RAT
(RANCANGAN
AKTIVITAS TUTORIAL)
Nama Mata Kuliah : NILAI-NILAI
AGAMA DAN MORAL
Kode Mata Kuliah/SKS :
PAUD4102/4 SKS
Nama Pengembang : SITI
MARYUQOH, S.Pd. AUD
DESKRIPSI SINGKAT KULIAH
Mata
kuliah metode pengembangan moral dan nilai-nilai agama mengajak mahasiswa
mengkaji hakekat perkembangan moralitas anak Taman Kanak-kanak, kecerdasan
moral menurut ahli, pemahaman dan penanaman moral, menentukan strategi,
penerapan metode, pendekatan pembelajaran, perkembambangan nilai-nilai
keagamaan, merancang, mengaplikasikan moral. Nilai-nilai keagamaan menentukan
implikasi kegiatan pengembangan moral dan nilai-nilai keagamaan. Melakukan
penilaian kegiatan pengembangan moral dan nilai-nilai keagamaan anak Taman
Kanak-Kanak.
KOMPETENSI UMUM
Setelah mengikuti
Tutorial Nilai-Nilai Agama dan Moral ini, mahasiswa di harapkan mampu menjelaskan
hakekat perkembangan moralitas anak taman kanak-kanak, kecerdasan moral menurut
ahli, pemahanan dan penanaman moral pada anak taman kanak-kanak, strategi,
metode, pendekatan pembelajaran moral anak taman kanak-kanak. Hakekat nilai-nilai
keagamaan anak taman kanak-kanak, ruang lingkup pengembangan nilai-nilai keagamaan
anak TK, rancangan kegiatan pengembangan moral dan nilai-nilai keagamaan anak
TK, aplikasi pengembangan moral anak TK. Aplikasi pengembangan nilai-nilai
keagamaan TK. Implikasi kegiatan pengembangan moral dan nilai-nilai keagamaan
lingkungan sekolah dan masyarakat, penilaian kegiatan pengembangan moral dan
nilai-nilai keagamaan anak TK.
KOMPETENSI KHUSUS
Mahasiswa
dapat menanamkan moral dan nilai-nilai keagamaan anak di TK dan lingkungannya.
POKOK
BAHASAN
Metode
Pengembangan Moral Nilai-Nilai Agama (Mengkaji Modul 1 – 12)
No |
Kompetensi
Khusus |
Pokok
Bahasan |
Sub
Pokok Bahasan |
Model
Tutorial |
Estimasi
waktu |
Daftar
Pustaka |
Tutorial
Ke- |
1 |
Menjelaskan
hakekat moralitas etika dalam tahapan perkembangan moral Anak Usia Dini |
Hakekat
moralitas, etika dan tahapan perkembangan moral |
Hakekat
perkembangan moralitas Anak Usia Dini |
Patut 1 |
120 |
Djakiri
Kosasih (1996). Dasar dan Konsep Pendidikan Moral. Jakarta : Depdikbud |
Pertemuan
1 Modul 1 dan Modul 2 |
2 |
Menerangkan
isonansi moral |
|
|
|
|
|
|
3 |
Menerangkan
pola orientasi modal pada Anak Usia Dini |
|
|
|
|
|
|
4 |
Menerangkan
Teori Kecerdasan Moral menurut Lickona |
Teori
kecerdasan moral menurut Lickona |
Kecerdasan
moral menurut ahli |
|
|
Lickana
Thomas (1991) Educating for character
Hous our schools can teach respect and responsibility. New York : Bantam
Books |
|
1 |
Menerangkan
hakekat moral knowing |
Hakikat
moral knowing |
Pemahaman
dan penanaman moral pada AUD |
PATUT 2 |
120 |
Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007tentang Standar Proses Belajar
mengajar |
Pertemuan 2 Modul 3
& 4 |
2 |
Menerangkan
penanaman nilai-nilai kejujuran toleransi dan kesetiakawanan pada AUD |
|
|
|
|
|
|
3 |
Menerangkan
moral pada AUD |
Pengembangan
moral pada AUD |
Pengembangan
strategi, metode pembelajaran modal AUD |
|
|
Majid,
Abd. Aziz A. (2003) Mendidik Anak Lewat Cerita. Jakarta : Mustaqiin. |
|
4 |
Strategi
dalam Pengembangan Moral pada AUD |
|
|
|
|
|
|
5 |
Metode
dan Pendekatan dalam Penembangan Moral AUD. |
|
|
|
|
|
|
1 |
Menerangkan
perkembangan nilai-nilai keagamaan pada AUD |
Perkembangan
nilai keagamaan pada AUD |
Hakikat
perkembangan nilai-nilai keagamaan AUD |
Tatap
Muka |
130 |
Agustin G. Ary
(2005) Emotional Spiritual Quetiont ESO) Jakarta : Arga |
Pertemuan
3 Modul 5 |
2 |
Menerangkan
potret, esensi dan target pengembangan nilai-nilai keagamaan AUD. |
|
|
|
|
|
|
3 |
Menerangkan
hakekat spiritual quotient dan implikasinya. |
|
|
|
|
|
|
1 |
Menerangkan
ruang lingkup dan pokok-pokok perkembangan keagamaan pada AUD. |
Ruagn
lingkup dan pokok-pokok pengembangan nilai-nilai keagamaan pada AUD. |
Ruang
lingkup pengembangan nilai-nilai keagamaan AUD |
|
|
Semiawan
Lonny R (2003). Pendidikan Keluarga dalam Era Global. Jakatra : Prenballindo.
|
Pertemuan
4 Modul 6 s/d 7 |
2 |
Strategi
pengembangan nilai-nilai keagamaan pada AUD |
|
|
|
|
|
|
3 |
Metode
dan pendekatan dalam pengembangan nilai-nilai keagamaan pada AUD |
|
|
|
|
|
|
4 |
Menerangkan
rancangan kegiatan pengembangan moral pada AUD di Taman Kanak-Kanak. |
Rancangan
kegiatan pengembangan moral pada anak usia Taman Kanak-kanak |
Rancangan
kegiatan pengembangan moral dan nilai-nilai keagamaan AUD |
|
|
Permendiknas
RI No 58 Tahun 2009 Standar Pendidikan Anak Usia Din |
|
5 |
Rancangan
kegaitan pengembangan nilai-nilai keagamaan pada anak usia Taman Kanak-kanak |
|
|
|
|
|
|
1 |
Menerangkan
aplikasi pengembangan moral di lembaga PAUD |
Aplikasi
pengembangan moral di lembaga PAUD |
Aplikasi
pengembangan moral anak usia dini |
Tatap
Muka |
120 |
Angger,
Ahmad Anggoro (2010) cinta tanah Air.blogspot.com Djakhari
A.K. Etal (1996) Dasar dan Konsep pendidikan Moral. Jakarta. |
Pertemuan
5 Modul 8 |
2 |
Aplikasi
penanaman nilai-nilai cintan lingkungan |
|
|
|
|
|
|
3 |
Menerangkan
aplikasi penanaman nilai-nilai Cinta Tanah Ir |
|
|
|
|
|
|
1 |
Menerangkan
hakikat pengembangan nilai-nilai keagamaan di TK |
Hakekat
pengembangan nilai-nilai keamaan di TK |
Aplikasi
pengembangan nilai-nilai keagamaan anak TK |
Tatap
Muka |
120 |
Al
Qorashi Baqir Short (2003), Seni mendidik Islam : Jakarta: Pustaka Zahra Alhaj,
Pangeran (1998) BMP Pendidikan Pancasila. Jakarta : Penerbit : Karamika Al
Qobthani Said Bin Ali (2010) Kumpulan Doa Buat Anak. Jakarta : YAPI |
Pertemuan 6 modul 9
samapi 11 |
2 |
Menerangkan
penerrapan pembealjaran tata cara beribadah pada anak usia TK |
|
|
|
|
|
|
3 |
Menerangkan
implikasi kegiatan pengembangan moral dan nilai-nilai keagamaan di TK |
Implikasi
kegiatan pengembangan moral dan nilai-nilai keagamaan di TK |
Implikasi
kegiatan penembangan moral dan nilai-nilai keagamaan di TK |
|
|
Tim
Penyusun (2003) menyelami dunia anak membawa anak siap belajar : Al Mabrur. |
|
4 |
Menerangkan
nilai-nilai krusial dalam pengembangan moral dan nilai-nilai agama di TK |
|
|
|
|
|
|
5 |
Menerangkan
implikasi pengembangan moral dan nilai-niali keagamaan pada AUD di lingkungan
lembaga AUD |
Implikasi
pengembangan moral dan nilai-nilai keagamaan pada AUD di lingkungan AUD. |
Implikasi
kegiatan pengembangan moral dan nilai-nilai keagamaan di lingkungan lembaga
AUD dan masyarakat |
|
|
Coles
Robert (2000) menumbuhkan kecerdasan moral pada anak. Jakarta : Gramedia
Pusaka Utama. |
|
6 |
Menerangkan
implikasi pengembangan moral dan nilai-nilai keagamaan pada anak usia TK di
lingkungan masyarakat |
|
|
|
|
Koesoema
Dony (2009) Pendidikan Karakter di zaman keblinger. Jakarta : Grasindo. |
|
1 |
Menerangkan
alat penilaian perkembangan moral dan nilai-nilai keagamaan pada AUD. |
Alat
penilaian perkembangan moral dan nilai-nilai keagamaan pada AUD |
Penilaian
pada perkembangan moral dan nilai-nilai keagamaan pada AUD |
Tatap
Muka |
120 |
Hidayat
Q.S. 92004) Assesment & evaluasi kegiatan di TK Bekasi PGTKI MMA Supriyati
Y (2002) Penilaian Berbasis Kompetensi. Jakarta : Makalah Seminar. |
Pertemuan
7 modul 12 |
2 |
Menerangkan
rancangan penilaian perkemabngan moral dan nilai-nilai keagamaan pada AUD |
|
|
|
|
|
|
1 |
Menerangkan
rencana kegiatan harian |
Rencana kegaitan harian dan evaluasi |
Rencana kegiatan harian |
Tatap
muak |
120 |
|
Pertemuan
8 Modul 1
- 12 |
2 |
Mengevaluasi
kegiatan modul 1 - 12 |
|
|
|
|
|
|
Tutor
SITI
MARYUQOH, S.Pd. AUD
NIP. 19630919200701 2 006
SAT
(SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL)
Tutorial Ke :
1
Kode/Nama Mata Kuliah : PAUD 4102/Metode Pengembangan Moral dan Nilai-Nilai
Agama
SKS : 4 SKS
Nama Pengembang :
Siti Maryuqoh, S.Pd.AUD
DESKRIPSI SINGKAT KULIAH:
Mata
kuliah Nilai-Nilai Agama dan Moral ini
mengajak mahasiswa untuk dapat
menjelaskan hakekat pengembangan moral dan anak usia dini dan kecerdasan
menurut ahlinya serta dapat memiliki landasan yang memadai tentang perkembangan
canak dan teori kecerdasan dapat melakukan proses pendidikan dan pembelajaran.
KOMPETENSI UMUM
Setelah mengikuti tutorial dapat menjelaskan hakekat perkembangan moral
pada anak usai dini dan kecerdasan menurut ahlinya.
KOMPETENSI KHUSUS
Mahasiswa dapat mengetahui perkembangan moral dan kecerdasan moral pada
anak usia dini
POKOK
BAHASAN : METODE PENGEMBANGAN MORAL DAN NILAI-NIALI AGAMA
(Mengkaji Modul 1-4)
1. Hakekat moral moralitas etika dan tahapan perkembangan
moral anak usia dini
2. Disonasi moral
3. Pola orientasi moral pada anak usia dini
4. Teori kecerdasan moral menurut Lickona
5. Strategi dan metode dalam mengembangkan kecerdasan
moral anak TK menurut Lickona
SUB POKOK BAHASAN :
1. Menjelaskan moral, moralitas, etika dan tahapan
perkembangan moral anak usia dini.
2. Menjelaskan disonasi moral
3. Menjelaskan pola orientasi moral pada anak usia dini
4. Menjelaskan kecerdasan moral menurut lickona
5. Menjelaskan strategi dan metode dalam pengembangan
kecerdasan moral anak TK menurut Lickona.
Tahap
Kegiatan |
Rincian
Kegiatan |
Keterangan |
Estimasi
Waktu |
|
Tutor |
Mahasiswa |
|||
Pendahuluan |
Tutor menjelaskan
hakikat mata kuliah dan pelaksanaan serta evaluasi praktek |
Mendengarkan |
Menggunakan papan
tulis dan kapur |
20’ |
Inti |
Mengkaji modul 1-2 -
Tutor menjelaskan pokok-pokok materi modul 1-2 -
Tutor mengajak mahasiswa berdiskusi |
Mahasiswa menyimak Berdiskusi |
Papan tulis, spidol
|
80’ |
Penutup |
Memantapkan dan
menyimpulkan hasil diskusi |
-
Menanyakan hal-hal yang kurang difahami |
Papan tulis, dan
spidol |
20’ |
SAT
(SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL)
Tutorial Ke : 2
Kode/Nama Mata Kuliah : PAUD
4102/Metode Pengembangan Moral
dan Nilai-Nilai Agama
SKS : 4 SKS
Nama Pengembang : Siti Maryuqoh, S.Pd.AUD
DESKRIPSI SINGKAT KULIAH:
Mata kuliah metode pengembangan moral dan nilai-nilai agama mengajak
mahasiswa memahami dan menanamkan moral pada anak usia dini menerapkan
penanaman nilai-nilai kejujuran, toleransi dan setia kawan pada anak usia dini,
strategi serta metode dan pendekatan dalam pengembangan moral anak usia dini
sehingga dapat menerapkan pada kegiatan pengembangan moralitas anak usia dini
secara optimal.
KOMPETENSI UMUM
Setelah mengikuti tutorial 2 metode pengembangan moral dan nilai-nilai
agama mahasiswa diharapkan dalam kegiatan pembelajaran menerapkan penanaman
kejujuran toleransi setia kawan, moralitas secara optimal.
KOMPETENSI KHUSUS
Mahasiswa dapat memahami dan menanamkan moral, nilai kejujuran,
toleransi, setia kawan pada anak usia dini.
POKOK
BAHASAN : METODE PENGEMBANGAN MORAL DAN NILAI-NILAI
AGAMA
(Mengkaji Modul 3-4)
1. Pemahaman dan penanaman modal pada anak usia dini
2. Hakekat moral knowing
3. Penanaman nilai-nilai kejujuran, toleransi, serta
kawan
4. Pengembangan, strategi, metode dan pendekatan
pembelajaran moral AUD
5. Pengembangan moral pada anak usia dini
SUB POKOK BAHASAN :
1. Menjelaskan pemahaman dan penanaman moral pada anak
usia dini
2. Menerangkan moral knowing
3. Menjelaskan penanaman niali-nilai kejujuran toleransi
setia kawan
4. Menjelaskan strategi metode dan pendekatan
pembelajaran moral AUD
5. Menjelaskan pengembangan moral pada anak usia dini.
MODEL PAT-UT :
1
PERTEMUAN KE : 2
Tahap
Kegiatan |
Rincian
Kegiatan |
Keterangan |
Estimasi
Waktu |
|
Tutor |
Mahasiswa |
|||
Pendahuluan |
-
Apersepsi -
Mereview materi pertemuan sebelumnya |
Mendengarkan |
Papan tulis dan spidol
|
20’ |
Inti |
-
Tutor menjelaskan pokok-pokok materi modul 2-4 -
Tutor mengajak mahasiswa berdiskusi |
Mahasiswa menyimak
dan mencatat Berdiskusi |
Papan tulis, spidol |
40’ 40’ |
Penutup |
-
Memantapkan dan menyimpulkan hasil diskusi |
-
Mendengarkan dan Mencatat hasil diskusi |
Buku tulis,
ballpoint |
20’ |
SAT
(SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL)
Tutorial Ke :
3
Kode/Nama Mata Kuliah : PAUD
4102/Metode Pengembangan Moral
dan Nilai-Nilai Agama
SKS : 4 SKS
Nama Pengembang :
Siti Maryuqoh, S.Pd.AUD
DESKRIPSI SINGKAT KULIAH:
Mata kuliah metode pengembangan moral dan nilai-niali agama, mengajak
mahasiswa menjelaskan hakikat perkembamngan nilai-nilai keagamaan pada anak
usia dini. Menjelaskan hakikat nilai keagamaan pada anak usia dini.
Menjjelaskan potret, esensi dan target pengembangan nilai-nilai keagamaan anak
usia dini, menjelaskan hakekat spiritual quetient dan implikasi kehidupan anak
sebagai individu dan anggota masyarakat.
KOMPETENSI UMUM
Setelah mengikuti tutorial mahasiswa diharapkan mampu menanamkan nilai-nilai
keagamaan pada anak usia dini dan spiritual quetient & implikasi kehidupan
masyarakat.
KOMPETENSI KHUSUS
Mahasiswa dapat mengkaji materi dapat menerapkan nilai-nilai keagamaan
pada anak usia dini di kehidupan masyarakat
POKOK
BAHASAN : METODE PENGEMBANGAN MORAL DAN NILAI-NILAI
AGAMA
(Mengkaji Modul 5)
POKOK BAHASAN :
1. Hakekat perkembangan nilai-nilai kegiatan keagamaan
pada anak usai dini
2. Potret, esensi dan target perkembangan nilai-nilai
keagamaan anak usai dini.
3. Hakekat spiritual quatient dan implikasinya dalam
kehidpan anak sebagai individu dan anggota masyarakat
SUB POKOK BAHASAN :
1. Menjelaskan perkembangan nilai-nilai keagamaan pada
mahasiswa
2. Menjelaskan potret, esensi dan target perkembangan
nilai-nilai keagamaan pada anak usai dini.
3. Menjelaskan spiritual quentient & implikasi
kehidupan masyarakat.
Tahap
Kegiatan |
Rincian
Kegiatan |
Keterangan |
Estimasi
Waktu |
|
Tutor |
Mahasiswa |
|||
Pendahuluan |
-
Apersepsi -
Mereview materi pertemuan sebelumnya |
Tanya jawab |
|
10’ |
Inti |
-
Menjelaskan pokok-pokok materi modul 5 -
Tutor mengajak mahasiswa berdiskusi -
Uji konsep modul 1-5 |
Menyimak Tanya jawab Mengerjakan soal |
|
30’ 60’ |
Penutup |
-
Menyimpulkan hasil pembahasan |
-
Mencatat |
papan tulis, |
20’ |
SAT
(SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL)
Tutorial Ke :
4
Kode/Nama Mata Kuliah : PAUD
4102/Metode Pengembangan Moral
dan Nilai-Nilai Agama
SKS : 4 SKS
Nama Pengembang :
Siti Maryuqoh, S.Pd.AUD
DESKRIPSI SINGKAT KULIAH:
Mata kuliah metode pengembangan moral dan nilai-nilai agama. Mahasiswa
dapat menjelaskan ruang lingkup dan pokok-pokok pengembangan nilai-nilai
keagamaan pada anak taman kanak-kanak dan dapat memahami cara penyusunan
rancangan kegiatan pengembangan moral pada anak taman kanak-kanak. Rancangan
kegiatan pengembangan nilai-nilai keagamaan pada anak usia taman kanak-kanak.
KOMPETENSI UMUM
Setelah mengikuti tutorial pengembangan moral dan nilai agama mahasiswa
diharapkan memahami ruang lingkup dan pokok-pokok, cara menyusun rancangan
kegiatan pengembangan moral dan nilai-nilai keagamaan pada anak taman
kanak-kanak.
KOMPETENSI KHUSUS
Mahasiswa dapat memahami ruang lingkup pokok-pokok cara menyusun
rancangan kegaitan pengembangan moral dan nilai-nilai keagamaan
POKOK
BAHASAN : METODE PENGEMBANGAN MORAL DAN NILAI-NILAI
AGAMA
(Mengkaji Modul 6-7)
SUB POKOK BAHASAN :
1. Ruang lingkup dan pokok-pokok pengembangan nilai-nilai
keagamaan pada anak
2. Strategi pengembangan nilai keagamaan pada anak
3. Metode dan pendekatan dalam pengembangan keagamaan
4. Hakekat rancangan kegiatan, mengaplikasikan rancangan
kegiatan pengembangan moral dan nilai-nilai keagamaan bagi anak taman
kanak-kanak.
SUB POKOK BAHASAN :
1. Menjelaskan ruang lingkup dan pokok pokok pengembangan
nilai-nilai keagamaan pada anak
2. Menguraikan strategi pengembangan nilai-nilai
keagamaan pada anak
3. Menjelaskan metode dan pendekatan dalam pengembangan
keagamaan.
4. Menjejelaskan hakekat rancangan kegaitan mengaplikasi
rancangan kegiatan pengembangan moral dan nilai-nilai keagamaan anak taman
kanak-kanak.
Tahap Kegiatan |
Rincian Kegiatan |
Keterangan |
Estimasi Waktu |
|
Tutor |
Mahasiswa |
|||
Pendahuluan |
- Apersepsi - Mereview materi pertemuan sebelumnya |
Tanya jawab |
|
20’ |
Inti |
- Menjelaskan pokok-pokok materi modul 6-7 |
Mendengarkan Tanya jawab |
Papan tulis Spidol |
80’ |
Penutup |
- Menyimpulkan hasil dari diskusi |
- Mencatat |
Buku |
20 |
SAT
(SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL)
Tutorial Ke :
5
Kode/Nama Mata Kuliah : PAUD
4102/Metode Pengembangan Moral
dan Nilai-Nilai Agama
SKS : 4 SKS
Nama Pengembang :
Siti Maryuqoh, S.Pd.AUD
DESKRIPSI SINGKAT KULIAH:
Mata kuliah metode pengembangan moral dan nilai-nilai agama mengajak
mahasiswa hakekat aplikasi pengembangan moral dan aplikasi penanaman cinta
lingkungan, hakekat aplikasi penanaman nilai-nilai cinta tanah air, peran guru
dalam pengembangan moral di lembaga PAUD
KOMPETENSI UMUM
Setelah mengikuti tutorial metode pengembangan moral dengan nilai-nilai
agama mengajak mahasiswa memahami hakekat aplikasi pengembangan moral-moral
penanaman nilai-nilai cinta lingkungan dan cinta tanah air.
KOMPETENSI KHUSUS
Mahasiswa dapat memahami menanamkan pengembangan moral nilai cinta
lingkungan, nilai-nilai cinta tanah air pada anak usia dini.
POKOK
BAHASAN : METODE PENGEMBANGAN MORAL DAN NILAI-NILAI
AGAMA
(Modul 8)
POKOK BAHASAN :
1. Hakekat aplikasi pengembangan moral di lembaga PAUD
2. Hakekat aplikasi nilai-niali cinta lingkungan, cinta
tanah ir
3. Peran guru dalam pengembangan moral di lembaga PAUD
SUB POKOK BAHASAN :
1. Menjelaskan aplikasi pengembangan moral di lembaga
PAUD
2. Menjelaskan hakekat aplikasi nilai-nilai cinta
lingkungan cinta tanah air.
3. Menjelaskan peran guru dalam pengembangan moral di
lembaga PAUD.
Tahap
Kegiatan |
Rincian
Kegiatan |
Keterangan |
Estimasi
Waktu |
|
Tutor |
Mahasiswa |
|||
Pendahuluan |
-
Apersepsi -
Mereview materi pertemuan sebelumnya |
Mendengarkan |
|
20’ |
Inti |
-
Menjelaskan pokok-pokok materi modul 8 -
Presentasi UJI KONSEP -
Modul 2-8 -
Mengembalikan RKH yang telah dikoreksi dan
menjelaskan perbaikan RKH tersebut |
Menyimak Tanya jawab Mengerjakan soal |
|
20’ 60’ |
Penutup |
-
Memantapkan menyimpulkan hasil diskusi |
-
Menanyakan hal-hal yang kurang tahu |
Buku dan bulpen |
20’ |
SAT
(SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL)
Tutorial Ke :
6
Kode/Nama Mata Kuliah : PAUD
4102/Metode Pengembangan Moral
dan Nilai-Nilai Agama
SKS : 4SKS
Nama Pengembang :
Siti Maryuqoh, S.Pd.AUD
DESKRIPSI SINGKAT KULIAH:
Mata kuliah metode pengembangan moral dan nilai-nilai agama mengajak
mahasiswa memahami hakekat aplikasi pengembangan nilai-nilai keagamaan di TK.
Penerapan pembelajaran dan tata cara beribadah pada anak usia TK, pemahaman
implikasi kegiatan pengembangan moral dan nilai-nilai keagamaan di taman
kanak-kanak, pemahaman. Implikasi kegiatan pengembangan moral dan nilai-nilai
keagamaan di lingkungan lembaga AUD dan masyarakat.
KOMPETENSI UMUM
Setelah mengikuti tutorial mengajak mahasiswa memahami aplikasi pengembangan
nilai –nilai keagamaan di TK memahami implikasi pengembangan moral dan nilai
keagamaan di lingkungan lembaga AUD dan masyarakat.
KOMPETENSI KHUSUS
Mahasiswa dapat memahami aplikasi implikasi pengembangan moral dan
nilai-nilai keagamaan di TK lingkungan lembaga PAUD masyarakat.
POKOK
BAHASAN : METODE PENGEMBANGAN MORAL DAN NILAI-NILAI
AGAMA
(Modul 9-11)
SUB POKOK BAHASAN :
1. Hakekat aplikasi pengembangan nilai-niali keagamaan di
TK
2. Hakekat penerapan pembelajaran dan tata cara beribadah
pada anak usia TK
3. Implikasi kegiatan moral dan nilai-nilai keagamaan di
TK di lembaga AUD
SUB POKOK BAHASAN:
1. Menjelaskan Hakekat aplikasi pengembangan nilai-niali
keagamaan di TK
2. Menjelaskan Hakekat penerapan pembelajaran dan tata
cara beribadah pada anak usia TK
3. Menjelaskan Implikasi kegiatan moral dan nilai-nilai
keagamaan di TK di lembaga AUD
Tahap
Kegiatan |
Rincian
Kegiatan |
Keterangan |
Estimasi
Waktu |
|
Tutor |
Mahasiswa |
|||
Pendahuluan |
-
Apersepsi -
Mereview materi pertemuan sebelumnya |
Mendengar |
|
20’ |
Inti |
-
Menjelaskan modul 9-11 -
Presentasi (modul 9-11 -
Diskusi |
Mendengarkan |
Papan tulis Spidol |
20’ 40’ 20’ |
Penutup |
-
Memberi pemahaman materi |
-
Tanya jawab |
|
20’ |
SAT
(SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL)
Tutorial Ke :
7
Kode/Nama Mata Kuliah : PAUD
4102/Metode Pengembangan Moral
dan Nilai-Nilai Agama
SKS : 4SKS
Nama Pengembang :
Siti Maryuqoh, S.Pd.AUD
DESKRIPSI SINGKAT KULIAH:
Mata kuliah metode pengembangan moral dan nilai-nilai agama mengajak
mahasiswa mampu merencanakan, melaksanakan menganalisis hasil penilaian moral
dan nilai-nilai keagamaan pada anak usia dini.
KOMPETENSI UMUM
Setelah mengikuti tutorial mengajak mahasiswa mampu merencanakan,
melaksanakan, menganalisis hasil penilaian moral dan nilai-nilai keagamaan pada
anak usia dini.
KOMPETENSI KHUSUS
Mahasiswa diharap mengerti penilaian, tujuan, fungsi, ruang lingkup,
prinsip-prinsip karakteristik alat penilaian.
POKOK
BAHASAN : METODE PENGEMBANGAN MORAL DAN NILAI-NILAI
AGAMA
(Modul 12)
POKOK BAHASAN :
1. Penjelasan pengembangan moral dan nilai-nilai
keagamaan pada AUD
2. Alat penilaian perkembamngan moral dan nilai-nilai
keagamaan anak usai dini
3. Rancangan penilaian perkembangan moral dan nilai-nilai
keagamaan pada anka usai dini.
SUB POKOK BAHASAN:
1. Menjelaskan penilaian pengembangan moral dan
nilai-nilai keagamaan pada AUD
2. Menjelaskan Alat penilaian perkembamngan moral dan
nilai-nilai keagamaan anak usai dini
3. Menjelaskan Rancangan penilaian perkembangan moral dan
nilai-nilai keagamaan pada anka usai dini.
Tahap
Kegiatan |
Rincian
Kegiatan |
Keterangan |
Estimasi
Waktu |
|
Tutor |
Mahasiswa |
|||
Pendahuluan |
Apersepsi Mereview materi
sebelumnya |
|
|
10’ |
Inti |
-
Presentasi modul
12 -
Uji konsep modul 9-12 |
Presentasi tanya
jawab Mengerjakan |
Soal |
30’ 60’ |
Penutup |
-
Memberi pemahaman materi -
Tanya jawab |
Mencatat |
Buku |
20’ |
SAT
(SATUAN AKTIVITAS TUTORIAL)
Tutorial Ke :
8
Kode/Nama Mata Kuliah : PAUD
4102/Metode Pengembangan Moral
dan Nilai-Nilai Agama
SKS : 4 SKS
Nama Pengembang :
Siti Maryuqoh, S.Pd.AUD
DESKRIPSI SINGKAT KULIAH:
Mata kuliah : metode pengembangan moral dan nilai-nilai agama mengulang
modul 1-12. Mahasiswa, hakekat perkembangan mengajak m oralitas anka usia dini,
kecerdasan moral, pemahaman dan penanaman moral. Pengembangan strategi, metode,
pendekatan pembelajaran moral, hakekat perkembangan nilai-nilai keagamaan.
Ruang lingkup pengembangan nilai-nilai keagamaan. Rancangan kegiatan
pengembangan moral dan nilai-nilai keagamaan, aplikasi pengembangan moral dan
nlai-nilai keagamaan AUD. Implikasi kegiatan pengembangan moral dan nilai-niali
keagamaan di lingkungan lembaga AUD dan masyarakat penilaian pengembangan moral
dan nilai-nilai keagamaan pada anak usai dini.
KOMPETENSI UMUM
Setelah mengikuti tutorial mahasiswa diharapkan dapat menanamkan
moralitas dan nilai-nilai agama di pendidikan anak usia dini, di lingkungan, di
masyarakat.
KOMPETENSI KHUSUS
Mahasiswa dapat mengkaji metode pengembangan moral dan niali-niali agama
dan menanamkan moral, metode, strategi dan penialian pendidikan anak usia dini.
POKOK
BAHASAN : METODE PENGEMBANGAN MORAL DAN NILAI-NILAI
AGAMA
(Modul 1-12)
POKOK BAHASAN :
1. Hakekat perkembangan moralitas
2. Kecerdasan moral
3. Pemahaman dan penanaman moral
4. Pengembangan strategi metode dan pendekatan
pembelajaran moral.
5. Hakekat perkembangan nilai-nilai keagamaan
6. Ruang lingkup pengembangan nilai-nilai keagamaan
7. Rancangan kegaitan pengembangan moral dan nilai-nilai
keagamaan
8. Aplikasi pengembangan moral anak usia dini
9. Aplikasi pengembangan nilai-nilai keagamaan anak taman
kanak-kanak
10. Implikasi kegiatan pengembangan moral dan niali-niali
agama di taman kanak-kanak
11. Implikasi kegiatan pengembangan moral dan nilai-nilai
keagamaan di lingkungan lembaga AUD dan masyarakat.
12. Penilaian pada pengembangan moral dan nilai-nilai
keagamaan pada anak usai dini
SUB POKOK BAHASAN
:
1. Menjelaskan Hakekat perkembangan moralitas
2. Menjelaskan Kecerdasan moral
3. Menjelaskan Pemahaman dan penanaman moral
4. Menjelaskan Pengembangan strategi metode dan
pendekatan pembelajaran moral.
5. Menjelaskan Hakekat perk embangan nilai-nilai
keagamaan
6. Menjelaskan Ruang lingkup pengembangan nilai-nilai
keagamaan
7. Menjelaskan Rancangan kegaitan pengembangan moral dan
nilai-nilai keagamaan
8. Menjelaskan Aplikasi pengembangan moral anak usia dini
9. Menjelaskan Aplikasi pengembangan nilai-nilai
keagamaan anak taman kanak-kanak
10. Menjelaskan Implikasi kegiatan pengembangan moral dan
niali-niali agama di taman kanak-kanak
11. Menjelaskan Implikasi kegiatan pengembangan moral dan
nilai-nilai keagamaan di lingkungan lembaga AUD dan masyarakat.
12. Menjelaskan Penilaian pada pengembangan moral dan
nilai-nilai keagamaan pada anak usai dini
Tahap
Kegiatan |
Rincian
Kegiatan |
Estimasi
Waktu |
Keterangan |
|
Tutor |
Mahasiswa |
|||
Pendahuluan |
-
Apersepsi |
|
|
10’ |
Inti |
-
Menjelaskan rencana kegiatan harian -
Diskusi -
Mengulas modul 1-12 -
Diskusi |
Mendengarkan Membuat RKH Tanya jawab Tanya jawab |
|
30’ 30’ 40’ |
Penutup |
-
Memberi pemahaman tentang modul |
Tanya jawab |
|
10’ |
Kode
Mata Kuliah : PAUD 4102
Mata
Kuliah : Metode Pengembangan
Moral dan Nilai-nilai Agama
Tugas
: 2
Pokjar : Ngawen
Hari
Tanggal :
1.
Sebutkan
tahapan yang dilakukan dalam menyusun rancangan kegiatan pengembangan moral !
2.
Buatlah
kolom RKH !
3.
Apa yang
dimaksud pengembangan moral anak di taman kanak-kanak ?
4.
Teknik-teknik
yang meliputi membentuk tingkah laku anak yang sesuai nilai-nilai moral ?
5.
Pendidikan
lingkungan hidup dapat mempermudah percakapan keterampilan tingkat t inggi.
Sebutkan !
6.
Tipa pilar
pembangunan berkelanjutan. Sebutkan !
7.
Rasa cinta
tanah air bisa diwujudkan dengan cara apa ?
8.
Sebutkan
esensi pengembangan nilai-nilai keagamaan bagi anak taman kanak-kanak.
Mata
Kuliah : Metode Pengembangan Moral
dan Nilai-nilai Agama
Kode : PAUD 4102
Tugas : 3
Hari
tanggal :
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.
Apa yang
dimaksud dengan kegiatan-kegiatan terintegrasi dan sebutkan 5 bidang
pengembangan kemampuan dasar?
2.
Apa yang
dimaksud dekadensi moral?
3.
Sebutkan
prinsip-prinsip dasar pengembangan nilai-nilai agama bagi anak Taman
Kanak-kanak dan jelaskan dengan singkat?
4.
Menanamkan
sikap pengendalian emosi pada anak dengan cara apa?
5.
Apa tujuan
program pembentukan perilaku?
6.
Hal yang
dijadikan dalam menentukan pendekatan dan strategi pembelajaran anak usia dini
apa?
7.
Apa upaya
sekolah dalam menanggulangi pengaruh lingkungan?
8.
Apa yang
dimaksud egosentris?
9.
Apa prinsip
penilaian?
10. Sebutkan ada berapa kecerdasan dan sebutkan secara singkat?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar