RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN
BELAJAR DI
RUMAH POS PAUD
ANUGERAH CAWAS
SEMESTER/BULAN/MINGGU
: I/Juni/Minggu Ke 1
Tema |
: |
Diri
Sendiri |
Sub Tema |
: |
Identitasku |
Kelompok |
: |
KB (Usia
3-4 Tahun) |
KD |
Materi |
Kegiatan Main |
NAM 1.1 3.1-4.1 |
-
Mengenal citaan Tuhan -
Doa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan |
1.
Menghubungkan huruf sesuai namanya 2.
Menghitung jumlah huruf dalam namanya 3.
Meniru huruf yang ada dalam namanya 4.
Membuat pola wajah dengan bentuk geometri (lingkaran, segi
empat,segi tiga) 5.
Menggambar wajah dengan kunyit 6.
Membuat mahkota dengan daun mangga 7.
Memilih dan menempel pola baju yang sesuai dengan jenis kelamin 8.
Menggambar wajah orang dengan cat finger painting 9.
Menempel geometri menjadi bentuk orang 10.
Membentuk orang dengan plastisin 11.
Membuar boneka orang dengan botol yakult 12.
Membuat bentuk orang dengan lego 13.
Menyusun balok bentuk rumah 14.
Menempel korek api membuat orang 15.
Menyanyikan lagu anak “nasi goreng” |
FISIK MOTORIK 2.1 3.3-4.3 3.4-4.4 |
-
Kebersihan Diri -
Gerakan- gerakan untuk mengembangkan motorik kasar dan halus. -
Cara menghindari diri dari benda-benda berbahaya |
|
KOGNITIF 2.2 3.6-4.6 |
-
Pembiasaan mau bertanya -
Geometri dan ruang bentuk dua dimensi(persegi,segitiga,lingkaran,segi
panjang); bentuk tiga dimensi (kubus, balok,limas,tabung); menghubungkan
bentuk geometri dalam kehidupan sehari-hari |
|
SOSEM 2.5 2.11 |
-
Kebiasaan menyapa guru atau teman -
Sikap adaptif dengan orang-orang baru |
|
BAHASA 2.14 3.12-4.12 |
-
Menghargai teman dan orang yang lebih tua usianya -
Membaca simbol huruf dan angka |
|
SENI 3.15-4.15 |
-
Ekpresi seni kriya,seni musik, gerak dan lagu,drama |
Kepala POS PAUD
Anugerah Cawas Sri Mulyani, S.Pd. |
Guru Wagiyem, S.Pd. |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN
BELAJAR DI
RUMAH POS PAUD
ANUGERAH CAWAS
SEMESTER/BULAN/MINGGU
: I/Juni/Minggu Ke 2
|
Tema |
: |
Diri
Sendiri |
|
|||
|
Sub Tema |
: |
Tubuhku |
|
|||
|
Kelompok |
: |
KB (Usia
3-4 Tahun) |
|
|||
KD |
Materi |
Kegiatan Main |
|||||
NAM 1.1 |
-
Mengenal citaan Tuhan |
1.
Yuk membuat bangunan dari balok 2.
Dapatkah kamu menjepi piring angka sesuai angka? 3.
Dapatkah kamu membuat sesuatu dari sedotan? 4.
Dapatkah kamu menulis huruf awal pada kata telinga? 5.
Dapatkah kamu menyesuaikan angka dan benda ini? 6.
Dapatkah kamu membantu menemukan jalan? 7.
Dapatkah kamu menghias gambar? 8.
Berapa kata yang dapat kamu tiru 9.
Warna apa saja yang dapat kamu buat? 10.
Dapatkah kamu menggunting mengikuti garis? 11.
Yuk, lengkapi gambar panca indra pada gambar 12.
Dapatkah kamu menghitung jumlah panca indramu? 13.
Dapatkah kamu menulis huruf pada kata panca indra? 14.
Yuk, melukis dengan jari 15.
Yuk, kita menyikat gigi sampai bersih 16.
Bagaimana cara kamu menulis huruf pada kata sikat gigi? 17.
Dapatkah kamu melakukan kegiatan kebersihan diri? 18.
Yuk, menghitung alat kebersihan diri yang ada 19.
Yuk, menyebutkan secara urut bilangan 1-10 20.
Dapat kah kamu meniru kegiatan beribadah dengan urut dan benar? 21.
Yuk, berlatih menirukan huruf(menyebutkan huruf) 22.
Bagaimana cara kamu membuat garis miring kanan dan kiri? |
|||||
FISIK MOTORIK 3.3-4.3 |
-
Mengenal anggota tubuh dan fungsinya |
||||||
KOGNITIF 3.5-4.5 |
-
Pemecahan masalah dalam kehidupan
sehari-hari dengan berbagai cara. |
||||||
SOSEM 2.9 |
-
Kepekaan membantu orang lain yang
membutuhkan |
||||||
BAHASA 3.10-4.10 |
-
Memahami informasi lisan misal: Besok
silahkan membawa satu buah apel |
||||||
SENI 3.15-4.15 |
-
Apreasi seni kriya, seni musik, gerak dan
lagu, drama |
||||||
Kepala POS PAUD
Anugerah Cawas Sri Mulyani, S.Pd. |
Guru Wagiyem, S.Pd. |
||||||
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN
BELAJAR DI
RUMAH POS PAUD
ANUGERAH CAWAS
SEMESTER/BULAN/MINGGU
: I/Juni/Minggu Ke 3
|
Tema |
: |
Diri
Sendiri |
|
||
|
Sub Tema |
: |
Panca
Indra |
|
||
|
Kelompok |
: |
KB (Usia
3-4 Tahun) |
|
||
|
|
|
|
|
||
KD |
Materi |
Kegiatan Main |
||||
NAM 1.2 |
-
Merawat panca indra ciptaan Tuhan |
1. Cara
melihat televisi yang benar 2. Gerakan
cuci tangan pakai sabun dengan bernyanyi 3. Mengelompokkan
jumlah panca indra 4. Menceritakan
kegiatan membuat jus wortel dan tomat 5. Merapikan
kembali/ mengembalikan peralatan jus pada tempatnya 6. Menggunakan
ampas wortel untuk membuat gambar sesuai dengan imajinasi anak 7. Menyanykan
lagu “dua mata saya” |
||||
FISIK MOTORIK 3.3-4.3 |
-
Gerakan untuk mengembangkan motorik kasar
dan halus |
|||||
KOGNITIF 3.6-4.6 |
-
Mengelompokan bilangan |
|||||
SOSEM 2.5 |
-
Berani mengungkapkan pendapat |
|||||
BAHASA 3.11-4.11 |
-
Menceritakan kembali kegiatan yang telah
dilakukan |
|||||
SENI 3.15-4.15 |
-
Ekpresi seni kriya,seni musik, gerak dan
lagu,drama |
|||||
Kepala POS PAUD
Anugerah Cawas Sri Mulyani, S.Pd. |
Guru Wagiyem, S.Pd. |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN
BELAJAR DI
RUMAH POS PAUD
ANUGERAH CAWAS
SEMESTER/BULAN/MINGGU
: I/Agustus/Minggu Ke 4
Tema |
: |
Diri
Sendiri |
Sub Tema |
: |
Panca
Indra |
Kelompok |
: |
KB (Usia
3-4 Tahun) |
KD |
Materi |
Kegiatan Main |
NAM 1.1 1.2 |
-
Menjaga dan merawat panca indra |
1. Yuk, makan
sayur, buah 2. Ayo minum
jus kesukaanmu 3. Yuk
mencuci wajah 4. Senam
mata”tepuk mata” 5. Menonton televisi
TVRI 6. Menghitung
jumlah mata dan hidung 7. Apa saja
nama panca indra kamu? 8. Mebuat jus
kesukaanmu bersama ibu 9. Mengupas
buah jeruk dan pisang 10. Mencap
dengan buah blimbing 11. Bernyanyi
panca indra |
FISIK MOTORIK 3.4-4.4 |
-
Cara hidup bersih |
|
KOGNITIF 2.2 2.3 |
-
Pembiasaan mau bertanya -
Pembiasaan mengemukaan ide |
|
SOSEM 2.5 |
-
Kebiasaan berani tampil di hadapan teman,
guru, orang tua , dan lingkungan sosial lainnya |
|
BAHASA 3.10-4.10 |
-
Memahami kata tanya (apa,
siapa,dimana,mengapa) |
|
SENI 3.15-4.15 |
-
Ekpresi seni kriya,seni musik, gerak dan
lagu,drama |
Kepala POS PAUD
Anugerah Cawas Sri Mulyani, S.Pd. |
Guru Wagiyem, S.Pd. |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN
BELAJAR DI
RUMAH POS PAUD
ANUGERAH CAWAS
SEMESTER/BULAN/MINGGU
: I/Agustus/Minggu Ke 5
Tema |
: |
Diri
Sendiri |
Sub Tema |
: |
Kesukaanku
|
Kelompok |
: |
KB (Usia
3-4 Tahun) |
KD |
Materi |
Kegiatan Main |
NAM 1.1 1.2 3.1-4.1 |
-
Mengenal citaan Tuhan -
Bersyukur terhadap dirinya -
Berdoa berdoa sebelum dan sesudah melakukan
kegiatan |
1. Mengucapkan
doa sebelum makan dan sesudah makan 2. Menghabiskan
makanan yang sudah kita ambil 3. Cuci
tangan sebelum dan sesudah makan 4. Menata
maianan dengan rapi 5. Yuk makan
buah dan sayur 6. Berlari
mengambil buah kesukaan 7. Mengelompokkan
sayur sesuai warnanya 8. Menghitung
jumlah sayur yang sama warnanya 9. Membandingkan
buah pisang dan pepaya 10. Menyebutkan
nama buah dan sayur yang disukai 11. Mengucap
sajak buah tomat 12. Menyebutkan
huruf awal nama buah kesukaan anak 13. Ayuk bantu
ibu memasak 14. Yuk
merapikan alat masak 15. Menyanyikan
lagu “penjual sayuran” 16. Aku bisa
menggambar buah kesukaan |
FISIK MOTORIK 3.3-4.3 |
-
Gerakan- gerakan untuk mengembangkan
motorik kasar dan halus. |
|
KOGNITIF 3.6-4.6 |
-
Mengelompokkan dan sortir/memilih
berdasarkan warna, bentuk, ukuran, jenis, ciri |
|
SOSEM 2.8 2.9 |
-
Kebiasaan tidak tergantung padaa orang lain -
Kepekaan membantu orang lain yang
membutuhkan |
|
BAHASA 3.11-4.11 3.12-4.12 |
-
Menyampaikan informasi lisan misal: ini
buah apel -
Mengenal bunyi huruf dan angka misal “mama”
terdiri dari bunyi em-a-em-a; satu=1 |
|
SENI 3.15-4.15 |
-
Ekpresi seni kriya,seni musik, gerak dan
lagu,drama |
Kepala POS PAUD
Anugerah Cawas Sri Mulyani, S.Pd. |
Guru Wagiyem, S.Pd. |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN
BELAJAR DI
RUMAH POS PAUD
ANUGERAH CAWAS
SEMESTER/BULAN/MINGGU
: I/Agustus/Minggu Ke 6
Tema |
: |
Diri
Sendiri |
Sub Tema |
: |
Kesukaanku
|
Kelompok |
: |
KB (Usia
3-4 Tahun) |
KD |
Materi |
Kegiatan Main |
NAM 1.1 1.2 3.1-4.1 3.2-4.2 |
-
Mengucap kalimat pujian terhadap ciptaan
Tuhan -
Bersyukur terhadap dirinya -
Berdoa berdoa sebelum dan sesudah melakukan
kegiatan -
Cara meminta tolong dan cara berteima kasih |
1. Dapatkah
kamu menggunting kertas mengikuti pola garis lurus? 2. Bagaimana
cara kamu menulis bilangan angka 1-10? 3. Yuk,
meniru huruf yang kamu ketahui 4. Yuk
membuat sesuatu dengan cara meremas 5. Anak
merasakan berbagai macam rasa 6. Anak
bermain mencampur berbagai macam rasa 7. Anak bermain
mencium berbagai macam bau 8. Mengucap
do’a sebelum tidur dan do’a bangun tidur 9. Yuk,
mencari jejak (Maze) anak yang tidak jajan sembarangan 10. Dapatkah
kamu membentuk gelas dari plastisin 11. Yuk,
menggambar makanan halal kesukaan 12. Dapatkah
kamu menulis angka 1-5? 13. Yuk
mengisi air ke dalam corong 14. Dapatkah
kamu menggambar dengan sponge 15. Dapatkah
kamu mengamati dan membedakan mainan laki-laki dan perempuan? 16. Yuk
menggambar bola dan tali 17. Mengenal
kata yang huruf akhirnya huruf vokal yang sama 18. Dapatkah
kamu mengelompokkan bentuk yang sama 19. Dapatkah
kamu membut sesuatu dan bahan yang tersedia? 20. Yuk,
menggambar mainan kesukaan 21. Yuk,
mengurutkan balok dari yang kecil ke yang besar 22. Bagaimana
cara kamu menyusun pola berdasarkan ukuran? 23. Bagaimana
cara kamu mencampur berbagai macam rasa 24. Dapatkah
kamu menyebutkan berbagai macam bau 25. Yuk, main
peran menjadi ibu membuatminuman 26. Yuk,
menyebutkan lambang bilangan 1-10 |
FISIK MOTORIK 2.1 3.3-4.3 |
-
Gerakan- gerakan untuk mengembangkan
motorik kasar dan halus. -
Menjaga kebersihan |
|
KOGNITIF 3.6-4.6 |
-
Mengelompokkan dan sortir/memilih
berdasarkan warna, bentuk, ukuran, jenis, ciri |
|
SOSEM 2.7 2.8 |
-
Perilaku sabar -
Kebiasaan menolong diri sendiri (mis:
mengambil botol minum, mencuci tangan, memaakai sepatu,dsb) |
|
BAHASA 3.11-4.11 3.12-4.12 |
-
Alasan terhadap sesuatu yang diinginkan/
ketidak setujuan -
Hubungan bunyi dengan huruf |
|
SENI 3.15-4.15 |
-
Aktivitas seni |
Kepala POS PAUD
Anugerah Cawas Sri Mulyani, S.Pd. |
Guru Wagiyem, S.Pd. |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN
BELAJAR DI
RUMAH POS PAUD
ANUGERAH CAWAS
SEMESTER/BULAN/MINGGU
: I/SEPTEMBER/7
TEMA : KELUARGAKU
SUB TEMA : KELUARGA INTI
KELOMPOK : KB (USIA 3-4 TAHUN)
KD |
MATERI |
KEGIATAN
MAIN |
NAM 3.1/4/1 |
·
Doa-doa sesuai degan agama yang dianutnya ·
Saling mengharga |
1. Yuk kita
berdoa untuk kedua orangtua 2. Menyanyikan
lagu “anak sopan” |
FM 3.3/4.3 3.4/4.4 |
·
Gerakan mengembangkan motoric kasar dan halus ·
Mengetahui cara hidup sehat |
3. Aku
bermain bola dengan kakak dirumah 4. Membantu
Ibu menyapu halaman 5. Asyiknya
melipat sajadah dan sarung |
KOG 3.6/4.6 3.7/4.7 |
·
Mengelompokkan dan memilah berdasarkan ukuran ·
Keluarga (hubungan dalam keluarga,peran,kebiasaan,dll) |
6. Mengelompokkan
daun yang berukuran kecil dan besar 7. Mengenal
tugas-tugas anggota keluarga |
Bahasa 3.12/4.12 3.10/4.10 |
·
Membentuk kata rangkaian huruf ·
Menceritakan kembali cerita yang sudah didengar |
8. Bermain
kartu huruf 9. Mendengarkan
cerita ibu sebelum tidur |
SOSEM 2.9 2.10 |
·
Kepekaan membantu orangtua ·
Cara menyelesaikan pekerjaan dalam kelompok |
10. Membantu
ibu merapikan kamar tidur 11. Berkebun
bersama ayah, ibu, kaka dan adik |
SENI 3.15/4.15 |
Eksplorasi
dan ekspresi seni kriya , seni |
12. Ditemani
kakak menggambar anggota keluarga 13.
Menyanyikan lagu “keluargaku” |
Kepala POS PAUD
Anugerah Cawas Sri Mulyani, S.Pd. |
Guru Wagiyem, S.Pd. |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN
BELAJAR DI
RUMAH POS PAUD
ANUGERAH CAWAS
SEMESTER / BULAN / MINGGU :
I / SEPTEMBER/8
TEMA : KELUARGAKU
SUB
TEMA : ANGGOTA KEL. BESAR
KELOMPOK : KB
(USIA 3-4 TAHUN)
KD |
MATERI |
KEGIATAN MAIN |
NAM 1.1 1.2 |
·
Mengenal
ciptaan Tuhan ·
Saling
mengharga |
1. Aku bisa menyebutkan anggota keluarga ibu / bapakku 2. Asyiknya menggambar anggota keluargaku 3. Yuk mengurutkan gambar
/ foto anggota keluarga dari yang termuda sampai yang tertua 4. Aku bisa membantu utiku di dapur 5. Aku bisa mengelompokkan anggota keluargaku sesuai jenis
kelaminnya 6. Aku bisa menyebutkan nama dari kakek nenekku 7. Asyiknya berjalan – jalan keliling kebun / halaman bersama
kakek/nenekku 8. Aku bisa menyanyikan lagu “ Keluargaku” 9. Yuk bermain bersama keluarga besar 10. Lihat aku bisa membuat bingkai foto yang keren dari kardus
|
FISIK
MOTORIK 3.3
- 4.3 |
·
Gerakan
mengembangkan Motorik Kasar dan Halus |
|
KOGNITIF 3.5
- 4.5 |
· Mengenal konsep benda |
|
BAHASA 3.10
- 4.10 |
· Memahami cerita yang didengar |
|
SOSIAL
EMOSIONAL 2.9 |
·
Kepekaan
membantu orang lain yang membutuhkan |
|
SENI 2.4 |
· Cara menghargai hasil karya |
Kepala POS PAUD
Anugerah Cawas Sri Mulyani, S.Pd. |
Guru Wagiyem, S.Pd. |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN
BELAJAR DI
RUMAH POS PAUD
ANUGERAH CAWAS
SEMESTER/BULAN/MINGGU
: I/SEPTEMBER/9
TEMA : KELUARGAKU
SUB TEMA : PROFESI KELUARGAKU
KELOMPOK : KB (USIA 3-4 TAHUN)
KD |
MATERI |
KEGIATAN MAIN |
NAM 3.1/4.1 |
·
Doa – doa sesuai dengan agama yang dianutnya ·
Tata cara ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya |
1.
Menghafal do’a keluar rumah 2.
Mengenal gerakan sholat |
FM 3.3/4.3 |
Gerakan
untuk mengembangkan motorik kasar dan halus |
3.
Menirukan gerakan/pantomime macam-macam profesi (misal:gerakan
pak tani mencangkul) 4.
Aku bisa membantu Ibu memetik sayuran 5.
Yuk membantu Ibu menyapu lantai 6.
Asyiknya bermain Kolase biji-bijian 7.
Aku bisa melipat baju kerja Ayah, Ibu / Anggota keluarga |
KOG 3.6/4.6 |
·
Mengelompokkan benda-benda ·
Penggabungan benda sesuai bentuk |
8.
Mengelompokkan mangkok yang berukuran besar dan kecil 9.
Menjodohkan benda sesuai dengan pasangannya (misal:gelas dengan
tutupnya, piring dengan sendok) |
Bahasa 3.11/4.11 |
·
Menceritakan kembali kegiatan yang sudah dilakukan ·
Mengungkapkan keinginan secara lisan |
10.
Aku bisa menyebutkan macam-macam pekerjaan 11.
Bermain peran “macam-macam profesi” 12.
Meniru mengucapkan tulisan macam-macam profesi (missal:guru,
dokter, petani, dll) |
SOSEM 2.8 |
·
Kebiasaan tidak bergantung pada orang lain ·
Kebiasaan menolong diri sendiri |
13.
Aku bisa cuci tangan sendiri 14.
Aku bisa makan dan minum sendiri 15.
Aku bisa merapikan alat makanku sendiri |
SENI 3.15/4.15 |
·
Eksplorasi dan ekspresi seni kriya, seni music, gerak dan lagu,
dram |
16.
Aku bisa membuat alat music dan bermain dari benda-benda
dirumahku 17.
Aku bisa mencetak pasir/tanah dengan cetakan nasi 18.
Aku bisa menyanyi lagu lagu-lagu macam-macam profesi (missal:aku
tukang pos, aku seorang kapiten, dll) |
Kepala POS PAUD
Anugerah Cawas Sri Mulyani, S.Pd. |
Guru Wagiyem, S.Pd. |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN
BELAJAR DI
RUMAH POS PAUD
ANUGERAH CAWAS
SEMESTER/BULAN/MINGGU
: I/SEPTEMBER/10-11
TEMA : LINGKUNGANKU
SUB TEMA : RUMAHKU
KELOMPOK : A
KD |
MATERI |
KEGIATAN
MAIN |
NAM 3.1/4.1 3.2/4.2 |
·
Doa-doa sesuai agama yang dianutnya ·
Tata cara memberi salam |
1. Yuk kita
berdoa masuk dan keluar rumah 2. Mengucapkan
salam masuk dan keluar rumah |
FM 3.3/4.3 |
Gerakan
untuk mengembangkan motoric kasar dan halus |
3. Aku
bermain sepeda bersama teman 4. Melipat
origami berbentuk rumah |
KOG 3.6/4.6 |
·
Urutan operasional bilangan ·
Fungsi dan ciri-ciri benda |
5. Menghitung
sendok yang ada dimeja makan 6. Mengenal
fungsi ruangan didalam rumah |
Bahasa 3.11/4.11 3.12/4.12 |
·
Mengungkapkan sesuai nada ·
Membentuk kata rangkaian huruf |
7. Melafalkan
sajak “rumah” 8. Membentuk
huruf dengan kerikil “rumah” |
SOSEM 2.7 2.9 |
·
Sikap mau menunggu giliran ·
Kepekaan membantu orang lain yang dibutuhkan |
9. Bergantian
mengambil makanan di meja 10. Membantu
ibu menyiapkan dan membereskan peralatan makan diruang makan |
SENI 2.4 3.15/4.15 |
·
Cara menghargai hasil karya ·
Eksplorasi dan ekspresi seni kriya,seni music, gerak dan lagu,
drama |
11. Membentuk
“rumah” dengan lidi 12. Menggambar
alat makan “piring dan gelas” 13. Menyanyikan
“rumahku” |
Kepala POS PAUD
Anugerah Cawas Sri Mulyani, S.Pd. |
Guru Wagiyem, S.Pd. |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN
BELAJAR DI
RUMAH POS PAUD
ANUGERAH CAWAS
SEMESTER / BULAN / MINGGU :
I/OKTOBER/12
TEMA : LINGKUNGANKU
SUB
TEMA : SEKOLAHKU
KELOMPOK : KB
(USIA 3-4 TAHUN)
KD |
MATERI |
KEGIATAN MAINAN |
NAM 1.2 |
·
Bersyukur
terhadap lingkungan |
1. Aku bisa menyanyikan lagu “ Taman yang paling indah “ 2. Ayo berdiskusi tentang guna sekolah bersama orang tua 3. Yuk mengelompokkan alat – alat sekolah 4. Aku bisa menggambar bebas sekolahku 5. Aku mampu merapikan peralatan sekolah 6. Aku tau nama – nama
guruku 7. Yuk membuat maze dari rumah ke sekolah 8. Aku bisa menghitung pensil, buku, penghapus dan krayonku 9. Aku bisa gerak lagu “ Senenge – senenge “ 10. Aku bisa menyebutkan huruf vocal dan konsonan salah satu
nama alat – alat sekolahku 11. Aku bisa melipat baju seragamku |
FISIK
MOTORIK 3.3
- 4.3 |
·
Gerakan
mengembangkan Motorik Kasar dan Halus |
|
KOGNITIF 3.6
- 4.6 |
· Pola berdasarkan urutan warna,bentuk,ukuran,dll |
|
BAHASA 3.11
- 4.11 |
· Mengungkapkan sesuai nada |
|
SOSIAL
EMOSIONAL 3.14
– 4.14 |
·
Menggunakan
alat main sesuai dengan gagasan yang dimilikinya |
|
SENI 2.4 |
· Cara merawat kerapihan,kebersihan |
Kepala POS PAUD
Anugerah Cawas Sri Mulyani, S.Pd. |
Guru Wagiyem, S.Pd. |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN
BELAJAR DI RUMAH POS PAUD ANUGERAH CAWAS
SEMESTER/BULAN/MINGGU : I/OKTOBER/13-14
TEMA : LINGKUNGANKU
SUB TEMA : LINGKUNGAN SEKITARKU
KELOMPOK : KB
(USIA 3-4 TAHUN)
KD |
MATERI |
KEGIATAN MAIN |
NAM 1.2 3.1/4.1 |
·
Merawat tanaman dan binatang ciptaan Tuhan ·
Saling menghargai ·
Tata cara ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya |
1.
Aku bisa membantu Ibuku merawat tanaman 2.
Aku bisa berpamitan dengan orang dewasa ketika mau pergi
(salaman dan mengucap salam) 3.
Mengenal gerakan wudhu |
FM 3.3/4.3 |
Gerakan
untuk mengembangkan motorik kasar dan halus |
4.
Aku bisa membantu membersihkan meja dan kursi dengan kemoceng 5.
Aku bisa memetik daun-daun yang kering pada tanaman dihalaman
rumah 6.
Asyiknya melipat sajadah dan sarung |
KOG 3.5/4.5 |
·
Pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari dengan berbagai
cara ·
Ketekunan menyelaesaikan tugas |
7. Membilang
kerikil dihalaman rumah 8. Mengisi
air ke dalam botol (penuh, separo) 9. Menyusun
ranting menjadi bentuk rumah ibadah |
Bahasa 3.12/4.12 |
·
Membentuk kata rangkaian huruf ·
Membaca symbol huruf dan angka |
10.
Bermain kartu huruf 11.
Menyebutkan agamaku dan tempat ibadah 12.
Mencari dan menyebutkan benda-benda disekitar rumah yang
berawalan huruf (missal : huruf “a”, huruf “b”) |
SOSEM 2.5 2.8 |
·
Kebiasaan berani mengemukakan pendapat/menyampaikan keinginan ·
Kebiasaan tidak bergantung pada orang lain |
13. Aku berani
bertanya pada orang dewasa atau orang yang lebih tua tentang hal-hal yang
belum ku ketahui disekitar lingkungan 14. Aku berani
ke kamar mandi sendiri 15. Aku tidak
takut bermain sendiri dirumah |
SENI 3.15/4.15 |
Eksplorasi
dan ekspresi seni kriya, seni music, gerak dan lagu, dram |
16.
Menjiplak benda-benda yang ada disekitar rumahku (missal:menjiplak
daun, menjiplak uang logam,,dll) 17.
Bersyair tentang “Tempat Ibadah” Macam-macam tempat ibadah Islam di masjid Kristen dan Katolik di gereja Hindu di pura Budha di vihara Konghucu di klenteng |
Kepala POS PAUD
Anugerah Cawas Sri Mulyani, S.Pd. |
Guru Wagiyem, S.Pd. |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN
BELAJAR DI
RUMAH POS PAUD
ANUGERAH CAWAS
SEMESTER/BULAN/MINGGU
: I/OKTOBER/15
TEMA : BINATANG
SUB TEMA : BINATANG PIARAAN
KELOMPOK : KB (USIA 3-4 TAHUN)
KD |
MATERI |
KEGIATAN
MAIN |
NAM 1.2 |
Merawat
dan menjaga binatang ciptaan Tuhan |
1. Memberi
makan hewan piaraan (kucing,ayam,dll) 2. Menyanyi
lagu “kucingku manis” |
FM 3.3/4.3 |
Gerakan
untuk mengembangkan motoric kasar dan halus |
3. Menirukan
gerakan burung terbang 4. Menirukan
gerakan kelinci berjalan |
KOG 3.6/4.6 |
·
Fungsi dan ciri-ciri binatang ·
Urutan operasional bilangan |
5. Menyebutkan
ciri-ciri hewan piaraan dirumahmu (kucing,ayam,dll) 6. Menghitung
jumlah hewan piaraan |
Bahasa 3.11/4.11 3.12/4.12 |
·
Menceritakan kembali apa yang sudah dilakukan/pengalaman ·
Membentuk kata rangkaian huruf |
7. Menceritakan
perkembang biakan hewan 8. Menirukan
suara binatang piaraan 9. Menuliskan
kata “ayam” dengan batu kerikil |
SOSEM 2.8 2.9 |
·
Kebiasaan tidak bergantung pada orang lain ·
Kepekaan membantu orang lain yang membutuhkan |
10. Berani
memegang hewan piaraan 11. Membantu
membersihkan kandang hewan piaraan |
SENI 3.15/4.15 |
Eksplorasi
dan ekspresi seni kriya,seni music,gerak dan lagu,drama |
12. Menempelkan
daun kering pada gambar ayam 13. Menggambar ayam dari bentuk lingkaran |
Kepala POS PAUD
Anugerah Cawas Sri Mulyani, S.Pd. |
Guru Wagiyem, S.Pd. |
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN MINGGUAN
BELAJAR DI
RUMAH POS PAUD
ANUGERAH CAWAS
SEMESTER/BULAN/MINGGU
: I/NOVEMBER/16
TEMA : BINATANG
SUB TEMA : BINATANG YANG BERSAYAP
KELOMPOK : KB (USIA 3-4 TAHUN)
KD |
MATERI |
KEGIATAN
MAIN |
NAM 1.1 |
·
Kalimat pujian terhadap ciptaan Tuhan ·
Ciptaan-ciptaan Tuhan |
1. Mengucapkan
“hamdallah” 2. Aku bisa
menyebutkan nama-nama burung ciptaan Tuhan 3. Asyiknya
memberi makan burung 4. Mengambil
biji jagung dengan 2 jari |
FM 2.1 |
·
Makan bergizi seimbang ·
Kebersihan lingkungan |
5. Makan dengan
lauk telur 6. Ayo
membersihkan kandang burung/ayam |
KOG 3.9/4.9 |
Cara
merawat burung |
7. Memandikan
burung dengan semprotan 8. Memotong
pisang untuk makan burung 9. Mengocok
telur dengan garpu |
Bahasa 2.14 3.12/4.12 |
Cara
bertindak santun |
10. Aku bisa
berbicara bahasa jawa halus 11. Menulis
kata “nuri” “ayam” degan biji-bijian |
SOSEM 3.13/4.13 3.14/4.14 |
Mengungkapkan
emosi secara wajar Menggunakan
alat main sesuai dengan gagasan yang dimilikinya |
12. Mendengarkan
cerita binatang 13. Bermain
dengan benda-benda yang ada dirumah 14. Bermain
ditempat kesukaan disekitar rumah |
SENI 3.15/4.15 |
Penampilan
diri |
15.
Yuk memakai baju dengan rapi 16.
Membuat kreasi dengan kulit telur ayam/bulu
ayam |
Kepala POS PAUD
Anugerah Cawas Sri Mulyani, S.Pd. |
Guru Wagiyem, S.Pd. |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN
BELAJAR DI
RUMAH POS PAUD
ANUGERAH CAWAS
SEMESTER/BULAN/MINGGU
: I/NOVEMBER/17
TEMA : BINATANG
SUB TEMA : BINATANG AIR
KELOMPOK : KB (USIA 3-4 TAHUN)
KD |
MATERI |
KEGIATAN
MAIN |
NAM 1.1 1.2 |
·
Ciptaan-ciptaan Tuhan ·
Merawat binatang ciptaan Tuhan |
1. Aku dapat
menyebutkan binatang air ciptaan Tuhan 2.
Aku menyayangi binatang ciptaan Tuhan Missal:memberi
makan dan memeliharanya |
FM 3.3 |
Gerakan
untuk mengembangkan motoric kasar dan halus |
3. Menirukan
gerakan ikan berenang, katak melompat 4. Aku bisa
menyusun daun menjadi bentuk ikan 5. Aku bisa
melipat kertas menjadi bentuk udang |
KOG 3.6/4.6 |
·
Mengelompokkan dan memilah berdasarkan bentuk ·
Pengukuran ·
CIri-ciri ikan |
6. Aku dapat
mengelompokkan bentuk-bentuk binatang air 7. Aku dapat
mengurutkan binatang air dari yang kecil ke yang besar 8. Aku dapat
menyebutkan bagian-bagian ikan (contoh:kepala,badan,ekor,sirip) |
Bahasa 3.11/4/11 |
·
Menyampaikan informasi lisan ·
Menceritakan kembali apa yang sudah dilakukan/pengalaman |
9. Aku dapat
menyebutkan macam-macam binatang air 10. Aku dapat
menceritakan metamorphosis ikan dan katak |
SOSEM 2.9 |
·
Kepekaan membantu orang lain yang membutuhkan ·
Kebiasaan berbagi makanan atau minuman |
11. Aku bisa
membantu membersihkan aquarium 12. Berbagi
lauk ikan dengan adik |
SENI 3.15/4.15 |
·
Eksplorasi dan ekspresi seni kriya,seni music,gerak dan lagu,
drama |
13.
Mengisi pola gambar ikan 14.
Menyanyi lagu “iwak emas” Ji
ro lu pat klepat klepat iwak emas Sisik
kuning, moto loro hap-hap Wira
wiri hap-hap wira wiri |
Kepala POS PAUD
Anugerah Cawas Sri Mulyani, S.Pd. |
Guru Wagiyem, S.Pd. |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN
BELAJAR DI
RUMAH POS PAUD
ANUGERAH CAWAS
SEMESTER / BULAN / MINGGU :
I / NOVEMBER/ 18
TEMA : BINATANG
SUB TEMA :
BINATANG DARAT
KELOMPOK : KB
(USIA 3-4 TAHUN)
KD |
MATERI |
KEGIATAN MAINAN |
NAM 1.1 |
·
Ciptaan-ciptaan
Tuhan |
1. Aku bisa menyebutkan nama – nama binatang darat 2. Ayo melompat seperti kelinci 3. Aku bisa mencari jejak kandang ayam 4. Yuk bersyair “ Ayamku “ 5. Ayo memberi makan binatang 6. Yuk amati ayam yang
bertelur / bertelur 7. Aku bisa menirukan suara binatang 8. Aku bisa menggambar bebas binatang darat 9. Yuk bikin mainan dengnan cangkang telor 10. Yuk bikin kandang dari ranting pohon 11. Aku bisa membuat bentuk ular dari kertas 12. Yuk melukis bebas pake bulu ayam 13. Aku bisa bercerita pengalamanku |
FISIK
MOTORIK 3.3
- 4.3 |
·
Gerakan
mengembangkan motoric kasar dan halus |
|
KOGNITIF 3.5
- 4.5 |
· Pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari dengan berbagai
cara |
|
BAHASA 3.11
- 4.11 |
· Mengungkapkan sesuai nada |
|
SOSIAL
EMOSIONAL 2.12 |
·
Menjalankan
kegiatan yang menjadi tugasnya |
|
SENI 3.15/4.15 |
· Eksplorasi dan ekspresi seni kriya,seni music,gerak dan
lagu, drama |
|
Kepala POS PAUD
Anugerah Cawas Sri Mulyani, S.Pd. |
Guru Wagiyem, S.Pd. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar