangan nilai-niali keagamaan di TK

2.      Hakekat penerapan pembelajaran dan tata cara beribadah pada anak usia TK

3.      Implikasi kegiatan moral dan nilai-nilai keagamaan di TK di lembaga AUD

 

SUB POKOK BAHASAN:

1.      Menjelaskan Hakekat aplikasi pengembangan nilai-niali keagamaan di TK

2.      Menjelaskan Hakekat penerapan pembelajaran dan tata cara beribadah pada anak usia TK

3.      Menjelaskan Implikasi kegiatan moral dan nilai-nilai keagamaan di TK di lembaga AUD

 


 

 

Tahap Kegiatan

Rincian Kegiatan

Keterangan

Estimasi Waktu

Tutor

Mahasiswa

Pendahuluan

-       Apersepsi

-       Mereview materi pertemuan sebelumnya

 

Mendengar

 

20’

Inti

-       Menjelaskan modul 9-11

-       Presentasi (modul 9-11

-       Diskusi

 

Mendengarkan

Papan tulis

Spidol

20’

 

40’

 

20’

Penutup

-       Memberi pemahaman materi

 

 

-       Tanya jawab

 

20’

 


 

SAT

(SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL)

 

Tutorial Ke                           : 7

Kode/Nama Mata Kuliah     : PAUD 4102/Metode Pengembangan Moral dan Nilai-Nilai Agama

SKS                                      : 4SKS

Nama Pengembang              : Siti Maryuqoh, S.Pd.AUD

 

DESKRIPSI SINGKAT KULIAH:

Mata kuliah metode pengembangan moral dan nilai-nilai agama mengajak mahasiswa mampu merencanakan, melaksanakan menganalisis hasil penilaian moral dan nilai-nilai keagamaan pada anak usia dini.

 

KOMPETENSI UMUM

Setelah mengikuti tutorial mengajak mahasiswa mampu merencanakan, melaksanakan, menganalisis hasil penilaian moral dan nilai-nilai keagamaan pada anak usia dini.

 

KOMPETENSI KHUSUS

Mahasiswa diharap mengerti penilaian, tujuan, fungsi, ruang lingkup, prinsip-prinsip karakteristik alat penilaian.

 

POKOK BAHASAN : METODE PENGEMBANGAN MORAL DAN NILAI-NILAI AGAMA

(Modul 12)

 

POKOK BAHASAN :

1.      Penjelasan pengembangan moral dan nilai-nilai keagamaan pada AUD

2.      Alat penilaian perkembamngan moral dan nilai-nilai keagamaan anak usai dini

3.      Rancangan penilaian perkembangan moral dan nilai-nilai keagamaan pada anka usai dini.

 

SUB POKOK BAHASAN:

1.      Menjelaskan penilaian pengembangan moral dan nilai-nilai keagamaan pada AUD

2.      Menjelaskan Alat penilaian perkembamngan moral dan nilai-nilai keagamaan anak usai dini

3.      Menjelaskan Rancangan penilaian perkembangan moral dan nilai-nilai keagamaan pada anka usai dini.

 


 

Tahap Kegiatan

Rincian Kegiatan

Keterangan

Estimasi Waktu

Tutor

Mahasiswa

Pendahuluan

Apersepsi

Mereview materi sebelumnya

 

 

 

 

 

 

 

 

10’

Inti

-       Presentasi  modul 12

-       Uji konsep modul 9-12

 

Presentasi tanya jawab

Mengerjakan

 

 

Soal

30’

 

60’

Penutup

-       Memberi pemahaman materi

-       Tanya jawab

 

 

 

 

Mencatat

Buku

20’

 


 

SAT

(SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL)

 

Tutorial Ke                           : 8

Kode/Nama Mata Kuliah     : PAUD 4102/Metode Pengembangan Moral dan Nilai-Nilai Agama

SKS                                      : 4 SKS

Nama Pengembang              : Siti Maryuqoh, S.Pd.AUD

 

 

DESKRIPSI SINGKAT KULIAH:

Mata kuliah : metode pengembangan moral dan nilai-nilai agama mengulang modul 1-12. Mahasiswa, hakekat perkembangan mengajak m oralitas anka usia dini, kecerdasan moral, pemahaman dan penanaman moral. Pengembangan strategi, metode, pendekatan pembelajaran moral, hakekat perkembangan nilai-nilai keagamaan. Ruang lingkup pengembangan nilai-nilai keagamaan. Rancangan kegiatan pengembangan moral dan nilai-nilai keagamaan, aplikasi pengembangan moral dan nlai-nilai keagamaan AUD. Implikasi kegiatan pengembangan moral dan nilai-niali keagamaan di lingkungan lembaga AUD dan masyarakat penilaian pengembangan moral dan nilai-nilai keagamaan pada anak usai dini.

 

KOMPETENSI UMUM

Setelah mengikuti tutorial mahasiswa diharapkan dapat menanamkan moralitas dan nilai-nilai agama di pendidikan anak usia dini, di lingkungan, di masyarakat.

 

KOMPETENSI KHUSUS

Mahasiswa dapat mengkaji metode pengembangan moral dan niali-niali agama dan menanamkan moral, metode, strategi dan penialian pendidikan anak usia dini.

 

POKOK BAHASAN : METODE PENGEMBANGAN MORAL DAN NILAI-NILAI AGAMA

(Modul 1-12)

POKOK BAHASAN :

1.      Hakekat perkembangan moralitas

2.      Kecerdasan moral

3.      Pemahaman dan penanaman moral

4.      Pengembangan strategi metode dan pendekatan pembelajaran moral.

5.      Hakekat perkembangan nilai-nilai keagamaan

6.      Ruang lingkup pengembangan nilai-nilai keagamaan

7.      Rancangan kegaitan pengembangan moral dan nilai-nilai keagamaan

8.      Aplikasi pengembangan moral anak usia dini

9.      Aplikasi pengembangan nilai-nilai keagamaan anak taman kanak-kanak

10.  Implikasi kegiatan pengembangan moral dan niali-niali agama di taman kanak-kanak

11.  Implikasi kegiatan pengembangan moral dan nilai-nilai keagamaan di lingkungan lembaga AUD dan masyarakat.

12.  Penilaian pada pengembangan moral dan nilai-nilai keagamaan pada anak usai dini

 

SUB POKOK BAHASAN :

1.      Menjelaskan Hakekat perkembangan moralitas

2.      Menjelaskan Kecerdasan moral

3.      Menjelaskan Pemahaman dan penanaman moral

4.      Menjelaskan Pengembangan strategi metode dan pendekatan pembelajaran moral.

5.      Menjelaskan Hakekat perk embangan nilai-nilai keagamaan

6.      Menjelaskan Ruang lingkup pengembangan nilai-nilai keagamaan

7.      Menjelaskan Rancangan kegaitan pengembangan moral dan nilai-nilai keagamaan

8.      Menjelaskan Aplikasi pengembangan moral anak usia dini

9.      Menjelaskan Aplikasi pengembangan nilai-nilai keagamaan anak taman kanak-kanak

10.  Menjelaskan Implikasi kegiatan pengembangan moral dan niali-niali agama di taman kanak-kanak

11.  Menjelaskan Implikasi kegiatan pengembangan moral dan nilai-nilai keagamaan di lingkungan lembaga AUD dan masyarakat.

12.  Menjelaskan Penilaian pada pengembangan moral dan nilai-nilai keagamaan pada anak usai dini

 


Tahap Kegiatan

Rincian Kegiatan

Estimasi Waktu

Keterangan

Tutor

Mahasiswa

Pendahuluan

-       Apersepsi

 

 

10’

 

Inti

-       Menjelaskan rencana kegiatan harian

-       Diskusi

-       Mengulas modul 1-12

-       Diskusi

 

 

Mendengarkan

Membuat RKH

 

Tanya jawab

 

 

Tanya jawab

 

30’

 

30’

 

40’

Penutup

-       Memberi pemahaman tentang modul

 

 

Tanya jawab

 

10’

 

 


 

Kode Mata Kuliah   : PAUD 4102

Mata Kuliah             : Metode Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama

Tugas                       : 2

Pokjar                      : Ngawen

Hari Tanggal           :

 

1.      Sebutkan tahapan yang dilakukan dalam menyusun rancangan kegiatan pengembangan moral !

2.      Buatlah kolom RKH !

3.      Apa yang dimaksud pengembangan moral anak di taman kanak-kanak ?

4.      Teknik-teknik yang meliputi membentuk tingkah laku anak yang sesuai nilai-nilai moral ?

5.      Pendidikan lingkungan hidup dapat mempermudah percakapan keterampilan tingkat t inggi. Sebutkan !

6.      Tipa pilar pembangunan berkelanjutan. Sebutkan !

7.      Rasa cinta tanah air bisa diwujudkan dengan cara apa ?

8.      Sebutkan esensi pengembangan nilai-nilai keagamaan bagi anak taman kanak-kanak.

 


 

Mata Kuliah      : Metode Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama

Kode                 : PAUD 4102

Tugas                : 3

Hari tanggal     :

 

 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1.      Apa yang dimaksud dengan kegiatan-kegiatan terintegrasi dan sebutkan 5 bidang pengembangan kemampuan dasar?       

2.      Apa yang dimaksud dekadensi moral?

3.      Sebutkan prinsip-prinsip dasar pengembangan nilai-nilai agama bagi anak Taman Kanak-kanak dan jelaskan dengan singkat?

4.      Menanamkan sikap pengendalian emosi pada anak dengan cara apa?      

5.      Apa tujuan program pembentukan perilaku?

6.      Hal yang dijadikan dalam menentukan pendekatan dan strategi pembelajaran anak usia dini apa?

7.      Apa upaya sekolah dalam menanggulangi pengaruh lingkungan?

8.      Apa yang dimaksud egosentris?

9.      Apa prinsip penilaian?

10.  Sebutkan ada berapa kecerdasan dan sebutkan secara singkat?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar